eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Poco X3 GT, Smartphone 5G Paling Powerful dengan Fitur Lengkap

Review Poco X3 GT, Smartphone 5G Paling Powerful dengan Fitur Lengkap - Poco selama ini dikenal sebagai subbrand Xiaomi dengan jajaran smartphone yang mengunggulkan sektor performa. Hal ini juga berlaku pada smartphone 5G terbarunya, Poco X3 GT. Smartphone ini ditenagai oleh SoC MediaTek Dimensity 1100 5G octa-core yang ditandemkan dengan RAM sebesar 8GB yang menawarkan level performa yang mendekati sebuah smartphone flagship. Tak heran, Poco X3 GT merupakan salah satu smartphone 5G paling powerful di rentang harga 4 jutaan saat ini.

Tak hanya mengunggulkan performa yang kencang, Poco X3 GT juga diperkuat dengan kemampuan fotografi yang kompeten dengan dipersenjatai tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 64MP. Hal yang menarik dari Poco X3 GT ini adalah diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang didukung fitur Turbo Charge 67W. Fitur Poco X3 GT cukup lengkap dengan kehadiran NFC, infrared blaster, speaker stereo dengan Dolby Atmos, sertifikasi IP53, dan banyak lagi. Penasaran? Simak review Poco X3 GT oleh tim Laptophia kali ini!

Review Poco X3 GT, Smartphone 5G Paling Powerful dengan Fitur Lengkap


Paket Pembelian Poco X3 GT

Paket Pembelian Poco X3 GT

  • Unit Poco X3 GT 8GB/128GB Wave Blue
  • Kepala charger 67W
  • Kabel USB Type-C
  • Adapter 3,5mm to USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Poco M3: Salah Satu Smartphone 1 Juta-an Terbaik!

Desain Poco X3 GT

Desain Poco X3 GT

Desain Poco X3 GT

Sisi desain menjadi hal yang menarik pada review Poco X3 GT kali ini menurut tim Laptophia. Smartphone 5G paling powerful di kelasnya ini hadir dengan konsep desain baru yang lebih fresh. Unit Poco X3 GT yang Laptophia terima adalah warna Wave Blue dengan casing belakang bertekstur vertical strip yang menawan. Casing belakangnya terbuat dari bahan polikarbonat atau plastik, tetapi didukung lapisan yang unik sehingga terlihat glossy dan menampilkan pantulan yang dinamis saat terkena cahaya.

Housing kamera Poco X3 GT ini sekilas mengingatkan Laptophia pada Redmi Note 10 Pro dengan housing persegi rounded berwarna hitam yang agak menonjol atau protruding. Kamera utamanya berukuran agak besar dengan aksen silver yang mewah. Frame smartphone ini juga terbuat dari plastik, tetapi terasa cukup solid dan kuat.

Saat digenggam, Poco X3 GT memang terasa 'plastik' dan jauh dari kesan mewah, tetapi juga tidak murahan. Sisi depannya terdapat layar berponi yang cukup tangguh dengan perlindungan Gorilla Glass Victus yang lebih tahan gores dan benturan. Kelebihan lain dari Poco X3 GT ini adalah tahan terhadap percikan air dan debu dengan sertifikat IP53. Secara umum, build quality Poco X3 GT terasa kuat dan solid.

Desain Poco X3 GT

Desain Poco X3 GT

Desain Poco X3 GT

Desain Poco X3 GT

Baca juga:Review Poco F2 Pro: Performa Flagship Snapdragon 865 Siap Sambut 5G

Pada review Poco X3 GT oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone dngan tagline “Go Turbo” ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole IPS full HD+ berukuran 6,6 inci.

Layar smartphone 5G Poco X3 GT ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass Victus yang masih diperkuat dengan screenguard yang sudah terpasang dari pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap dianjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Poco X3 GT ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Poco X3 GT ini terdapat speaker grill, microphone, dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Poco X3 GT ini terdapat tiga kamera atau triple camera yang hadir dengan desain housing yang lebih fresh, dual-tone LED flash, dan logo Poco pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Xiaomi Mi 11T dan 11T Pro ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Poco X3 GT

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Software Poco X3 GT

Software Poco X3 GT

Smartphone Poco X3 GT ini menggunakan sistem operasi Android 11 dengan balutan antarmuka MIUI 12.5. Performa MIUI 12.5 memang lebih smooth dan gegas jika dibandingkan dengan MIUI 12 yang tak lain adalah pendahulunya. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Poco X3 GT kemungkinan besar akan mendapat upgrade ke Android 12 di masa mendatang.

