eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP

Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP - Realme C67 merupakan salah satu smartphone 2 jutaan yang cukup menarik dan telah hadir di Indonesia sejak akhir 2023. Salah satu keunggulan Realme C67 adalah sektor fotografi dengan dukungan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL HM6. Ini menarik karena biasanya kamera 108MP hanya ditemui di smartphone menengah dengan harga yang lebih mahal. Smartphone ini juga tampil stylish dengan gaya khas Realme.

Performa Realme C67 memang bukan yang paling kencang di kelasnya, tetapi masih cukup kompeten dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 685 octa-core dengan RAM 8GB. Tak hanya itu, Realme C67 dibekali dengan layar sentuh berukuran besar, yakni 6,72 inci dengan resolusi full HD+. Smartphone ini juga diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge SuperVOOC 33W. Penasaran? Simak review Realme C67 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP


Paket Pembelian Realme C67

Paket Pembelian Realme C67

  • Unit Realme C67 8GB/128GB Black Rock
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Charger 33W SuperVOOC
  • Silicon case

Desain Realme C67

Desain Realme C67

Desain Realme C67

Desain stylish dengan konsep yang unik menjadi ciri khas tersendiri jajaran smartphone Realme di hampir semua segmen, tak terkecuali Realme C67 ini. Smartphone berkamera 108 megapiksel ini tampil menawan dengan konsep Sunny Oasis Design yang terinspirasi  pancaran sinar pada sebuah oasis dengan pelapisan gradien yang canggih yang menghadirkan efek cahaya dinamis. Unit yang Laptophia ulas kali ini adalah varian warna Black Rock.

Casing belakangnya sendiri menggunakan finishing brushed metal dengan pola diagonal yang terkesan mewah. Dua buah kamera belakangnya tersusun secara vertikal dengan housing berwarna hitam. Masing-masing kamera dilengkapi dengan cincin berwarna emas yang mewah. Dekorasi kamera Realme C67 ini memang agak menonjol. Smartphone ini dibekali dengan frame flat yang terbuat dari bahan plastik.

Sementara jika dilihat dari sisi depan, Realme C67 menyuguhkan layar sentuh berponi pada bagian atasnya dan dilengkapi bezel yang cukup tipis di segmennya. Hal ini tak lepas dari desainnya yang tak lagi menyertakan bracket plastik di sekitar layar. Build quality Realme C67 ini solid dan terasa mewah. Selain itu, smartphone ini tahan cipratan air dan debu dengan sertifikat IP54.

Desain Realme C67

Desain Realme C67

Desain Realme C67

Desain Realme C67

Baca juga:Review Vivo Y17s: Smartphone Sejutaan Tampil Mewah, Nyaman Dipakai

Pada review Realme C67 kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar IPS 90Hz full HD+ 2.5D berukuran 6,72 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Smartphone Realme C67 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme C67 sudah berkontur 2.5D dan sudah dilengkapi dengan screenguard yang terpasang dari pabrik. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Realme C67 ini. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C67 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray SIM card triple slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 108MP bertenaga Snapdragon 685 ini terdapat microphone dan speaker grill.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C67 ini terdapat dua buah kamera yang tersusun secara vertikal, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme 12+ 5G dan 12 Pro+ 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme C67

Software Realme C67

Smartphone stylish Realme C67 sudah menggunakan sistem operasi Android 14 terbaru dengan balutan antarmuka Realme UI versi basic. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Realme C67 ini dijanjikan akan mendapatkan update 2x OS dan 3 tahun update keamanan. Ini cukup panjang untuk sebuah smartphone harga 2 jutaan.

Tampilan antarmuka Realme UI yang digunakan oleh Realme C67 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan tersedia app drawer. Desain antarmuka Realme UI ini tampak lebih clean dan rapi jika dibandingkan dengan pendahulunya. Selain itu, antarmuka baru ini juga diklaim menawarkan peningkatan kecepatan loading dan animasi yang lebih smooth.

Desain antarmuyka Realme UI ini masih dapat dikustomisasi sesuai selera penggunanya. Pengguna dapat mengakses menu Settings > Wallpapers untuk mengatur wallpaper, lockscreen, color pallete, widget, dan sebagainya. 

Fitur yang disediakan Realme UI di Realme C67 terbilang cukup lengkap dan berguna. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Night Light, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE) hingga 8GB, screen recording, long screenshot, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Mini Capsule 2.0, Hide Apps, App Lock, Cloned Apps, dan sebagainya. 

Software Realme C67


Salah satu fitur unggulan Realme C67 adalah hadirnya Mini Capsule 2.0 yang mampu menampilkan berbagai notifikasi seperti musik yang sedang dimainkan, cuaca, jumlah langkah kaki, status pengisian daya, dan sebagainya.

Sedangkan aplikasi bawaan yang terinstal di Realme C67 ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, App Market, Booking.com, Facebook, Fineasy, J&T Express, J&T Cargo, TikTok, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Shopee, Spotify, WPS Office, Tomoro Coffee, Uang Mudah, ORoaming, Netflix, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, realme UI di smartphone Realme C67 ini tampil dengan antarmuka yang lebih clean, rapi, dan mudah di kostumisasi. Performanya cukup gegas, meski perlu peningkatan di smartphone ini. Fitur yang cukup lengkap, meski tak selengkap realme UI versi penuh.

Performa Realme C67

Performa Realme C67

Sektor kinerja, Realme C67 memang bukan yang paling powerful di kelasnya. Smartphone terjangkau berkamera 108MP ini diperkuat dapur pacu dari SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,8GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610.

Snapdragon 685 yang digunakan oleh Realme C67 ini masih menggunakan basis yang sama dengan Snapdragon 680, tetapi mengusung clock speed yang lebih kencang. Realme mengklaim Snapdragon 685 menawarkan peningkatan 15% kinerja CPU dan 10% kinerja GPU jika dibandingkan dengan pendahulunya. 

Selama dua minggu lebeih menggunakan smartphone Realme C67 sebagai perangkat kedua, performanya cukup memadai. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu terasa cukup smooth, mesti belum segegas yang Laptophia harapkan. Saat menjalankan banyak aplikasi sekaligus pun masih terasa cukup nyaman berkat dukungan RAM berkapasitas besar.

Hasil benchmark Realme C67 ini ternyata tak begitu menonjol. Unit yang Laptophia ulas hanya mampu mencetak skor 290 ribuan point di AnTuTu v10. Biasanya, Snapdragon 685 sanggup mencetak skor di atas 300 ribuan point. 

Baca juga:Review Acer Aspire Lite 14 AL14-31P C0G4: Laptop Murah dengan Fitur Lengkap

Apakah Realme C67 bisa digunakan untuk gaming? Tentu saja bisa. Game seperti Genshin Impact masih sanggup dimainkan oleh smartphone ini dengan setting grafis terendah, meski sedikit kurang nyaman. Sedangkan game populer lain seperti Mobile Legends:Bang Bang tampaknya bukan masalah bagi Realme C67. Berikut hasil benchmark Realme C67 oleh tim Laptophia.

Benchmark Realme C67

Benchmark Realme C67
Device Info HW

Benchmark Realme C67
Geekbench 6

Benchmark Realme C67
AnTuTu v10

Benchmark Realme C67
PCMark

Benchmark Realme C67
3DMark

Benchmark Realme C67
Storage test

Benchmark Realme C67
Sensor & Multitouch Tester


Review Kamera Realme C67

Review Kamera Realme C67

Sektor fotografi memang menjadi salah satu daya tarik dari review Realme C67 menurut Laptophia. Smartphone ini dibekali dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel dengan enam elemen lensa 24mm aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama yang berkekuatan 108MP yang digunakan oleh Realme C67 ini mengusung sensor canggih dari Samsung ISOCELL HM6 yang juga sebelumnya disematkan di Realme 11 dan Realme 10 Pro 5G. Kelebihan sensor ini adalah dibekali dengan teknologi Nonapixel Plus yang menggabungkan 9 piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehingga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP. 

