eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna!

Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna! - Samsung Galaxy S20 FE atau yang dikenal sebagai Fan Edition adalah smartphone kelas flagship yang ditawarkan denganharga yang lebih terjangkau. Awalnya, Samsung Galaxy S20 FE yang hadir di Indonesia ditenagai SoC Exynos 990. Kemudian pada pertengahan 2021 silam, Samsung memutuskan untuk menghdirkan varian dengan SoC Qualcomm Snapdragon 865 dengan nama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon di pasar tanah air. 

Laptophia tertarik mengulas smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini karena harganya yang sudah turun dan menyentuh angka 6 jutaan saat artikel ini ditulis. Selain itu, varian Snapdragon ini konon kabarnya menawarkan performa yang lebih kencang, konsumsi daya baterai yang lebih efisien, dan tentu saja lebih dingin ketimbang varian Exynos 990. Selama sebulan lebih menggunakan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, Laptophia menilai smartphone ini nyaris sempurna. Lalu sehebat apa smartphone ini? Simak review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh tim Laptophia kali ini!

Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna!


Paket Pembelian Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Paket Pembelian Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Unit Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon 8GB/128GB Cloud Lavender
  • Kepala charger 15W
  • Kabel Type-C
  • SIM card ejector
  • Manual dan kartu garansi

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Sisi desain pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kali ini memiliki banyak kemiripan dengan keluarga Galaxy S20 series lainnya. Sisi depan smartphone ini hadir dengan layar flat yang dilengkapi punch hole atau Infinity O pada bagian tengah atas layar untuk menempatkan kamera depan. Bezel layar Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini cukup tipis di kelasya, tetapi masih kalah tipis dibandingkan dengan Galaxy S20 series lainnya. 

Sementara pada sisi belakang terlihat bahwa Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini kalah premium jika dibandingkan dengan Galaxy S20 series lainnya karena menggunakan material plastik dengan finishing satin. Meski tak terkesan premium, ponsel ini cukup nyaman digenggam dan tak mudah licin seperti bahan kaca. Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon tersedia dalam beberapa warna yang menarik, kebetulan unit yang Laptophia ulas berwarna Cloud Lavender. 

Ketiga kamera belakangnya terususn secara vertikal dengan housing rounded berwarna abu-abu yang elegan, serupa dengan smartphone Samsung Galaxy S20 series lainnya. Frame Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini terbuat dari bahan metal yang kokoh dengan finishing chrome yang senada dengan casing belakangnya. Build quality Samsung Galaxy S20 FE ini cukup solid dengan ukuran yang ringkas, sehingga nyaman digenggam dengan satu tangan. Salah satu kelebihan smartphone andalan Samsung ini adalah memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP68.

Baca juga:Review Sharp Aquos Sense 4 Plus: Tahan Air dan Kencang, Tapi...

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Desain Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone flagship terjangkau ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar AMOLED full HD+ berukuran 6,5 inci.

Layar smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 3. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap dianjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini. Sisi atas ponsel Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini terdapat microphone dan tray SIM card, serta slot microSD (hybrid).

Sedangkan bagian belakang ponsel Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini terdapat tiga kamera atau triple camera yang tersusun secara vertikal, LED flash, dan logo Samsung pada bagian bawah. Merek asal Korea Selatan yang baru saja memperkenalkan Samsung Galaxy S21 FE ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Software Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon kali ini, saat pertama kali Laptophia terima masih menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI 2.5. Tak lama kemudian mendapat upgrade ke Android 11 dengan antarmuka One UI 3.0. Jaminan update OS Android dan security patch di lini smartphone Samsung termasuk Galaxy S20 FE Snapdragon layak mendapat acungan jempol. 

Bahkan saat artikel ini dibuat, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini sudah mendapat upgrade ke Android 12 dengan antarmuka baru One UI 4.0. Meski demikian, proses pengujian dan review kali ini masih menggunakan basis Android 11 dengan One UI 3.0 karena tim Laptophia menggunakan versi ini selama lebih dari sebulan untuk proses review kali ini.

