eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme C21Y, Smartphone Murah untuk Pelajar dengan Performa Kompeten

Review Realme C21Y, Smartphone Murah untuk Pelajar dengan Performa Kompeten - Smartphone murah biasanya menawarkan performa yang pas-pasan. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi Realme C21Y karena smartphone ini menawarkan kinerja yang terbilang powerful di kelas entry-level. Ponsel ini sangat cocok untuk pelajar masa kini yang membutuhkan smartphone dengan harga murah menurut Laptophia. Berbekal SoC Unisoc Tiger T610 octa-core membuat smartphone Realme C21Y ini cukup bertenaga untuk komunikasi sehari-hari, multitasking ringan, dan bahkan sanggup untuk diajak bermain game.

Tak hanya kinerjanya yang kencang, Realme C21Y ini juga dibekali dengan baterai 5000mAh membuatnya sanggup bertahan hingga seharian penuh dan cocok mendampingi kegiatan belajar online. Salah satu keunggulan Realme C21Y adalah build quality yang solid dan tangguh dengan sertifikat TÜV Rheinland High Reliability. Sektor kamera, smartphone penerus Realme C21 ini cukup memadai dengan tiga buah kamera belakang, penasaran? Simak review Realme C21Y oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme C21Y, Smartphone Murah untuk Pelajar dengan Performa Kompeten


Paket Pembelian Realme C21Y

Paket Pembelian Realme C21Y

  • Unit Realme C21Y 4GB/64GB Cross Blue
  • Charger 10W
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review VGen Platinum 512GB SSD, Merk Lokal dengan Kinerja Kencang

Desain Realme C21Y

Realme C21Y


Berbicara soal penampian fisik atau desain, Realme C21Y masih tampil dengan gaya desain yang sama dengan Realme C series generasi sebelumnya yang telah diterapkan sejak Realme C15. Perbedaan biasanya hanya terlihat pada tekstur casing belakangnya. Jujur saja, ini agak membosankan menurut Laptophia. Realme perlu menghadirkan terobosan desain baru agar lebih fresh. Jika dilihat dari depan, Realme C21Y mengusung poni minimalis pada bagian atas layarnya.

Sementara casing belakang Realme C21Y tampil dengan tekstur unik yang sekilas terlihat membentuk huruf X.Tekstur ini membuat ponsel Realme C21Y lebih nyaman digenggam, tidak licin, dan tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Sedangkan ketiga kamera belakang smartphone murah untuk pelajar ini tersusun dalam housing hitam berbentuk persegi rounded. Baik frame maupun casing belakang Realme C21Y terbuat dari material polikarbonat alias plastik.

Salah satu keunggulan Realme C21Y adalah build quality yag sangat solid dan tangguh. Bahkan Realme C21Y ini telah mengantongi sertifikat dari TÜV Rheinland High Reliability yang telah melalui aneka pengujian yang meliputi 10 skenario jatuh, 7 skenario lingkungan ekstrem, dan 6 komponen uji reliabilitas. Ini menandakan kekuatan fisik Realme C21Y ini cukup tangguh dalam menghadapi skenario sehari-hari, seperti jatuh atau tergores.

Baca juga:Review Poco F3, Smartphone 5G Paling Powerful Bertenaga Snapdragon 870 Termurah!





Pada review Realme C21Y kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar HD+ 2.5D berukuran 6,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme C21Y besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone kekinian Realme C21Y sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Meski demikian, layarnya sudah diproteksi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C21Y ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM 1, SIM 2, dan microSD dengan jenis triple slot atau dedicated slot. Sisi atas ponsel dengan baterai 5000mAh bertenaga Unisoc Tiger T610 ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C21Y ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun dadu, LED flash, sensor sidik jari, lubang speaker, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme GT Master Edition ini menempatkan port microUSB, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme C21Y

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Baca juga:Review Divoom Espresso, Speaker Retro Unik dengan Fitur FM Radio

Software Realme C21Y


Realme C21Y menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI. Berbeda dengan Realme C25 yang Laptophia ulas sebelumnya, Realme UI yang digunakan Realme C21Y ini berbeda. Ponsel murah untuk pelajar ini menggunakan versi ringan dari Realme UI 2.0, yakni Realme UI R Edition. Sekilas, penampilannya sama, tetapi be berapa fiturnya dipangkas.