Sama seperti smartphone Realme lainnya yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6, realme C67 juga memiliki fitur 3x In-sensor zoom yang mendukung hingga tiga kali lossless zoom sehingga tidak akan mengorbankan kualitas gambar atau sudut pandang saat melakukan zoom. Realme C67 juga mendukung 3x portrait di mana pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan hasil foto dengan bokeh yang lebih estetik.

Sedangkan kamera kedua Realme C67 berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor atau portrait. Kombinasi kedua kamera ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang artistik melalui mode Portrait. 

baca juga:Review Xiaomi Redmi 13C: Smartphone Sejutaan Terbaik?

Kamera depan Realme C67 cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.1 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang maupun kamera depannya hingga resolusi full HD 1080p @30fps.

Review Kamera Realme C67

Realme C67 menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme yang tampil dengan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C67 ini juga mendukung fitur filter bawaan yang cukup variatif dan beautify dengan tingkatan yang dapat disesuaikan.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme C67 ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Street, Video, Photo, Portrait, Hi-Res, Movie, Tilt Shift, Time-Lapse, Slo-Mo, Text Scanner, Pro, dan Pano. Pada Mode Pro, Laptophia bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO ( 100 hingga 6400), Shutter Speed (1/8000s hingga 30s), MF, dan fokus distance. Hebatnya, Realme C67 juga mendukung mode pengambilan gambar RAW yang cukup langka untuk smartphone harga 2 jutaan.

Review Realme C67: Smartphone Terjangkau yang Stylish dengan Kamera 108MP

Lalu sebagus apa hasil jepretan kamera Realme C67 yang berkekuatan 108 megapiksel ini? Saat kondisi cahaya melimpah atau siang hari, kamera utama Realme C67 mampu menghasilkan foto yang berkualitas dengan tingkat detail tinggi, kontras yang pas, dan saturasi warna yang lebih punchy dari aslinya. 

Dynamic range secara default sudah cukup wide dan mampu mengatasi highlight dengan baik. Namun, kemampuan untuk menampilkan bayangan perlu ditingkatkan lagi karena terlihat terlalu gelap dan kadang memunculkan noise.

Kamera Realme C67 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 ini memiliki fitur 3x-in sensor zoom. Saat Laptophia coba, kemampuan 3x in sensor zoom-nya mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang baik, selama kondisi cahaya melimpah. Namun, saat malam hari performanya tak sebaik 3x-in sensor zoom milik Realme 11.

Mode portrait yang disediakan oleh Realme C67 cukup biasa diandalkan dengan separasi antara subyek dengan background yang cukup rapi. Namun, kadang efek bokehnya terlihat buatan atau artificial. Tesedia 3x zoom portrait yang hasilnya kurang memuaskan menurut Laptophia.  

Sedangkan untuk memotret macro, Realme C67 ini sangat kompeten dan mampu menghasilkan foto yang estetik, terlebih lagi menggunakan fitur 3x in-sensor zoom. kecepatan autofokusnya tergolong gegas dan akurat.

Kinerja kamera Realme C67 saat malam hari cukup bisa diandalkan dan penurunan kecepatan autofokus tergolong minim. Foto malam harinya masih menghasilkan detail yang memadai dan saturasi warnanya oke. Namun, proses penyimpanan foto saat malam hari kadang lebih lambat dan rawan menghasilkan foto ngeblur. Selain itu, noise yang dihasilkan tergolong banyak.

Realme C67 menyediakan mode Night. Sayangnya saat Laptophia jajal, mode Night ini tidak menunjukkan perbedaan kualitas yang signifikan jika dibandigkan dengan mode auto atau default. Smartphone ini juga dibekali dengan LED flash untuk memotret dalam kondisi gelap.

Sedangkan kamera depan Realme C67 yang berkekuatan 8 megapiksel ternyata mampu menghasilkan foto selfie yang lumayan. Karakternya memang agak soft dan tone warnanya perlu ditingkatkan lagi. Sedangkan hasil rekaman video Realme C67 ini tergolong lumayan dan mungkin masih perlu ditingkatkan kualitas detail dan reduksi guncangannya.

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67
1x zoom

Hasil Foto Kamera Realme C67
3x in-sensor zoom

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme C67
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme C67
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Hasil Foto Kamera Realme C67

Foto dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C67

Hasil Foto Kamera Depan Realme C67

Hasil Foto Kamera Depan Realme C67

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme C67

Hasil Foto Kamera Depan Realme C67

Foto selfie mode portrait

Hasil Rekaman Video Realme C67



Review Realme C67

Review Realme C67


Layar

Realme C67 ini dibekali dengan layar sentuh berukuran cukup lega, yakni 6,72 inci dengan resolusi full HD+ dengan teknologi panel IPS. Meski belum menggunakan layar AMOLED, kualitas layar Realme C67 ini layak mendapat acungan jempol. Layarnya tajam, warnanya colorful, dan bezelnya juga cukup tipis di segmennya.

Respon touchcreen layarnya saat laptophia gunakan untuk bermain game atau mengetik relatif responsif. Saat digunakan di luar ruangan dengan terik matahari, layar Realme C67 ini cukup mumpuni karena diklaim mampu menampilkan kecerahan puncak hingga 950 nits. Sayangnya, tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di smartphone 2 jutaan ini.

Baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Audio

Hal yang menarik dari Realme C67 ini adalah dilengkapi dengan dua buah speaker stereo. Saat Laptophia gunakan untuk memainkan musik, volume suara yang dihasilkan cukup nyaring dan jernih. Karakter suara speakernya sama seperti kebanyakan speaker smartphone lain dengan dominasi treble dan mid, tetapi dua buah speakernya memberikan efek stereo yang tak dimiliki oleh speaker mono.

Temtunya jika ingin mendapatkan pengalaman audio yang lebih memuaskan dapat menggunakan headset atau TWS Bluetooth di Realme C67 ini. Smartphone ini juga dilengkapi fitur OReality Audio untuk meningkatkan kualitas audio saat menggunakan headset. 

Memori

Review Realme C67

Smartphone berkamera 108MP Realme C67 tersedia dalam dua varian dan unit yang Laptophia ulas adalah varian RAM 8 GB dan memori internal 128 GB eMMC 5.1. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 105.74 GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4,5 GB – 4,8 GB. 

Smartphone murah besutan Realme ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Fitur

Fitur yang diusung Realme C67 tergolong lengkap untuk segmen 2 jutaan dengan hadirnya sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Saat Laptophia coba, sensor sidik jari milik Realme C67 ini cukup reliabel dan bisa diandalkan. Jarang terjadi error atau kesulitan deteksi sidik jari saat membuka kunci layarnya.

Hal yang menarik dari Realme C67 adalah dibekali dengan 360° NFC yang memiliki fungsi yang sama dengan NFC pada umumnya seperti cek saldo, topup e-money, dan sebagainya. Perbedaannya adalah 360° NFC ini menawarkan bidang yang lebih luas untuk memudahkan kontak dengan perangkat yang mendukung NFC. 

Bagi penikmat layanan Netflix, HBO, dan layanan streaming atau VOD lainnya, Realme C67 ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1. Ini artinya perangkat ini dapat melakukan streaming konten dengan resolusi HD. 

