eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass! - Headset jenis True Wireless Stereo (TWS) memang sudah umum digunakan oleh masyarakat di era modern. Produk TWS pun sudah membanjiri pasar dengan berbagai varian dengan harga mulai puluhan ribu hingga jutaan. Salah satu TWS murah yang cukup menarik perhatian Laptophia adalah Baseus Encok WM01. TWS satu ini tampil dengan desain stylish yang bergaya minimalis, serta tersedia dalam enam pilihan warna yang dapat dipilih sesuai selera.

Salah satu daya tarik headset wireless Baseus Encok WM01 ini adalah kualitas suara yang jernih dengan bass yang kuat berkat dukungan driver yang menggunakan PU Composite Membrane. Tak hanya itu, TWS ini diklaim memiliki daya tahan baterai yang mumpuni, yakni 5 jam untuk sekali charge. Hebatnya, TWS andalan Baseus ini hanya dijual dengan harga 100 ribuan saja, penasaran? Simak review Baseus Encok WM01 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!


Paket Pembelian Baseus Encok WM01

Paket Pembelian Baseus Encok WM01

  • Unit TWS Baseus Encok WM01 Black
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Baseus Encok WM01

Desain Baseus Encok WM01

Desain Baseus Encok WM01

Sisi desain merupakan hal yang menarik dari review Baseus Encok WM01 kali ini. Headset TWS ini datang dengan desain earbuds yang mungil dengan bentuk oval yang sekilas seperti kacang dengan nozzle agak miring yang membuatnya cukup ergonomis. Earbud Baseus Encok WM01 ini dibalut dengan casing berwarna hitam dengan finishing matte yang elegan dan tak mudah kusam. Sementara pada panel touch controlnya menggunakan finishing glossy yang mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Sedangkan charging case TWS Baseus Encok WM01 ini berbentuk rounded dengan dimensi yang sangat ringkas, ringan, dan terkesan minimalis. Charging case ini dibalut material plastik berwarna hitam dengan finishing doff atau mate yang saat digenggam tidak terasa murahan. Sayangnya, engsel charging case TWS andalan Baseus ini terkesan agak ringkih menurut Laptophia, sehingga mungkin perlu sedikit hati-hati.

Sisi atas charging case Baseus Encok WM01 ini terdapat logo Baseus yang terlihat cukup jelas dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Sementara pada sisi depan terdapat sebuah LED indikator dan sebuah port USB Type-C pada sisi belakang. Ketika cangkang dibuka, terdapat informasi spesifikasi teknis pada penutup charging case Baseus Encok WM01 ini. Secara umum, build quality TWS andalan Baseus ini cukup solid.

Baca juga:Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah

Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Video Unboxing Baseus Encok WM01


Kontrol Baseus Encok WM01

Pada review Baseus Encok WM01 kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Baseus yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dan tahan pada earbud kiri untuk previous track
  • Sentuh dan tahan pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan untuk play/pause
  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab panggilan masuk
  • Sentih dan tahan pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan

Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Baseus Encok WM01 ini terbilang konsisten dan bisa diandalkan. Namun kadang sering terjadi false touch ketika ingin menggeser atau membetulan posisi earbud, malah tersentuh secara tak sengaja.

Review Baseus Encok WM01

Review Baseus Encok WM01


Kualitas Suara

Kualitas suara yang ngebass adalah salah satu daya tarik dari review Baseus Encok WM01 menurut Laptophia. Headset TWS ini dipersenjatai oleh driver dinamis berdiameter 8mm yang menggunakan teknologi PU Composite Membrane. Laptophia cukup menggunakan volume 40% saja, suara musik dapat dinikmati di headset wireless andalan Baseus ini. TWS ini mengusung sound signature v-shape dengan bass dan mid yang agak menonjol.

Bass yang cukup bertenaga mungkin menjadi salah satu keunggulan TWS Baseus Encok WM01 ini menurut Laptophia. Headset ini mampu menghasilkan dentuman bass yang cukup kuat, tight, dan kuantitas yang tidak berlebihan (tidak boomy). Saat memainkan lagu Nemesis milik Arch Enemy, suara dobel pedal drum cukup detail dan punchy.

Sektor mid juga menjadi keunggulan dari Baseus Encok WM01 untuk kelas harganya. Suara vokal terdengar agak maju dan menonjol dibandingkan instrumen lainnya. Baik vokal pria maupun wanita disajikan dengan cukup jelas dengan detail yang cukup untuk harga 100 ribuan. Untuk vokal scream, memang terdengar kurang gahar karena kurang bertekstur. Suara distorsi gitar pada lagu Shatter milik Bullet For My Valentine juga kurang detail yang membuat lagu ini kurang 'heavy'.

Hal yang unik dari headset TWS Baseus Encok WM01 menurut Laptophia adalah sektor high atau treble. Saat menggunakan volume normal 35 - 50%, terdengar kurang detail dan kurang crisp. Ini cukup terasa saat memainkan lagu-lagu yang berkarakter bright jadi kurang menarik. Namun ketika menggunakan volume tinggi, karakter treble-nya menjadi agak tajam dan tetap kurang detail. Ini bisa dimaklumi.

Separasi antar instrumen di TWS Baseus Encok WM01 ini memang masih kurang oke. Ini terasa ketika Laptophia memainkan beberapa lagu dengan instrumen yang cukup kompleks dari Nightwish dan Epica terasa agak menumpuk satu sama lain. Soundstage memang agak terbatas dan kurang megah. Ini masih masuk akal mengingat harga TWS andalan Baseus ini tidak sampai 200 ribu.

Baca juga:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Kualitas Telepon & Delay

Baseus Encok WM01 menawarkan suara yang cukup jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik di dalam ruangan. Ketika dicoba di luar ruangan, Laptophia harus menaikan volume agar suara lawan bicara terdengar. Mic Baseus Encok WM01 ini tidak memiliki fitur noise cancelling, sehingga suara berisik do latar belakang akan terdengar oleh lawan bicara. 

Ketika TWS Baseus Encok WM01 digunakan untuk menonton video secara offline maupun streaming melalui YouTube terdapat sedikit delay, tetapi tidak mengganggu pengalaman menonton. Tim Laptophia masih bisa menikmati konten streaming dengan nyaman. Namun saat bermain game seperti Pokemon Go atau game yang lain, delay yang dihasilkan pada review Baseus Encok WM01 ini tidak begitu terasa, kecuali pada scene tertentu yang agak berat.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Baseus Encok WM01


Desain yang cukup ergonomis dan bobot ringan membuat Baseus Encok WM01 nyaman meski digunakan dalam jangka waktu agak lama. Saat pengujian, Laptophia rata-rata menggunakan headset TWS Baseus Encok WM01 untuk mendengarkan musik non stop selama minimal 2 jam dan telinga tidak terasa panas atau menu jukkan gejala kelelahan. Isolasi suara dari luar bisa dikatakan cukup baik selama pemilihan eartips-nya sesuai dengan ukuran lubang telinga dan Laptophia menggunakan ukuran default-nya, yakni M.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo pada review Baseus Encok WM01 kali ini cukup baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Xiaomi 12, dan Samsung Galaxy S20 FE. Sayangnya saat dipasangkan dengan Xiaomi 12, kadang suaranya tersendat-sendat. Laptophia masih belum tahu apa penyebab masalah ini. 

Baterai

Baseus Encok WM01 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 40mAh untuk setiap earbud. Pada review Baseus Encok WM01 yang Laptophia lakukan, headset TWS ini hanya bertahan rata-rata 3,5 - 4 jam menggunakan codec SBC dengan volume rata-rata 60% - 70%. Sedangkan baterai dalam case Baseus Encok WM01 ini berkapasitas 400mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 25 jam memainkan musik.

Kesimpulan

Secara umum, Baseus Encok WM01 adalah salah satu TWS yang patut dipertimbangkan bagi yang memiliki budget terbatas. Kualitas suara yang dihasilkan cukup baik dengan bass yang bertenaga, daya tahan baterai memadai, dan nyaman digunakan.

Kelebihan Baseus Encok WM01

  • Kualitas suara baik untuk kelas harganya
  • Nyaman digunakan
  • Ukuran ringkas dan stylish
  • Harga terjangkau

Kekurangan Baseus Encok WM01

  • Kurang cocok untuk gaming
  • Hanya mendukung codec SBC
  • Tidak ada kontrol volume

Harga Baseus Encok WM01

Harga Baseus Encok WM01 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce saat artikel ini dibuat adalah Rp 179.000. Berdasarkan hasil review Baseus Encok WM01 oleh tim Laptophia di atas, TWS satu ini cukup menarik bagi konsumen yang membutuhkan TWS dengan harga terjangkau dan nyaman dipakai.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Baseus Encok WM01 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Baseus Encok WM01

  • Merk Baseus
  • Model: Encok WM01
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 8mm dinamis (PU Composite Membrane)
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 102±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Baterai Earbuds: 40 mAh; Charging case: 300 mAh
  • Berat Earbud: 4g; With charging case: 34,5g
  • Dimensi Earbud: 20 mm x 25 mm; Charging case: 30 mm x 43 mm x 43 mm
  • Warna Green, Yellow, Pink, Purple, Black, dan White
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Vivo TWS Air: Ringan, Fitur Lengkap, dan Kualitas Suara Oke
4 komentar

4 komentar

  • Niken
    Niken
    17 Oktober 2023 pukul 08.50
    Ini murah meriah suara bagus yak
    • Niken
      Ditya Pandu
      2 November 2023 pukul 23.06
      Suaranya tergolong lumayan saja menurutku sih hehehe
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    26 Agustus 2023 pukul 16.52
    Harga mayan terjangkau ini 😁
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      30 Agustus 2023 pukul 23.28
      Murah meriah dan lumayan ini hehehe
    Reply