IBX582004D475488 Review ZNT SoundBox Mini, TWS Berdesain Cantik dengan Suara Ngebass
ASUS ROG Flow X13 GV301

Review ZNT SoundBox Mini, TWS Berdesain Cantik dengan Suara Ngebass



Artikel terkait : Review ZNT SoundBox Mini, TWS Berdesain Cantik dengan Suara Ngebass

Review ZNT SoundBox Mini, TWS Berdesain Cantik dengan Suara Ngebass – ZNT tak hanya terkenal dengan jajaran produk speaker Bluetooth seperti seri ThunderBar, ThunderBox atau MiniDots, tetapi juga memiliki banyak produk headset TWS (True Wireless Stereo). Salah satu headset TWS besutan ZNT yang menarik perhatian tim Laptophia adalah ZNT SoundBox Mini karena tampil dengan desain yang berbeda dari kebanyakan headset TWS masa kini.

Konsep desain yang agak feminin dan stylish membuat ZNT SoundBox Mini cocok digunakan oleh kaum hawa. TWS ZNT SoundBox Mini ini juga dibekali dengan fitur yang lengkap, sebut saja numeric indikator LED, wireless charging, dan daya tahan baterai yang bisa diandalkan. Lalu sehebat apakah kualitas suara headset ini untuk mendengarkan musik dan kebutuhan komunikasi sehari-hari? Simak review ZNT SoundBox Mini oleh tim Laptophia kali ini!

Review ZNT SoundBox Mini, TWS Berdesain Cantik dengan Suara Ngebass


Paket Pembelian ZNT SoundBox Mini

Paket Pembelian ZNT SoundBox Mini

  • Unit TWS ZNT SoundBox Mini Blue
  • 5 pasang rartips (XS, S, M, L, XL)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga:Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini

Desain adalah salah satu daya tarik utama pada review ZNT SoundBox Mini menurut tim Laptophia. Seperti yang sudah disinggung di paragraf pembuka, headset ZNT SoundBox Mini ini tampil dengan desain yang unik dan berbeda dari kebanyakan headset TWS yang beredar di pasaran. ZNT membekali TWS ini dengan charging case berbentuk bulat yang sekilas mirip dengan tempat bedak yang cukup stylish dan cantik.

Bagian atas charging case ZNT SoundBox Mini ini menggunakan finishing glossy yang dilengkapi dengan ornamen melingkar yang mewah dan mampu menghasilkan pantulan dinamis saat terkena cahaya. Ukuran charging case TWS ZNT SoundBox Mini ini memang tak seringkas para pesaingnya, tetapi ini bisa dimaklumi karena interiornya cukup mewah dan dilengkapi dengan numeric LED indicator yang memang agak memakan ruang.

Tak hanya menawarkan desain charging case yang mewah, earbud pada review ZNT SoundBox Mini kali ini tampil tak kalah stylish. Earbudnya menggunakan desain dua warna, yakni putih dan biru yang sewarna dengan charging case-nya. Bagian belakang earbud atau tepatnya pada bagian kontrol sentuhnya menggunakan finishing glossy dengan ornamen melingkar yang sama dengan charging case-nya, ini membuatnya terlihat istimewa.

Build quality earbud maupun charging case TWS ZNT SoundBox Mini cukup solid menurut Laptophia dan terkesan cukup mewah. Engsel pada charging case-nya cukup mantap dan tidak ringkih. Sementara pada bagian belakang charging case ZNT SoundBox Mini terdapat port USB Type-C untuk pengisian daya.

Baca juga:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini

Pada review ZNT SoundBox Mini TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan ZNT yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri untuk play, pause, atau mengangkat telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk mengurangi volume dan sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk meningkatkan volume
  • Sentuh empat kali pada earbud kanan atau kiri untuk memanggil Google Assistant
  • Sentuh dan tahan selama 3 detik pada earbud kanan atau kiri untuk menolak panggilan
  • Sentuh dan tahan selama 6 detik pada earbud kanan atau kiri untuk mematikan earbud

Selama dua minggu lebih proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS ZNT SoundBox Mini ini terbilang konsisten dan cukup sensitif. Selama proses review yang memakan waktu lebih dari dua minggu, Laptophia tidak mengalami masalah dengan kontrol di TWS ZNT SoundBox Mini ini.

Video Unboxing ZNT SoundBox Mini

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review ZNT SoundBox Mini

Desain & Kontrol ZNT SoundBox Mini


Tim Laptophia telah beberapa kali menguji atau mengulasi produk speaker Bluetooth besutan ZNT dan rata-rata kualitasnya cukup bagus, lalu bagaimana dengan produk TWS-nya? ZNT SoundBox Mini adalah produk TWS ZNT pertama yang tim Laptophia ulas. Penampilan fisik dan build quality-nya sangat meyakinkan dan jauh dari kesan murahan. ZNT SoundBox Mini mendukung codec SBC dan AAC, penasaran dengan kualitas suaranya?

Kualitas Suara

Impresi awal saat pertama kali menjajal headset TWS ZNT SoundBox Mini ini adalah suara lumayan ngebass, tetapi volume harus di atas 60% agar kualitasnya optimal. Karakter suara atau sound signature ZNT SoundBox Mini ini cenderung V-shape dengan bass yang kuat dan bertenaga.

Bagi penyuka bass atau basshead, ZNT SoundBox Mini ini layak dipertimbangkan. Suara bass atau frekuensi rendah yang dihasilkan TWS besutan ZNT ini cukup kuat, bulat, dan mendalam. Hal ini menimbulkan efek yang cukup ‘wow’ saat mendengarkan musik EDM atau rap. laptophia sendiri menjajal lagu Dedicated (Demo) milik Linkin Park dan Mocking Bird milik Eminem, suara bass yang dihasilkan sangat memuaskan dan seiap membuat kepala bergoyang.