Baterai

Daya tahan baterai menjadi salah satu daya tarik dari Realme C67 menurut Laptophia. Selama dua minggu melakukan uji pakai sebagai perangkat kedua, baterai Realme C67 rata-rata tahan hingga seharian penuh. Tentunya ini dengan pola penggunaan non gaming, seperti sosial media, komunikasi sehari-hari, streaming, kamera, dan sebagainya.

Realme C67 sendiri dibekali baterai berkapasitas 5000mAh dengan dukungan fitur fast charge 33W SuperVOOC yang mana charger-nya telah disediakan dalam paket penjualan. Pengisian daya baterai Realme C67 ini cukup cepat, yakni hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit daro 5% hingga penuh.

Kesimpulan

Realme C67 merupakan salah satu smartphone menarik di segmen 2 jutaan. Smartphone ini tampil dengan desain yang stylish, performa memadai dari Snapdragon 685, dan kamera 108MP yang bisa diandalkan di segmennya. Realme C67 juga menawarkan fitur lengkap seperti NFC, speaker stereo, dan dukungan update yang cukup panjang.

Secara umum, Realme C67 ini layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan smartphone berkamera andal dan kinerja yang memadai untuk penggunaan kasual, serta tampil menarik dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Realme C67

  • Kamera 108MP bisa diandalkan di segmennya
  • Dukungan update OS hingga 3 tahun
  • Desain stylish
  • Fitur lengkap

Kekurangan Realme C67

  • Tidak dilengkapi kamera ultra-wide angle
  • Kualitas video perlu ditingkatkan
  • Storage masih menggunakan eMMC 5.1

Harga Realme C67

Harga smartphone Realme C67 RAM 8GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.599.000 dan Rp 2.999.000 untuk varian RAM 8GB ROM 256GB. melihat hasil review Realme C67 oleh tim Laptophia yang masih cukup menarik, smartphone ini masih menawarkan harga yang sepadan dan layak dipertimbangkan di segmen 2 jutaan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Realme C67 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme C67

  • Sistem Operasi Android 14 dengan antarmuka Realme UI 4.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 685 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,8GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Dua kamera belakang, kamera utama 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.1, AI Beauty
  • Layar sentuh punch hole 2.5D berukuran 6,72 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel, kerapatan 392 ppi (pixel per inch), 950 nits (peak), 90Hz refresh rate, panel IPS
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB atau 256GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD max 2TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), port audio 3,5mm, AI Face Unlock, NFC
  • Dual stereo speaker
  • Dimensi 164.6 x 75.4 x 7.6 mm berat 185 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 5000mAh, non-removable, 33W SuperVOOC
  • Warna Sunny Oasis dan Black Rock
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah
8 komentar

8 komentar

  • Niken
    Niken
    24 Maret 2024 pukul 21.06
    Lagi bingung nih antara realme c67 apa vivo y27s 🥲
    • Niken
      Ditya Pandu
      1 April 2024 pukul 22.52
      Gass realme C67 kak
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    4 Maret 2024 pukul 23.46
    Nggak habis pikir, kenapa gitu masig pakai eMMC? Padahal kan harga segini rata2 udah pakai UFS yang lebih kencang 🥲
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      14 Maret 2024 pukul 22.04
      Ya sebenernya kalau nggak gaming sih eMMC masih oke2 aja. Ini nggak ada lag yang mengganggu. ya idealnya sih harga segini pakai UFS 😝
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    3 Maret 2024 pukul 14.59
    Harga segini apa nggak kelibas sama Redmi note 13 atau poco m6 pro? 🤔
    • Anonim
      Ditya Pandu
      14 Maret 2024 pukul 22.04
      Kan udah turun harganya, kak. Mungkin masih bisa bertahan hehe
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    3 Maret 2024 pukul 13.57
    Kameranya lumayanlah ya... 108mp tapi nggak kayak realme 11 😌
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      14 Maret 2024 pukul 22.05
      Ya beda harga, beda kualitas fotonya hahaha
    Reply