Tampilan Realme UI R Edition ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan memang tidak terlalu lengkap, yakni memungkinkan pengguna mengganti wallpaper dan widget saja. Bahkan aplikasi galeri dan file manager bawaan Realme saja tidak dijumpai di smartphone murah ini.

Fitur yang tersedia pada review Realme C21Y kali ini juga relatif lebih sederhana dan hanya tersedia yang bersifat dasar saja, yakni Eye Comfort, Dark Mode, Smart controls, Smart motion, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, dan sebagainya. Beberapa fitur canggih seperti Game Space, double tap to wake, dan app cloner absen di ponsel ini.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone Realme yang cocok untuk pelajar ini relatif banyak, antara lain Google Apps, Agoda, Baca Plus, Booking.com, HeyFun, Lazada, J&T Express, LinkedIn, Soloop, TikTok, dan WPS Office. Aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat di-uninstall atau dihapus.

Baca juga:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda

Secara umum, Realme UI R Edition yang digunakan oleh Realme C21Y ini menawarkan performa yang responsif, fitur yang memadai, dan nyaman digunakan. Hanya saja, fitur bawaan yang diusungnya mema ng tak selengkap Realme UI versi penuh.

Performa Realme C21Y

Performa Realme C21Y

Kinerja menjadi daya tarik utama review Realme C21Y menurut tim Laptophia kali ini karena menawarkan upgrade signifikan dari Realme C21. Smartphone murah untuk pelajar ini ditenagai oleh  (System on Chip) Unisoc Tiger T610 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 614Mhz.

Mungkin banyak pembaca Laptophia yang masih asing dengan SoC Unisoc Tiger T610 ini karena memang penggunanya tak sebanyak MediaTek atau Qualcomm. Unisoc ini sebelumnya dikenal sebagai Spreadtrum yang mana chipsetnya banyak digunakan di ponsel atau tablet entry-level. Melalui lini chipset Tiger, Unisoc tampaknya mulai naik kelas. Unisoc Tiger T610 sama sekali tak bisa dipandang remeh karena performanya bisa dikatakan setara dengan Helio G70 atau Snapdragon 662.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang menggunakan Realme C21Y selama kurang lebih sebulan, Performanya untuk komunikasi sehari-hari dan sosial media terasa gegas. Saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus, Realme C21Y masih terasa cukup responsif dan nyaman. Laptophia lantas menjajal menggunakannya untuk mengedit video singkat menggunakan InShot dan CapCut, performanya cukup memuaskan untuk smartphone 1 jutaan.

Aapakah Realme C21Y bisa digunakan untuk bermain game? Tentu bisa. SoC Unisoc Tiger T610 yang menjadi otak dari Realme C21Y cukup kencang untuk memainkan game-game mainstream seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, dan sebagainya. Bahkan, Realme C21Y masih sanggup memainkan game Genshin Impact dengan setting terendah (lowest), meski kadang terasa frame drop saat scene pertarungan.

Baca juga:Review Vivan VS10, Speaker Bluetooth Tahan Air dengan Suara Ngebass

Saat penggunaan intensif, panas yang dihasilkan oleh Realme C21Y relatif terkontrol dan tidak menunjukkan gejala overheat. Berikut hasil benchmark Realme C21Y yang telah tim Laptophia lakukan.

Benchmark Realme C21Y

Device Info HW

Geekbench 5

AnTuTu v9

PCMark

3DMark

Basemark OS II

Androbench

Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Review Kamera Realme C21Y

Review Kamera Realme C21Y

Pada review Realme C21Y kali ini, setuo kamera yang diusungnya masih sama dengan Realme C21 dengan mengandalkan tiga buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 13 megapiksel dengan lensa aperture f/2.2 yang menggunakan sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1,12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua dan ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai B/W sensor yang mampu menghasilkan efek filter retro dan dedicated macro untuk memotret obyek kecil dari jarak yang dekat.

Kamera depan Realme C21Y cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Baik kamera depan maupun belakang Realme C21Y ini dapat merekam video hingga resolusi full HD.

Baca juga:Review Tecno Spark 7 Pro, Tampil Mewah dengan Performa Kencang dan Fitur Lengkap


Realme C21Y menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme Camera yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia, tetapi fiturnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan ponsel Realme lain yang lebih mahal. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C21Y ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme C21Y ini juga relatif sederhana, sebut saja Video, Photo, Portrait, Time-Lapse, Slow Motion, Macro, Pro, Night Pro, dan Pano. Pada Mode Expert, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 1600), Shutter Speed (hingga 1s), dan fokus distance.

Hal yang agak disayangkan menurut Laptophia adalah mode Portrait hanya dapat digunakan dengan kamera belakang saja. Sehingga kita tidak dapat menggunakan mode ini dengan kamera depan atau selfie. Lalu sehebat apa hasil jeoretan kamera Realme C21Y?

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, kamera Realme C21Y mampu menghasilkan foto yang cukup baik dan memuaskan untuk kelas smartphone 1 jutaan. Saturasi warnanya cukup natural dengan karakter agak warm dan menawarkan tingkat detail yang baik. Saat di-zoom, Laptophia melihat Realme C21Y kesulitan menghadirkan detail dedaunan yang rumit, sehingga terlihat seperti cat air.

Secara default, dynamic range pada foto yang dihasilkan Realme C21Y tidak terlalu memuaskan menurut Laptophia dan kurang wide. Beberapa foto terlihat menghasilkan bayangan yang cukup gelap. ketika HDR diaktifkan, terlihat perubahan yang cukup signifikan dan dynamic range yang dihasilkan jadi lebih luas.

Kecepatan fokus kamera Realme C21Y ini tidak terlalu gegas. Laptophia mendapati beberapa sampel foto agak blur, padahal dilakukan siang hari. Ketika digunakan untuk foto macro, smartphone murah untuk pelajar ini bisa diandalkan. Sedangkan untuk mode portrait, separasinya masih kurang rapi dan mode ini hanya bisa digunakan pada kamera belakang saja.

Baca juga:Review Poco M3 Pro 5G: Smartphone 5G Termurah yang Bisa Diandalkan

Saat malam hari, kamera Realme C21Y tampak kurang bisa diandalkan. Foto hasil jepretan smartphone entry-level ini tampak dipenuhi noise dan grain. Selain itu, detail yang dihasilkan juga mengecewakan. Ketika mode Night Pro diaktifkan, kualitas fotonya sedikit mengalami peningkatan menurut Laptophia. 

Sedangkan kamera macro bawaan Realme C21Y ini menghasilkan foto yang kurang memuaskan dengan warna yang agak kusam dan detail yang kurang. Sedangkan untuk kamera depan Realme C21Y yang berkekuatan 5 megapiksel ini cukup memadai untuk sekadar foto selfie, sekolah online atau online meeting menggunakan Google Meet dan Zoom.

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Foto siang hari



Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Realme C21Y

Foto malam hari

Night mode off

Night mode on




Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Depan Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Depan Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Depan Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Macro Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Macro Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Macro Realme C21Y

Hasil Foto Kamera Macro Realme C21Y


Review Realme C21Y

Review Realme C21Y


Realme C21Y merupakan sebuah smartphone yang cocok untuk pelajar dengan harga terjangkau dan kinerja yang bisa diandalkan. Ponsel ini menawarkan upgrade yang signifikan di sektor performa jika dibandingkan dengan Realme C21. Meski demikian, sektor lain di ponsel ini masih relatif setara. 

Layar

Berbekal layar sentuh 6,5 inci IPS dengan resolusi HD+, Realme C21Y ini cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan pelajar dalam mengikuti sekolah online maupun bermain game. layarnya mampu menghasilkan warna yang cukup baik dan akurat untuk kelas entry-level.

Baca juga:Review Adata XPG SX8200 Pro 1TB NVMe SSD, Performa Super Kencang dengan Harga Kompetitif

Respon touchscreen layar pada review Realme C21Y cukup responsif dan relatif nyaman untuk kegiatan komunikasi sehari-hari maupun bermain game yang membutuhkan respon cepat. Sedangkan performa layar Realme C21Y saat digunakan di bawah terik matahari memang agak kurang memuaskan menurut Laptophia.

Audio

Realme C21Y ini dibekali dengan loudspeaker yang terletak pada sisi belakang ponsel dan ini membuat suara yang keluar tidak maksimal saat diletakkan. Meski lubang speakernya telah dilengkapi tonjolan agar tidak tertutup saat diletakkan, keluaran suarany tetap tak maksimal. 

Suara yang dihasilkan speakernya sendiri tidak begitu nyaring dengan karakter agak cempreng. Ketika menggunakan headset Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro, Realme C21Y ini mampu menghasilkan output suara yang yang lebih dapat dinikmati dengan bass yang cukup kuat dan detail memadai.

Memori

Smartphone murah yang cocok untuk pelajar Realme C21Y varian 4GB/64GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 49,82GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,3GB – 2,4GB. Smartphone dengan performa kencang ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga 256GB.

Baterai

Stamina menjadi salah satu daya tarik pada review Realme C21Y kali ini menurut Laptophia. Smartphone murah yang cocok untuk pelajar ini dibekali baterai berkapasitas 5000mAh yang mampu bertahan hingga seharian penuh berdasarkan pengalaman tim Laptophia. Bahkan penggunaan kasual seperti sosial media, Realme C21Y kadang mampu bertahan hampir 2 hari. Tak heran, Realme C21Y cocok untuk menemani belajar online atau bermain game.

Kapasitas baterai besar yang diusung Realme C21Y ini tidak dibarengi dengan dukungan fitur fast charge. Smartphone terjangkau untuk pelajar ini hanya dibekali fitur charge 10W yang membutuhkan waktu hampir 3 jam untuk mengisi daya baterai hingga penuh.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 10 Pro, Layar Bening dengan Kamera 108MP

Kesimpulan

Secara umum, Realme C21Y merupakan sebuah smartphone murah yang cocok untuk pelajar dengan kegiatan belajar online. Performa yang ditawarkan cukup kencang dan sanggup memainkan game terkini, daya tahan baterai andal, dan bodi tanggguh dengan TÜV Rheinland High Reliability. Fitur yang dimiliki Realme C21Y ini sudah memadai untuk pelajar dan pengguna kasual.

Kelebihan Realme C21Y

  • Performa kencang dengan Unisoc Tiger T610
  • Daya tahan baterai andal
  • Tangguh dengan sertifikasi TÜV Rheinland High Reliability
  • Harga terjangkau

Kekurangan Realme C21Y

  • Tidak dilengkapi fitur fast charge
  • Fitur minim
  • Kamera mini fitur

Harga Realme C21Y

Harga smartphone Realme C21Y terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.499.000 untuk varian dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Sedangkan harga Realme C21Y dengan RAM 4GB dan ROM 64GB adalah Rp 1.799.000. Berdasarkan hasil review Realme C21Y yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini cocok untuk pelajar dengan performa yang powerful dan daya tahan baterai awet.

Anda dapat membeli Realme C21Y dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme C21Y

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T610 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52
  • Tiga kamera belakang. Kamera utama 13 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI 1/3 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.2 dengan dilengkapi LED flash + kamera 2 megapiksel, lensa f/2.4, B/W sensor + kamera 2 megapiksel, lensa f/2.4, dedicated macro
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, panel IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 3GB atau 4GB LPDDR4x, ROM 32GB atau 64GB eMMC 5.1 dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.5 x 76 x 9.1 mm dengan berat 200 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, standard charging 10W, reverse charging
  • Warna Cross Blue dan Cross Black
Anda mungkin suka:Review Tecno Spark 7 Pro, Tampil Mewah dengan Performa Kencang dan Fitur Lengkap
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar