IBX582004D475488 Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home
ASUS Zenbook Flip UX363

Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home



Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home – Meski sering dicap sebagai salah satu tahun paling buruk, namun tahun 2020 masih membawa beberapa hal positif. Salah satu hal paling positif adalah membuktikan bahwa kegiatan sehari-hari seperti bekerja dan sekolah dapat dilakukan secara mandiri di rumah. Asus Indonesia belum lama ini telah menghadirkan laptop untuk semua kalangan yang cocok untuk sekolah di rumah maupun work from home melalui lini Vivobook 14 A416.

Laptop Asus Vivobook 14 A416 ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan dasar para pelajar dan pekerja untuk melakukan aktivitasnya dari rumah. Performa Asus Vivobook 14 A416 ini sudah lebih dari cukup untuk komputasi sehari-hari berkat dukungan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Ice Lake. Tak hanya itu, Asus Vivobook 14 A416 tampil dengan desain modern dan dimensi yang cukup ringkas dengan dua pilihan warna, yakni Transparent Silver dan Slate Grey. Lalu seperti apa kemamuan laptop ini? Simak review Asus Vivobook 14 A416 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home


Paket Penjualan Asus Vivobook 14 A416

  • Unit Asus Vivobook 14 A416
  • Charger
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Asus Vivobook 14 A416

Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home


Desain adalah salah satu daya tarik atau keunggulan dari review Asus VivoBook 14 A416 kali ini. Asus Indonesia mengatakan bahwa laptop Asus VivoBook 14 A416 ini cocok untuk semua kalangan karena harganya terjangkau dan cocok untuk belajar dan bekerja dari rumah. Sedangkan konsep desain VivoBook 14 A416 secara umum tak jauh berbeda dari Vivobook M409DA yang sudah Laptophia ulas sebelumnya.

Asus VivoBook 14 A416 yang Laptophia ulas berwarna Slate Gray yang terkesan begitu elegan. Selain itu, juga tersedia varian warna Transparent Silver yang tak kalah mewah sebagai alternatif. Bagian LID cover laptop VivoBook 14 A416 andalan vendor asal Taiwan ini menggunakan bahan polikarbonat, serta terdapat logo Asus yang cukup mencolok dengan warna chrome.

Asus VivoBook 14 A416 ini dibalut dengan casing berbahan polikarbonat atau plastik yang terasa solid dan kokoh. Permukaan casing laptop andalan Asus ini menggunakan finishing doff yang membuatnya terlihat mewah. Sementara pada bagian interiornya, terdapat keyboard berdesain chiclet yang dilengkapi dengan backlight yang nyaman. Pada review Asus VivoBook 14 A416 kali ini, layarnya telah mengusung NanoEdge yang membuat bezelnya tipis tanpa mengorbankan posisi webcam. Tak heran, dimensi Asus VivoBook 14 A416 cukup ringkas di kelasnya.

Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home

Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home


Baca juga:Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Pada review Asus VivoBook 14 A416 kali ini, bagian LID cover hanya terdapat logo Asus. Sedangkan pada bagian bawah terdapat stiker Windows, nomor seri laptop, lubang speaker, dan informasi teknis singkat lainnya. Pada sisi depan laptop ringkas bergaya elegan ini tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan pada sisi kanan laptop semua kalangan Asus VivoBook 14 A416 terdapat port Kenshington Lock, dua buah port USB Type-A, dua buah indikator LED, port combo audio 3,5mm, dan microSD card reader. Asus menempatkan port power, port USB 3.2 Gen1, port HDMI, dan port USB 3.2 Gen1 Type-C pada sebelah kiri laptop Asus VivoBook 14 A416 ini. Sama seperti Vivobook M409DA, VivoBook 14 A416 menempatkan lubang exhaust pada sisi kiri laptop.

Performa Asus Vivobook 14 A416



Laptop Asus Vivobook 14 A416 ditenagai oleh tiga varian prosesor, yakni Intel Core i3, Core i5, dan yang paling murah menggunakan Celeron N4020. Pada review Asus Vivobook 14 A416 kali ini, unit yang Laptophia terima menggunakan prosesor Intel Core i3-1005G1 yang merupakan salah satu dari keluarga prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Ice Lake. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, prosesor Intel Ice Lake menggunakan teknologi fabrikasi yang lebih kecil dan mutakhir, yakni 10nm generasi kedua.