Sayangnya, ZNT SoundBox Mini ini agak keteteran jika harus berhadapan dengan dentuman bass atau dobel kick drum dengan tempo cepat. Ini terdengar saat memainkan lagu Nemesis milik Arch Enemy dan Ressurection milik Chimaira yang kayak akan dobel kick drum bertempo ngebut, ZNT SoundBox Mini agak berantakan dan kehilangan detailnya.

Baca juga:Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik

Sedangkan untuk suara vokal di ZNT SoundBox Mini ini terdengar agak mundur, baik vokal pria maupun wanita. Sedangkan untuk mid, sebenarnya cukup baik tetapi masih belum memuaskan tim Laptophia. Saat mendengarkan lagu Strife dari Trivium atau Burn Alive milik AxeWound, suara distorsi gitarnya terasa kurang garang dan bertekstur.

Sedangkan untuk treble, ZNT SoundBox Mini ini mampu menyajikannya dengan baik meski tidak terlalu menonjol. Karakter treble-nya sangat lembut, akan tetapi menawarkan detail yang masih memadai. Meski demikian, ZNT SoundBox Mini masih kurang cocok untuk memainkan lagu yang berkarakter bright yang menonjolkan vokal atau treble. Sound stage yang dihasilkan cukup baik dan separasi antar instrumennya masih memadai di kelasnya. Namun jika berhadapan dengan lagu yang mengusung banyak intrumen seperti lagu-lagu besutan Nightwish, tampaknya ZNT SoundBox Mini agak keteteran.

Kualitas Telepon & Delay

ZNT SoundBox Mini menawarkan suara yang cukup jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik di dalam ruangan. Saat digunakan di luar ruangan, performanya agak kurang, sehingga tim Laptophia harus menaikkan volume bicara saat sedang bertelepon. Selain itu, sebaiknya lakukan percakapan telepon di tempat yang agak sepi agar suara di latar belakang tidak mengganggu.

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube terdapat sedikit delay, tetapi tidak mengganggu. Tim Laptophia masih bisa menikmati konten streaming dengan nyaman. Namun saat bermain game seperti Pokemon Go, delay yang dihasilkan pada review ZNT SoundBox Mini ini tidak begitu terasa, kecuali pada scene tertentu yang agak berat.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Bentuk yang ergonomis membuat ZNT SoundBox Mini nyaman meski digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat pengujian, Laptophia rata-rata menggunakan headset TWS ZNT SoundBox Mini untuk mendengarkan musik non stop selama minimal 2 jam dan tidak ada tanda-tanda telinga tidak nyaman atau kelelahan. Isolasi suara dari luar bisa dikatakan cukup baik selama pemilihan eartips-nya sesuai dengan ukuran lubang telinga.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo pada review ZNT SoundBox Mini kali ini termasuk baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Asus ROG Phone 3. Selama dua minggu lebih proses uji pakai menggunakan codec AAC, koneksi relatif stabil dan tidak pernah terjadi disconnect.

Baterai

Daya tahan baterai pada TWS ZNT SoundBox Mini ini cukup baik, tapi tidak istimewa di kelasnya. Berbekal baterai berkapasitas 45mAh untuk setiap earbud, ZNT SoundBox Mini mampu bertahan rata-rata 5 jam atau kadang lebih dengan rata-rata 60% atau lebih. Sedangkan baterai dalam case ZNT SoundBox Mini ini berkapasitas 500mAh dan diklaim memiliki daya tahan total lebih dari 20 jam memainkan musik.

Baca juga:Review Tronsmart Spunky Beat: TWS AptX Bersuara Mantap, Harga Masuk Akal

Kesimpulan

ZNT SoundBox Mini cocok bagi konsumen yang membutuhkan headset TWS berdesain stylish dan build quality yang solid. Kualitas suaranya cukup baik dengan karakter V-shape dan bass yang kuat, sehingga cocok untuk memainkan lagi EDM, rap, hiphop, dan sejenisnya. Daya tahan baterai TWS ini relatif memadai dan sudah mendukung fitur yang jareang dimiliki oleh pesaingnya, yakni wireless charging.

Kelebihan ZNT SoundBox Mini

  • Kualitas suara baik dengan bass yang kuat
  • Desain cantik dan stylish
  • Mendukung wireless charging

Kekurangan ZNT SoundBox Mini

  • Suara vokal agak kurang

Harga ZNT SoundBox Mini

ZNT SoundBox Mini merupakan salah satu headset TWS berkualitas dengan harga yang masih kompetitif. Harga ZNT SoundBox Mini terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 369.000. Berdasarkan hasil review ZNT SoundBox Mini oleh tim Laptophia di atas, TWS ini menawarkan kualitas suara yang baik dengan karakter v-shape dan bass yang cukup menonjol. Tak hanya itu, desain cantik yang cukup feminin ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

Anda dapat membeli atau cek promo ZNT SoundBox Mini di Sini (Klik)

Spesifikasi ZNT SoundBox Mini

  • Merk: ZNT
  • Model: SoundBox Mini
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver dinamis
  • Chip -
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 110±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP/SPP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 45 mAh; Charging case: 500 mAh
  • Berat Earbud: 4g; With charging case: 39g
  • Dimensi Earbud: 28 x 24 x 22 mm; Charging case: 5,5 x 5,5 x 2.7 cm

Anda mungkin suka:Review Asus Vivobook 14 A416, Laptop Semua Kalangan yang Ideal untuk Work From Home


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!