MIUI memang menawarkkan tampilan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan. Selain itu, opsi kustomisasi juga tersedia luas. Pengguna dapat mengganti hampir semua elemen visual di MIUI mulai dari theme, wallpaper, font, animasi transisi, icon pack, dan banyak lagi. Tak hanya menawarkan tampilan yang menarik, MIUI 12.5 pada review Poco X3 GT ini juga relatif stabil dan minim bug.

Salah satu keunggulan MIUI yang diusung oleh Poco X3 GT adalah fiturnya yang sangat lengkap. Beberapa fitur andalannya antara lain Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, NFC, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Video Toolbox, screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, Second space, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Baca juga:Review Poco X3 NFC: Smartphone Gaming Terbaik di Kelas Menengah


Salah satu fitur yang cukup menarik pada review Poco X3 GT adalah mode Game Turbo yang siap memanjakan gamer. Mode ini menawarkan optimasi performa dan setting khusus di setiap game yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Pengguna dapat mengatur parameter seperti touch response, sensitivity to continous taps, enhanced visual, dan banyak lagi.

Aplikasi bawaan di Poco X3 GT ini bisa dikatakan cukup banyak, yakni Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, iQiyi, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Netflix, NovelToon, WPS Office, TikTok, dan Booking.com. Tak cukup haya itu, bloatware di Poco X3 GT ini masih ditambah game seperti Bubble Shooter With Friends, Block Puzzle Guardian, Dust Settle, Jewels Blast, Tile Fun, dan PUBG Mobile Gift Box. Aplikasi tidak terpakai tersebut dapat di-uninstall jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, MIUI 12.5 yang digunakan oleh Poco X3 GT ini sebenarnya menawarkan performa yang respoonsif, fitur sangat lengkap, dan juga tampilan yang mudah digunakan. Selain itu, Xiaomi juga memberikan update secara reguler, baik versi MIUI maupu security patch Android. Hanya saja kadang munul iklan yang mengganggu, tetapi dapat dihilangkan melalui tips berikut ini.

Performa Poco X3 GT

Performa Poco X3 GT

Kinerja menjadi keunggulan utama pada review Poco X3 GT oleh tim Laptophia kali ini dan layak disebut sebagai smartphone 5G paling powerful di kelasnya. Ponsel ini ditenagai oleh  SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 1100 5G MT6891Z (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 dengan kecepatan 2,6GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G77 MC9 836MHz.

Level performa yang ditawarkan Dimensity 1100 5G yang digunakan oleh Poco X3 GT ini bisa dikatakan mendekati smartphone flagship. Berdasarkan hasil pengujian dari benchmark sintetis yang telah tim Laptophia lakukan, Poco X3 GT mampu mengalahkan Snapdragon 855 atau Snapdragon 860. Bahkan pada pengujian grafis 3DMark, Poco X3 GT mampu mendekati Snadragon 870 5G yang digunakan oleh kakaknya, Poco F3.

Tak hanya menawarkan skor benchmark yang tinggi, performanya saat penggunaan sehari-hari juga sangat responsif tanpa lag. Buka tutup aplikasi dan loading game terasa begitu cepat berkat dukungan storage UFS 3.1. Saat multitasking menjalankan banyak aplikasi bersamaan pun terasa masih cukup perkasa. Poco X3 GT ini telah dibekali dengan fitur Memory Extension atau tambahan RAm sebear 2GB dari memori internal saat RAM penuh dan ada ruang tersedia di memori internalnya.

Performa gaming pada review Poco X3 GT ini juga terbilang kompeten di kelasnya. Semua game populer dapat dimainkan dengan lancar di smartphone ini, yakni Call of Duty Mobile dengan seting Very High, PUBG Mobile dengan seting HDR-High, Genshin Impact, dan Mobile Legends: Bang Bang dapat dimainkan dengan lancar.

Baca juga:Review Poco M3 Pro 5G: Smartphone 5G Termurah yang Bisa Diandalkan

Guna meredam panas yang dihasilkan, Poco X3 GT memang telah dibekali teknologi pendinginan LiquidCool 2.0. Solusi pendinginan ini memang sukses membuat smartphone 5G berkinerja kencang ini tidak mengalami overheat. Akan tetapi, bodi belakang terasa agak panas dan kurang nyaman ketika digunakan bermain game. Solusinua adalah menggunakan softcase atau hardcase tambahan.

