IBX582004D475488 Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air
ASUS VivoBook 14 K413

Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air



Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air – Cukup banyak speaker bluetooth atau speaker nirkabel dengan kemampuan tahan air yang beredar di pasaran. Salah satu produk yang cukup menarik perhatian tim Laptophia adalah Tronsmart Element Splash. Harganya yang terjangkau dan kemampuan tahan air dengan sertifikat IP67 menjadi daya tarik utama speaker besutan pabrikan asal Tiongkok ini.

Penampilan speaker Tronsmart Element Splash ini memang tak istimewa, tetapi ia hadir dengan driver berdaya 7W. Ini di atas rata-rata karena para pesaingnya biasanya menggunakan driver 3W atau 5W. Satu unit speaker wireless Tronsmart Element Splash telah mendarat di Laptophia satu bulan yang lalu, penasaran seperti apa performanya? Simak review Tronsmart Element Splash oleh tim Laptophia kali ini!

Doss Soundbox Touch Review: Speaker Portabel dengan Suara Jernih & Kencang!

Paket Pembelian Tronsmart Element Splash

Paket Pembelian Tronsmart Element Splash
  • Unit Tronsmart Element Splash warna hitam
  • Kabel USB
  • Hook/carabiner
  • User guide
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Xiaomi Mi Compact Bluetooth Speaker 2, Mungil dan Kencang!

Desain Tronsmart Element Splash

Desain Tronsmart Element Splash

Desain Tronsmart Element Splash


Desain mungkin bukan menjadi daya tarik utama pada review Tronsmart Element Splash kali ini karena penampilannya cenderung biasa saja menurut Laptophoia. Speaker portabel besutan Tronsmart ini hadir dengan bentuyk bulat dengan ukuran yang cukup besar dan agak tebal. Ketika Tronsmart Element Splash dipasangi hook atau carabiner yang ada dalam paket pembelian, kesan tangguh kian terpancar.

Bodi Tronsmart Element Splash ini dibalut dengan bahan plastik dengan finishing mate atau doff, sehingga tidak licin ketika digenggam. Bagian speaker grill juga berbahan plastik yang cukup tebal dan terasa kuat. Desain Tronsmart Element Splash ini dipermanis dengan ornamen lonjong pada bagian pinggirannya dan terdapay logo Tronsmart berwarna putih yang cukup mencolok. kelebihan utama speaker ini adalah kemampuan tahan air dengan sertifikat IP67.

Ukuran speaker Tronsmart Element Splash yang cukup besar ini membuatnya kurany nyaman digenggam bagi pemilik telapak tangan kecil. Beruntung, dukungan carabiner atau hook bawaannya memudahkan pengguna menggantungkan speaker besutan Tronsmart ini di mana saja sesuai kebutuhan. Meski terbuat dari bahan plastik, build quality Tronsmart Element Splash sangat solid dan bobotnya pun ringan di kelasnya menurut Laptophia.

Desain Tronsmart Element Splash

Desain Tronsmart Element Splash

Baca juga:Mifa i8 Review: Si Mungil yang Merdu dan Kencang!

Pada review speaker Tronsmart Element Splash kali ini, sisi depan terdapat speaker grill berwarna hitam dan LED indikator. Sedangkan pada sisi kanan terdapat logo Tronsmart berukuran besar dan terdapat informasi teknis mengenai speaker ini pada sisi kirinya. Sisi bawah speaker ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan sisi atas terdapat gantungan untuk memasang carabiner, tombol volume plus, play/pause, volume minus, dan tombol power. Sedangkan sisi belakang terdapat port microUSB dan slot microSD yang ditutup dengan "pintu" karet kedap air.

Video Unboxing Tronsmart Element Splash

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Tronsmart Element Splash

Review Tronsmart Element Splash


Tronsmart Element Splash adalah sebuah speaker bluetooth portabel yang tangguh dan harganya cukup terjangkau. Laptophia sudah menjajal ketangguhan bodi speaker ini dengan secara tidak sengaja menjatuhkannya dari ketinggian 1,5 meter tanpa mengalami kerusakan. Speaker ini juga sudah Laptophia jajal ketahanan airnya dengan menyemprotkan air selama memainkan musik dan Tronsmart Element Splash bekerja tanpa gangguan berarti. Lalu sehebat apakah kualitas suaranya?

Kualitas Suara

Hal yang membuat tim Laptophia penasaran untuk mengulas speaker Tronsmart Element Splash ini adalah kualitas suaranya. Pabrikan asal Tiongkok ini membekalinya dengan driver berdaya di atas rata-rata di kelasnya, yakni 7 watt. Guna mendongkrak frekuensi bawah atau bass, speaker wireless Tronsmart ini juga ditemani dengan passive bass radiator. Tak heran, Tronsmart Element Splash mampu menghasilkan suara yang cukup keras. laptophia menyarankan untuk menggunakan volume suara maksimal 90% agar kualitas dan dinamika musik tetap terjaga.

