IBX582004D475488 Review Realme Buds Classic, Cocok untuk Penggemar Bass!
ASUS VivoBook 14 K413

Review Realme Buds Classic, Cocok untuk Penggemar Bass!



Review Realme Buds Classic, Cocok untuk Penggemar Bass! – Bersamaan dengan peluncuran smartphone flagship Realme X50 Pro 5G, Realme Indonesia secara resmi meluncurkan headset entry-level seri Realme Buds Classic di pasar tanah air (24/08/2020). Berbeda dengan rangkaian headset yang dirilis Relame sebelumnya, Realme Buds Classic ini merupakan headset berkabel dan mengusung gaya half in-ear yang nyaman.

Kurang lebih tiga minggu yaang lalu, satu unit headset Realme Buds Classic telah mendarat di markas Laptophia untuk diulas secara mendalam. Hal yang menarik dari headset anyar Realme ini adalah dibekali dengan driver berukuran besar yang diklaim mampu menghasilkan kualitas suara yang tinggi. Tak hanya itu, harga yang terjangkau juga menjadi salah satu daya tariknya, penasaran? SImak review Realme Buds Classic oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Buds Classic, Cocok untuk Penggemar Bass!

Paket Pembelian Realme Buds Classic

Paket Pembelian Realme Buds Classic
  • Unit Realme Buds Classic
  • Tali anti kusut
  • User guide

Baca juga:Pioneer SE-C3T Review: Desain Mewah dengan Suara Memuaskan

Desain Realme Buds Classic

Desain Realme Buds Classic

Desain Realme Buds Classic

Sebagai sebuah headset kelas low-end, tentu desain fisik bukan menjadi keunggulan pada review Realme Buds Classic oleh tim Laptophia kali ini. Headset ini tampil dengan desain yang biasa saja dan tidak jauh berbeda dengan headset half in-ear lainnya yang beredar di pasar. Realme Buds Classic tampil dengan kepala yang bentuknya bulat pipih dan terdapat speaker grill pada bagian depannya. Tak hanya itu, ssi samping juga terdapat lubang speaker grill berbentuk bulat.

Realme Buds Classic menggunakan housing berbahan plastik yang menggunakan finishing glossy. Saat pertama kali memegang headset anyar Realme ini, memang jauh dari kesan mewah atau premium. Finishing glossy yang diusung oleh Realme Buds Classic memang membuatnya terlihat mengkilap, tetapi ternyata mudah meninggalkan baret atau goresan.

Headset murah besutan Realme ini dilengkapi dengan kabel berkualitas dengan panjang mencapai 1,2 meter. Tak hanya itu, kabel headset Realme Buds Classic ini sudah tidak mudah ruwet, serta dilengkapi tali karet berwarna kuning untuk merapikan kabel saat sedang tidak digunakan.

Desain Realme Buds Classic

Desain Realme Buds Classic

Desain Realme Buds Classic

Baca juga:Review QKZ DM7, Headset IEM Berkualitas dengan Harga di Bawah 100 Ribu

Headset Realme Buds Classic ini dibekali dengan microphone dan sebuah tombol. Meski hanya dibekali dengan sebuah tombol saja, tetapi satu tombol ini memiliki banyak fungsi. Jika dipencet sekali, maka tombol tersebut akan berfungsi sebagai play atau pause. Sedangkan dipencet dua kali akan menjadi next track dan menjadi previous track ketika dipencet tiga kali. Tombol ini hanya berfungsi pada perangkat smartphone, sedangkan untuk DAP Fiio M3k yang Laptophia gunakan tidak berfungsi.

Video Unboxing Realme Buds Classic

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Realme Buds Classic

Review Realme Buds Classic


Realme memang sudah merilis banyak produk aksesoris audio seperti headset dan headset TWS. Kualitas yang ditawarkan produk Realme cukup bagus. Hal ini berangkat dari pengalaman Laptophia saat mengulas headset model in-ear monitor Realme Buds beberapa waktu lalu. Kini giliran Realme Buds Classic hadir meramaikan pasar headset kelas entry-level. Seperti apakah kualitas dan sound signature yang diusungnya?

Kualitas Suara

Headset Realme Buds Classic ini cukup percaya diri dengan dukungan driver berukuran 14,2mm yang menggunakan material PET. Suara yang dihasilkan memang cukup keras dan tidak terdistorsi saat digunakan dengan volume tinggi. Karakter suara atau sound signature Realme Buds Classic menurut Laptophia dengan menggunakan DAP Fiio M3k adalah warm dengan bass yang cukup kuat di kelasnya.

Bass atau frekuensi rendah menjadi keunggulan utama pada ulasan Realme Buds Classic oleh tim Laptophia kali ini. Headset ini menghasilkan kuantitas bass yang melimpah, bertenaga, dan cukup untuk memuaskan basshead. Sayangnya, bass yang dihasilkan oleh Realme Buds Classic kurang tight dan sedikit boomy, sehingga cukup kewalahan ketika memainkan lagu dengan dobel pedal drum yang intensif seperti lagi Kirisute Gomen dari Trivium atau Chemical Insomnia milik Epica.

Sedangkan untuk frekensi tengah atau mid, terutama vokal terasa cukup menonjol di Realme Buds Classic ini menurut Laptophia. Suara vokal wanita terasa sangat intim, begitu dekat, dan cukup emosional seperti saat memainkan lagu Sweet Curse dari ReVamp. Sedangkan vokal pria terasa tidak semenonjol wanita. Saat memainkan lagu metalcore, suara scream vokal terasa kurang garang.

Bagi pecinta suara riff gitar atau melodi, sepertiya Realme Buds Classic ini kurang cocok karena tidak terlalu jernih dalam menyajikan instrumen tersebut. Beberapa lagu metalcore yang penuh riff gitar seperti The Calamity milik Trivium atau Broken, Beat & Scarred milik Metallica, suara riff gitar terasa kurang berstekstur, malah cenderung agak mendengung dan bercampur dengan suara bass atau frekuensi rendah. Hal yang sama juga terjadi pada instrumen lain pada lagu tertentu.

Baca juga:Review Xiaomi Mi In-Ear Headphones Basic, Headset di Bawah 100 Ribu Terbaik

Sedangkan sektor nada tinggi, Laptophia merasa treble yang dihasilkan Realme Buds Classic ini bisa dikatakan kurang keluar dengan detail yang agak kurang. Pada lagu Sever The Hands milik Trivium, suara hi-hats, crash cymbal atau ride cymbal tidak dapat terdengar berbeda. Realme Buds Classic ini juga kurang cocok untuk memainkan lagu-lagu dengan instrumen rumit karena separasi antar instrumennya terbilang kurang oke. Selain itu, soundstage terbilang standar di kelasnya.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Review Realme Buds Classic


Laptophia menjajal headset quad hybrid driver Realme Buds Classic Pro ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Sony Xperia XZ1, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan laptop Asus Vivobook Ultra A412FA. Headset andalan Realme ini berjalan dengan baik tanpi ada masalah kompatibilitas. Tombol kontrol ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Soal kenyamanan dan fitting, tim Laptophia menilai Realme Buds Classic Pro ini cukup nyaman untuk penggunaan jangka waktu lama. Selain itu, Realme Buds Classic dapat menjadi pilihan bagi yang kurang suka dengan headset model in-ear monitor(IEM). Meski demikian, headset ini mungkin kurang cocok bagi yang suka olah raga seperti jogging karena mudah terlepas saat telinga basah atau berkeringat.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds Classic ini merupakan sebuah headset murah yang menawarkan performa bass yang cukup kuat, bertenaga, dan mendalam. Ini sangat cocok bagi basshead atau konsumen yang sering mendengarkan lagu EDM, rap atau hip-hop.

Tak hanya itu, Realme Buds Classic juga didukung kabel yang tidak mudah ruwet dan dilengkapi tali untuk membantu mengatur kabel saat disimpan. Sayangnya, Realme Buds Classic kurang cocok memainkan lagu yang instrumennya rumit atau berkarakter bright. Meski demikian, Realme Buds Classic layak dipertimbangkan di kelas Rp 100 ribu-an.

Kelebihan Realme Buds Classic

  • Cocok untuk penyuka bass
  • Kualitas suara secara umum baik
  • Kabel tidak mudah kusut

Kekurangan Realme Buds Classic

  • Finishing glossy mudah tergores

Harga Realme Buds Classic

Realme Buds Classic merupakan sebuah headset atau earphone kelas entry-level yang mampu menghasilkan kualitas suara yang cukup baik di kelasnya. Harga Realme Buds Classic terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air saat artikel ini dibuat adalah Rp 119.000. Berdasarkan hasil review Realme Buds Classic yang telah Laptophia lakukan, headset ini layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan bass yang menonjol dengan harga yang terjangkau.

Anda dapat membeli atau cek promo Realme Buds Classic di Sini (Klik)

Spesifikasi Realme Buds Classic

  • Model: Realme Buds Classic RMA2001
  • Jenis headset: Half In-Ear
  • Tipe dinamis dengan material PET
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 106±3dB
  • Output maksimal 5 mW
  • Berat: 10 gram
  • Diameter driver 14,2 mm
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm
  • Rentang frekuensi: 20Hz – 20kHz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel berkualitas baik

Anda mungkin suka:Senfer DT6 Review: Triple Driver Unik dengan Suara Detail Mantap


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!