eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Anker Soundcore A20i, Headset TWS 100 Ribuan Terbaik?

Review Anker Soundcore A20i, Headset TWS 100 Ribuan Terbaik? - Anker Indonesia telah meluncurkan dua headset True Wireless Stereo (TWS) dengan harga terjangkau melalui seri Soundcore A20i dan Soundcore R50i. Anker sendiri selama ini dikenal sebagai produsen aksesoris berkualitas tinggi dan merilis sejumlah produk audio melalui lini Soundcore. Hal yang menarik dari Anker Soundcore A20i adalah menawarkan kualitas suara yang mantap untuk kelas harganya dan dibekali fitur BassUp untuk bass yang lebih bertenaga.

Tak hanya itu, TWS Anker Soundcore A20i ini memberikan fasilitas 22 preset equalizer yang dapat dipilih sesuai selera atau sesuai genre lagu yang sedang diputar. Penampilan TWS besutan Anker ini cenderung kalem dengan desain minimalis dan tersedia dalam tiga varian warna. Tim Laptophia cukup penasaran dengan TWS murah andalan Anker ini dan memutuskan untuk membeli satu unit untuk diulas, penasaran? Simak review Anker Soundcore A20i oleh tim Laptophia kali ini!

Review Anker Soundcore A20i, Headset TWS 100 Ribuan Terbaik?


Paket Pembelian Anker Soundcore A20i

Paket Pembelian Anker Soundcore A20i

  • Unit TWS Anker Soundcore A20i Black
  • Charging case
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Tali atau lanyard
  • Manual dan kartu garansi

Desain Anker Soundcore A20i

Desain Anker Soundcore A20i

Desain Anker Soundcore A20i

TWS Anker Soundcore A20i ini hadir dengan charging case yang ukurannya cukup ringkas dan ringan. Desain charging case-nya memang cenderung kalem berbentuk persegi dengan sudut rounded. Ada tiga varian warna Anker Soundcore A20i dan kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna hitam. Charging case ini terbuat dari material plastik dengan finishing matte yang memang jauh dari kesan mewah, tetapi build quality-nya cukup solid.

Sedangkan earbud Anker Soundcore A20i ini mengusung desain in-ear yang ukurannya agak besar dengan bentuk belakangnya bulat dan tercetak logo Soundcore. Sementara bentuk nozzle earbud-nya agak miring sekian derajat menyesuaikan bentuk telinga manusia, sehingga cukup ergonomis. Earbud Anker Soundcore A20i juga terbuat dari bahan plastik yang dibalut warna hitam dengan finishing matte yang elegan dan tak mudah kusam.

Salah satu kelebihan earbud Anker Soundcore A20i ini adalah memiliki kemampuan tahan cipratan air dengan sertifikat IPX5. Hal ini membuat TWS ini cukup aman ketika terkena keringat saat olahraga atau cipratan air saat hujan. 

Desain Anker Soundcore A20i

Desain Anker Soundcore A20i

Desain Anker Soundcore A20i


Sisi atas charging case Anker Soundcore A20i ini terdapat logo Soundcore yang terlihat cukup jelas dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sementara pada sisi depan terdapat sebuah LED indikator dan sebuah port USB Type-C pada sisi belakang. Ketika cangkang dibuka, terdapat informasi spesifikasi teknis pada penutup charging case Anker Soundcore A20i ini.

baca juga:Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Kontrol Anker Soundcore A20i

Pada review Anker Soundcore A20i kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Ankeryang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh sekali pada earbud kiri untuk volume minus
  • Sentuh sekali pada earbud kanan untuk volume plus
  • Sentuh dan tahan pada earbud kiri untuk previous track
  • Sentuh dan tahan pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan untuk play/pause
  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab panggilan masuk
  • Sentih dan tahan pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan

Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset Anker Soundcore A20i ini terbilang konsisten dan bisa diandalkan. Ukuran bidang sentuhnya yang cukup luas membuat jari lebih leluasa menyentuhnya.