One UI besutan Samsung adalah salah satu antarmuka yang paling nyaman dan memberikan user experience yang memuaskan menurut Laptophia. One UI hadir dengan desain yang rapi yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Jika bosan dengan tampilan antarmukanya, pengguna dapat melakukan customize wallpaper, theme, widget dan sebagainya. Juga tersedia Galaxy Themes untuk mengunduh theme dan wallpaper dengan menggunakan akun Samsung.

Baca juga:Review Poco X3 GT, Smartphone 5G Paling Powerful dengan Fitur Lengkap

Software Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon


Sebagai sebuah smartphone flagship, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini menawarkan fitur yang setara dengan Galaxy S20 series lainnya. Beberapa fitur andalannya antara lain Always On Display, Android Auto,  Game launcher, Samsung Pass, Secure Folder, face recognition, dark mode, adaptive brightness, One-handed mode, motion and gestures, blue light filter, dual messenger, Device Care, Permission Manager, Samsung Pay, AR Zone, Digital Wellbeing, Smart pop-up view, Samsung Cloud, Ultra data saving, face recognition, dan banyak lagi.

Salah satu keunggulan pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dari sisi software adalah hadirnya fitur unggulan yang hanya tersedia di lini smartphone premium Samsung seperti Bixby, Bixby Routines, Samsung DeX, Link to Windows, dan fitur keamanan Samsung Knox. Ponsel tahan air ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan fingerprint sensor di bawah layarnya dan performanya bisa diandalkan.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone flagship tahan air Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini cukup banyak antara lain adalah Google Apps, aplikasi proprietary Samsung, Samsung Members, Samsung Goals, Samsung Free, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Facebook, Spotify, Galaxy Store, Netflix, Samsung Notes, AppStation, Lazada, Microsoft Office, One Drive, LinkedIn, dan Outlook. Aplikasi ini dapat dihapus jika tidak diperlukan.

Secara umum, Samsung One UI 3.0 pada Galaxy S20 FE Snapdragon ini memberikan user experience yang memuaskan dan nyaman. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap, customizable, dan tak terganggu oleh kemunculan iklan. Performanya juga ringan, responsif, dan animasinya pun terasa smooth. 

Performa Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Performa Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Performa menjadi daya tarik tersendiri pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone ini ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR5, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650 yang powerful.

Baca juga:Review Poco F3, Smartphone 5G Paling Powerful Bertenaga Snapdragon 870 Termurah!

Penggunaan SoC Snapdragon 865 di Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini tak hanya menawarkan performa yang lebih kencang, tetapi juga konsumsi daya yang lebih efisien dan suhu kerja lebih dingin jika dibandingkan Samsung Galaxy S20 FE varian Exynos 990 yang lebih dulu hadir. Sayangnya, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini tidak dilengkapi dengan modem 5G, sehingga dukungannya hanya terbatas di 4G LTE saja. 

Meski bukan SoC flagship terbaru, Snapdragon 865 yang digunakan oleh smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini masih sangat powerful untuk memainkan aneka game terkini dengan setting grafis maksimal, mulai dari Genshin Impact, Call of Duty Mobile, Asphalt 9: Legends, PUBG Mobile, dan aneka game populer lainya. Saat digunakan bermain game dalam waktu hampir 1 jam, bodi Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini hanya hangat saja, tidak terlalu panas.

Kurang lebih satu bulan Laptophia menggunakan smartphone ini sebagai daily driver dan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon menunjukkan performa yang sangat memuaskan. Buka tutup aplikasi dan perpindahan menu terasa smooth dan gegas. Laptophia juga sering melakukan multitasking seperti menjalankan banyak aplikasi sosial media, chatting, edit foto, dan juga edit video pun terasa smooth dan responsif. 

Tak heran, Galaxy S20 FE Snapdragon ini adalah all-rounder yang mumpuni dan nyaman digunakan hingga beberapa tahun ke depan. Berikut ini adalah hasil benchmark sintetis yang telah tim Laptophia lakukan.

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Benchmark Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon


Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon


Kemampuan kamera yang bisa dikatakan sekelas flagship menjadi salah satu daya tarik dari review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon menurut Laptophia. Ponsel ini dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama resolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX555 1/1.76 inci 1.8um piksel dengan fitur Dual Pixel phase-detection autofokus ditandemkan lensa aperture f/1.8 lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization) LED flash yang mampu menangkap gambar lebih jernih dan detail di segala kondisi cahaya.

Kamera kedua Galaxy S20 FE Snapdragon ini mengusung resolusi 8 megapiksel sensor SK Hynix Hi847 1/4.5 inci 1um piksel phase-detection autofokus lengkap dengan OIS yang ditandemkan dengan lensa telephoto 76mm dengan aperture f/2.4 yang mampu memberikan 3x optical zoom dan 30x hybrid zoom.

Kamera ketiga Galaxy S20 FE Snapdragon ini mengusung resolusi 12 megapiksel sensor Samsung ISOCELL S5K3L6 1/3 inci 1.12um piksel fixed focus yang ditandemkan dengan lensa ultra-wide dengan aperture f/2.2 untuk mengambil foto super wide dengan field of view (FoV) 123 derajat. 

Baca juga:Perbedaan Samsung Galaxy S21 FE 5G vs Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Apa Saja Peningkatannya?

Kamera depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini berkekuatan 32 megapiksel dengan sensor Sony IMX616 1/2.8 inci 0.8um piksel dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus yang cukup mumpuni untuk foto selfie dan video call. Baik kamera depan maupun kamera belakang Galaxy S20 FE Snapdragon ini mampu merekam video dengan resolusi 4K UHD @60fps.

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini dibekali dengan aplikasi kamera dengan antarmuka yang mudah digunakan. Laptophia dapat mengakses pengaturan filter, motion photo, aspek rasio, timer, LED flash, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada bagian atas. Sementara di tengahnya terdapat toggle untuk memilih lensa ultra wide (0.5x), lensa wide (1x), dan telephoto (3x).

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri. Beberapa mode yang disediakan antara lain Single Take, Portrait, Photo, Video, AR Doodle, Pro, Panorama, Food, Night, Macro, Slow Motion, Super Slow Motion, Portrait Video, Pro Video, dan Hyperlapse.

Review Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon


Hal yang menarik adalah mode Pro tersedia di kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini berbeda dengan kebanyakan smartphone Samsung kelas menengah karena menawarkan opsi untuk mengatur parameter white balance, fokus, ISO (hingga 3200), dan shutter speed hingga maksimal 30 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW.

Performa kamera utama Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon yang berkekuatan 12MP ini sangat memuaskan dan bisa dikatakan hampir sama dengan Galaxy S20 atau S20+. Saat siang hari, kamera Galaxy S20 FE Snapdragon mampu menghasilkan foto dengan detail yang tinggi, tajam, dan warna yang cukup punchy. Dynamic range-nya juga luas, sehingga kompeten untuk memotret dengan kondisi cahaya menantang sekalipun.

Moder portrait atau Live Focus pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon juga memuaskan dengan separasi yang rapi dan konsisten, serta efek blur yang terlihat lebih alami. Tak hanya itu, Laptophia sangat menyukai kamera Galaxy S20 FE Snapdragon ini untuk memotret macro karena performa autofokusnya cepat dan akurat. Hasil foto macro-nya juga memuaskan, terlebih jika bereksperimen dengan fitur zoom atau kamera telephoto yang diusungnya.

Saat malam hari atau kondisi cahaya low-light, kamera utama smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini masih sangat kompeten menurut Laptophia. Foto malam harinya mampu menghasilkan tingkat detail yang memuaskan, noise yang terkendali, tajam, dan saturasi warnanya tetap terjaga. Mode Night yang disediakan mampu mendongkrak detail dan dynamic range secara signifikan. LED flash yang diusung smartphone ini juga sangat terang dan bisa diandalkan.

Baca juga:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda

Sedangkan kamera telephoto pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini cukup unik karena secara default menghasilkan foto resolusi 12MP, padahal resolusi aslinya hanya 8MP. Kualitas kamera telephoto Galaxy S20 FE Snapdragon ini ternyata mantap di kelasnya. Foto dengan optical zoom 3x ini mampu mengahsilkan tingkat detail yang baik dan tajam meski tidak sebanding dengan kamera utama, bahkan saat malam hari sekalipun. Karakter warnanya mirip dengan kamera utama, hanya saja sedikit warm.

Kamera depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon yang berkekuatan 32MP ini secara default menghasilkan foto dengan resolusi 10MP dengan teknologi quad-bayer. Foto yang dihasilkan kamera depan ponsel ini memuasikan dengan tingkat detail tinggi, dynamic range luas, skin tone yang memuaskan, dan tajam. Karakter warnanya kadang agak warm. Mode Portrait di kamera depan juga rapi dan tak jauh beda dengan kamera belakang.

Sedangkan kamera ultra wide angle yang pada Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon juga mampu menghasilkan foto dengan kualitas baik dan detail memadai saat kondisi cahaya memadai. Hanya saja bagian pinggir atau sudutnya terlihat ada distorsi. Selain itu, saat malam hari kamera ultra wide angle Galaxy S20 FE Snapdragon ini mengalami penurunan detail yang cukup signifikan, sehingga kurang bisa diandalkan.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto mode portrait (Live Focus)

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto macro

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
Night mode off

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
Night mode on

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto malam hari dengan LED Flash
Baca juga:Review Tecno Spark 7 Pro, Tampil Mewah dengan Performa Kencang dan Fitur Lengkap

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
1x

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
3x

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
1x

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
3x

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
1x

Hasil Foto Kamera Telephoto Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon
17x Digital Zoom

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Foto selfie mode portrait (Live Focus)

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon


Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon


Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon adalah sebuah smartphne premium yang menawarkan pengalaman flagship dengan harga yang kompetitif. Ponsel ini menawarkan kinerja kencang, kamera kelas flagship, dan fitur yang lengkap. Laptophia menilai Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon sebagai smartphone yang nyaris sempurna di kelasnya. Kekurangan yang paling mencolok adalah belum menudukung 5G.

Layar

Layar dengan panel AMOLED dengan resolusi full HD yang ditandemkan dengan refresh rate 120Hz menjadi keunggulan utama pada review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon menurut tim Laptophia kali ini. Warna yang dihasilkan layar smartphone ini sangat memanjakan mata dan terlihat nyata, terlebih ketika mode Vivid aktif. Selain itu, layar Galaxy S20 FE Snapdragon terlihat padat dan tajam. 

Baca juga:Review Samsung Galaxy A32, Desain Minimalis dengan Layar AMOLED 90Hz

Refresh rate layar yang mencapai 120Hz membuat pengalaman scrolling sosial media, multimedia, dan gaming di Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon terasa smooth dan bebas screen tearing atau stuttering. Pengguna dapat mengatur refresh rate secara manual melalui Settings. Respon touchscreen gegas dan nyaman untuk bermain game. Saat digunakan di bawah sinar matahar langsung, kayar Galaxy S20 FE Snapdragon masih bisa diandalkan.

Audio

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dibekali dengan dua buah speaker stereo pada sisi bawah dan atas (sekaligus sebagai earpiece). Suara yang dihasilkan speaker stereo Galaxy S20 FE Snapdragon ini terbilang jernih dan cukup detail, bahkan ketika diset dengan volume hampir penuh. Speaker stereonya mampu menghasilkan suara treble dan mid yang menonjol, serta bass yang cukup.

Tim Laptophia menjajal Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan mendengarkan musik menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro, kualitas suaranya memuaskan dan masih dapat ditingkatkan dan dikostumisasi dengan fitur Dolby Atmos. Smartphone ini tak dilengkapi port audio 3,5mm, sehingga harus menggunakan  converter USB Type-C to port audio 3,5mm. 

Memori

Smartphone premium yang nyaris sempurna Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini menyisakan memori internal sekitar 103,37GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,8GB – 4GB. Smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna!

Baca juga:Review Samsung Galaxy M12, Layar 90Hz Murah dengan Baterai Tahan Lama
Daya tahan baterai merupakan salah satu kelebihan dari review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh tim Laptophia kali ini. Baterai berkapasitas 4500mAh yang diusungnya mampu bertahan seharian penuh dengan pola penggunaan non gaming. Ponsel ini rata-rata mampu bertahan lebih dari 12 jam penggunaan dengan screen on time 3 jam lebih.

Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini sebenarnya mendukung fast charge 25W, tetapi charger yang ada dalam paket pembelian hanya mendukungan hingga 15W saja. Proses pengisian daya Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan charge bawaan agak lama, yakni rata-rata butuh waktu 1,5 jam untuk terisi penuh.

Kesimpulan

Secara umum, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon adalah sebuah smartphone premium yang nyaris sempurna dan menawarkan pengalaman kelas flagship. Performanya masih sangat kencang untuk penggunaan beberapa tahun ke depan, baterai andal, kamera mumpuni, dan fitur yang diusungnya lengkap. 

Bahkan, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon memiliki kemampuan tahan air dan debu yang tak dimiliki oleh para pesaingnya dengan harga yang sama. Sayangnya, smartphone ini beum mendukung 5G dan tidak dilengkapi port audio 3,5mm. Meski demikian, Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon masih sangat layak untuk dipinang di 2022. 

Kelebihan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Performa powerful dengan Snapdragon 865
  • Kamera kelas flagship dan bisa diandalkan
  • Fitur lengkap
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • Daya tahan baterai andal
  • Bodi ringkas dan nyaman digenggam satu tangan

Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Belum mendukung 5G
  • Bodi plastik, kurang terasa premium
  • Tidak ada port audio 3,5mm
  • Charger bawaan cuma 15W

Harga Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

Harga smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 7.999.000. Adapun Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon varian RAM 8GB ROM 128GB yang dijual dengan harga lebih murah, yakni Rp 6.999.000. Berdasarkan review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon oleh Laptophia di atas, smartphone ini masih sangat layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon

  • Sistem Operasi Android 10 dengan antarmuka Samsung One UI 2.5 (upgradeable to Android 12 dengan One UI 4.0)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865 SM8250 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 650
  • Triple atau Tiga kamera belakang resolusi 12 megapiksel (primary) sensor Sony IMX555 1/1.76 inci 1.8um piksel, Dual Pixel phase-detection autofokus, OIS, lensa aperture f/1.8 dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel (telephoto) sensor SK Hynix Hi847 1/4.5 inci 1um piksel lensa 76mm f/2.4, PDAF, OIS, 3x optical zoom + 12 megapiksel (ultra wide) lensa 13mm aperture f/2.2 sensor Samsung ISOCELL S5K3L6 1/3 inci 1.12um piksel
  • Kamera depan 32 megapiksel fixed focus, sensor Sony IMX616 1/2.74 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/2.2
  • Layar sentuh Infinity-O Display 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 407 ppi (pixel per inch), 800 nits, refresh rate 120Hz, 16 juta warna, panel Super AMOLED, HDR10+, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB atau 256GB, dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (hybrid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, NFC, under display fingerprint sensor, face unlock
  • Stereo speaker Tuned by AKG dengan dukungan Dolby Atmos
  • Tahan air dan debu dengan sertifikat IP68
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 159.8 x 74.5 x 8.4 mm dengan berat 190 gram
  • Baterai 4500mAh non-removable, fast charging 25W, wireless charging 15W, reverse charging 4.5W
  • Warna Cloud Lavender, Cloud Mint, Cloud Navy, Cloud White, Cloud Red, dan Cloud Orange
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Xiaomi Mi 10T Pro, Smartphone Flagship Paket Hemat dengan Fitur Lengkap
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar