IBX582004D475488 Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik
ASUS ROG Phone 3

Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik



Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik – Haylou adalah salah satu brand yang menjadi anggota dari Xiaomi Ecological Chains yang cukup getol merilis produk headset TWS (True Wireless Stereo). Setelah sebelumnya puas merasakan kualitas suara Haylou T19, tim Laptophia pun penasaran dengan TWS tipen lain dari brand ini. Akhirnya kami memilih Haylou GT2 yang dijual dengan harga yang terjangkau dan lebih dulu hadir di pasaran sebelum Haylou T19.

Jika dilihat dari penamaan serinya, headset TWS Haylou GT2 ini merupakan penerus dari GT1 yang hadir pertama kali di pasar Indonesia. Haylou GT2 menawarkan kualitas suara yang lebih baik untuk mendengarkan musik dan daya tahan baterai lebih lama dari pendahulunya. Tak hanya itu, Haylou GT2 tampil dengan desain earbud dan charging case yang cukup stylish, penasaran? Simak review Haylou GT2 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik


Paket Pembelian Haylou GT2

Paket Pembelian Haylou GT2


  • Unit TWS Haylou GT2
  • Eartips (S, M, L)
  • Manual dan kartu garansi

Baca juga:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya

Desain & Kontrol Haylou GT2

Desain & Kontrol Haylou GT2

Desain & Kontrol Haylou GT2


Desain mungkin menjadi salah satu daya tarik pada review Haylou GT2 TWS kali ini. Headset Haylou GT2 ini hadir dengan desain charging case oval minimalis tanpa penutup, sehingga tidak rawan rusak engsel seperti TWS kebanyakan. Meski tanpa penutup, earbud Haylou GT2 ini tidak mudah jatuh karena magnet penahan earbud cukup kuat. Selama uji pakai TWS Haylou GT2, Laptophia belum pernah mengalami earbud terlepas dari charging case.

Sedangkan bentuk earbud Haylou GT2 sendiri sekilas memang tak jauh berbeda dari para pesaingnya yang berbentuk oval dengan bobot yang ringan. Sementara nozzle earbud TWS ini asimetris atau agak miring sekian derajat guna mendukung kenyamanan atau sisi ergonomisnya. Earbud Haylou GT2 ini berbahan plastik atau polikarboat dengan logo Haylou yang terpampang cukup jelas.

Bobot charging case maupun earbud Haylou GT2 ini cukup ringan, yakni hanya 4 gram dan 39 gram saja. Ukurannya juga ringkas, sehingga mudah masuk saku dan dibawa kemana-mana. Sama seperti TWS Tronsmart Spunky Beat yang Laptophia ulas sebelumnya, bagian bawah charging case Haylou GT2 ini terdapat kabel USB yang tersimpan untuk mengisi daya. Build quality TWS besutan Haylou ini juga cukup solid dan tidak terkesan murahan.

Desain & Kontrol Haylou GT2

Desain & Kontrol Haylou GT2


Baca juga:Review QCY T7: TWS Alternatif AirPods yang Murah dan Berkualitas

Pada review Haylou GT2 TWS kali ini, menggunakan kontrol pencet pada tombol yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Haylou yang telah Laptophia himpun:

  • Tekan dua kali pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Tekan sekali pada earbud kanan atau kiri untuk play atau pause
  • Tekan dan tahan pada earbud kanan atau kiri untuk mengabaikan panggilan
  • Tekan tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk memanggil voice assistant atau Google Assistant

Selama dua minggu lebih proses review, performa tombol kontrol yang dimiliki oleh headset TWS Haylou GT2 ini terbilang konsisten. Hanya saja keharusan untuk menekan atau memencet tombol tersebut membuat earbud terlalu masuk ke telinga, sehingga kurang nyaman. Laptophia lebih menyukai kontrol berbasis sentuh. Laptophia juga belum menemukan cara kontrol volume di TWS Haylou GT2 ini.

Video Unboxing Haylou GT2

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Review Haylou GT2

Review Haylou GT2


Haylou GT2 adalah TWS yang membidik segmen entry-level atau pengguna yang ingin mendengarkan musik dengan suara yang baik dan tak direpotkan oleh kabel. Ini kontras dengan Haylou T19 yang harganya hampir dua kali lipat lebih mahal. Meski dijual dengan harga yang terjangkau, Haylou GT2 tak hanya mendukung codec SBC, tetapi juga codec AAC agar kualitas outputnya lebih maksimal.

Kualitas Suara

Headset TWS Haylou GT2 ini dibekali dengan driver dinamis berukuran 7,2mm dengan teknologi polimer resin diaphragm. Impresi awal saat review TWS Haylou GT2 ini adalah perlu volume suara di atas 50% agar suara terdengar maksimal dan selama pengujian, Laptophia menggunakan volume di atas 60%.  Berbicara mengenai kualitas dan karakter suara, Haylou GT2 ini tampaknya menonjolkan sektor mid atau mid sentris berkarakter bright.

Frekuensi tengah atau mid menjadi sektor yang menonjol di TWS Haylou GT2 ini. Hal ini membuat suara vokal pria maupun wanita terdengar lebih maju dan cukup detail di kelasnya. Saat memainkan lagu Watch Over You milik Alkter Bridge, suara vokal Myles Kennedy terdengar sangat enjoyable, baik saat nada rendah pada bagian intro maupun  nada tinggi pada bagian reff. Hal yang sama Laptophia rasakan ketika mendengarkan lagu Sleeping Sun milik Nightwish untuk suara vokal perempuan.

Bagi penggemar bass, Haylou GT2 ini mampu menghasilkan dentuman bass yang cukup rapi, tight, dan kuantitas yang cukup. Namun, bass yang dihasilkan memang terasa kurang mendalam. Ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Living A Lie (Living A Lie - The Embrace That Smothers Part VIII) besutan Epica, dentuman bass di bagian awal terasa kurang nendang. Namun Haylou GT2 mampu menampilkan dobel kick drum yang cukup rapi dan tight, ini terasa saat memainkan lagu Ressurection milik Epica atau Namesis milik Arch Enemy.

Baca juga:Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik

Bagi penggemar treble, mungkin akan menyukai karakter suara Haylou GT2 yang cenderung bright dan cukup detail. Instrumen seperti simbal, crash simbal, dan sebagainya terdengar jelas dan empuk di telinga. Penggunaan dalam waktu lama pun tak membuat telinga lelah mendengarkannya. Separasi antar instrumen di Haylou GT2 terbilang baik di kelasnya dan sound stage cukup lega, meski belum bisa dikatakan megah.

Kualitas Telepon & Delay

Haylou GT2 menawarkan suara yang cukup jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik di dalam ruangan. Saat digunakan di luar ruangan, performanya juga bisa dikatakan lumayan. Sayangnya suara disekitar kita akan turut terdengar oleh lawan bicara, sehingga kdang harus berbicara dengan volume suara agak tinggi di tempat ramai.

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube terdapat sedikit delay, tetapi tidak terlalu mengganggu. Tim Laptophia masih bisa menikmati konten streaming dengan nyaman. Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Haylou GT2 ini terasa signifikan, sehinga kurang cocok sebagai partner bermain game dengan tempo atau gameplay cepat.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Haylou GT2


Ukuran earbud yang ringkas dan ringan membuat Haylou GT2 cukup nyaman meski digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat pengujian, Laptophia rata-rata menggunakan headset TWS Haylou GT2 untuk mendengarkan musik non stop selama minimal 2 jam dan tidak ada tanda-tanda telinga tidak nyaman atau kelelahan. Isolasi suara dari luar bisa dikatakan cukup baik selama pemilihan eartips-nya sesuai dengan ukuran lubang telinga.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo Haylou GT2 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Poco F2 Pro, dan Asus ROG Phone 3. Selama dua minggu lebih proses uji pakai menggunakan codec AAC, koneksi relatif stabil dan tidak pernah terjadi disconnect.

Baterai

Daya tahan baterai tampaknya bukanlah keunggulan pada review Haylou GT2 kali ini. Berbekal baterai berkapaitas 43mAh untuk setiap earbud, Haylou GT2 hanya bertahan rata-rata 3 jam atau kadang kurang dengan volume rata-rata 60% atau lebih. Sedangkan baterai dalam case Haylou GT2 ini berkapasitas 380mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 15 jam memainkan musik.

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Kesimpulan

Haylou GT2 merupakan sebuah headset TWS kelas entry-level yang sudah sangat mencukupi untuk mendengarkan musik berkat kualitas suara yang baik. Desain dan penampilan fisik Haylou GT2 minimalis dan terkesan elegan, serta ringkas mernjadi daya tarik tersendiri. Hanya saja, daya tahan baterainya pas-pasan dan kontrol tekan atau pencet yang diusung Haylou GT2 terasa kurang nyaman. Secara umum, Haylou GT2 layak dipertimbangkan di kelas Rp 200 ribu-an.

Kelebihan Haylou GT2

  • Kualitas suara mantap di kelasnya
  • Harga terjangkau
  • Ukuran ringkas

Kekurangan Haylou GT2

  • Kontrol kurang nyaman
  • Daya tahan baterai pas-pasan
  • Kurang cocok untuk gaming

Harga Haylou GT2

Haylou GT2 merupakan salah satu headset TWS berkualitas dengan harga yang cukup terjangkaui. Harga Haylou GT2 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 239.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan masing-masing penjual. Berdasarkan hasil review Haylou GT2 oleh tim Laptophia di atas, TWS ini menawarkan kualitas suara yang mantap untuk mendengarkan musik. Namun, kurang cocok untuk menemani bermain game.

Anda dapat membeli atau cek promo Haylou GT2 di Sini (Klik) atau di BliBli (Klik)

Spesifikasi Haylou GT2

  • Merk: Haylou
  • Model: GT2
  • Jenis headset: In-Ear Monitor TWS
  • Tipe driver 7,2mm dinamis polimer resin diaphragm
  • Chip Realtek 8763BRC
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 110±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 380 mAh
  • Berat Earbud: 4g; With charging case: 39g
  • Dimensi Earbud: 27.2 x 16.7 x 22 mm; Charging case: 6.2 x 4 x 2.7 cm

Anda mungkin suka:Review Poco X3 NFC: Smartphone Gaming Terbaik di Kelas Menengah


Artikel Terkait Review Laptop dan Gadget Terbaru! Lainnya :


Follow Us

Since © 2015 Review Laptop dan Gadget Terbaru!