Benchmark Poco X3 GT







Review Kamera Poco X3 GT

Review Kamera Poco X3 GT

Meski bukan smartphone yang menonjolkan kemampuan fotografi, kemampuan kamera menjadi salah satu daya tarik tersendiri pada review Poco X3 GT oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone 5G paling powerful di kelasnya ini diperkuat dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 64 megapiksel dengan lensa 26mm aperture f/1.8 yang menggunakan sensor OmniVision OV64B 1/1.97 inci 0,7um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor Sony IMX355 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC02M1 lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro. 

Smartphone 5G Poco X3 GT bisa diandalkan untuk swafoto dengan dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 16 megapiksel dengan sensor OmniVision OV16A1 1/3.06 inci 1um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.45 fixed focus dan diperkuat fitur unik Slo-Selfie untuk foto selfie dan video call. Kamera utama Poco X3 GT mampu merekam video dengan resolusi 4K @30fps dan kamera depannya mampu merekam video 1080p @30fps.

Review Kamera Poco X3 GT

Baca juga:Perbedaan Poco X3 GT vs Poco X3 Pro: Harga Beda Tipis, Mana yang Lebih Kencang?

Tampilan aplikasi kamera pada review Poco X3 GT ini relatif sama dengan smartphone Xiaomi atau Poco lainnya. Aplikasi kameranya cukup mudah digunakan dengan dominasi viewfinder yangdipadukan dengan menu Rolodex untuk memilih mode. Pengguna dapat mengatur mode yang sering digunakan agar tampil di menu utama. Pada viewfinder-nya terdapat tombol untuk memilih lensa, yakni 0.6x (super wide angle), 1x (wide), dan 2x (digital zoom).

Beberapa mode yang tersedia di kamera smartphone 5G paling powerful Poco X3 GT ini antara lain Slow Motion (hingga 720p @960fps atau 1080P @120fps), Short Video, Video, Photo, 64M, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, Vlog, Dual Video, Long Exposure, Clone, dan Pro. Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Poco X3 GT dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO (hingga 6400), dan shutter speed hingga maksimal 30 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW.

Review Kamera Poco X3 GT

Kamera utama Poco X3 GT yang berkekuatan 64MP dengan sensor OmniVision OV64B dengan teknologi quad-bayer filter atau 4-in-1 pixel binning dengan menggabungkan empat buah piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar agar dapat menyerap lebih banyak cahaya dan detail. Berkat teknologi ini secara default Poco X3 GT ini menyimpan foto dengan resolusi 16MP. Lalu sehebat apa kemampuan kamera Poco X3 GT ini?

Foto resolusi 16MP yang dihasilkan Poco X3 GT saat siang hari secara mengejutkan mampu menghasilkan kualitas di atas ekspektasi tim Laptophia. Detail yang dihasilkan cukup tinggi dengan penyajian detail dedaunan yang cukup natural. Saturasi warnanya juga mendekati natural, tetapi karakternya agak warm. Dynamic range secara default sudah cukup wide dan noise yang nyaris tak terlihat. 

Jika diperhatikan lebih dekat, hasil jepretan kamera Poco X3 GT ini memang agak oversharpening, tetapi dalam batas yang bisa ditoleransi menurut Laptophia. Ketika mode HDR diaktifkan, dynamic range mengalami peningkatan signifikan, meski kadang terlihat kurang realistis. Sedangkan mode AI membuat saturasi dan kontras foto meningkat, sehingga foto menjadi terlihat lebih punchy.

Mode portrait kamera belakang mampu menghasilkan efek bokeh yang terlihat alami dengan separasi yang cukup rapi, meski tak dibekali kamera khusus untuk depth sensor. Kecepatan autofokus pada review Poco X3 GT terbilang gegas dan akurat, cocok untuk penggemar foto macro. Hasil fot macro kamera utama Poco X3 GT ini relatif memuaskan dengan tingkat detail yang tinggi dan fokus yang akurat.

Saat kondisi low-light, kamera Poco X3 GT masih mampu menghasilkan foto dengan detail yang cukup memadai dan bisa dikatakan sedikit di atas rata-rata di kelasnya. Meski demikian, performanya masih belum mendekati Xiaomi Mi 10T Pro yang Laptophia ulas lebih dulu. Selain detailnya memadai, noise relatif terkendali dan saturasi warnanya tetap terjaga. Foto sama sekali tidak terlihat pucat atau kusam.

Baca juga:Perbedaan Poco X3 GT vs Poco F3: Harga Selisih 600 Ribu, Pilih Mana?

