eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Asus ROG M16

Review Divoom Espresso, Speaker Retro Unik dengan Fitur FM Radio

Review Divoom Espresso, Speaker Retro Unik dengan Fitur FM Radio - Bosan dengan desain speaker bluetooth yang beredar di pasaran atau suka dengan hal-hal yang berbau retro? Mungkin speaker bluetooth Divoom Espresso ini dapat dipertimbangkan. Speaker Divoom Espresso ini tampil dengan desain retro yang unik dan ukuran yang amat ringkas. Nama Divoom sendiri sebenarnya bukan pemain baru di pasar audio dan sudah eksis sejak tahun 2006 silam. Tak heran, kualitas speaker Divoom Espresso cukup meyakinkan.

Tak hanya mengandalkan desain retro yang unik, speaker wireless Divoom Espresso ini juga dapat menjadi pilihan bagi mereka yang gemar mendengarkan radio karena telah dibekali fitur FM radio yang dilengkapi dengan antenna terintegrasi. Fitur FM radio ini memang mulai jarang disematkan pada speaker bluetooth masa kini dan ini menjadi nilai tambah tersendiri. Lalu seperti apa kualitas suaranya? Simak review Divoom Espresso oleh tim Laptophia kali ini!

Review Divoom Espresso, Speaker Retro Unik dengan Fitur FM Radio


Paket Pembelian Divoom Espresso

Paket Pembelian Divoom Espresso

  • Unit Divoom Espresso red
  • Kabel micro USB
  • Strap
  • Manual
  • Carrying case
  • Gift bag

Desain Divoom Espresso

Desain Divoom Espresso

Saat pertama kali melihat speaker Divoom Espresso, tim Laptophia langsung teringat radio lawas yang antik karena aura retronnya sangat kuat. Divoom tampaknya sangat memperhatikan setiap detail dari desain speaker ini. Bagian depannya terdapat lingkaran speaker grill yang dipadukan dengan ornamen gir dan juga kenob volume yang juga berbentuk roda bergerigi dengan warna krom yang menawan.

Aura retro kian kuat dengan ornamen baut minus yang terpasang di atas speaker grill. Jangan salah, baut berwarna krom tersebut bukan sekadar ornamen karena sebenarnya adalah tombol yang berfungsi sebagai navigasi, unik bukan? Ada tiga varian warna speaker Divoom Espresso ini, dan unit yang laptophia ulas berwarna merah.

Ukuran speaker portabel Divoom Espresso ini sangat ringkas dan bahkan dapat dengan mudah masuk ke dalam saku. Keunggulan review Divoom Espresso kali ini menurut Laptophia adalah build quality-nya yang yang terkesan mewah dan solid. Bodinya memang terbuat dari bahan polikarbonat, tetapi jauh dari kesan murahan. Selain itu, kemasan atai packaging Divoom Espresso juga unik dan mewah.

Baca juga:Review Naxen X7 Boombox, Speaker Bluetooth Murah dengan Kualitas Lumayan

Divoom Espresso

Divoom Espresso

Divoom Espresso

Pada review Divoom Espresso kali ini, semoua tombol kontrol terdapat pada sisi depan yang "menyamar" menjadi baut berwarna krom. Speaker ini menggunakan power dengan model slide atau geser dan diapit oleh tombol next track dan previous track. 

Sementara pada ornamen gear pada bagian tengah akan menyala sebagai LED indikator dan bagian tengahnya adalah tombol mode. Sedangkan untuk mengatur volume, Divoom Espresso telah menyediakan kenob volume pada kiri atas berbentuk roda bergerigi yang unik.

Video Unboxing Divoom Espresso

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Review Divoom Espresso

Review Divoom Espresso

Sejak awal tim Laptophia hanya fokus pada desain speaker Divoom Espresso yang mengusung gaya retro yang unik. Sedangkan untuk suara, Laptophia tidak terlalu berharap karena ukurannya yang sangat mungil dan power yang hanya 4W. Namun, ternyata tim Laptophia salah menilai speaker unik dari Divoom ini.

Kualitas Suara

Speaker bluetooth Divoom Espresso ini dibekali dengan sebuah driver berukuran 32mm dengan power 4W. Tak disebutkan adanya passive bass radiator untuk menambah hentakan frekuensi bawahnya. Laptophia langsung menjajal Divoom Espresso dengan volume maksimal dan ternyata tidakl terdengar adanya distorsi, kecuali pada lagu tertentu. Meski demikian, Laptophia menyarankan untuk menggunakan volume 90% saja agar dinamika musik tetap terjaga.
Baca juga: Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!
Kualitas suara pada review Divoom Espresso kali ini di luar dugaan tim Laptophia karena ternyata lebih bagus dari yang diperkirakan. Clarity atau kejernihan suara yang dihasilkan speaker retro ini layak mendapat acungan jempol. Treble atau high yang dihasilkan terbilang renyah, detail, dan tidak menusuk telinga. Cocok untuk memutar musik dengan karakter bright.