Review Anker Soundcore A20i

Review Anker Soundcore A20i

Kualitas Suara

Kualitas suara menjadi salah satu kelebihan dari review Anker Soundcore A20i kali ini. Tak disebutkan secara pasti berapa ukuran driver yang digunakan oleh TWS ini, tetapi Laptophia memperkirakan ukuran antara 6 mm atau 8 mm. Setelah seminggu lebih menjajal TWS murah andalan Anker ini, karakter suaranya mengarah ke signatur v-shape dengan bass yang cukup kuat. 

Anker Soundcore A20i mampu menghasilkan bass yang kuat dengan kuantitas melimpah dan cukup mendalam. Bagi basshead atau penggemar musik EDM atau hiphop yang menonjolkan bass, akan sangat dimanjakan oleh TWS satu ini. Meski bass cukup kuat, ternyata responnya juga cukup cepat. Laptophia menjajal memainkan lagu Kirisute Gomen milik Trivium dengan dobel kick drum yang cepat, Anker Soundcore A20i ini masih dapat mengimbanginya.

Frekuensi tengah atau mid memang tidak terlalu menonjol di Anker Soundcore A20i. Instrumen seperti gitar dan piano terdengar cukup menyenangkan. Detailnya mumgkin agak kurang ketika memainkan musik metal yang penih distorsi. Laptophia memainkan lagu Burn Alive milik AxeWound, distorsi gitarnya terdengar kurang gahar. Suara vokal pria dan wanita mampu disajikan dengan baik, meski karakternya agak datar dan sedikit agak mundur. 

Treble atau frekuensi tinggi di TWS Anker Soundcore A20i ini memang tampak kurang berani. Meski terdengar cukup jernih, nada tinggi dari simbal atau instrumen lainnya terdengar kurang detail. Ini membuat TWS andalan Anker kurang oke ketika memainkan lagu berkarakter bright yang penih nada atau instrumen dengan frekuensi tinggi.

Baca juga:Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!

Separasi antar instrumen yang disajikan oleh TWS Anker Soundcore A20i ini bisa dikatakan lumayan untuk kelas harganya. Ketika memainkan lagu dengan instrumen rumit seperti Living a Lie - The Embrace That Smothers, Pt. 8 milik Epica, kadang terdengar agak menumpuk dan kurang detail. Sedangkan soundstage-nya tergolong agak sempit menurut Laptophia.

Aplikasi Soundcore App

Aplikasi Soundcore App

Fitur yang dimiliki oleh TWS Anker Soundcore A20i ini dapat dimaksimalkan dengan menginstal aplikasi Soundcore app yang dapat diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat mengakses fitur equalizer yang di dalamnya terdapat sekitar 22 preset yang dapat dipilih sesuai selera. Sayangnya, tidak disediakan opsi untuk melakukan kostumisasi equalizer sendiri.

Laptophia juga dapat mengaktifkan fitur BassUp yang meningkatkan kekuatan bass menjadi lebih bertenaga dan mendalam. Selain itu, kita dapat melakukan kostumisasi touch kontrol, melihat status baterai, dan update firmware melalui aplikasi ini.

Tak lupa, headset wireless Anker Soundcore A20i ini juga menyediakan Gaming Mode yang mampu memangkan latensi agar suara tidak delay saat bermain game. Anker juga menyediakan fitur Find Device untuk memudahkan pengguna mencari earbud Soundcore A20i yang hilang atau tak sengaja terjatuh.

Kualitas Telepon & Delay

Anker Soundcore A20i dibekali dengan dua buah microphone yang diklaim mampu memberikan pengalaman bertelephon yang nyaman. Saat Laptophia mencoba melakukan panggilan melalui WhatsApp di lokasi indoor, suara terdengar jelas dan jernih. Sebailknya, ketika di luar ruangan atau outdoor, performanya kurang oke. Apalagi digunakan saat sekelilingnya berisik, kurang bisa diandalkan. Meski demikian, Anker Soundcore A20i ini masih bisa diandalkan untuk online meeting indoor.

Ketika Anker Soundcore A20i digunakan untuk menonton video secara offline maupun streaming melalui YouTube berjalan lancar tanpa terasa adanya delay. Saat bermain game, Laptophia mengaktifkan fitur Gaming Mode yang dimiliki Anker Soundcore A20i, hasilnya? Kualitas suaranya cukup mantap untuk gaming dan delay-nya masih bisa dimaklumi untuk kelas harganya.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Anker Soundcore A20i


Meski ukurannya agak besar, TWS Anker Soundcore A20i ini desainnya masih cukup ergonomis. Beberapa kali Laptophia mengguanakan headset Anker Soundcore A20i ini non-stop selama lebih dari dua jam. Telinga masih terasa cukup nyaman dan tidak ada keluhan. Isolasi suara dari luar bisa dikatakan cukup baik selama pemilihan eartips-nya sesuai dengan ukuran lubang telinga dan Laptophia menggunakan ukuran default-nya, yakni M.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo pada review Anker Soundcore A20i kali ini cukup baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Xiaomi 12, dan Realme 11. Semua fitur yang dimiliki oleh TWS Anker Soundcore A20i ini dapat digunakan di ketiga smartphone tersebut selama terinstal aplikasi Soundcore app. 

Baterai

Daya tahan baterai yang panjang menjadi daya tarik utama review Anker Soundcore A20i kali ini menurut Laptophia. Anker mengklaim TWS Soundcore A20i mampu bertahan hingga 9 jam dan total hingga 28 jam dengan charging case-nya. Anker memang tak menyebutkan berapa kapasitas baterai yang diusung TWS murah ini.

Berdasarkan pengalaman Laptophia menggunakan TWS Anker Soundcore A20i selama dua minggu terakhir ini menunjukkan daya tahan baterainya sedikit melebihi klaimnya, yakni hampir 10 jam. Laptophia menggunakan TWS ini dengan codec AAC dan volume rata-rata 40%.

Kesimpulan

Secara umum, Laptophia tak ragu untuk menyebut Anker Soundcore A20i ini sebagai salah satu TWS terbaik dengan harga 100 ribuan. Kualitas suara yang dihasilkan tergolong bagus untuk kelas harganya, serta cocok bagi mereka yang menyukai bass yang kuat. Daya tahan baterainya di atas rata-rata dan harganya terjangkau. Jelas, Anker Soundcore A20i layak dipertimbangkan dengan budget terbatas.

Kelebihan Anker Soundcore A20i

  • Kualitas suara bagus
  • Bass kuat dan bertenaga
  • Daya tahan baterai andal
  • Harga terjangkau

Kekurangan Anker Soundcore A20i

  • Soundstage kurang lebar
  • Microphone kurang oke untuk penggilan outdoor

Harga Anker Soundcore A20i

Harga Anker Soundcore A20i terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce saat artikel ini dibuat adalah Rp 199.000. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore A20i oleh tim Laptophia di atas, TWS satu ini cukup menarik karena menawarkan suara yang powerful, baterai tahan lama, dan harga yang terjangkau.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Anker Soundcore A20i di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore A20i

  • Merk Anker
  • Model: Soundcore A20i
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 6mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 102±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Charging port USB Type-C
  • Baterai Earbuds: - mAh; Charging case: - mAh
  • Berat Earbud: 5,2g; With charging case: 43g
  • Dimensi Earbud: 20 mm x 25 mm; Charging case: 60 x 40 x 23 mm
  • Warna Purple, Black, dan White
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Vivo TWS Air: Ringan, Fitur Lengkap, dan Kualitas Suara Oke
6 komentar

6 komentar

  • Niken
    Niken
    14 September 2023 pukul 08.33
    Ini sama soundcore r50i mending mana? Harga mirip2 deh
    • Niken
      Ditya Pandu
      19 September 2023 pukul 22.35
      nah ini proses review kak... R50i masih otw, makanya pantengin terus Laptophia wkwkw
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    13 September 2023 pukul 16.44
    Akhirnya ada juga tws murah tapi bagus ya 😏
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      19 September 2023 pukul 22.34
      Lho sebenarnya merk lain dengan harga yang sama juga bagus2 kok
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    10 September 2023 pukul 23.43
    Wah keren juga, harga segini bassnya jedag jedug wkkww
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      19 September 2023 pukul 22.34
      Buat yang suka bass, Soundcore A20i bisa dipertimbangkan
    Reply