Setelah tiga minggu menggunakan speaker ini, tampaknya kualitas suara menjadi salah satu keunggulan pada review Tronsmart Element Splash kali ini. Suara yang dihasilkan tak hanya mengandalkan volume yang keras, tetapi juga tingkat clarity atau kejernihan yang ditawarkan cukup menawan untuk sebuah speaker dengan harga di bawah Rp 200 ribu. Karakter suara atau sound signature speaker ini mengarah ke balance atau seimbang.

Baca juga:Delicate Amazing DM0022 Review: Speaker Bluetooth Stylish dengan Harga Terjangkau

Speaker Tronsmart Element Splash ini mampu menghasilkan treble yang detail, renyah, dan tidak menusuk. Hal ini cukup terasa saat memainkan lagu Sever The Hands dari Trivium atau Are You Gonna Be My Girl dari Jet, terdengar menyenangkan. Gebukan instrumen cymbal atau crash drum terasa detail, serta tetap membuat telinga nyaman. Tak heran, lagu-lagu berkarakter bright dapat dinikmati dengan speaker ini.

Sama seperti kebanyakan speaker berdimensi ringkas yang ada di pasaran, sektor frekuensi tengah atau mid di Tronsmart Element Splash cenderung lebih menonjol. Saat memainkan lagu dengan genre rock dan metal, suara riff gitar terdengar jelas dan bertekstur, sehingga aura garang kian terpancar. Hal ini terlihat saat memainkan lagu What The Dead Man Say dari Trivium atau Rewrite milik Asian Kung-Fu Generation, riff gitarnya sangat mengasyikkan. Sedangkan suara vokal pria maupun wanita yang dihasilkan jelas, detail, dan cukup intim.

Bass atau frekuensi rendah yang dihasilkan oleh Tronsmart Element Splash secara mengejutkan ternyata cukup memadai dan terbilang mantap untuk ukurannya. Dentuman bass-nya cukup mendalam dengan kuantitas yang pas. Hal ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Mocking Bird milik Eminem atau If You’re Not The One besutan Daniel Bedingfield. Mungkin bagi basshed, kuantitas bass speaker andalan Tronsmari ini masih kurang. Separasi antar instrumen cukup memadai, tetapi soundstage yang dihasilkan Tronsmart Element Splash tidak terlalu luas.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Tronsmart Element Splash ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker ringkas dan tangguh besutan Tronsmart ini seperti Xiaomi Redmi 9, Realme Narzo, Poco F2 Pro, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker tanpa masalah.

Baterai

Pada review Tronsmart Element Splash kali ini, speaker bersuara keras dan tangguh ini dibekali baterai berkapasitas 1000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam penggunaan dengan volume 50%. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 60%, baterai hanya tahan rata-rata 7 – 8 jam saja.

Baca juga:Doss Soundbox Touch Review: Speaker Portabel dengan Suara Jernih & Kencang!

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review tim Laptophia di atas, Tronsmart Element Splash ini bisa dikatakan sebagai salah satu speaker wireless Bluetooth terbaik untuk harga di bawah Rp 200 ribu. Suara yang dihasilkan oleh speaker ini tak hanya keras berkat driver berdaya besar, tetapi juga berkualitas dengan karakter balance. Kemampuan tahan air dan daya tahan baterai panjang menjadi nilai tambah speaker ini. Kelemahan Tronsmart Element Splash hanya tak dibekali dengan port AUX yang mungkin dibutuhkan oleh beberapa orang.

Kelebihan Tronsmart Element Splash

  • Kualitas suara baik dan keras
  • Harga terjangkau
  • Tangguh dan tahan air

Kekurangan Tronsmart Element Splash

  • Tidak dilengkapi port AUX

Harga Tronsmart Element Splash

Harga speaker bluetooth Tronsmart Element Splash terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini di buat adalah Rp 199.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Berdasarkan hasil review Tronsmart Element Splash yang telah Laptophia lakukan, speaker ini mampu menghasilkan suara berkualitas dengan harga yang terjangkau. Tak heran, Tronsmart Element Splash layak dipertimbangkan dengan harga di bawah Rp 200 ribu.

Anda dapat membeli atau cek promo Tronsmart Element Splash di Sini (Klik)

Spesifikasi Tronsmart Element Splash

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 52mm x 1 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 7W THD=1%
  • Frequency Response: 55Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 75dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 1000mAh built-in lithium battery, hingga 10 jam penggunaan (bervariasi)
  • Tahan air dengan sertifikat IP67
  • Mendukung fitur TWS
  • Dimensi (W x D x H) 46 x 46 x 99 mm
  • Berat 129,7 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black dan Camouflage

Anda mungkin suka:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!