eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme Narzo 50: Stylish dengan Layar Smooth dan Performa Kencang

Review Realme Narzo 50: Stylish dengan Layar Smooth dan Performa Kencang - Selain meluncurkan Realme GT 2 Pro yang membidik segmen flagship, Realme Narzo 50 juga turut diperkenalkan Maret 2022 lalu. Lini Narzo selama ini dikenal sebagai smartphone yang menawarkan performa kencang dengan harga terjangkau. Begitu juga dengan Realme Narzo 50 yang juga menawarkan kinerja tinggi yang cocok bagi anak muda atau gamer pemula berkat dukungan SoC Mediatek Helio G96 octa-core ditandemkan RAM 4GB, serta dibanderol dengan harga 2 jutaan saja.

Tak hanya mengandalkan kinerja yang kencang, smartphone Realme Narzo 50 juga mampu memberikan pengalaman visual yang smooth dengan berbekal layar full HD dengan refresh rate 120Hz. Smartphone ini juga diperkuat dengan baterai berkapasitas besar dan fitur fast charge Dart Charge 33W. Sektor fotografi, Realme Narzo 50 dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 50MP. Lalu sehebat apakah smartphone ini? Simak review Realme Narzo 50 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Narzo 50: Stylish dengan Layar Smooth dan Performa Kencang


Paket Pembelian Realme Narzo 50

Paket Pembelian Realme Narzo 50

  • Unit Realme Narzo 50 4GB/64GB Speed Blue
  • Kepala charger 33W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Screenguard (terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme Narzo 50

Desain Realme Narzo 50

Desain Realme Narzo 50

Desain yang stylish menjadi salah satu daya tarik pada review Realme Narzo 50 kali ini menurut tim Laptophia. Basis desain Narzo 50 ini sebenarnya masih sama dengan Realme 8i yang sudah diulas lebih dulu dengan dukungan housing kamera dengan warna senada dengan backdoor. Susunan kamera Narzo 50 ini bergaya matrix yang sekilas mirip dengan quad camera, padahal sebenarnya tiga buah kamera dengan tambahan LED flash.

Alih-alih menggunakan frame flat, bodi belakang Realme Narzo 50 ini melengkung atau curved pada sisi kanan dan kirinya. Hal ini malah justru membuat ponsel ini lebih nyaman digenggam. Kebetulan unit Realme Narzo 50 yang Laptophia ulas adalah varian warna Speed Blue yang menarik dipadukan dengan tekstur mirip kevlar yang stylish. Casing belakang Narzo 50 ini tidak mudah meniggalkan jejak sidik jari.

Jika dilihat dari depan, smartphone dengan performa kencang ini tampil dengan layar punch-hole pada sudut kiri atas yang flat. Bezel layarnya tidak terlalu tipis, bahkan bagian bawagnya sedikit agak tebal. Build quality Realme Narzo 50 ini cukup solid dan tidak terasa murahan. Ukurannya memang agak besar dan tebal karena baterai besar yang diusungnya.

Baca juga:Review Apple Macbook Air M1 2020 A2337: Powerful, Ringkas, dan Baterai Tahan Lama

Desain Realme Narzo 50

Desain Realme Narzo 50

Desain Realme Narzo 50

Desain Realme Narzo 50

Pada review Realme Narzo 50 kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme Narzo 50 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme Narzo 50 sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Meski demikian, layarnya sudah diproteksi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme Narzo 50 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray triple slot dan volume rocker. Sisi atas ponsel powerful bertenaga MediaTek Helio G96 Realme Narzo 50 ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme Narzo 50 ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun matrix, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme 9 4G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme Narzo 50

Software Realme Narzo 50

Sisi perangkat lunak bisa dikatakan salah satu daya tarik pada review Realme Narzo 50 kali ini. Ponsel ini sudah menggunakan sistem operasi Android 11 yang cukup up to date dengan balutan antarmuka Realme UI 2.0 yang nyaman digunakan. meski belum ada informasi resmi, tetapi kemungkinan besar Realme Narzo 50 akan mendapat upgrade ke Android 12 dengan antarmuka Realme UI 3.0 di masa mendatang.

Realme UI 2.0 yang digunakan Narzo 50 menawarkan tampilan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan yang terdiri dari Homescreen, Lockscreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap dan kita dapat mengaturnya melalui satu tempat saja, yakni Settings > Personalization. Pengguna dapat mengatur Themes, Wallpaper, Icon Styles, App Layout, Colors, Font, dan juga notification drawer.

Tampilan Realme UI 2.0 memang terlihat simpel, tetapi fitur yang diusungnya terbilang lengkap. Beberapa fitur andalan yang terdapat di Realme Narzo 50 antara lain Eye Care, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE), screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Split Screen, Smart Assistant, Game Space, App Cloner, 01 Ultra Vision Engine, dan banyak lagi.

Baca juga:Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan

Review Realme Narzo 50: Stylish dengan Layar Smooth dan Performa Kencang


Lini Narzo memang dikenal sebagai smartphone gaming murah, begitu juga pada review Realme Narzo 50 kali ini. Ponsel ini didukung fitur Game Space yang menghadirkan tiga mode performa, fitur brightness lock, network acceleration, reject call, blokir notifikasi dan fitur lain guna memberikan pengalaman bermain game yang lebih nyaman.

Aplikasi bawaan pada review Realme Narzo 50 ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, Booking.com, Baca Plus, App Market, iQiYi, J&T Express, TikTok, LinkedIn, Lazada, PUBG Mobile Gift, Snack Video, Snapchat, Shopee, WPS Office, WeTV, ORoaming, Facebook, HeyFun, Twitter, dan sebagainya. Aplikasi bawaan yang tidak dibutuhkan atau bloatware dapat dihapus agar storage internal lebih luas.

Secara umum, Realme UI 2.0 yang digunakan oleh smartphone Realme Narzo 50 tampil dengan desain yang simpel, cutomizeable, dan mudah digunakan. Selain itu, fitur yang disediakan tergolong sangat lengkap. Sayangnya, masih disisipkan sedikit iklan dan bloatware yang terinstal cukup banyak.

Performa Realme Narzo 50

Performa Realme Narzo 50

Harus diakui bahwa performa Realme Narzo 50 adalah salah satu yang tercepat untuk rentang harga Rp 2 jutaan. Smartphone ini dipersenjatai SoC (System on Chip) MediaTek Helio G96 dengan teknologi 12nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB dengan fitur virtual RAM 5GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang powerful.

MediaTek Helio G96 yang digunakan oleh Realme Narzo 50 ini meski tak sekencang Helio G95, merupakan pilihan yang tepat menurut Laptophia. Sementara para pesaingnya masih berkutat dengan Helio G85, Helio G88 atau Snapdragon 680 yang kinerjanya secara teoritis masih di bawah Helio G96. Selain itu, Helio G96 ini telah mendukung penggunaan layar dengan refresh rate hingga 120Hz.

Berbekal spesifikasi seperti di atas, tentunya kinerja tidak akan menjadi masalah bagi Realme Narzo 50 ini. Selama kurang lebih sebulan penuh tim Laptophia menjalankan review Realme Narzo 50, tidak ada masalah soal performa untuk penggunaan sehari-hari. Menjalankan browser Chrome dengan puluhan tab, wedit foto dengan Snapseed sambil mendengarkan musik, edit video dengan CapCut atau InShot, dan komunikasi sehari-hari berjalan lancar di smartphone Realme Narzo 50 tanpa lag yang mengganggu.

Sedangkan untuk gaming, smartphone Realme Narzo 50 ini mungkin belum memuaskan hardcore gamer saat memainkan game, tetapi sudah cukup kompeten untuk sebuah smartphone dengan harga Rp 2 jutaan. Hampir emua game populer di Android dapat dimainkan di Realme Narzo 50. bahkan game berat seperti Genshin Impact masih playable di ponsel ini, meski harus menggunakan setting grafis Lowest.

Baca juga:Review Xiaomi 11T: Performa Powerful, Fitur Kelas Flagship

Kinerja Realme Narzo 50 ini sudah lebih dari cukup untuk komunikasi sehari-hari, gaming kasual, dan juga multitasking. berikut ini hasil benchmark Realme Narzo 50 yang telah tim Laptophia lakukan.

Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50


Benchmark Realme Narzo 50

Benchmark Realme Narzo 50


Review Kamera Realme Narzo 50

Review Kamera Realme Narzo 50

Meski bukan menjadi sektor yang ditonjolkan pada review Realme Narzo 50 kali ini, kemampuan kameranya sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata. Ponsel Realme Narzo 50 ini diperkuat tiga buah kamera belakang atau triple camera. Kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lima elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua Realme Narzo 50 ini berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai kamera dedicated macro. Terakhir, kamera ketiga juga berkekuatan 2 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kamera depan Realme Narzo 50 cukup kompeten di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor SK Hynix Hi-1364Q 1/3 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang maupun kamera depannya hingga resolusi full HD.

Review Kamera Realme Narzo 50

Realme Narzo 50 menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme Camera yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme Narzo 50 ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme Narzo 50 ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Video, Photo, Portrait, 50M, Time-Lapse, Slo-Mo, Ultra Macro, Text Scanner, Movie, Dual-View Video, Expert, dan Pano. Pada Mode Expert, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 32s), dan fokus distance.

Kamera utama Narzo 50 yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Baca juga:Review Realme Narzo 50A, Daya Tahan Baterai Mumpuni dengan Kamera 50MP

Review Kamera Realme Narzo 50


Bagaimana kualitas hasil foto hasil jepretan kamera Realme Narzo 50? Impresi awal, tim Laptophia menilai karakternya tak jauh berbeda dengan Realme 8i yang sudah diulas sebelumnya. Kamera utama 50MP pada review Realme Narzo 50 ini sangat bisa diandalkan dan menghasilkan foto dengan kualitas yang baik di kelasnya Rp 2 jutaan. Detail yang dihasilkan cukup tinggi, saturasi warna yang punchy, dan tajam. Jika di-zoom, memang sedikit terlihat overprocessing.

Dynamic range yang dihasilkan kamera Realme Narzo 50 secara default sudah cukup baik, meski sedikit kurang wide. Hal ini terlihat di beberapa foto dengan mode HDR nonaktif, bayangan yang dihasilkan lebih gelap dari aslinya. Saat mode HDR diaktifkan, dynamic range tampak mengalami peningkatan dan bayangan menjadi lebih terlihat detailnya. 

Adapun mode AI yang secara otomatis mendeteksi skenario dan memaksimalkan kualitas dengan cara meningkatkan saturasi dan kontras, sehingga foto jadi kurang alami. Selama proses review Realme Narzo 50, tim Laptophia menonaktifkan fitur ini.

Kecepatan autofokus kamera utama Realme Narzo 50 ini cukup cepat dan akurat saat kondisi cahaya memadai. Saat digunakan untuk memotret macro, performa kamera utamanya cukup memuaskan tim Laptophia untuk ponsel harga 2 jutaan. Foto macro Narzo 50 ini menyajikan fokus yang akurat, tingkat detail yang baik, dan warna yang punchy. Sedangkan untuk mode portrait pada review Realme Narzo 50 kali ini terbilang cukup rapi separasinya, tetapi bukan yang terbaik di kelasnya.

Performa kamera Realme Narzo 50 saat malam hari bisa dikatakan sedikit di atas rata-rata di kelasnya menurut Laptophia. meski mengalami penurunan detail yang signifikan, kualitas foto malam harinya masih cukup baik dan layak untuk sekadar dibagikan di sosial media. Saturasi warnanya baik dan noise relatif terkontrol. 

Mode Night mampu mendongkrak detail dan dynamic range saat malam hari, sehingga menghasilkan perbedaan yang cukup signifikan. Sementara LED flash yang diusung oleh smartphone stylish dengan kinerja kencang ini cukup terang dan membantu memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Baca juga:Review Infinix Note 11, Smartphone Stylish dengan Layar AMOLED Termurah

Hal yang menarik dari review Realme Narzo 50 adalah performa kamera depannya yang ternyata lebih baik dari perkiraan tim Laptophia. Foto selfienya menghasilkan detail yang sangat baik, warna yang natural, dan bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. Saat foto selfie, tone warna yang dihasilkan akurat dan konsisten.

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Hasil Foto Kamera Realme Narzo 50

Foto selfie dengan mode portrait

Review Realme Narzo 50

Review Realme Narzo 50

Layar

Sama seperti Realme 8i yang Laptophia ulas sebelumnya, layar juga menjadi keunggulan utama dari review Realme Narzo 50 kali ini. Ponsel ini dibekali layar sentuh berukuran 6,6 inci panel IPS dan resolusi full HD+ yang membuatnya mampu menghadirkan pengalaman visual yang tajam, padat, dan warna yang memanjakan mata. Respons touchscreen-nya gegas dan asyik untuk bermain game. Saat digunakan di luar ruangan, brightness layar Realme Narzo 50 juga bisa diandalkan.

Layar Realme Narzo 50 mengusung refresh rate tertinggi di kelasnya, yakni 120Hz. Saat digunakan untuk bermain game, scrolling sosial media atau menikmati konten multimedia, layar Realme Narzo 50 terasa smooth dan nyaman di mata. Pengguna dapat mengatur refresh rate secara manual melalui menu Settings.

Audio

Berbeda dengan beberapa pesaing terdekatnya yang sudah dibekali dengan speaker stereo, Realme Narzo 50 masih mengandalkan single speaker atau mono. Meski demikian, volume suara yang dihasilkan cukup nyaring dan jernih. Kualitas suaranya relatif standar dengan karakter dominan treble dan mid. Laptophia lebih suka mendengarkan musik melalui headset karena kualitas suaranya lebih baik dan dibekali fitur Real HD Sound Technology agar suaranya kian mantap.

Baca juga:Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021

Memori

Smartphone stylish dengan layar smoooth Realme Narzo 50 varian 4GB/64GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 46,1GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5GB – 1,9GB. Smartphone powerful ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Daya tahan baterai menjadi kelebihan tersendiri pada review Realme Narzo 50 oleh tim Laptophia kali ini. Berbekal baterai 5000mAh, smartphone dengan layar 120Hz dengan desain stylish ini mampu bertahan rata-rata 1 - 1,5 hari dengan penggunaan intensif non gaming. Screen on Time atau SoT rata-rata 8 jam.

Realme Narzo 50 ini juga dibekali dengan fitur fast charge yang disebut dengan Dart Charge 33W yang mampu mengisi daya baterai dari 5% ke 100% dalam waktu sekitar 1,5 jam. Ini memang bukan yang paling cepat, tetapi juga tidak terlalu lambat.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Narzo 50 adalah smartphone yang menawarkan kinerja tinggi, layar smooth, dan desain yang stylish. Selain itu, smartphone andalan Realme ini juga memiliki kemampuan kamera yang bisa diandalkan dan daya tahan baterai mumpuni. Jelas, Realme Narzo 50 salah satu smartphone 2 jutaan yang layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme Narzo 50

  • Layar 120Hz yang smooth di kelasnya
  • Kinerja powerful
  • Desain menarik
  • Kamera bisa diandalkan
  • Harga kompetitif

Kekurangan Realme Narzo 50

  • Tidak dilengkapi kamera ultra-wide angle
  • Speaker masih mono

Harga Realme Narzo 50

Harga smartphone Realme Narzo 50 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.499.000 untuk varian 4GB/64GB. Berdasarkan hasil review Realme Narzo 50 yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini menawarkan layar yang smooth, performa yang kencang, dan dibalut dengan desain yang stylish.

Anda dapat membeli smartphone Realme Narzo 50 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme Narzo 50

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI 2.0
  • Chipset MediaTek Helio G96 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor SK Hynix Hi-1364Q 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.1, AI Beauty
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,6 inci, dengan resolusi Full HD+ 2412 x 1080 piksel, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 120Hz refresh rate Ultra Smooth Display, panel IPS
  • Memori RAM 4GB, ROM 64GB UFS 2.1, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), port audio 3,5mm, AI Face Unlock
  • Dimensi 164.1 x 75.5 x 8.5 mm berat 194 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 5000mAh, non-removable, fast charge Dart Charge 33W
  • Warna Speed Blue dan Speed Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 11: Layar Super AMOLED 90Hz Termurah dengan Fitur Lengkap
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

2 komentar

  1. realme Narzo 50 ini spesifikasinya persis banget ya sama Realme 8i, beda di fast charge sama desain doang nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul... Perbedaan paling mencolok cuma di kecepatan charging sama desain. Selebihnya sama :)

      Hapus