Tak hanya treble yang mantap, mid yang dihasilkan oleh speaker Divoom Espresso juga menonjol. Suara distorsi gitar saat memainkan lagu Famous Last Words dari My Chemical Romance terasa bertesktur dan detail. Begitu juga dengan suara vokal pria maupun wanita dapat disajikan dengan apik di speaker ini. Saat Laptophia memutar lagu akustik Canvas of Life milik Epica, petikan gitarnya begitu nyata dan suara vokal Simone Simons terasa begitu intim, tebal, serta detail.

Bagi penggemar bass, mungkin speaker retro berukuran kecil Divoom Espresso bukan pilihan yang tepat. Bass yang dihasilkan kurang bertenaga, kuantitasnya terbatas, dan tidak mendalam. Meski demikian, Laptophia masih dapat mendengarkan bass atau nada rendah. Ini dapat dimaklumi mengingat ukurannya relatif kecil dan tidak dilengkapi passive bass radiator.

Menggunakan FM Radio

Hal yang menarik dari speaker retro Divoom Espresso adalah dibekali dengan fitur FM radio dengan antena internal yang saat ini mulai jarang disematkan di speaker Bluetooth. Cara mengaktifkan mode FM radio di Divoom Espresso cukup menekan tombol yang berada di samping bawah kenob volume. Mode FM radio aktif ditandai dengan LED yang menyala warna orange.

Saat pertama kali menggunakan FM Radio, Laptophia harus menekan dan tahan tombol yang berada di tengah kenob volume guna mencari chanel radio secara otomatis. Untuk berganti chanel radio, cukup menekan tombol yang terletak di atas atau bawah slider power. Penerimaan sinyal radio di Divoom Espresso ini memang tidak sebaik radio dengan antena luar, tetapi cukup jernih untuk chanel yang memang sinyalnya kuat.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Divoom Espresso ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Divoom ini seperti Poco F2 ProAsus ROG Phone 3Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat terhubung dengan speaker dengan desain retro ini tanpa masalah.

Baterai

Pada review Divoom Espresso kali ini, speaker ringkas dengan desain retro yang unik ini dibekali dengan baterai berkapasitas 500mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 5 jam penggunaan. 

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, speaker Divoom Espresso mampu bertahan hingga hampir 4 jam dengan volume rata-rata 70 - 80%. Ini tak jauh dari klaim Divoom, tetapi akan lebih baik jika dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar agar bertahan lebih lama lagi.

Baca juga:Review Xiaomi Mi Compact Bluetooth Speaker 2, Mungil dan Kencang!

Kesimpulan

Secara umum, Divoom Espresso adalah sebuah speaker bluetooth dengan desain retro yang unik dipadukan dengan build quality yang mewah. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang jernih di kelasnya dengan dominan mid dan high. Salah satu keunggulan Divoom Espresso adalah dilengkapi dengan fitur FM radio dengan antena internal. 

Ukurannya yang sangat ringkas dan power yang terbilang kecil membuat Divoom Espresso tidak dapat menghasilkan bass yang bertenaga. Terlepas dari hal tersebut, Divoom Espresso adalah speaker yang sangat layak dipertimbangkan bagi yang menyukai desain retro dan kualitas suara yang jernih.

Kelebihan Divoom Espresso

  • Kualitas suara jernih
  • Desain retro yang unik
  • Build quality solid dan mewah
  • Dilengkapi FM Radio dengan antena internal

Kekurangan Divoom Espresso

  • Bass kurang bertenaga

Harga Divoom Espresso

Divoom Espresso adalah sebuah speaker bluetooth dengan desain retro yang unik dan kaya akan fitur. Harga Divoom Espresso terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 279.000. Berdasarkan hasil review Divoom Espresso di atas, speaker ini layak dipertimbangkan bagi yang menginginkan desain unik.

Anda dapat membeli speaker Divoom Espresso dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Divoom Espresso

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 32mm x 1
  • RMS: 4Ω 4W THD=1%
  • Frequency Response: 10Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 78dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 500mAh built-in lithium battery, hingga 5 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dilengkapi FM Radio dengan antena internal
  • Dilengkapi slot microSD
  • Dimensi (W x D x H) 31 x 48 x 60 mm
  • Berat 85 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black, White, dan Red
Anda mungkin suka:Review Nillkin Bullet Speaker, Ukuran Mini Suara Jernih!
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

Posting Komentar