Akhirnya Intel menyempurnakan teknologi 10nm pada generasi kedua atau bisa disebut 10nm+ dan diterapkan pada prosesor generasi Ice Lake. Teknologi fabrikasi yang lebih kecil dan matang membuat prosesor Intel Ice Lake ini lebih efisien dalam hal konsumsi daya jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Hal yang menarik dari keluarga Intel Ice Lake ini menurut Laptophia adalah arsitektur prosesor baru yang menggunakan nama sandi Sunny Cove. Arsitektur ini benar-benar baru dan bukan turunan dari Skylake (Gen 6) yang disempurnakan seperti yang diterapkan Intel pada generasi Whiskey Lake (Gen 9) dan Comet Lake (Gen 10).

Baca juga:Review Asus VivoBook S14 S433, Laptop Pertama yang Dirancang untuk Gen-Z

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, arsitektur Sunny Cove dikembangkan oleh tim desain prosesor Intel yang berbasis di Haifa, Israel. Pengembangan arsitektur baru ini fokus pada performa single-thread, penambahan instruksi baru, dan peningkatan sisi skalabilitas. Arsitektur Sunny Cove ini menawarkan peningkatan IPC (Instruction Per Clock) hingga 18% jika dibandingkan dengan arsitektur Skylake dan turunannya.

Sedangkan prosesor Intel Core i3-1005G1 yang digunakan oleh laptop Asus Vivobook 14 A416 mengusung dual-core (4 thread) generasi Ice Lake atau Intel Core generasi ke-10 yang berlari dengan kecepatan standar 1,2GHz dan TurboBoost hingga 3,4GHz. Laptop ini didukung memori RAM sebesar 4GB DDR4-2666Mhz yang masih dapat di-upgrade.

Sisi grafis, laptop mainstream Asus Vivobook 14 A416 yang cocok untuk work from home ini mengandalkan Intel UHD Graphics G1 tanpa kehadiran grafis diskrit. Pabrikan asal Taiwan ini mengandalkan GPU (Graphics Processing Unit) Intel UHD Graphics G1 yang mengusung 32 execution unit (EUs) dengan kecepatan 300 – 1100MHz.

Dukungan prosesor Core i3 generasi ke-10 ini membuat Asus Vivobook 14 A416 cukup smooth untuk menjalankan aplikasi Office, browsing, editing foto, hingga meeting online dengan Zoom atau Google Meet dengan lancar. Secara umum, performa laptop Asus Vivobook 14 A416 sudah lebih dari cukup untuk menangani komputasi sehari-hari, belajar di rumah atau bekerja dari rumah. Bagi yang membutuhkan performa lebih kencang, Laptophia menyarankan untuk memilih Asus Vivobook 14 A416 varian yang lebih tinggi dengan prosesor Intel Core i5-1035G1 dan kartugrafis diskrit Nvidia GeForce MX330.

Performa Asus Vivobook 14 A416 ini kian responsif karena unit yang Laptophia ulas sudah menggunakan media penyimpanan berupa SSD (Solid State Drive) 512GB PCIe 3.0 x2 M.2 NVMe yang menawarkan transfer rate tinggi dengan konsumsi daya yang efisien, sehingga loading sistem terasa sangat gegas dan responsif. Penasaran? Berikut hasil benchmark Asus Vivobook 14 A416.

Benchmark Asus Vivobook 14 A416

3DMark Sky Diver

Cinebench R20

PCMark 10

CrystalDiskMark

Review Asus Vivobook 14 A416



Layar

Keunggulan Asus VivoBook 14 A416 menurut Laptophia adalah desain NanoEdge yang memuat bezel layarnya lebih tipis dari para pesaingnya. Hal ini membuat dimensi laptop secara keseluruhan menjadi sangat ringkas. Tak hanya itu, Asus VivoBook 14 A416 ini tetap menempatkan webcam di atas layar untuk kenyamanan pengguna.

Kualitas layar mungkin bagian yang kurang menonjol pada review Asus VivoBook 14 A416 oleh tim Laptophia kali ini. Asus memang membekali laptop serba bisa ini dengan layar resolusi HD yang berkualitas cukup baik meski masih menggunakan teknologi panel TN. Hal ini ini tidak menjadi masalah, mengingat harga yang ditawarkan terjangkau dan memadai untuk komputasi sehari-hari menurut Laptophia.

Baca juga:Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!

Brightness yang dihasilkan juga cukup terang dan kontras yang terbilang baik. Pengguna masih dapat melakukan tuning melalui fasilitas Asus Splendid dan Tru2Life. Layar VivoBook 14 A416 ini menggunakan panel anti-glare, sehingga tidak mudah membuat mata silau.

Audio

Audio pada review Asus VivoBook 14 A416 kali ini terbilang cukup baik. Laptop entry-level untuk semua kalangan ini didukung audio yang memadai dengan speaker stereo yang didukung teknologi ICEpower dan Asus SonicMaster. Keluaran suara speaker laptop VivoBook 14 A416 cukup kencang dan renyah. Beberapa orang mungkin akan menilai suara speakernya agak tipis dengan karakter bright.

