IBX582004D475488 Review QCY T7: TWS Alternatif AirPods yang Murah dan Berkualitas
ASUS VivoBook 14 K413

Review QCY T7: TWS Alternatif AirPods yang Murah dan Berkualitas



Review QCY T7: TWS Alternatif AirPods yang Murah dan Berkualitas – QCY yang merupakan produsen aksesoris asal Tiongkok yang jugabagian dari Xiaomi Ecological Chain yang memiliki banyak lini produk audio, seperti speaker dan headset TWS (True Wireless Strereo). Setelah sebelumnya sempat mengulas QCY T5, kini giliran Laptophia mengulas QCY T7. Headset TWS QCY T7 ini tampil dengan desain semi in-ear atau earbud yang sekilas tak jauh berbeda dengan Apple AirPods.

Semenjak kehadiran AirPods, pasar headset TWS memang terus tumbuh subur dan mulai bermunculan versi KW dari AirPods dengan kualitas suara yang seadanya. Hal yang berbeda tampaknya ditawarkan oleh QCY T7. Tak hanya sekadar mengandalkan desain mirip Apple AirPods, tetapi juga menawarkan kualitas suara yang mumpuni di kelas entry-level. Penasaran? Simak review QCY T7 TWS oleh tim Laptophia kali ini.

Review QCY T7: TWS Murah Berkualitas Alternatif AirPods

Paket Pembelian QCY T7

Paket Pembelian QCY T7
  • Unit TWS QCY T7
  • Eartips (S, M, L)
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga:Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air

Desain & Kontrol QCY T7

Desain & Kontrol QCY T7

Desain & Kontrol QCY T7

Konsep desain pada review QCY T7 memang kontras dengan seri T5 yang Laptophia ulas sebelumnya. Headset QCY T7 ini hadir dengan desain ala Apple AirPods dengan gaya semi in-ear atau earbud lengkap dengan balutan warna casing putih. Tentunya desain semi in-ear ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna yang kurang nyaman dengan model in-ear monitor (IEM).

Bagi beberapa orang merasa lebih nyaman menggunakan headset TWS model semi in-ear yang tidak masuk ke telinga seperti yang ditawarkan oleh QCY T7. Kelemahan konsep desain ini adalah kemampuan reduksi noise dari luar yang tak sebaik model In-Ear Monitor. bentuk earbud QCY T7 tak jauh berbeda jika dibandingkan earbud lainnya dengan dua lubang out put pada depan, samping, dan atasnya.

QCY T7 dilengkapi dengan charging case berukuran mungil yang cukup rounded di kedua sisinya. Sementara engselnya sendiri tidak terkesan ringkih. Baik earbud maupun charging case QCY T7 ini dibalut dengan material plastik atau polikabonat dengan finishing matte, sehingga tidak mudah meninggalkan goresan. Namun, warna putih yang diusungnya tampaknya membuatnya mudah terlihat kotor.

Desain & Kontrol QCY T7

Desain & Kontrol QCY T7


Tampilan fisik QCY T7 ini terlihat polos tanpa adanya logo atau tulisan apapun. Pada sisi depan terdapat tombol untuk mengecek status baterai dan sebuah LED indikator. Sementara pada sisi bawah terdapat logo QCY lengkap dengan informasi teknis singkat, serta ada port microUSB untuk mengisi daya.

Baca juga:Review Vivan VS1: Speaker Bluetooth Berkualitas Fitur Lengkap, Harga Merakyat

Pada review QCY T7 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud yang berbentuk lingkaran kecil. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan QCY yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play atau pause
  • Sentuh dan tahan dua detik pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk mengangkat telepon. Sedangkan untuk menolak panggilan, sentuh terus menerus pada earbud kanan atau kiri
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk memanggil voice assistant atau Google Assistant

Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS QCY T7 ini terbilang konsisten dan sensitif. Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna.

Video Unboxing QCY T7

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review QCY T7

Review QCY T7


Tak bisa dipungkiri bahwa kehadiran Apple AirPods membuat popularitas headset jenis TWS meroket. Namun, harga yang ditawarkan oleh headset TWS andalan Apple tersebut tidaklah murah. Kehadiran QCY T7 menjawab kebutuhan pengguna yang ingin merasakan sensasi menggunakan AirPods dengan kualitas suara yang terbilang baik di kelasnya. Lalu seperti apa hasil review QCY T7 oleh tim Laptophia kali ini?

Kualitas Suara

Kualitas suara adalah salah satu daya tarik dari review QCY T7 kali ini. Spesifikasi di atas kertas cukup menarik dengan dukungan sebuah driver berukuran 13mm yang diklaim mampu menghasilkan bass yang punchy, serta mid dan high yang kaya. Berbeda dengan kebanyakan TWS yang harus diset volume di atas 60% agar terdengar, QCY T7 sudah cukup keras dengan volume 30 – 40% saja.

Setelah kurang lebih dari tiga minggu menggunakan QCY T7 untuk mendengarkan musik, headset ini menawarkan karakter suara atau sound signature yang cukup warm – mungkin terlalu warm untuk tim Laptophia. Bass yang dihasilkan oleh QCY T7 cukup mendominasi dengan kuantitas melimpah, punchy, dan cukup tight. Laptophia cukup menikmati gebukan drum drum di lagu Lying In State besutan Megadeth atau Mocking Bird milik Eminem yang cukup mendalam dan cukup membuat kepala bergoyang.

Baca juga:Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal

Sedangkan sektor mid atau frekuensi tengah, headset QCY T7 juga masih menunjukkan performa yang prima. Suara instrumen musik seperti riff gitar, melodi dari keyboard, dan instrumen lain mampu disajikan dengan detail, menonjol, dan kaya. Ini terlihat saat memainkan lagu black metal seperti The Satanist milik Behemoth yang dipadukan karakter vokal yang kuat mampu menghasilkan efek gelap dalam lagu.

Sedangkan untuk high atau treble, QCY T7 tidak terlalu memuaskan telinga Laptophia. Headset ini masih malu-malu dalam menampilkan detail treble, sehingga suara dari instrumen seperti cymbal atau crash cymbal terasa kurang keluar. Hal ini membuat headset QCY T7 kurang cocok memainkan lagu-lagu berkarakter bright.

Hal yang mengejutkan adalah separasi antar instrumen yang dihasilkan oleh earbud QCY T7 ini cukup memuaskan. Laptophia dapat mendengarkan suara setiap instrumen dengan placement yang cukup tepat, sehingga tidak terasa menumpuk di tengah. Soundstage headset alternatif AirPods ini cukup luas, meski tidak terlalu megah.

Kualitas Telepon & Delay

QCY T7 menawarkan suara yang cukup keras dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik. Saat digunakan di luar ruangan, performanya cukup baik. Microphone yang diusung QCY T7 cukup baik dengan suara yang lantang dan jelas. Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, masih terdapat delay yang cukup lumayan.

Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review QCY T7 ini cukup parah dan ini membuat tim Laptophia kurang menikmati permainan. Sangat disayangkan, QCY T7 tidak memiliki gaming mode seperti saudaranya yang lebih murah, yakni QCY T5.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review QCY T7


Desain batang ala Airpod yang cukup ergonomis membuat TWS QCY T7 ini cukup nyaman digunakan dalam waktu lama. Dimensi earbud QCY T7 ini memang agak besar, sehingga bagi yang memiliki daun telinga atau lubang telinga yang kecil. Laptophia sendiri cukup nyaman menggunakannya hingga lebih dari 2 jam. Isolasi suara dari luar memang tak sabiak model IEM, tetapi kemampuannya masih layak mendapatkan apresiasi.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo QCY T5 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Redmi Note 9. Selama sebulan proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan sangat jarang terjadi disconnect.

Baterai

QCY T7 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 43mAh untuk setiap earbud. Pada review QCY T7 yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 3,5 - 4 jam saja menggunakan codec SBC dengan volume rata-rata 40% - 50%. Sedangkan baterai dalam case QCY T7 ini berkapasitas 380mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 17,5 jam memainkan musik.

Baca juga:Review Choetech PD6008 100W dan Mengenal Gallium Nitride (GaN)

Kesimpulan

Secara umum, QCY T7 ini bukan sekadar tiruan AirPods dengan desain yang memang sangat mirip dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Headset andalan QCY ini menawarkan kualitas suara yang mantap di kelasnya dengan karakter warm dan bass yang cukup kuat. Selain itu, daya tahan baterai QCY T7 ini layak mendapat acungan jempol.

Sayangnya, desain yang tidak original memang menimbulkan stigma QCY T7 sebagai AirPods KW. Selain itu, QCY T7 ini tampaknya kurang cocok untuk gamer atau penikmat konten multimedia karena delay yang dihasilkan lumayan mengganggu. Meski demikian, QCY T7 masih sangat nyaman untuk mendengarkan musik atau bertelepon.

Kelebihan QCY T7

  • Harga terjangkau
  • Kualitas suara baik dengan bass menonjol
  • Daya tahan baterai baik

Kekurangan QCY T7

  • Saat strreaming dan gaming masih ada delay

Harga QCY T7

QCY T7 merupakan salah satu headset TWS bergaya semi in-ear atau earbud alternatif AirPods dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Harga headset TWS QCY T7 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini dibuat adalah Rp 399.000. Berdasarkan hasil review QCY T7 oleh tim Laptophia di atas, headset TWS ini menawarkan kualitas suara yang cukup baik di kelasnya dan cocok bagi penggemar bass.

Anda dapat membeli atau cek promo QCY T7 di Sini (Klik)

Spesifikasi QCY T7

  • Merk QCY
  • Model: QCY T7
  • Jenis headset: Earbud atau Semi In-Ear TWS
  • Tipe driver 13mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 108±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Fitur ENC Noise Reduction
  • Waterproofing: IPX4
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 380 mAh
  • Berat Earbud: 4.3g; With charging case: 33g
  • Dimensi Earbud: 27 x 17 x 8 mm; Charging case: 25 x 49 x 50 mm

Anda mungkin suka:Review Senfer DT6 Pro, IEM Quad Driver Bersuara Detail dan Bertenaga


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!