eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik

Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik - Setelah melepas seri flagship melalui seri GT 2 Pro, Realme kemudian membidik pasar menengah dengan meluncurkan Realme 9 4G dengan tagline "108MP, Capture The Spark.". Smartphone ini memang hanya mendukung teknologi hingga 4G saja, tetapi spesifikasi dan fitur yang diusungnya sangat menarik. Keunggulan utama Realme 9 4G adalah dipersenjatai dengan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel dengan sensor mutakhir dari Samsung ISOCELL HM6. 

Soal performa, Realme 9 4G ini cukup kompeten dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 octa-core yang ditandemkan dengan RAM sebesar 6GB atau 8GB dengan dukungan fitur virtual RAM 5GB. Realme juga membekali smartphone andalannya dengan layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz yang ciamik. Realme 9 4G juga tampil stylish dengan bodi yang ringkas dan tipis, penasaran? Simak review Realme 9 4G oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik


Paket Pembelian Realme 9 4G

Paket Pembelian Realme 9 4G

  • Unit Realme 9 4G 8GB/128GB Meteor Black
  • Charger Dart Charge 33W
  • Kabel USB Type-C
  • Softcase silicon
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Realme 9 4G

Desain Realme 9 4G

Desain Realme 9 4G

Desain yang stylish memang menjadi ciri khas smartphone besutan Realme dan Realme 9 4G pun demikian. Realme 9 4G tampil dengan desain stylish yang mengusung modul kamera yang bergaya mirip Realme GT 2 Pro. Casing belakang smartphone ini mengusung konsep dynamic 3D ripple texture yang diciptakan melalui proses Plasma Atom-coating dan UV-Nano Imprinting yang mampu menghadirkan pantulan cahaya yang dinamis yang menampilkan efek mirip ombak saat terkena cahaya. Kebetulan unit pada review Realme 9 4G oleh tim Laptophia adalah varian warna Meteor Black.

Casing belakang Realme 9 4G memang terbuat dari material polikarbonat dengan feel mirip kaca dipadukan finishing mirip matte yang mewah. Sayangnya, casing belakang Realme 9 4G masih meninggalkan jejak sidik jari.Sementara pada sisi depan, Realme 9 4G mengusung layar punch hole pada sudut kiri atas, serta dipadukan dengan bezel yang cukup tipis.

Kelebihan Realme 9 4G ini adalah ukurannya yang tipis dengan ketebalan hanya 7,99mm dan bobot ringan hanya 178 gram, sehingga tetap nyaman saat digenggam atau dioperasikan dengan satu tangan. Selain itu, frame Realme 9 4G agak flat dan terasa kokoh, serta dipadukan dengan pinggiran casing belakang yang melengkung membuatnya kian nyaman digenggam.

Baca juga:Review Realme Narzo 50A, Daya Tahan Baterai Mumpuni dengan Kamera 50MP

Desain Realme 9 4G

Desain Realme 9 4G

Desain Realme 9 4G

Desain Realme 9 4G

Pada review Realme 9 4G kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar Super AMOLED 90Hz full HD+ berukuran 6,4 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme 9 4G besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme 9 4G sudah berkontur 2.5D dan dilindungi kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5 yang dipadukan dengan screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 9 4G ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray triple slot dan volume rocker. Sisi atas ponsel dengan kamera 108MP bertenaga Snapdragon 680 Realme 9 4G ini terdapat microphone. Sedangkan sensor sidik jari terletak di bawah layar atau under screen yang juga dilengkapi dengan sensor detak jantung.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 9 4G ini terdapat tiga buah kamera, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme C35 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme 9 4G

Software Realme 9 4G

Realme 9 4G ini sudah menggunakan sistem operasi Android 12 terbaru dengan balutan antarmuka Realme UI 3.0 yang nyaman digunakan. Antarmuka Realme UI 3.0 telah mendukung aneka fitur baru dengan ikon 3D bergaya Fuid Space, serta telah mendukung Global Theme Color.

Baca juga:Review Anker Soundcore Icon A3122: Portabel, Tahan Air dan Bass Kuat!

Realme UI 3.0 menawarkan tampilan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan yang terdiri dari Homescreen, Lockscreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap dan kita dapat mengaturnya melalui satu tempat saja, yakni Settings > Personalization. Pengguna dapat mengatur Always On Display, Themes, Wallpaper, Icon Styles, App Layout, Colors, Font, dan juga notification drawer.

Always On Display pada review Realme 9 4G ini menawarkan opsi kostumisasi yang sangat lengkap mulai dari ikon, latar belakang, font, dan elemen lainnya semuanya dapat disesuaikan agar sesuai dengan karakter pengguna. Tak hanya itu, hadir pule Realmeow yang menjadi maskot Realme yang bisa dijadikan sebagai theme AOD.

Fitur yang disediakan Realme UI 3.0 di Realme 9 4G terbilang cukup lengkap dan berguna. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Eye Care, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE), AOD, screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Flexible Windows, Smart Assistant, Game Focus Mode, App Cloner, Quick Return, Quick Launch, dan banyak lagi.

Software Realme 9 4G


Meski bukan smartphone gaming, Realme 9 4G ini didukung fitur Game Focus Mode yang menghadirkan tiga mode performa, Discord, informasi suhu, screen recording, fitur brightness lock, network acceleration, reject call, blokir notifikasi dan fitur lain pendukung kenyamanan saat bermain game. 

Sayangnya, aplikasi bawaan yang terinstal di Realme 9 4G ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, Booking.com, Baca Plus, App Market, Helo, IDN, J&T Express, TikTok, LinkedIn, Lazada, PUBG Mobile Gift, Snack Video, Shopee, Snapchat, WPS Office, ORoaming, Facebook, HeyFun, Tile Master 3D, Twitter, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan.  

Realme 9 4G dibekali dengan fitur sensor sidik jari di bawah layar atau In-Display Fingerprint sensor yang cukup reliabel dan sensitif. Selain itu, sensor tersebut juga terintegrasi dengan heart rate sensor untuk mengukur detak jantung. Hasil pengukuran cukup akurat dan sama dengan smartwatch yang digunakan oleh tim Laptophia.

Secara umum, Realme UI 3.0 yang digunakan oleh Realme 9 4G ini menawarkan performa yang responsif, fitur yang lengkap, dan nyaman digunakan. Hal menjadi kekurangan menurut Laptophia adalah spam notifikasi yang muncul dari aplikasi bawaan dan jumlah aplikasi bawaan yang terisntal secara default cukup banyak.

Performa Realme 9 4G

Performa Realme 9 4G

Sisi performa memang bukan sektor yang ditonjolkan pada review Realme 9 4G kali ini. Meski demikian, performa smartphone andalan Realme ini masih kompeten di kelasnya dengan dukungan  SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB atau 8GB dengan fitur virtual RAM 5GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics 4Gcessing Unit) Adreno 610.

Unit Realme 9 4G yang Laptophia ulas adalah varian dengan RAM 8GB  yang masih dibekali dengan fitur virtual RAM hingga 5GB dengan meminjam memori internal. Kinerja smartphone berkamera 108MP untuk komunikasi sehari-hari, sosial media, scrolling, streaming, dan kebutuhan dasar lainnya relatif responsif.

Baca juga:Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96

Saat menjalankan aplikasi yang lebih berat seperti InShot, CapCut, Snapseed, dan beberapa aplikasi editing lainnya, baru terasa sedikit lag saat perpindahan antar aplikasi. Namun, hal ini tidak mengganggu dan masih dapat dioptimalkan melalui software update. Jelas, performa Realme 9 4G sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari.

Bagaimana performa gaming Realme 9 4G? Meski tidak dirancang untuk memuaskan gamer, bukan berarti Realme 9 4G ini tidak bisa menangani game terkini. Smartphone ini terbukti mampu menjalankan game-game terkini seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Pokemon Unite, dan game berat lainnya dengan setting grafis yang disesuaikan. Bahkan, smartphone ini sanggup memainkan game Genshin Impact dengan setting grafis lowest.

Adapun fitur Game Focus Mode yang membantu mengoptimalkan pengalaman bermain game dengan memblokir notifikasi, mengoptimalkan performa, dan juga fitur untuk menampilkan FPS (frame per second) di atas layar. Panas yang dihasilkan Realme 9 4G ini tergolong wajar dan tidak ada tanda-tanda overheat atau throttling.

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G

Benchmark Realme 9 4G


Review Kamera Realme 9 4G

Review Kamera Realme 9 4G

Keunggulan utama pada review Realme 9 4G kali ini menurut Laptophia adalah sektor fotografi. Smartphone dengan tagline "108MP, Capture The Spark" ini dipersejatai dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama  berkekuatan 108 megapiksel dengan enam elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama yang berkekuatan 108MP yang digunakan oleh Realme 9 4G ini mengusung sensor terbaru dari Samsung ISOCELL HM6. Kelebihan sensor ini adalah dibekali dengan teknologi Nonapixel Plus yang menggabungkan 9 piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12MP. 

Teknologi Nonapixel Plus pada sensor Samsung ISOCELL HM6 yang digunakan oleh Realme 9 4G berbeda dengan Nonapixel yang ada di ISOCELL HM2 karena mekanisme kerjanya benar-benar menggabungkan 9 piksel menjadi satu. Sedangkan pendahulunya menggunakan metode 3-average. Selain itu, sensor ini juga dibekali fitur Smart ISO yang memungkinkan ISOCELL HM6 menyerap cahaya 1,6x lebih banyak dalam kondisi low-light.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 120 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro. 

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 11: Layar Super AMOLED 90Hz Termurah dengan Fitur Lengkap

Kamera depan Realme 9 4G cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor Sony IMX471 1/3 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.5 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang maupun kamera depannya hingga resolusi full HD.

Review Kamera Realme 9 4G

Pada review Realme 9 4G kali ini hadir dengan aplikasi kamera bawaan yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme 9 4G ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Realme 9 4G juga menyediakan opsi untuk berpindah lensa, mengaktifkan Google Lens, dan juga filter bawaan. Selain itu, tersedia opsi lossless zoom hingga 3x yang memungkinkan pengguna melakukan zoom hingga 3x dengan kualitas setara optical zoom berkat teknologi in-sensor zoom pada sensor Samsung ISOCELL HM6.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme 9 4G ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Street, Video, Photo, Portrait, 108M, Time-Lapse, Slo-Mo, Ultra Macro, Text Scanner, Movie, Pro, Tilt-Shift, dan Pano. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 32s), dan fokus distance. 

Review Kamera Realme 9 4G

Hasil jepretan kamera Realme 9 4G ini kualitasnya terbilang mantap di kelasnya dan di luar dugaan tim Laptophia. Saat kondisi siang hari, kamera 108MP Realme 9 4G ini mampu menghasilkan foto yang tajam dengan tingkat detail yang tinggi, serta saturasi warna yang natural. Dynamic range secara default cukup luas, tetapi dalam kondisi backlight parah sebaiknya menyalakan opsi HDR.

Pada review Realme 9 4G kali ini, Laptophia juga menjajal kemampuan lossless 3x zoom yang diklaim setara dengan 3x optcial zoom. Foto yang dihasilkan ternyata masih tetap tajam dengan tingkat detail yang sedikit di bawah mode tanpa zoom. Namun jika dibandingkan dengan digital zoom biasa, kualitasnya jelas jauh berbeda. Sayangnya, tone warna saat 3x zoom ini agak warm atau kekuningan.

Bagi penggemar foro macro, kamera Realme 9 4G tampaknya adalah pilihan tepat. Kamera utamanya menawarkan performa autofokus yang sangat cepat dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga menawarkan detail yang tinggi, warna yang punchy, dan efek bokeh yang dramatis. Mode portrait yang disediakan Realme 9 4G juga menawarkan separasi subyek dan background yang cukup rapi dan memuaskan.

Performa kamera 108MP Realme 9 4G saat malam hari cukup menonjol. Foto yang dihasilkan memang belum berada di level premium, tetapi bisa dikatakan di atas rata-rata jika dibandingkan pesaingnya. Kualitas foto malam hari Realme 9 4G bisa diandalkan dengan detail yang memadai, saturasi warna yang punchy, dan dynamic range yang luas. 

Baca juga:Review Xiaomi 11T: Performa Powerful, Fitur Kelas Flagship

Hal yang membuat Laptophia suka adalah penanganan terhadap sumber cahaya atau lampu yang tetap mempertahankan detail, serta meminimalkan blown light atau sumber cahaya pecah. Noise memang cukup terlihat, tapi relatif terkontrol. Performa autofokus saat malam hai memang sedikit ada penurunan jika dibandingkan saat kondisi cahaya mencukupi.

Mode Night yang diusung oleh Realme 9 4G mampu meningkatkan detail, eksposure, dan dynamic range yang signifikan, sehingga foto terlihat lebih jelas dan noise lebih minim. LED flash bawaan Realme 9 4G mampu menghasilkan cahaya yang sangat terang, sehingga cocok untuk memotret dalam kondisi gelap.

Hal yang menarik dari review Realme 9 4G adalah performa kamera depan 16MP yang melebihi ekspektasi Laptophia. Foto selfienya menghasilkan detail yang sangat baik, warna yang natural, dan bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. Namun, kamera super macro Realme 9 4G menghasilkan foto yang agak kusam dan noise yang cukup mengganggu.

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G
Zoom 1x (default)

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G
Zoom 3x

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Realme 9 4G

Foto malam hari dengan LED Flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 9 4G

Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Macro Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Macro Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Macro Realme 9 4G

Hasil Foto Kamera Ultra Macro Realme 9 4G


Review Realme 9 4G

Review Realme 9 4G


Layar

Layar yang ciamik adalah salah satu keunggulan utama pada review Realme 9 4G kali ini. Smartphone ini dibekali dengan layar Super AMOLED dengan resolusi full HD+ yang didukung refresh rate 90Hz. Tak heran, layar smartphone ini mampu menghasilkan warna yang colorful, tajam, dan juga padat. Warna hitam yang tampil begitu pekat, khas teknologi AMOLED. Saat digunakan di bawah sinar matahari, layar Realme 9 4G bisa diandalkan karena menawarkan kecerahan hingga 1000 nits (peak).

Refresh rate 90Hz membuat animasi game kasual dan scrolling terasa lebih smooth dan nyaman di mata. Touchscreen layarnya sangat gegas, sehinga bisa diandalkan untuk bermain game sekalipun. Layar Realme 9 4G sudah dilindungi oleh antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan juga terpasang screenguard.

Audio

Sayangnya, smartphone Realme 9 4G hanya dibekali single speaker atau satu buah speaker mono. Padahal beberapa pesaing terdekatnya telah mengadopsi solusi dual speaker yang lebih imersif. Speaker Realme 9 4G mampu menghasilkan volume suara yang nyaring dan detail yang cukup baik untuk sekadar mendengarkan musik. Laptophia menyarankan untuk memainkan musik dengan volume maksimal 85% agar dinamika musik tetap terjaga.

Baca juga:Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna!

Jika ingin mendapatkan pengalaman menikmati musik yang lebih menyenangkan, pengguna dapat menyambungkan Realme 9 4G dengan headset berkabel atau sepasang TWS (True Wireless Stereo). Keluaran suara saat menggunakan headset cukup imersif dan balance, serta masih dapat ditingkatkan dan dikostumisasi melalui fitur Real Sound Technology.

Memori

Smartphone layar Super AMOLED 90Hz Realme 9 4G varian 8GB/128GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 106,53GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4,6GB – 4,8GB. Smartphone berkamera 108MP ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Daya tahan baterai menjadi salah satu keunggulan pada review Realme 9 4G oleh tim Laptophia kali ini. Dibali bodinya yang tipis dan ringan ini, Realme 9 4G diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, Realme 9 4G mampu bertahan 1 - 1,5 hari dengan screen on time (SoT) rata-rata 8 jam dengan penggunaan non gaming. Ini cukup mengagumkan.

Tak hanya daya tahan baterainya yang andal, pengisian daya Realme 9 4G ini juga ngebut dengan dukungan fitur Dart Charge 33W yang mampu mengisi daya baterai 5% hingga penuh dalam waktu 1 jam 10 menit saja.

Fitur fast charge Dart Charge 33W yang dimiliki oleh Realme 9 4G ini tak hanya cepat, tetapi juga dijamin aman dengan dukungan Intelligent Five-core Chip. Fitur ini membawa aneka fitur keamanan seperti interface overload protection, adapter overload protection, Dart charge condition identification protection, overcurrent-protection and voltage overload protection, dan battery fuse protection.

Kesimpulan

Secara umum, Realme 9 4G adalah sebuah smartphone yang sangat menarik di range harga 2 - 3 jutaan. Tak hanya menghadirkan layar Super AMOLED 90Hz yang ciamik, tetapi juga kamera utama 108MP dengan kualitas yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya.

Smartphone Realme 9 4G memang tidak didesain untuk gaming intensif, tetapi performanya masih sanggup menangani game terkini dengan setting yang disesuaikan. Akhir kata, Realme 9 4G cocok bagi konsumen yang membutuhkan smartphone dengan layar dan kamera andal dengan ukuran yang ringan, serta tipis.

Kelebihan Realme 9 4G

  • Desain stylish, tipis, dan ringan
  • Layar Super AMOLED 90Hz yang ciamik
  • Kamera 108MP andal di kelasnya
  • Baterai tahan lama dan fast charge 33W

Kekurangan Realme 9 4G

  • Tidak dilengkapi NFC
  • Speaker mono
  • Kamera ultra-wide perlu ditingkatkan

Harga Realme 9 4G

Harga smartphone Realme 9 4G terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.399.000 untuk varian 6GB/128GB (eksklusif online) dan Rp 3.599.000 untuk varian 8GB/128GB (eksklusif offline). berdasarkan hasil review Realme 9 4G oleh tim Laptophia di atas, ponsel ini cocok bagi yang membutuhkan layar ciamik dan kamera 108MP yang andal di kelasnya.

Anda dapat membeli smartphone Realme 9 4G dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme 9 4G

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka Realme UI 3.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 680 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,4GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, Dual Pixel phase-detection autofokus, LED flash + 8 megapiksel sensor BSI 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (dedicated macro)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor SK Hynix Hi-1364Q 1/3 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/2.5, AI Beauty
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,4 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel, kerapatan 411 ppi (pixel per inch), 90Hz refresh rate Ultra Smooth Display, panel Super AMOLED, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 6GB atau 8GB, ROM 128GB UFS 2.1, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (under display), heart rate sensor, port audio 3,5mm, AI Face Unlock
  • Dimensi 160.2 x 73.3 x 8 mm berat 178 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 5000mAh, non-removable, 33W Dart Charge
  • Warna Meteor Black, Sunburst Gold, dan Stargaze White
Anda mungkin suka:Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

4 komentar

  1. Cakep yak Realme 9 4G ini, bodinya tipis padahal baterai gede... Sayang, kenapa nggak sekalian 5G

    BalasHapus
    Balasan
    1. cakeppp... Kalau mau 5G kan udah ada si Realme 9 pro 5G, tar dobel... Segmen keduanya berbeda 😁

      Hapus
  2. Wah hasil fotonya cakep juga ya. kalau performa videonya gimana ya Realme 9 4G ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain Realme 9 4G emang keren sekilas mirip sana GT 2 Pro housing kameranya. Buat rekam video oke juga kok hape ini

      Hapus