IBX582004D475488 Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!
ASUS VivoBook 14 K413

Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful!



Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful! – Asus dengan lini laptop gaming ROG (Republic of Gamers) telah mendominasi pasar gaming tanah air. Salah satu produk populernya adalah ROG Strix yang didesain untuk game eSports dan generasi terbarunya adalah ROG Strix G15 G512. Tiga minggu yang lalu, satu unit laptop gaming Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue dari Asus Indonesia telah mendarat di Laptophia untuk diulas secara mendalam.

Berbeda dengan kebanyakan laptop gaming yang menggunakan basis warna hitam, Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini menggebrak dengan warna yang unik tanpa mengurangi kesan garang dan futuristik. Unit Asus ROG Strix G15 G512LV yang Laptophia terima mengusung spesifikasi yang berbeda dengan versi retail karena menggunakan prosesor Intel Core i7-10875H. Sedangkan versi yang beredar di Indonesia menggunakan prosesor Intel Core i7-10750H. Penasaran? Simak review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue, Fitur Lengkap dan Powerful

Paket Penjualan Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

  • Unit Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue
  • Charger
  • Manual
  • Kartu garansi
  • Asus ROG Backpack

Baca juga:Review Asus ProArt StudioBook Pro X W730, Laptop Workstation 17 Inci Paling Kencang!

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Sisi desain merupakan salah satu daya tarik pada review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue oleh tim Laptophia kali ini. Warna Glacier Blue yang diusungnya membuat notebook gaming ini tampil beda dan lebih segar ditengah dominasi laptop gaming dengan warna hitam. Konsep desain secara umum, Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini sebenarnya masih sama dengan ROG Strix yang dirilis tahun lalu yang menggandeng BMW Designworks.

Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini tampil dengan LID cover dengfan finishing brushed metal yang terbagi menjadi dua bagian dengan tekstur yang berbeda, yakni diagonal dan vertikal. Sementara logo ROG nerukuran besar yang cukup mencolok dengan finishing krom ditempatkan agak menyamping. Konsep desain laptop gaming ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini memang keren, tetapi relatif tak banyak perubahan jika dibandingkan dengan produk generasi sebelumnya.

Tak hanya desain LID cover dan warna yang unik, notebook gaming ROG Strix G15 G512LV andalan Asus ini juga dibekali dengan interior yang keren dengan palmrest yang senada dengan LID cover, serta dipadukan dengan 4 zone RGB backlight pada ke. Sementara pada bagian bawahnya terdapat RGB light bar yang keren dan turut menambah aura gaming di laptop ini menjadi kian garang.

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Desain Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue


Baca juga:Review Asus Vivobook S14 M433, Laptop Kawula Muda Super Kencang Bertenaga AMD Ryzen Renoir

Body laptop gaming ini terbuat dari bahan polikarbonat yang terasa cukup tebal, kuat, dan sangat solid. Warna Glacier Blue ternyata tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari seperti pada laptop berwarna hitam. Selain itu, notebook gaming Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini hadir dengan dimensi yang cukup tebal dengan solusi pendinginan yang cukup besar pada sisi belakang layar. Sebagai sebuah laptop gaming, bobot ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue terbilang standar saja, yakni 2,39kg.

Pada review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue oleh Laptophia kali ini, sisi depan tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan sisi kanan terdapat tiga buah port USB 3.0, port combo audio, dan speaker grill. Sedangkan pada sisi kiri, terdapat lubang ventilasi dan speaker grill. Sedangkan pada sisi belakang Asus ROG Strix G15 G512LV ini terdapat dua buah lubang ventilasi, port RJ45, port HDMI, port USB Type-C, dan port power.

Video Unboxing Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Performa Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Performa Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Performa menjadi salah satu daya tarik review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue yang didesain untuk game eSports dengan dukungan prosesor Intel Core generasi ke-10 yang menggunakan nama sandi Comet Lake. Prosesor generasi baru ini sudah menggunakan teknologi fabrikasi 14nm++ atau teknlogi 14nm yang telah ditingkatkan kemampuannya dengan menambahkan imbuhan “+”. Teknologi fabrikasi 14nm Intel ini terus dikembangkan dan disempurnakan agar lebih dewasa dan efisien dalam hal konsumsi daya.