Suara speaker VivoBook 14 A416 andalan Asus ini memang didominasi oleh treble, tetapi itu tidak cempreng. Treble memang terdengar lebih crisp, detail, dan tidak menusuk telinga. Suara vokalnya juga terbilang jernih. Sedangkan untuk bass, suaranya memang tidak terlalu mendalam tetapi bisa terdengar dengan baik dan mampu menghasilkan volume yang cukup kencang. Speaker VivoBook 14 A416 sudah memadai untuk menikmati konten multimedia.

Kenyamanan



Asus VivoBook 14 A416 dibekali dengan keyboard berdesain chiclet yang menawarkan key travel yang cukup nyaman. Selain itu, keyboard Asus VivoBook 14 A416 ini memiliki key travel sejauh 1,4mm. Key travel tersebut sangat optimal untuk mengetik karena jarak tekannya yang tidak terlalu dalam namun juga tidak dangkal, membuat penggunanya lebih nyaman ketika mengetik.

Pada review Asus VivoBook 14 A416 kali ini, touchpad yang diusungnya cukup nyaman digunakan dan tidak licin. Akurasi touchpad-nya cukup baik. Bagi yang tidak biasa menggunakan touchpad, dapat menggunakan mouse tambahan. Panas yang dihasilkan oleh laptop serba bisa berdimensi ringkas Asus VivoBook 14 A416 terbilang sebatas wajar. Tidak ada gejala overheat saat digunakan untuk tugas berat. Suara kipasnya memang cukup terdengar ketika suhu meningkat.

Baterai



Berbekal baterai berkapasitas 2 cell 37 whrs, Asus VivoBook 14 A416 ini cukup percaya diri. Kapasitas baterai yang diusungnya memang tidak bisa dikatakan besar dan bahkan awalnya Laptophia meragukan daya tahan baterainya. Namun, setelah menguji pakai atau review Asus VivoBook 14 A416, pandangan Laptophia salah. Baterai laptop VivoBook 14 A416 andalan Asus ini mampu bertahan hingga 7 jam untuk komputasi dasar atau light computing seperti Office dan browsing. Ini dibuktikan dengan benchmark PCMark 10 Modern Office yang mencetak angka hampir 8 jam.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah

Kesimpulan

Berdasarkan review di atas, laptop ini menawarkan Asus VivoBook 14 A416 fitur yang lengkap dan performa yang memadai untuk belajar dan bekerja dari rumah (work from home). Harganya yang terjangkau dan telah dilengkapoi dengan Microsoft Windows 10 Home x64 + Microsoft Office Home and Student 2019 asli menjadi nilai tambah tersendiri bagi Vivobook 14 A416. Jelas, Vivobook 14 A416 kandidat kuat untuk menemani pengguna belajar maupun bekerja.

Anda dapat membeli atau cek promo Asus Vivobook 14 A416JA BV352TS di Sini (Klik) atau di BliBli (Klik)

Harga Asus Vivobook 14 A416

  • Rp4.799.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
  • Rp4.899.000 (Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD)
  • Rp6.699.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD)
  • Rp7.099.000 (Core i3 / Intel UHD Graphics / 4GB / 512GB PCIe SSD)
  • Rp7.499.000 (Core i3 / GeForce MX330 / 4GB / 256GB PCIe SSD)
  • Rp10.099.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 512GB PCIe SSD)
  • Rp10.799.000 (Core i5 / GeForce MX330 / 4GB / 1TB HDD + 256GB PCIe SSD)

Spesifikasi Review Asus Vivobook 14 A416

 

Main Spec.

VivoBook 14 (A416)

CPU

Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)

Intel® Celeron N4020 Processor 1.1GHz (4M Cache, up to 2.8GHz)

Operating System

Windows 10

Memory

4GB DDR4 RAM

Storage

1TB 5400 rpm SATA HDD

256GB PCIe® Gen3 x2 SSD

512GB PCIe® Gen3 x2 SSD

1TB HDD + 256GB SSD

Display

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) IPS Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Anti-Glare

14.0" (16:9) LED backlit HD (1366x768) Anti-Glare

Graphics

NVIDIA GeForce MX330 (optional)

Intel UHD Graphics 

Input/Output

1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, Micro SD card reader

Camera

VGA Web Camera

Connectivity

Wi-Fi 5 (802.11ac), Bluetooth 4.1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Dimension 

32.54 x 21.60 x 1.99 ~ 1.99 cm

Weight

1,6 Kg

Colors

Transparent Silver, Slate Grey

*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia

Anda mungkin suka:Menakar Performa Prosesor Intel Core i5-1035G1 di Asus Zenbook 13 UX325JA


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!