eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal - Realme adalah salah satu produsen yang cukup rajin dan konsisten merilis produk AIoT dan audio seperti headset TWS (True Wireless Stereo). Salah satu TWS generasi terbarunya adalah Realme Buds Air 3 yang pertama kali diperkenalkan April 2022 di Indonesia. Salah satu fitur unggulan dari headset TWS Realme Buds Air 3 ini adalah dilengkapi ANC (Active Noise Cancellation) yang mampu mereduksi suara bising atau noise di sekitar agar pe ngalaman mendengarkan musik atau komunikasi lebih lancar.

Kualitas suara headset Realme Buds Air 3 ini tak bisa dipandang sebelah mata karena dibekali dengan sebuah driver dinamis dengan teknologi LCP Diapraghm yang diklaim mampu menghasilkan kualitas suara jernih, serta bass yang puncy.  Tak hanya itu, Realme Buds Air 3 ini juga dibekali dengan segudang fitur layaknya sebuah TWS premium seperti Google Fast Pair, dual device connection, gaming mode, dan banyak lagi. Penasaran sehebat apa headset TWS satu ini? Simak review Realme Buds Air 3 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal


Paket Pembelian Realme Buds Air 3

Paket Pembelian Realme Buds Air 3

  • Unit TWS Realme Buds Air 3
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Realme Buds Air 3

Desain Realme Buds Air 3

Desain Realme Buds Air 3

Headset TWS Realme Buds Air 3 ini hadir dengan desain case dengan konsep minimalis yang menarik. Case headset ini bentuknya mirip oval dengan balutan material plastik dengan finishing glossy yang terasa mewah. Kebetulan unit yang Laptophia terima adalah varian warna Galaxy White. Sayangnya, finishing glossy ini membuat bodi terasa kicin dan mudah tergores atau meninggalkan bekas baret. Bagian paling atas case Buds Air 3 ini terdapat logo Realme yang tercetak jelas.

Ukuran case Realme Buds Air 3 ini ringkas dan ringan, sehingga dapat dengan mudah dimasukkan dalam saku atau tas. Engsel TWS ini terasa cukup mantap dan tidak terkesan ringkih. Saat Laptophia membuka engselnya, unit TWS langsung aktif dan terhubung dengan perangkat secara instan, sehingga dapat langsung digunakan.

Desain earbud dari Realme Buds Air 3 ini sekilas mengingatkan Laptophia pada Airpod Pro yang mengusung konsep in-ear headphone. Sama dengan casingnya, unit earbud-nya juga menggunakan casing berbahan polikarbonat dengan finishing glossy. Namun pada bagian batang atau touch control, menggunakan material metal dengan warna silver yang mewah. Berikut tampilan Realme Buds Air 3 lebih detail.

Baca juga:Review Realme Narzo 50 5G: Smartphone 5G Kompeten dengan Harga Terjangkau

Desain Realme Buds Air 3

Desain Realme Buds Air 3

Desain Realme Buds Air 3

Desain Realme Buds Air 3


Kontrol Realme Buds Air 3

Pada review Realme Buds Air 3 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Realme yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause dan menjawab telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan pada salah satu earbud untuk berganti mode (ANC, Normal atau Tranparancy)
  • Sentuh dan tahan pada kedua earbud secara bersamaan untuk mengaktifkan/menonaktifkan mode gaming (Super Low Latency)

Kontrol ini dapat diubah parameternya menggunakan aplikasi Realme Link. Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Realme Buds Air 3 ini terbilang konsisten dan sensitif. Sayangnya, Laptophia tidak menemukan kontrol volume di TWS ini dan tidak dapat di custom melalui aplikasi Realme Link.

Review Realme Buds Air 3

Review Realme Buds Air 3


Tak hanya sekadar mengandalkan kualitas suara, Realme Buds Air 3 adalah sebuah headset TWS dengan segudang fitur yang siap memanjakan penggunanya. Tim Laptophia telah menjajal headset wireless Realme Buds Air 3 ini selama kurang lebih sebulan penuh untuk mendengarkan musik dan juga komunikasi sehari-hari, lalu seperti apa kehebatannya?

Kualitas Suara

Kualitas suara adalah salah satu daya tarik tersendiri pada review Realme Buds Air 3 oleh tim Laptophia kali ini. Seperti yang sudah disinggung di atas, Realme Buds Air 3 ini dipersenjatai dengan sebuah driver dinamis berukuran 10mm dengan teknologi LCP Diapraghm yang mampu menghasilkan bass powerful dan tetap jernih.

Saat pertama kali di-pairing dengan Realme GT Neo 3 dan Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon, dengan volume 50 -60% sudah terdengar cukup nyaring. Impresi awal, karakter suara atau sound signature headset TWS Realme Buds Air 3 ini adalah V-shape dengan detail di mid dan high yang cukup mantap, sehingga terdengar cukup jernih.

Baca juga:Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik

Bass yang dihasilkan oleh Realme Buds Air 3 ini sangat menyenangkan menurut Laptophia. Kuantitas yang dihasilkan memang tidak terlalu besar, tetapi cukup punchy, mendalam, dan responsif. Saat Laptophia memutar lagu Nemesis milik Arch Enemy, dobel pedal drum sepanjang lagu terdengar detail dan tidak muddy. Bagi yang merasa kurang dengan kuantitas bass-nya, dapat mengaktifkan mode Bass+.

Hal yang menarik dari Realme Buds Air 3 adalah mampu menyuguhkan mid yang detail dan lebih maju. Suara vokal pria maupun wanita disajikan dengan detail, terdengar penuh, dan enjoyable. Suara vokal scream atau growl di lagu Sever The Hand milik Trivium pun terdengar garang dan bertekstur. Tak hanya itu, suara distorsi gitar juga terasa lebih tebal dan bertekstur dan ini sangat terasa saat memainkan lagu Master Of Puppets milik Metallica.

Sedangkan untuk high, Realme Buds Air 3 ini menawarkan tingkat detail yang cukup baik, jernih, dan tidak terasa tajam di telinga. Separasi antar instrument yang diihasilkan oleh Realme Buds Air 3 ini terbilang mantap. Ini terlihat saat memainkan lagu dengan instrumen rumit seperti Storytime milik Nightwish yang mampu menyuguhkan detail suara dari masing-masing alat musik. Soundstage yang dihasilkan pun cukup luas untuk harga yang ditawarkan.

Aplikasi Realme Link

Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Pada review Realme Buds Air 3 kali ini, kemampuan dan fitur TWS akan lebih maksimal dengan aplikasi Realme Link. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat mengubah mode noise control yang meliputi Noise Cancellation, Normal, dan Transparency. Kita juga dapat mengaktifkan mode de-wind yang meningkatkan kemampuan peredaman suara atau noise di sekitar.

Selain itu, pengguna dapat memantau status baterai Realme Buds Air 3 melalui aplikasi ini. Bagi yang kurang puas dengan performa suara default dari TWS andalan Realme ini, dapat melakukan tuning melalui fasilitas Sound Effect yang di dalamnya terdapat tiga mode preset, customized audio tuning, volume enhancer, dan mengaktifkan dukungan Dolby Atmos.

Salah satu fitur menarik Realme Buds Air 3 yang dapat diaktifkan melalui aplikasi Realme Link adalah dual device connection. Ini memungkinkan TWS terhubung dengan dua perangkat sekaligus dan memainkan musik dari kedua sumber secara bergantian. Transisi antara device satu ke device lainnya terasa sangat smooth dan seamless. Selain itu, kita juga dapat mengatur fungsi kontrol sentuh dan mengaktifkan mode gaming.

Kualitas Telepon & Delay

Realme Buds Air 3 menawarkan suara yang cukup nyaring dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik. Saat laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, fitur ANC sangat membantu mengurangi background noise secara signifikan sehingga dapat mendengar suara lawan bicara dengan lebih jelas. 

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, delay tidak terasa. Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Realme Buds Air 3 mulai terasa. Akan tetapi, Realme Buds Air 3 memiliki gaming mode yang ketika diaktifkan, delay hampir tak lagi dirasakan karena mode ini menawarkan response time yang sangat cepat, yakni 88ms saja.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal


Desain in-ear yang sekilas mirip dengan Airpod Pro ternyata ergonomis dan membuat TWS Realme Buds Air 3 ini nyaman digunakan dalam waktu lama. Dimensi earbud Realme Buds Air 3 ini cukup ringkas, sehingga tidak masalah bagi yang memiliki daun telinga berukuran kecil. Laptophia sendiri cukup nyaman menggunakannya hingga lebih dari 2 jam atau bahkan lebih. 

Isolasi suara dari luar secara default sudah cukup baik dengan desain in-ear yang diusungnya. Terlebih dengan hadirnya fitur ANC yang bekerja cukup efektif dan andal di review Realme Buds Air 3 oleh tim Laptophia kali ini.

Kompatibilitas headset true wireless stereo Realme Buds Air 3 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon dan Realme GT Neo 3 dengan aplikasi Realme Link terinstal di dalamnya. Selama sebulan proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan sangat jarang terjadi disconnect. Selain itu, Realme Buds Air 3 juga mendukung fitur Google Fast pair yang membuatnya dapat terhubung dengan smartphone dengan cepat dan mudah.

Baterai

Realme Buds Air 3 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 43mAh untuk setiap earbud. Pada review Realme Buds Air 3 yang Laptophia lakukan, headset ini bertahan rata-rata 5 jam saja menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 50% - 60% dengan ANC aktif. 

Saat mode ANC dinonaktifkan, baterai bisa bertahan hingga 6 jam lebih. Angka ini sebenarnya ta Sedangkan baterai dalam case Realme Buds Air 3 ini berkapasitas 460mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 30 jam memainkan musik dengan ANC off dan 22 jam dengan ANC aktif.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds Air 3 adalah sebuah headset TWS yang menawarkan kualitas suara yang mantap dan jernih di kelasnya, serta bass yang cukup kuat. Tak hanya itu, Realme Buds Air 3 juga kaya akan fitur, sebut saja ANC yang andal, dukungan Dolby Atmos, Gaming Mode, dan banyak lagi. Jelas, Realme Buds Air 3 salah satu TWS yang layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme Buds Air 3

  • Kualitas suara mantap dengan bass powerful
  • Fitur ANC andal
  • Kaya fitur
  • Nyaman digunakan

Kekurangan Realme Buds Air 3

  • Tidak mendukung wireless charging
  • Tidak mendukung codec aptX

Harga Realme Buds Air 3

Harga Realme Buds Air 3 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce saat artikel ini dibuat adalah Rp 599.000. Berdasarkan hasil review Realme Buds Air 3 oleh tim Laptophia di atas, TWS satu ini layak dipertimbangkan dengan fitur ANC yang andal.

Anda dapat membeli headset TWS Realme Buds Air 3 dengan harga lebih murah di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme Buds Air 3

  • Merk Realme
  • Model: Buds Air 3
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset R3 True Wireless
  • Tipe driver 10mm dinamis (LCP Diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 106±3dB
  • 42dB Active Noise Cancellation
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.2
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 460 mAh
  • Berat Earbud: 4.2g; With charging case: 37,2g
  • Dimensi Earbud: 28 x 17 x 25 mm; Charging case: 64.5×48.3×24.3 mm
  • Warna Starry Blue, Galaxy White, dan Nitro Blue
Anda mungkin suka:Review Realme C30: Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish dan Kencang
4 komentar

4 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    10 Agustus 2023 pukul 20.15
    Kalau ANC nyala, di kuping jadi berasa budeg gitu nggak sih?
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      14 Agustus 2023 pukul 20.52
      Sensasinya memang seperti itu, buat meredam suara dari luar
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    2 Agustus 2023 pukul 16.01
    Ini masih worth it ya, kualitas suara oke dan ANC nya juga lumayan bisa diandalkan
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      14 Agustus 2023 pukul 20.51
      Masih lah... cocol buat mereka yang emang nyari fitur ANC dengan harga terjangkau
    Reply