Selain menggunakan teknologi fabrikasi 14nm++, Intel kemudian melakukan optimasi arsitektur dan membuat kinerjanya kian kencang. Selain itu, generasi Intel Core generasi ke-10 aka Comet Lake ini menawarkan boost clock yang lebih tinggi dari generasi sebelumnya, sehingga performa puncak laptop gaming Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue jadi lebih powerful jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Seperti yang sudah Laptophia singgung sebelumnya, ada perbedaan spesifikasi unit review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue dengan unit yang beredar di pasar Indonesia. Unit yang Laptophia review ditenagai prosesor Intel Core i7-10875H generasi ke-10 Comet Lake-H octa-core (16 thread) yang berlari dengan kecepatan 2,3GHz dengan TurboBoost maksimal 5,1GHz dengan RAM 32GB DDR4-3200MHz dual-channel.

Sedangkan laptop gaming Asus ROG Strix G15 G512LV  yang beredar di Indonesia ditenagai Intel Core i7-10750H generasi ke-10 Comet Lake-H hexa-core atau 6-core (12 thread) yang berlari dengan kecepatan 2,6GHz dengan TurboBoost maksimal 5GHz dan ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 16GB DDR4 3200MHz dual-channel.

Baca juga:Review Asus M409BA, Laptop Murah Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Sedangkan kemampuan grafis pada review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue kali ini cukup andal di kelasnya dengan dukungan Nvidia GeForce RTX 2060. GPU ini berbasis chip TU106 dan mengandalkan 1920 CUDA core berkecepatan 960MHz dan turbo 1200MHz yang dipadukan dengan 120 TMUs, dan 48 ROPs. Kartu grafis GeForce RTX 2060 yang diusung oleh laptop gaming Asus ROG Strix G15 G512LV I7R6B6T ini dikawinkan dengan memori VRAM 6GB GDDR6 berkecepatan 14Gbps dengan antarmuka memori 192-bit.

Armoury Crate



Salah satu fitur unggulan yang dimiliki lini produk ROG besutan Asus adalah dilengkapi dengan software Armoury Crate yang memungkinkan pengguna untuk mengatur parameter teknis dari laptop gaming miliknya dengan mudah dan dapat dilakukan secara on-the-fly. Ada beberapa mode atau profile yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, antara lain:

  • Silence - memprioritaskan suara yang tenang dengan mengurangi putaran kipas agar tidak berisik, mengurangi kecepatan dan daya prosesor maupun grafis.
  • Performance - merupakan profil seimbang dengan pengaturan konfigurasi prosesor dan grafis dengan clockspeed standar. Pada mode ini, GPU berjalan pada 115W dan frekuensi normal.
  • Turbo - Merupakan profil performa tinggi dengan alokasi daya prosesor yang ditingkatkan dan GPU yang di-overclock (+100 MHz core / + 120 MHz memori).
  • Manual - Mode ini relatif sama sama seperti Turbo, tetapi memungkinkan untuk membuat kurva kipas secara manual untuk CPU dan GPU berdasarkan batas suhu, serta memungkinkan gamer melakukan overclock lebih lanjut pada GPU.

Untuk penggunaan sehari-hari seperto Office, editing, dan mengolah video, laptop gaming ini relatig nyaman dan sangat gegas. laptophia menyarankan untuk menggunakan profil Silence di Armoury Crate agar suara kipas tidak mengganggu konsentrasi dan daya tahan baterainya bisa lebih maksimal.

Performa gaming Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini bisa dikatakan cukup tinggi di kelasnya menurut Laptophia. Rata-rata game terkini mampu dimainkan oleh laptop gaming andalan Asus ini dengan lancar di resolusi full HD, sebut saja Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint dan Tom Clancy’s The Division 2 dapat tampil dengan rata-rata frame rate di atas 60 fps dan kualitas grafis high.

Baca juga:Review Asus Zenbook 14 UX434FLC, Ultrabook Ringkas dengan ScreenPad 2.0

Performa ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue terbukti lewat pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark 10 dan Cinebench R15. Di kedua benchmark tersebut, laptop gaming ini berhasil menorehkan skor tinggi yang dapat dilihat di screenshot berikut ini.

Benchmark Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue












Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue


Asus ROG Strix G15 G512LV dikembangkan khusus untuk untuk eSports gaming dengan dukungan fitur yang lengkap dan tentunya performa yang andal. Tak hanya itu, warna Glacier Blue yanmg diusungnya menjadi salah satu varian favorit Laptophia jika dibandingkan dua varian warna lain seperti Black dan Iron Grey. Sayangnya, Asus masih menggunakan konsep desain yang sama dengan generasi sebelumnya yang terinspirasi dari ROG Faceoff hasil kerjasama dengan BMW Designworks.

Layar



Sektor layar mungkin bukan menjadi daya tarik utama pada review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue kali ini, tetapi spesifikasinya cukup meyakinkan dengan layar berukuran 15,6 inci yang menggunakan teknologi panel IPS-Level LCD dengan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel yang mampu menghasilkan sudut pandang yang luas, serta didukung teknologi Asus Splendid. Layar laptop gaming terbaru Asus ini mengusung desain NanoEdge yang mana didukung bezel yang sangat tipis, sehingga dimensi laptop secara keseluruhan bisa lebih ringkas.

Tak hanya itu, layar laptop gaming andalan Asus ini sudah menawarkan refresh rate 144hz guna mengurangi screen tearing dan screen shuttering saat bermain game. Berdasarkan pengalaman Laptophia, layar ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue memang bukan yang terbaik di kelasnya terbaik di kelasnya, tetapi masih menawarkan kualitas warna yang baik dengan tingkat warna hitam yang pekat, kontras tinggi, dan brightness yang memadai. Viewing angle layar laptop gaming ini juga cukup luas menurut Laptophia.

Baca juga:Review Asus TUF Gaming FX505DY R5697T, Laptop Gaming AMD Ryzen Kencang dan Terjangkau

Audio

Sektor audio, notebook gaming Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue diperkuat dengan dua speaker stereo 2 x 4.2W berkualitas tinggi dengan suntikan teknologi ASUS Sonic Master Technology yang ditandemkan dengan Smart AMP. Suara yang dihasilkan oleh speaker gaming ini cukup keras. Kualitas yang ditawarkan speaker laptop gaming ini sudah memadai untuk gaming dengan suara dentuman bass yang lumayan terasa dan detail. Namun, kedalam suara yang dihasilkan memang belum sebaik laptop lain yang menggunakan speaker dari Harman Kardon.

Keyboard dan Touchpad



Keyboard merupakan perangkat kontrol utama di laptop gaming menurut Laptophia. Pada review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue kali ini, notebook gaming ini dilengkapi dengan keyboard gaming dengan fitur yang dapat meningkatkan pengalaman bermain. Keyboard laptop gaming sudah menggunakan tombol yang dilengkapi fitur anti-ghosting.  Tak hanya itu, gamer bisa mengatur dan melakukan kostumisasi pada bakclight keyboard RGB yang diusung notebook gaming ini.

Melalui Armoury Crate, pengguna juga bisa mengatur tampilan RGB backlight pada keyboard di ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue. Terdapat beberapa preset RGB backlight yang sudah disediakan di Armoury Crate dan bisa dapat digunakan langsung oleh pengguna, seperti Static, Strobe, hingga Breathing. Pengguna ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue juga bisa membuat tampilan sendiri sesuai dengan kebutuhan berkat fitur per-key RGB backlight yang ada di laptop gaming ini.

Sayangnya, layout keyboard Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini memang relatif standar tanpa kehadiran numpad. Bagi beberapa orang, hal ini bisa menjadi deal breaker. Sedangkan untuk touchpad yang diusungnya, relatif sensitif dan akurat untuk penggunaan sehari-hari.

Baterai

Pabrikan asal Taiwan ini membekali Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue dengan baterai berkapasitas 66WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion Battery untuk memenuhi kebutuhan dayanya saat mobile. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia selama tiga minggu terakhir ini, laptop gaming ini mampu bertahan hingga 3 – 4 jam untuk komputasi standar seperti office dan browsing. Sedangkan untuk gaming, tentu daya tahan baterainya bisa lebih singkat. Sayangnya, Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue belum mendukung pengisian daya melalui port USB Type-C.

Kesimpulan

Secara umum, Tim Laptophia menilai hasil review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue ini cukup baik dan bersaing di kelasnya. Kinerja yang tinggi, fitur yang lengkap, dan desain menarik membuatnya laik menjadi salah satu laptop gaming eSports yang andal. Sayangnya, desain bezel yang cukup tipis membuat Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue tidak memiliki webcam. Selain itu, laptop ini juga tak dilengkapi dengan card reader dan Thunderbolt 3.

Baca juga:Asus ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue Review: Gaming Mumpuni, Gahar untuk Content Creator

Kelebihan Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

  • Desain menarik dengan build quality solid
  • Performa gaming tinggi di kelasnya
  • RGB lighting yang menarik
  • Solusi pendinginan mumpuni
  • Dilengkapi Microsoft Windows 10 Home x64 asli pre-installed

Kekurangan Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

  • Tidak dilengkapi webcam
  • Tidak dilengkapi Thunderbolt 3 dan card reader
  • Agat tebal

Harga Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

Harga notebook gaming Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia terima dari e-commerce terkemuka tanah air adalah Rp 26.999.000. Berdasarkan hasil review Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue oleh tim Laptophia di atas, Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue telah menunjukkan kelasnya sebagai sebuah laptop gaming eSports mumpuni. Tak hanya mengandalkan performa tinggi, tetapi juga desain yang menarik dan fitur pendukung gaming yang lengkap.

Anda dapat membeli atau cek promo Asus ROG Strix G15 G512LV di Sini (Klik)

Spesifikasi Asus ROG Strix G15 G512LV Glacier Blue

  • Layar IPS-Level LCD dengan LED backlight 15,6 inci resolusi full HD 1920 x 1080 piksel, Anti-Glare Panel dengan 72% NTSC color gamut, 100%sRGB color gamut, refresh rate 144Hz, G-Sync, Asus Splendid
  • Prosesor Intel Core i7-10750H hexa-core (12 thread) 2,6GHz TurboBoost hingga 5GHz (retail Indonesia)
  • Prosesor Intel Core i7-10875H octa-core (16 thread) 2,3GHz TurboBoost hingga 5,1GHz (unit review Laptophia)
  • Chipset Intel HM470
  • Grafis Intel UHD Graphics 630 dan Nvidia GeForce RTX 2060 VRAM 6GB GDDR6
  • Memori RAM 16GB DDR4 3200MHz, upgradeable to 32GB
  • Storage SSD 512GB M.2 NVMe PCIe 3x4
  • Konektivitas Wifi 6 Intel 802.11AX (2x2), Gb LAN, Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort dan Power Delivery), Port HDMI, card reader, port combo audio
  • Aura RGB Chiclet 4 Zone RGB Lighting Keyboard, Aura sync, VR Ready
  • 1080p 60fps external webcam (on selected models only)
  • Dual stereo 2 x 4.2W speaker dengan teknologi Smart AMP dan ASUS Sonic Master Technology (1.5W speaker for W/O Smart AMP technology)
  • Baterai 66WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion Battery
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 10 Home x64
  • Dimensi 36,0 x 27,5 x 2,1~2,58 cm berat 2,395Kg
  • Warna Glacier Blue
  • Sertifikat UL, TUV, CE Marking Compliance, FCC Compliance, BSMI, Australia C-TICK / NZ A-Tick Compliance, CCC, GOST-R, CB, Energy star, WEEE, RoHS

Anda mungkin suka:Review Asus Zenbook 14 UX425, Ultrabook Super Ringkas dengan Desain Mewah


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!