Satu-satunya keluhan tim Laptophia saat review kamera Poco X3 GT adalah kecepatan autofokusnya yang mengalami penurunan signifikan. Akibatnya beberapa sampel foto yang diambil blur atau tidak fokus. tangan kita harus benar-benar steady saat mengambil foto pada malam hari agar fokusnya sempurna.

Mode Night pada review Poco X3 GT ini tampaknya perlu ditingkatkan lagi. Laptophia tidak melihat perbedana kualitas yang signifikan antara mode auto dengan mode night ini. Peningkatan desail dan dynamic range memang ada, tapi masih belum sesuai harapan.

Kamera depan Poco X3 GT ini bisa diandalkan untuk foto selfie dengan hasil yang memadai di kelasnya, detail, dan warna cukup natural. Mode portrait dengan kamera depan pun cukup rapi separasinya. 

Sedangkan performa kamera ultra wide angle Poco X3 GT ini mirip dengan Poco F3 yang telah Laptophia ulas lebih dulu dengan kualitas yang baik saat kondisi cahaya memadai. Tingkat detail yang dihasilkan tentu jauh jika dibandingkan kamera utama, Saat malam hati, kamera ultra wide angle-nya kurang bisa diandalkan.

Adapun kamera dedicated macro di Poco X3 GT ini, tetapi tak lebih dari sebuah hiasan saja menurut Laptophia. Foto yang dihasilkan kamera dedicated macro-nya kurang memuaskan karena detailnya kurang karena resolusinya yang kecil dan warnanya agak kusam. Akan lebih baik jika kamera macro ini dihilangkan saja.

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Foto macro

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT
Night mode off

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT
Night mode off

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Poco X3 GT

Foto malam hari dengan LED flash

Baca juga:Review Anker Soundcore Ace A0, Speaker Mungil Bersuara Jernih

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Depan Poco X3 GT

Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Poco X3 GT

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Poco X3 GT

Review Poco X3 GT

Review Poco X3 GT


Poco X3 GT merupakan smartphone 5G yang menawarkan performa paling powerful di kelasnya berkat dukungan SoC MediaTek Dimensity 1100 5G. Tak hanya kiinerjanya yang kencang, smartphone ini juga menawarkan kecepatan charging yang sangat cepat berkat fitur Turbo Charge 67W dengan harga yang sangat kompetitif.

Layar

Pada review Poco X3 GT kali ini, layar yang digunakan masih menggunakan panel IPS berukuran 6,6 inci dengan resolusi full HD+. Kualitas layar smartphone ini memang sudah memadai, tapi bukan yang terbaik di kelasnya. Gambar yang ditampilkan tajam dengan saturasi warna yang baik, serta smooth dengan refresh rate 120Hz. Pada mode 120Hz, maka fitur adaptive sync otomatis aktif dan berfungsi mengatur refresh rate layar antara  30Hz, 48Hz, 50Hz, 60Hz, 90Hz, dan 120Hz sesuai dengan konten pengguna.

Tak hanya itu, layar Poco X3 GT telah mendukung standar HDR yang mampu menghasilkan tampilan visual yang lebih ciamik pada konten yang mendukung, serta dilindungi antogores terbaru dari Corning, yakni Gorilla Glass Victus. Respon touchscreen-nya gegas, tetapi performanya saat di bawah terik sinar matahari terbilang pas-pasan. Akan lebih baik lagi jika brightness yang dihasilkan lebih tinggi.

Baca juga:Review Realme C21Y, Smartphone Murah untuk Pelajar dengan Performa Kompeten

Audio

Poco X3 GT dibekali dengan dua buah speaker stereo yang mampu menghasilkan suara yang cukup nyaring dan balance. Laptophia menilai kualitas suara yang keluar dari speaker Poco X3 GT ini kaya akan detail dengan mid dan high yang cukup menonjol, sehingga meneyenangkan saat menikmati musik. Bass yang dihasilkan memang kurang, tetapi masih cukup terasa.

Laptophia mencoba mendengarkan musik menggunakan headset dengan memanfaatkan converter USB Type-C to port audio 3,5mm yang ada dalam paket pembelian. Keluaran suaranya terbilang mantap dengan detail yang cukup tinggi dengan bass yang mendalam menggunakan IEM Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro. Kualitas suaranya masih dapat ditingkatkan lagi dengan mengaktifkan Dolby Atmos.

Memori

Smartphone 5G paling powerful di kelasnya Poco X3 GT ini menyisakan memori internal sekitar 105,64GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4GB – 4,3GB. Smartphone Poco X3 GT ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya. Sayangnya, Poco X3 GT tidak dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Sektor baterai menjadi salah satu keunggulan pada review Poco X3 GT menurut tim Laptophia kali ini. Daya tahan baterai smartphone 5G paling powerful di kelasnya ini ternyata melebihi ekspektasi tim Laptophia. Pola penggunaan sosial media intensif, streaming video, dan komunikasi sehari-hari non gaming, Poco X3 GT mampu bertahan hingga seharian lebih. 

Jika refresh rate layar diturunkan menjadi 60Hz, daya tahan baterainya bisa leih lama lagi yakni rata-rata 1,5 hari. Hal yang mengesankan tim Laptophia adalah kecepatan charging-nya yang bisa dikatakan salah satu yang paling kencang dengan Turbo Charge 67W. Laptophia mengujiya dengan mengisi baterai dari 5% ke 100% dapat terisi penuh dalam waktu 49 menit saja.

Kesimpulan

Secara umum, Poco X3 GT bisa dikatakan salah satu smartphone 5G dengan performa paling powerful di kelasnya yang juga didukung fast charging yang sangat cepat. Ponsel 5G ini juga dipersenjatai dengan kamera yang bisa diandalkan di segala kondisi cahaya dan fitur yang lengkap seperti NFC, infrared blaster, dan sebagainya dengan harga yang kompetitif.

Panas mungkin menjadi salah satu kekurangan pada review Poco X3 GT kali ini. Bodi belakang terasa cukup panas saat memainkan game dalam waktu lama, sehingga mengurangi kenyamanan. Namun, tidak terasa adanya penurunan performa. Terlepas dari kekurangan tersebut, Laptophia menilai Poco X3 GT salah satu smartphone 5G yang sangat layak dipertimbangkan di kelas 4 jutaan.

Kelebihan Poco X3 GT

  • Performa kencang di kelasnya
  • Daya tahan baterai andal dan fast charge 67W
  • Kamera bisa diandalkan
  • Harga kompetitif

Kekurangan Poco X3 GT

  • Kadang terasa agak panas
  • Tidak dilengkapi slot microSD dan port audio 3,5mm
  • Lebih menarik jika menggunakan layar AMOLED

Harga Poco X3 GT

Harga smartphone Poco X3 GT RAM 8GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.399.000. Adapun Poco X3 GT varian dengan RAM 8GB ROM 128GB yang dibandrol Rp 4.799.000. Berdasarkan hasil review Poco X3 GT oleh tim Laptophia di atas, ponsel 5G ini menawarkan performa powerful di kelasnya dengan kecepatan fast charge sangat cepat, sehingga layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli Poco X3 GT dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Poco X3 GT

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 12.5 for POCO
  • Chipset MediaTek Dimensity 1100 5G MT6891Z dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A78 2,6GHz dan quad-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G77 MC9 836MHz
  • Triple kamera 64 megapiksel, sensor OmniVision OV64B 1/1.97 inci 0.7um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor Sony IMX355 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC02M1 lensa f/2.4 (macro)
  • Kamera depan 16 megapiksel, sensor OmniVision OV16A1 1/3.06 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.45, fixed focus, Slo-Selfie
  • Layar sentuh punch hole DotDisplay 6,6 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 399 ppi (pixel per inch), 450 nits, HDR10, 120Hz refresh rate, 240Hz touch sampling rate, 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass Victus
  • Memori RAM 8GB LPDDR4X, ROM 128GB atau 256GB UFS 3.1, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, FM Radio, GPS, Dual SIM, IR blaster, fingerprint sensor (side mounted), face unlock, NFC
  • Stereo speaker dengan Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 163.3 x 75.9 x 8.9 mm dengan berat 193 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Turbo Charge 67W, terisi 100% dalam 42 menit
  • Warna Stargaze Black, Wave Blue, dan Cloud White
Anda mungkin suka:Review Tecno Spark 7 Pro, Tampil Mewah dengan Performa Kencang dan Fitur Lengkap
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

2 komentar

  1. Kameranya lumayan juga ya... cuma kok saya masih khawatir ya apa Mediatek Dimensity 1100 di poco x3 gt gak overheat/panas pas pemakaian jangka panjang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kameranya lumayan bagus. Panas dan overheat itu berbeda. Panas itu hal yang wajar kalau dipakai intensif atau gaming dalam jangka waktu lama.

      Sedangkan overheat itu suatu kondisi di mana panas yang dihasilkan berlebihan, sehingga sistem pendingin ponsel kewalahan, akhirnya fungsi smartphone terganggu.

      Selama review Poco X3 GT memang agak panas, tapi nggak overheat sih sejauh ini :)

      Hapus