eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Samsung Galaxy A05: Smartphone Murah dengan Desain Stylish

Review Samsung Galaxy A05: Smartphone Murah dengan Desain Stylish - Samsung Galaxy A05 adalah salah satu smartphone murah terbaru yang cukup menarik perhatian konsumen tanah air. Smartphone ini merupakan penerus dari Galaxy A04 dan menawarkan peningkatan yang cukup signifikan. Hal yang menarik dari Samsung Galaxy A05 ini adalah tamoil dengan desain stylish dengan susunan kamera vertikal tanpa housing yang minimalis dan casing belakang dengan finishing tekstur vertical pattern. 

Soal kinerja, Samsung Galaxy A05 memang bukan yang paling kencang di kelasnya tetapi menawarkan peningkatan yang signifikan dari pendahulunya. Smartphone ini ditunjang SoC MediaTek Helio G85 dengan RAM 4GB atau 6GB sebagai dapur pacu utamanya. Tak hanya itu, Samsung membekali Galaxy A05 ini dengan baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge 25W, penasaran? Simak review Samsung Galaxy A05 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Samsung Galaxy A05: Smartphone Murah dengan Desain Stylish


Paket Pembelian Samsung Galaxy A05

Paket Pembelian Samsung Galaxy A05

  • Unit Samsung Galaxy A05 4GB/64GB Light Green
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi
  • Kepala charger 25W (Bonus)
  • SP Indosat IM3 (Bonus)

Desain Samsung Galaxy A05

Desain Samsung Galaxy A05

Desain Samsung Galaxy A05

Hal yang menarik dari review Samsung Galaxy A05 kali ini adalah desainnya yang cukup stylish. Samsung tampaknya menurunkan bahasa desain dari Galaxy S23 series di smartphone murah andalannya. Ini terlihat dari dukungan dua buah kamera yang tersusun vertikal tanpa housing atau bergaya contour cut yang minimalis. Casing belakang Samsung Galaxy A05 menggunakan finishing glossy mirip kaca yang dilengkapi dengan vertical pattern atau tekstur vertikal yang menarik. Unit yang laptophia ulas adalah varian warna Light Green.

Sementara jika dilihat dari depan, Samsung Galaxy A05 tak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone Android lainnya dengan dukungan layar berponi minimalis pada bagian atasnya atau Samsung menyebutnya Infinity-U. Sayangnya, layarnya tak dilengkapi screen protector. Galaxy A05 ini dibekali dengan frame berbahan polikarbonat dengan permukaan yang agak rounded, tidak flat. Ini membuat Galaxy A05 lebih nyaman digenggam.

Ukuran smartphone Samsung Galaxy A05 ini memang agak besar dan tebal. hal ini mungkin mengurangi kenyamanan menggenggam bagi pengguna dengan telapak tangan kecil. Build quality Samsung Galaxy A05 cukup solid dan kuat Namun, hal yang aneh adalah ketika Laptophia menyalakan flash (senter) di tempat gelap, maka cahayanya akan menembus di sela-sela antara casing belakang dengan frame-nya.

Desain Samsung Galaxy A05

Desain Samsung Galaxy A05

Desain Samsung Galaxy A05

Desain Samsung Galaxy A05

Baca juga:Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni

Sisi depan smartphone Samsung Galaxy A05 terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, light sensor, earpiece, layar IPS HD+ berukuran 6,7 inci refresh rate 60Hz, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Samsung Galaxy A05 besutan pabrikan Korea Selatan ini sudah mengadopsi on-screen button.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Samsung Galaxy A05 dan smartphone ini tidak dilengkapi screenguard atau screen protector secara default. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layar dari goresan atau benturan.

Tombol power dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy A05 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray simcard yang berjenis triple-slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Helio G85 andalan Samsung ini terdapat sebuah microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy A05 ini terdapat dua buah kamera yang tersusun vertikal dengan dekorasi tanpa housing yang simpel, LED flash, dan logo Samsung. Merek asal Korea Selatan yang baru saja meluncurkan Galaxy M54 5G ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Samsung Galaxy A05



Software Samsung Galaxy A05

Software Samsung Galaxy A05

Smartphone terjangkau Samsung Galaxy A05 ini menggunakan sistem operasi Android 13 dengan balutan antarmuka One UI Core 5.1. Dukungan update yang panjang bisa dikatakan daya tarik utama pada review Samsung Galaxy A05 kali ini. Pabrikan asal Korea Selatan ini berani memberikan dukungan 2x OS update dan 4 tahun update keamanan. Dukungan update sepanjang ini bisa dikatakan langka untuk smartphone murah.

Antarmuka One UI Core 5.1 yang digunakan Galaxy A05 bisa dikatakan sebagai versi sederhana dari One UI reguler dengan fitur yang dipangkas. Tampilan antarmukanya rapi yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap. Pengguna dapat dengan mudah mengganti wallpaper, theme, widget dan sebagainya. Juga tersedia Galaxy Themes untuk mengunduh theme dan wallpaper dengan menggunakan akun Samsung.

Meski One UI Core 5.1 yang digunakan pada review Samsung Galaxy A05 ini bisa dikatakan versi ramping, tetapi fitur di dalamnya masih cukup lengkap. Beberapa fitur unggulannya antara lain Quick Share, SmartThings, Samsung Smart Switch, Game Launcher, Modes and Routines, Private Share, Secure Folder, Android Auto, dark mode, SOS Messages, One-handed mode, motion and gestures, Eye Comfort Shiled, Device Care, Dual Messenger, Digital Wellbeing, Smart pop-up view, Ultra data saving, face recognition, dan sebagainya.

Review Samsung Galaxy A05: Smartphone Murah dengan Desain Stylish

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone Samsung Galaxy A05 ini cukup banyak antara lain adalah Google Apps, AppStation, Samsung Members, Samsung Global Goals, Samsung Free, Samsung Pay, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Facebook, Twitter, Spotify, Galaxy Shop, Galaxy Store, Netflix, Samsung Notes, TikTok, LinkedIn, Lazada, Shopee, Microsoft Office 365, OneDrive, LinkedIn, dan Outlook.

Secara umum, One UI Core 5.1 yang digunakan oleh smartphone Samsung Galaxy A05 ini menawarkan pengalaman penggunaan yang nyaman, user friendly, fitur lengkap, dan tentu saja bebas iklan. Tak hanya itu, dukungan update yang panjang menjadi kelebihan Galaxy A05 yang jarang dijumpai di smartphone pesaingnya.

Performa Samsung Galaxy A05

Performa Samsung Galaxy A05

Meski bukan yang paling kencang di kelasnya, performa tetap menjadi hal yang menarik dari review Samsung Galaxy A05 kali ini. Smartphone ini dipersenjatai SoC (System on Chip) MediaTek Helio G85 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 berkecepatan 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 berkecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 6GB yang didukung teknologi RAM Plus 4GB, serta diperkuat grafis dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G52 2EEMC2 1GHz.

MediaTek Helio G85 yang digunakan Galaxy A05 ini memang merupakan chipset yang cukup 'tua' dan telah diluncurkan tiga tahun yang lalu. Meski demikian, Samsung Galaxy A05 tetap menawarkan lompatan performa jika dibandingkan dengan pendahulunya, Galaxy A04. Kinerja Helio G85 sendiri secara umum masih kompetitif untuk smartphone dengan harga terjangkau.

Selama kurang lebih dua minggu menggunakan smartphone Samsung Galaxy A05 sebagai perangkat kedua, tim Laptophia menginstal beberapa aplikasi sosial media, editing foto di Snapseed, serta kadang edit video menggunakan CapCut. Kinerjanya masih cukup memadai, tetapi perpindahan antar aplikasi masih terasa kurang gegas. Bahkan kadang terasa agak lag saat menjalankan banyak aplikasi. 

Lalu apakah smartphone murah Samsung Galaxy A05 dapat digunakan untuk main game? Tentu saja bisa, Kemampuan Samsung Galaxy A05 memainkan game-game kasual tak perlu diragukan lagi. Sedangkan game yang agak berat seperti Mobile Legends: Bang Bang masih cukupp lancar dengan setting sefault Smooth - Ultra. 

Sedangkan untuk memainkan game FPS seperti PUBG Mobile masih cukup memadai untuk sekadar menghilangkan penat, tetapi sedikit kurang responsif saat aim karena hanya mengandalkan gyroscope virtual. Bagaimana dengan game berat seperti Genshin Impact? Tampaknya Samsung Galaxy A05 masih kewalahan memainkan game tersebut.

Baca juga:Review Tecno Spark 10C NFC, Smartphone Terbaik Harga Sejutaan?

Panas yang dihasilkan oleh smartphone Samsung Galaxy A05 ini masih tergoling wajar dan tidak terasa adanya throttling atau overheat. Berikut ini hasil benchmark Samsung Galaxy A05 oleh tim Laptophia.

Benchmark Samsung Galaxy A05

Benchmark Samsung Galaxy A05
Device Info HW

Benchmark Samsung Galaxy A05
Geekbench 6

Benchmark Samsung Galaxy A05
AnTuTu v10

Benchmark Samsung Galaxy A05
PCMark

Benchmark Samsung Galaxy A05
3DMark

Benchmark Samsung Galaxy A05
Basemark OS II

Benchmark Samsung Galaxy A05
Androbench

Benchmark Samsung Galaxy A05
Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Review Kamera Samsung Galaxy A05

Review Kamera Samsung Galaxy A05

Kemampuan fotografi Samsung Galaxy A05 ini tergolong standar untuk sebuah smartphone terjangkau. Smartphone ini dipersenjatai dengan dua kamera belakang dengan kamera utama resolusi 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan fitur phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 dan LED flash yang mampu menangkap gambar jernih dan detail.

Kamera utama Samsung Galaxy A05 yang berkekuatan 50MP ini menggunakan sensor 'sejuta umat' Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel atau Quad bayer yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel Samsung Galaxy A05 menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua di smartphone Samsung Galaxy A05 berkekuatan berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa aperture f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh dengan mode portrait melalui fitur Live Focus. 

Kamera depan Samsung Galaxy A05 ini berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0 fixed focus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Kamera ponsel ini dapat merekam video dengan resolusi hingga Full HD @60fps untuk kamera belakang dan Full HD @30fps untuk kamera depan.

Review Kamera Samsung Galaxy A05

Galaxy A05 menggunakan aplikasi kamera yang sama dengan smartphone Samsung lainnya, hanya saja mode yang tersedia tidak terlalu lengkap. Laptophia dapat mengakses pengaturan filter, aspek rasio, timer, LED flash, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada bagian atas. Kamera Galaxy A05 ini dibekali dengan opsi untuk berganti lensa dari 1x (wide) dan 2x (digital zoom).

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri. Beberapa mode yang disediakan antara lain Portrait, Photo, Video, Pro, Panorama, Food, Slow Motion, dan Night. Pada Mode Pro, Galaxy A05 ini cukup lengkap dan memungkinkan untuk mengatur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 800), Shutter Speed (hingga 30s), fokus distance, dan Metering Exposure.

Baca juga:Review Anker Soundcore A20i, Headset TWS 100 Ribuan Terbaik?

Review Kamera Samsung Galaxy A05

Lalu sehebat apakah kemampuan kamera smartphone sejutaan Samsung Galaxy A05 ini? Saat kondisi siang hari dengan cahaya yang lebih dari cukup, kamera utama Samsung Galaxy A05 ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik dan memuaskan untuk kelas smartphone murah. Foto yang dihasilkan galaxy A05 ini mampu menampilkan tingkat detail yang baik, saturasi warna yang cenderung natural meski bisa dikatakan agak warm dari aslinya.

Noise memang kadang terlihat dan beberapa skenario (terutama banyak obyek tanaman) terlihat ada sedikit oversharpening. Sedangkan untuk dynamic range memang kurang wide dan bayangan terlihat lebih gelap dari aslinya. Namun, mode HDR cukup membantu untuk mengatasi masalah ini.

Samsung Galaxy A05 juga menyediakan mode portrait yang mana pengguna dapat mengatur tingkat blur sesuai kebutuhan. hasilnya cukup baik untuk sebuah smartphone terjangkau dengan efek blur yang cukup natural, tetapi separasinya kadang kurang rapi. Kualitas mode portrait kamera belakang dan kamera depan agak berbeda. Kamera depannya lebih payah soal separasi subyek dengan background.

Kecepatan fokus kamera Samsung Galaxy A05 ini sebenarnya cukup gegas dan ketika Laptophia mencobanya untuk memotret macro, performa autofokusnya tergolong baik. Hasil foto macro dari kamera utamanya sendiri cukup bagus dengan fokus yang akurat, detail yang tinggi, dan karakter warna yang cenderung natural. 

Performa kamera Samsung Galaxy A05 saat malam hari dengan kondisi cahaya yang terbatas bisa dikatakan kurang memuaskan. Performa autofokusnya mengalami penurunan, sehingga Laptophia harus benar-benar steady saat memotret agar tidak blur. Foto malam harinya sendiri terdapat penurunan tingkat detail yang signifikan sehingga membuat foto cenderung soft. Untungnya, saturasi warnanya masih cukup oke.

Beruntung Samsung Galaxy A05 ini dilengkapi dengan mode Night yang mampu meningkatkan detail dan dynamic range yang cukup signifikan. LED flash bawaan Galaxy A05 ini mampu menghasilkan cahaya yang cukup terang dan dapat diandalkan untuk memotret kondisi gelap.

Hal yang menarik dari Samsung Galaxy A05 adalah kemampuan kamera belakang yang dapat merekam video Full HD 1080p 60fps. Namun, hasilnya malah kurang stabil. Kemungkinan hal tersebut terlalu berat bagi prosesornya. Sedangkan perekaman video full HD 30fps berjalan dengan lancar dengan hasil yang cukup baik.

Kamera depan Samsung Galaxy A05 yang berkekuatan 8 megapiksel ternyata tidak mengecewakan. Saat Laptophia menjajalnya untuk foto selfie, hasilnya cukup natural dengan tone warna yang mendekati aslinya dan tingkat detail yang sudah memadai. Sedangkan saat malam hari, kamera depannya memang kurang memuaskan.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Foto macro

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05
Night mode off

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05
Night mode on

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy A05

Foto dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05

Foto selfie 

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy A05

Foto selfie mode portrait

Review Samsung Galaxy A05

Review Samsung Galaxy A05


Layar

Layar menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari review Samsung Galaxy A05 menurut Laptophia, mengapa? Sebenarnya spesifikasi layar Samsung Galaxy A05 tergolong sangat standar untuk sebuah smartphone murah dengan dukungan layar sentuh 6,7 inci resolusi HD+. Namun, layar Galaxy 05 ini kualitasnya terbilang baik, tajam, dan mamou menampilkan saturasi yang nyaman di mata.

Respon touchscreen smartphone Samsung Galaxy A05 ini cukup responsif selama Laptophia gunakan dan viewing angle-nya cukup luas. Saat digunakan di bawah sinar matahari atau outdoor, layar Galaxy A05 ini masih bisa diandalkan. Sayangnya, layarnya tidak dilengkapi screen protector.

Audio

Samsung Galaxy A05 ini dibekali dengan sebuah speaker yang menghadap ke bawah. Volume suara yang dihasilkan tidak terlalu nyaring. Kualitas suara yang dihasislkan Galaxy A05 tergolong biasa saja dengan dominasi mid dan trebel, serta bass yang terdengar sangat tipis. Ketika volume dimaksimalkan, suaranya cenderung agak cempreng menurut Laptophia.

Baca juga:Review Infinix Hot 30: Smartphone Sejutaan Tampil Mewah dengan Fitur Lengkap

Tim Laptophia menjajal Galaxy A05 untuk mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro, hasilnya? Kualitas suaranya tergolong lumayan dan masih dapat ditingkatkan dengan mengaktifkan fitur Dolby Atmos.

Memori

Review Samsung Galaxy A05

Smartphone murah dengan desain stylish Samsung Galaxy A05 tersedia dalam tiga varian dan unit yang Laptophia ulas adalah varian RAM 4GB dan memori internal 64GB eMMC 5.1. Unit yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 44GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5GB – 1,7GB. Smartohone andalan Samsung ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Fitur

Sebagai sebuah smartphone murah, Samsung Galaxy A05 ini tergolong minim fitur. Tak ada speaker stereo, NFC atau bahkan sekedar fitur keamanan pemindai sidik jari yang umumnya sudah tersedia di smartphone terjangkau.

Baterai

Sama seperti smartphone terjangkau lainnya, Samsung Galaxy A05 ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh guna mencukupi kebutuhan dayanya. Selama hampir dua minggu melakukan uji pakai Samsung Galaxy A05, rata-rata daya tahan baterainya bisa seharian penuh dan kadang lebih dengan screen on time 6 - 7 jam.

Samsung Galaxy A05 dibekali fitur fast charge 25W, tetapi performanya memang kurang memuaskan. Butuh waktu hingga 2 jam untuk mengisi daya hingga penuh menggunakan charger Samsung 25W. Selain itu, Samsung Galaxy A05 ini tidak dilengkapi charger dalam paket penjualannya. Meski demikian, selama periode promo, setiap pembelian Samsung Galaxy A05 masih mendapat 'bonus' charger.

Kesimpulan

Secara umum, Samsung Galaxy A05 merupakan sebuah smartphone murah yang menarik dengan desain stylish. Performanya nyaman untuk penggunaan sehari-hari, layar berkualitas baik, dan dukungan update yang terbilang panjang.

Kekurangan paling signifikan adalah Samsung Galaxy A05 hadir tanpa dibekali charger dalam paket pembelian. Saat Laptophia membelinya, masih berlaku promo gratis 25W charger. Selain soal charger, kekurangan ponsel ini masih dapat dimaklumi. Jselas, Samsung Galaxy A05 layak dipertimbangkan bagi mereka yang membutuhkan smartphone murah, stylish, dan update terjamin.

Kelebihan Samsung Galaxy A05

  • Desain stylish dan menarik
  • Performa nyaman digunakan sehari-hari
  • Kualitas layar cukup baik
  • Dukungan update 2x OS dan keamanan 4 tahun

Kekurangan Samsung Galaxy A05

  • Tidak dilengkapi fitur pemindai sidik jari
  • Tidak dilengkapi adaptor charger
  • Tidak dilengkapi screen protector
  • Perekaman video FHD 60fps kurang stabil
  • Minim sensor (termasuk gyroscope)

Harga Samsung Galaxy A05

Harga smartphone Samsung Galaxy A05 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.499.000 untuk varian RAM 4GB ROM 64GB, Rp 1.699.000 untuk varian RAM 4GB ROM 128GB, dan Rp 1.899.000 untuk varian RAM 6GB ROM 128GB.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Samsung Galaxy A05 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy A05

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Samsung One UI Core 5.1
  • Chipset MediaTek Helio G85 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G52 2EEMC2 1GHz
  • Dual atau dua kamera belakang resolusi 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, dengan dilengkapi LED flash + 2 megapiksel (depth sensor) lensa aperture f/2.4
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0
  • Layar sentuh Infinity-U Display 6,7 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 720 x 1600 piksel, kerapatan 262 ppi (pixel per inch), refresh rate 60Hz, 16 juta warna, panel TFT PLS
  • Memori RAM 4GB atau 6GB LPDDR4x, ROM 64GB atau 128GB eMMC 5.1, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, Dolby Atmos, face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 168.8 x 78.2 x 8.8 mm dengan berat 195 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 25W
  • Warna Black, Silver, dan Light Green

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Xiaomi 12, Apakah Masih Layak Beli Sekarang?
6 komentar

6 komentar

  • Niken
    Niken
    7 Desember 2023 pukul 20.55
    Cakep juga casing belakangnya
    • Niken
      Ditya Pandu
      11 Desember 2023 pukul 21.47
      Lumayan... cakep doang, tapi build quality masih kurang solid menurutku. Soalnya cahaya LED flash tembus wkwkw
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    3 Desember 2023 pukul 15.13
    Serius itu chargingnya lama? 🤔
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      4 Desember 2023 pukul 22.42
      Iya. ya harus maklum, namanya juga smartphone murah ehehe
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    3 Desember 2023 pukul 11.48
    Kameranya lumayan juga ya... Itu kalau FHD 1080 60fps nggak stabil, kenapa maksain ada ya fiturnya?
    • Anonim
      Ditya Pandu
      4 Desember 2023 pukul 22.43
      Kameranya lumayan oke kalau cuma buat pepotoan doang ini... Soal video, saya juga sependapat. Samsung agak maksain masukin itu
    Reply