eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah

Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah - Samsung Galaxy A15 5G adalah smartphone terbaru yang mengisi segmen harga 3 jutaan dan sudah mendukung teknologi 5G. Hal yang menarik dari Galaxy A15 5G ini adalah tampil dengan desain yang mewah dan minimalis, serta dipadukan dengan build quality yang solid. Smartphone ini dutenagai oleh SoC baru dari MediaTek Dimensity 6100+ yang ditandemkan RAM 8GB, serta didukung memori internal berkapasitas 256GB.

Salah satu keunggulan dari Samsung Galaxy A15 5G adalah dibekali dengan layar berteknologi Super AMOLED 90Hz yang imersif untuk pengalaman visual yang smooth. Sementara untuk kemampuan fotografi, Samsung Galaxy A15 5G ini diperkuat dengan 3 kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel. Ponsel ini diperkuat dengan baterai berkapasoitas 5000mAh lengkap dengan fast charge 25W. Sayangnya, charger tidak termasuk dalam paket pembelian. Penasaran? Simak review Samsung Galaxy A15 5G oleh tim Laptophia kali ini!

Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah


Paket Pembelian Samsung Galaxy A15 5G

Paket Pembelian Samsung Galaxy A15 5G

  • Unit Samsung Galaxy A15 5G 8GB/256GB Blue Black
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Charger 25W (bonus)

Desain Samsung Galaxy A15 5G

Desain Samsung Galaxy A15 5G

Desain Samsung Galaxy A15 5G

Salah satu hal yang menarik dari Samsung Galaxy A15 5G menurut Laptophia adalah desainnya yang minimalis dan terkesan mewah. Sekilas, bahasa desain Galaxy A15 5G ini mirip dengan Galaxy A54 5G yang Laptophia ulas lebih dulu dengan susunan tiga buah kamera secara vertikal dan agak menonjol tanpa housing atau sering disebut dengan contour cut yang simpel. Ada tiga varian warna Galaxy A15 5G dan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna Blue Black.

Casing belakang Galaxy A15 5G ini menggunakan material mirip kaca dengan finishing matte, sehingga tidak mudah kusam atau meninggalkan jejak sidik jari. Smartphone ini menggunakan frame yang flat dengan pinggiran yang agak rounded, sehingga masih cukup nyaman ketika digenggam. Impresi awal saat menggenggam Galaxy A15 5G ini terasa mewah dan premium, sangat berbeda dengan Galaxy A05 yang Laptophia bahas sebelumnya.

Sementara sisi depan, Samsung Galaxy A15 5G ini hadir dengan dukungan layar berponi minimalis pada bagian atasnya atau Samsung menyebutnya Infinity-U. Build quality Samsung Galaxy A15 5G ini tergolong solid dan kuat. Frame flat yang digunakan terbuat dari bahan plastik yang tebal dan kokoh. Sayangnya, Galaxy A15 5G ini belum memiliki sertifikasi IP untuk ketahanan terhadap cipratan air atau debu.

Desain Samsung Galaxy A15 5G

Desain Samsung Galaxy A15 5G

Desain Samsung Galaxy A15 5G

Desain Samsung Galaxy A15 5G

baca juga:Review Anker Soundcore Life P2i, TWS dengan Suara Jernih dan Bass Bertenaga

Pada review Samsung galaxy A15 5G kali ini, sisi depan ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole Super AMOLED 90Hz dengan resolusi full HD+ berukuran 6,5 inci flat.

Layar smartphone Samsung Galaxy A15 5G ini tidak disebutkan memiliki proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya, serta tidak dilengkapi dengan screenguard. Oleh sebab itu, Laptophia anjurkan untuk memasang tempered glass guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy A15 5G ini. Sementara itu, pada sisi kiri smartphone terdapat tray SIM (hybrid slot). Sisi atas smartphone Samsung Galaxy A15 5G ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy A15 5G ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan logo Samsung pada bagian bawah. Merek asal Korea Selatan yang baru saja memperkenalkan Galaxy A25 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Samsung Galaxy A15 5G


Software Samsung Galaxy A15 5G

Software Samsung Galaxy A15 5G

Salah satu keunggulan Samsung Galaxy A15 5G yang tak dimiliki oleh pesaingnya adalah dukungan update software yang panjang, yakni 4x OS Android upgrade dan 5 tahun update keamanan. Sementara pesaing terdekatnya rata-rata hanya memberikan 2x OS upgrade atau bahkan ada yang tidak memberikan kejelasan mengenai dukungan update ini. Galaxy A15 5G sendiri menggunakan OS Android 14 dengan antarmuka One UI 6.0. 

One UI 6.0 andalan Samsung ini bisa dikatakan salah satu antarmuka Android yang paling nyaman menurut tim Laptophia. Desain tampilannya relatif simpel, mudah dimengerti, dan tentunya bebas dari iklan yang mengganggu. Struktur menu One UI 6.0 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Bagi yang mudah bosan, One UI 6.0 menyediakan ruang bagi pengguna untuk mengkustomisasi tampilan sesuai selera mulai dari wallpaper, theme, widget dan sebagainya.

Fitur yang disediakan smartphone Samsung Galaxy A15 5G ini cukup lengkap dan beguna. Beberapa fitur andalannya antara lain lways On Display, Android Auto, Gaming Hub, Samsung Pass, Secure Folder, face recognition, One-handed mode, motion and gestures, blue light filter, dual messenger, Device Care, Video call effect, Samsung Pay, AR Zone, Smart pop-up view, Bixby, Ultra data saving, face recognition, dan banyak lagi.

Software Samsung Galaxy A15 5G


Bagi yang mendambakan fitur canggih seperti Samsung DeX, harus siap kecewa karena tidak tersedia di Galaxy A15 5G ini. Hal yang cukup mengejutkan Laptophia adalah fitur Always On Display juga tidak tersedia di smartphone 5G termurah Samsung ini.

Aplikasi bawaan yang terinstal di Samsung Galaxy A15 5G ini cukup banyak antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Samsung, Samsung Members, Global Goals, Samsung Free, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Facebook, Spotify, Galaxy Store, Netflix, Samsung Notes, ONE Esports, AppStation, Facebook, Shopee, Lazada, Microsoft 365, OneDrive, LinkedIn, GoPay, Candy Crush Saga, dan Outlook. Aplikasi ini dapat dihapus jika tidak diperlukan.

Laptophia menilai One UI 6.0 di Samsung Galaxy A15 5G mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone Android yang nyaman, simpel, dan bebas gangguan. Performanya gegas, dukungan update panjang, dan mudak di-kustomisasi.

baca juga:Review Realme C51 NFC, Smartphone Sejutaan Tampil Trendi dengan Fast Charge Tercepat

Performa Samsung Galaxy A15 5G

Performa Samsung Galaxy A15 5G

Berbicara soal performa, Samsung Galaxy A15 5G di atas kertas memang tidak terlalu istimewa dan bukan yang terkencang di kelasnya dengan sokongan SoC SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 6100+ 5G dengan teknologi 6nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Dimensity 6100+ 5G ini adalah chipset terbaru andalan MediaTek yang dikembangkan dari basis Dimensity 700 5G. Ini terlihat dari konfigurasi CPU, GPU, dan clockspeed yang relatif sama. keduanya sama-sama menggunakan teknologi fabrikasi 6nm. Perbedaan keduanya mungkin ada pada dukungan fitur yang lebih modern di Dimensity 6100+. 

Untuk penggunaan sehari-hari, MediaTek Dimensity 6100+ 5G di Galaxy A15 5G ini cukup kompeten. Laptophia menggunakan galaxy A15 5G sebagai perangkat kedua untuk menjalankan aplikasi Chrome, CapCut, Snapseed, sosial media, dan sebagainya. Performanya ukup enteng dan gegas, erta One UI yang diusungnya tampak cukup matang optimasinya.

Bagaimana performa gaming Samsung Galaxy A15 5G? Smartphone 5G ini mampu memainkan game-game terkini seperti Mobile Legends: Bang Bang dengan setting grafis Ultra dengan lancar. Sementara untuk game seperti PUBG Mobile dan COD Mobile, juga masih memadai. Dukungan sensor gyroscope mampu memberikan pengalaman bermain game FPS yang lebih nyaman.

Sedangkan game yang lebih berat seperti Genshin Impact, Galaxy A15 5G ini masih sanggup memainkannya dengan setting grafis lowest. Panas yan dihasilkan Galaxy A15 5G ini tergolong waja dan terasa agak hangat saat memainkan game, tetapi tidak ada gejala overheat. Berikut ini hasil benchmark Samsung Galaxy A15 5G oleh tim Laptophia.

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
Device Info HW

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
Geekbench 6

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
AnTuTu v10

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
PCMark

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
3DMark

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
Storage test

Benchmark Samsung Galaxy A15 5G
Sensor dan Multitouch Tester

Review Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Review Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Sektor fotografi, Samsung Galaxy A15 5G ini dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 LED flash yang mampu menangkap gambar lebih jernih dan detail.

Sama seperti kebanyakan smartphone mainstream saat ini, kamera utama Samsung Galaxy A15 5G yang berkekuatan 50MP ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 tanpa kehadiran fitur OIS.  Sensorr Samsung JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel atau Quad bayer yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel Samsung Galaxy A15 5G menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Kamera kedua Galaxy A15 5G ini mengusung resolusi 5 megapiksel sensor BSI CMOS 1/5 inci yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat. Sedangkan kamera ketiga Samsung Galaxy A15 5G berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro.

Kamera depan Samsung Galaxy A15 5G ini berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Kamera depan maupun belakang Galaxy A15 5G ini dapat merekam video dengan resolusi hingga Full HD @30 fps.

Review Kamera Samsung Galaxy A15 5G


Samsung Galaxy A15 5G ini dibekali dengan aplikasi kamera dengan tampilan yang cukup user friendly. Laptophia dapat mengakses pengaturan filter, motion photo, mode resolusi (12M/50M), aspek rasio, timer, LED flash, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada bagian atas. Sementara di tengahnya terdapat toggle untuk memilih lensa ultra wide (0.5x), lensa wide (1x), dan digital zoom (2x).

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri, serta tap More untuk mengkses semua mode yang tersedia. Beberapa mode yang disediakan antara lain Fun, Portrait, Photo, Video, Pro, Panorama, Food, Night, Macro, Slow Motion, Portrait Video, Pro Video, Single Take, dan Hyperlapse.

Hal yang menarik adalah mode Pro tersedia di kamera Samsung Galaxy A15 5G menawarkan opsi untuk mengatur parameter yang cukup lengkap, yakni white balance, EV, fokus, ISO (hingga 3200), dan shutter speed dari 1/8000 detik hingga maksimal 10 detik. Sayangnya, Galaxy A15 5G ini tidak mendukung format RAW.

Baca juga:Review iQOO Z7x 5G: Performa Kencang, Baterai Paling Awet!

Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah

Lalu sehebat apakah performa kamera Samsung Galaxy A15 5G ini? Saat kondisi siang hari dengan cahaya yang melimpah, kamera utama Galaxy A15 5G ini mampu menghasilkan foto yang memuaskan untuk segmen harganya. Detail yang dihasilkan memang tergolong rata-rata, saturasi warnanya mendekati natural, dan dynamic range yang cukup wide.

Laptophia menggunakan setting HDR auto selama proses uji pakai dan fitur ini akan aktif dengan sendirinya jika diperlukan. Kamera Galaxy A15 5G ini menyediakan fitur AI Scene Detection yang ketika diaktifkan, hasil fotonya tak banyak berbeda dengan mode default.

Kecepatan autofokus kamera utama Samsung Galaxy A15 5G ini tergolong baik dan responsif. Beberapa kali Laptophia mengambil foto kupu-kupu yang memerlukan fokus yang gegas, dapat ditangani dengan baik oleh Galaxy A15 5G ini. hasil foto macro-nya pun memuaskan dengan fokus akurat dan efek bokeh artistik. Sedangkan untuk mode portrait, Galaxy A15 5G ini cukup rapi separasinya dan efek bokeh buatannya cukup meyakinkan.

Sayangnya, performa kamera utama Samsung Galaxy A15 5G saat malam hari bisa dikatakan agak kurang. Kecepatan fokusnya mengalami penurunan yang signifikan, sehingga harus benar-benar steady saat memotret. Foto yang dihasilkan sendiri menampilkan noise yang lumayan mengganggu dan detail mengalami penurunan yang signifikan. 

Kamera Galaxy A15 5G ini dilengkapi dengan Mode Night yang ketika diaktifkan mampu meningkatkan detail, dynamic range, dan mengurangi noise. Sedangkan LED flash bawaannya juga cukup terang untuk membantu memptret dalam kondisi gelap.

Sedangkan kamera depan Samsung Galaxy A15 5G yang berkekuatan 13 megapiksel ini menurnjukkan performa yang cukup baik menurut Laptophia. Foto selefienya cukup detail, noise yang cukup terkontrol, dan tone warna yang memuaskan. Foto mode portrait dengan kamera depan juga memuaskan.

Kamera ultra wide angle galaxy A15 5G ini ternyata menghasilkan foto dengan karakter warna yang sedikit bebeda karena warnanya terlihat lebih punchy. Kualitas fotonya secara umum cukup baik, meski detailnya masih kalah jika dibandingkan kamera utamanya. Sementara saat malam hari, kamera ultra-wide angle Galaxy A15 5G ini kurang bisa diandalkan.

Sedangkan untuk kemampuan video, agak disayangkan Samsung Galaxy A15 5G dengan harga 3 jutaan in tidak mampu merekam video 4K UHD atau full HD @60fps, hanya mentok di full HD @30 fps saja. Hasil rekaman videonya cukup baik dan dilengkapi fitur EIS (Electronic Image Stabilization) untuk mengurangi guncangan saat merekam video.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G
Night mode off

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G
Night mode on

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A15 5G

Foto malam dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A15 5G

Foto selfie kamera depan

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A15 5G

Foto selfie mode portait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy A15 5G

Hasil Rekaman Video Kamera Samsung Galaxy A15 5G


Review Samsung Galaxy A15 5G

Review Samsung Galaxy A15 5G


Layar

Salah satu kelebiha  dari review Samsung Galaxy A15 5G ini adalah kualitas layarnya yang tergolong mantap di segmennya. Samsung membekalinya dengan layar full HD+ berteknologi Super AMOLED yang mampu menampilkan saturasi warna yang vivid, tajam, kontras yang tinggi, dan tetap nyaman di mata.

Refresh rate layar Galaxy A15 5G ini adalah 90Hz, sehingga cukup smooth untuk sekedar bermain game atau scrolling sosial media. Respon touchscreen-nya gegas dan akurat saat Laptophia gunakan untuk bermain game atau Real Drum. Saat digunakan di luar ruangan dengan sinar matahari yang terik, layar Samsung Galaxy A15 5G sangat bisa diandalkan dengan brightness hingga 800 nits (HBM).

Audio

Samsung Galaxy A15 5G ini hanya dibekali dengan satu buah speaker mono. Ini agak disayangkan mengingat pesaingnya rata-rata sudah dibekali dengan speaker stereo. Kualitas suara speaker Galaxy A15 5G ini menurut Laptophia termasuk standar saja, tidak ada yang istimewa. Volumse suara yang dihasilkan sebenarnya cukup nyaring.

baca juga:Review ZTE Blade V50 Design: Smartphone Kencang, Stylish, dan Harga Terjangkau!

Memori

Review Samsung Galaxy A15 5G: Upgrade Signifikan dengan Desain Mewah

Samsung Galaxy A15 5G yang Laptophia ulas ini hadir dalam satu varian memori internal, yakni RAM 8GB LPDDR4x dan storage 256GB UFS 2.2. Saat pertama kali dinyalakan, Samsung Galaxy A15 5G menyisakan memori internal sekitar 238,4GB dengan free RAM berkisar 3GB – 3,5GB. Smartphone ini mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya dan masih dibekali slot microSD untuk ekspansi memori eksternal (hybrid slot).

Fitur

Samsung Galaxy A15 5G dibekali dengan fitur sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power. Saat Laptophia jajal, performa sensor sidik jarinya cukup akurat, responsif, dan jarang bermasalah. Ini bisa diandalkan. 

Bagi penikmat layanan VOD atau streaming seperti netflix dan sejenisnya, Galaxy A15 5G ini sudah mendukung sertifikasi widevine L1, sehingga dapat melakukan streaming konten HD. Selain itu, juga tersedia fitur NFC yang bermanfaat untuk transaksi digital, pairing dengan perangkat eksternal, top up atau cek saldo e-money, dan sebagainya.

Baterai

Hal yang menarik menurut Laptophia saat review Samsung Galaxy A15 5G adalah daya tahan baterainya yang tergolong awet. Selama kurang lebih dua minggu uji pakai, Galaxy A15 5G ini rata-rata mampu bertahan seharian penuh dengan pola penggunaan sosial media, serta non gaming. Jika penggunaan lebih intensif, daya tahan baterainya tentu lebih singkat.

Samsung Galaxy A15 5G dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge 25W. Sayangnya, charger tidak termasuk dalam paket pembelian. Kecepatan charging-nya sendiri bukan yang paling gegas di kelasnya. Butuh waktu hampir 1,5 jam untuk mengisi baterai Galaxy A15 5G ini dari 8% hingga penuh.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A15 5G memang merupakan salah satu smartphone 5G dengan harga 3 jutaan yang cukup menarik. Keunggulan utamanya ada pada dukungan update yang tergolong panjang dan One UI yang sejauh ini kayak fitur, serta nyaman digunakan. Galaxy A15 5G ini tampil dengan desain mewah dan build quality yang solid.

Sayangnya, kemampuan kamera Samsung Galaxy A15 5G ini mersih perlu ditingkatkan lagi dan masih belum mendukung perekaman video 4K UHD atau bahkan sekadar Full HD 1080p @60fps. Samsung juga tak lahi membekalinya dengan charger. Secara umum, Samsung Galaxy A15 5G merupakan smartphone 3 jutaan yang layak dipertimbangkan.

Kelebihan Samsung Galaxy A15 5G

  • Desain mewah, build quality solid
  • Dukungan update panjang (4x OS upgrade, 5 tahun keamanan)
  • Layar Super AMOLED 90Hz berkualitas

Kekurangan Samsung Galaxy A15 5G

  • Tidak dilengkapi charger dalam paket pembelian
  • Tidak mendukung perekaman video 4K UHD atau full HD 1080p @60fps
  • performa kamera saat low-light perlu ditingkatkan
  • Speaker mono

Harga Samsung Galaxy A15 5G

Harga smartphone Samsung Galaxy A15 5G RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.599.000. Berdasarkan hasil review Samsung Galaxy A15 5G oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini memang cukup menarik dengan dukungan update yang cukup penjang.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Samsung Galaxy A15 5G di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy A15 5G

  • Sistem Operasi Android 14 dengan antarmuka Samsung One UI 6.0
  • Chipset MediaTek Dimensity 6100+ 5G dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Triple atau tiga kamera belakang resolusi 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, dengan dilengkapi LED flash + 5 megapiksel (ultra wide) lensa aperture f/2.2 sensor BSI 1/5 inci + 2 megapiksel (macro) lensa aperture f/2.4
  • Kamera depan 13 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS 1/3.1 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh Infinity-U Display 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2340 piksel, kerapatan 396 ppi (pixel per inch), 800 nits (HBM), refresh rate 90Hz, 16 juta warna, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 8GB, ROM 256GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Atmos, fingerprint sensor (side mounted), face unlock, NFC
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 160.1 x 76.8 x 8.4 mm dengan berat 200 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 25W
  • Warna Yellow, Blue Black, dan Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Vivo Y17s: Smartphone Sejutaan Tampil Mewah, Nyaman Dipakai
6 komentar

6 komentar

  • Ditya Tuxlin
    Ditya Tuxlin
    16 Februari 2024 pukul 20.23
    Wah boleh ini desainnya... Kalo speaker stereo pasti manstapp
    • Ditya Tuxlin
      Ditya Pandu
      14 Maret 2024 pukul 21.58
      Harga segini mana ada speaker stereo kalau Samsung hehehe
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    16 Februari 2024 pukul 17.46
    Kameranya pas malam agak buriq ya pack... 🤔 tapi aku suka desainnya, apalagi yang warna kuning 😍
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      14 Maret 2024 pukul 21.58
      kalau kamera malam kayak gini, masih bisa dimaklumi. Rata-rata smartphone dengan segmen harga yang sama, kayak gini juga kok kualitasnya. Bedanya nggak terlalu jauh
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    16 Februari 2024 pukul 17.02
    Andai dikasih speaker Stereo, nggak ada lawan nih Galaxy A15 5G ini... Update panjang banget, saingannya aja cuma 2 x OS Upgrade
    • Anonim
      Ditya Pandu
      14 Maret 2024 pukul 21.59
      ya speaker stereo nya dituker dukungan update yang panjang, fair enough? 😁
    Reply