eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Anker Soundcore Ace A0, Speaker Mungil Bersuara Jernih

Review Anker Soundcore Ace A0, Speaker Mungil Bersuara Jernih - Anker selama ini dikenal dengan jajaran produk aksesoris berkualitas tinggi dan juga produk audio melalui lini Soundcore. Kali ini tim Laptophia berkesempatan mengulas speaker Bluetooth andalan Anker yang paling murah, yakni Anker Soundcore Ace A0. Keunggulan utama speaker ini adalah ukurannya yang sangat ringkas dan ringan, sehingga dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Meski ukurannya kecil, kualitas suara Anker Soundcore Ace A0 diklaim cukup mumpuni di kelasnya.

Ada yang berbeda dari review Anker Soundcore Ace A0 kali ini karena unit ini tidak Laptophia dapatkan dengan cara membeli di marketplace seperti biasanya. Kami mendapatkan speaker Anker Soundcore Ace A0 secara cuma-cuma dari Asus Indonesia sebagai souvenir sekaligus undangan peluncuran laptop gaming ROG yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5000 mobile series. Tak heran, bodi speaker ini terdapat logo ROG dan Ryzen. Lalu sehebat apakah kualitas speaker ini? Simak review Anker Soundcore Ace A0 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Anker Soundcore Ace A0, Speaker Mungil Bersuara Jernih


Paket Pembelian Anker Soundcore Ace A0

  • Unit Anker Soundcore Ace A0 Black
  • Kabel microUSB untuk charging
  • Strap/tali gantungan
  • User guide
  • Kartu garansi
Baca juga:Review Mifa A10 Plus, Speaker dengan Suara Bertenaga dan Desain Segitiga Unik

Desain Anker Soundcore Ace A0

Desain Anker Soundcore Ace A0


Desain bisa menjadi salah satu sektor yang diunggulkan dalam review Anker Soundcore Ace A0 kali ini. Speaker ini bisa dikatakan sebagai penerus dari Anker Soundcore Nano yang pernah Laptophia ulas sebelumnya yang juga membidik segmen entry-level. Anker Soundcore Ace A0 hadir dengan desain bulat tabung berukuran mungil dengan balutan casing berwarna hitam. Sisi atas nya terdapat speaker grill yang disusun sedemikian rupa dengan permukaan agak cekung.

Saat menggenggam speaker Anker Soundcore Ace A0 ini memang jauh dari kesan mewah, tapi juga tidak terasa murahan. Berbeda dengan Soundcore Nano yang tak lain adalah pendahulunya dengan balutan casing aluminium, Anker Soundcore Ace A0 ini beralih dengan balutan casing berbahan polikarbonat atau plastik berwarna hitam. Meski menggunakan material plastik, speaker mungil andalan Anker ini terasa cukup kuat.

Keunggulan lain dari Anker Soundcore Ace A0 adalah dimensinya yanga sangat ringkas dan ringan. Speaker ini bahkan tidak akan mengganggu saat disimpan di saku celana atau saku kemeja. Sementara pada sisi bawah terdapat lapisan karet agar tidak mudah slip saat diletakkan di meja. Build quality Anker Soundcore Ace A0 memang tidak terasa mewah, tetapi bisa dikatakan cukup solid dan kuat.

Desain Anker Soundcore Ace A0

Desain Anker Soundcore Ace A0

Desain Anker Soundcore Ace A0


Pada Anker Soundcore Ace A0 review oleh tim Laptophia kali ini, sisi depan speaker didominasi oleh lubang speaker atau speaker gril cekung yang membentuk motif unik. Sisi bawah speaker mungil ini terdapat lubang untuk memasang strap atau gantungan, informasi teknis singkat, dan tombol power multifungsi.

Baca juga:Review Soul Ultra High Definition: Nyaman Digunakan, Kualitas Suara Baik

Sekeliling bodi speaker murah meriah Anker Soundcore Ace A0 ini terdapat port microUSB untuk charging, logo Asus ROG (Republic of Gamers), dan logo AMD Ryzen 5000 series. Unit Anker Soundcore Ace A0 yang Laptophia ulas ini memang edisi istimewa yang diberikan oleh Asus Indonesia sebagai undangan peluncuran lini laptop gaming ROG yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 Mobile series.

Video Unboxing Anker Soundcore Ace A0

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Review Anker Soundcore Ace A0

Review Anker Soundcore Ace A0

Sejauh ini laptophia sudah dua kali mengulas speaker bluetooth besutan Anker, yakni Soundcore Select dan Soundcore Nano. Kesuanya menunjukkan performa dan kualitas suara yang memuaskan untuk harga yang ditawarkan. Tim Laptophia pun berharap hal yang saat review Anker Soundcore Ace A0 ini yang harganya hanya Rp 100 ribuan.

Kualitas Suara

Speaker Anker Soundcore Ace A0 ini hanya dipersenjatai sebuah driver dinamis dengan daya 2 watt saja. Daya ini memang sangat kecil, tetapi bisa dimaklumi mengingat ukuran speakernya juga sangat mungil. Saat disambyngkan ke smartphone, speaker Anker Soundcore Ace A0 menggunakan codec SBC (Sub-band Codec) dan mampu menghasilkan volume suara yang cukup nyaring.

Baca juga:Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya

Hal yang mengejutkan Laptophia saat review Anker Soundcore Ace A0 adalah tingkat kejernihan atau clarity-nya yang sangat baik untuk sebuah speaker semungil dan semurah ini. Treble yang dihasilkan terbilang detail, renyah, dan cukup berani. Saat memainkan lagu Watch Over You besutan Alter Bridge atau Angel Fall First milik Nightwish, suara petikan gitarnya akustik nya terdengar nyata dan merdu.

Suara vokal yang dihasilkan juga cukup menonjol dan memang agak maju. Suara vokal wanita yang melengking dengan nada tinggi seperti Tarja Turunen di lagu Supremacy terdengar begitu dramatis dengan artikulasi yang jelas. Sedangkan suara vokal scream di lagu metalcore seperti lagu Parasite milik Bullet For My Valentine juga terdengar tebal, kasar, dan bertekstur.

Pada review Anker Soundcore Ace A0 kali ini, tampaknya tidak cocok untuk basshead atau penggemar bass. Ukuran yang relatif kecil dengan daya hanya 2 watt membuat speaker ini tak mampu menghasilkan dentuman bass yang menggelegar. Bass yang dihasilkan cukup terdengar dengan kuantitas terbatas dan tidak mendalam. Beruntung, respons bass-nya cukup cepat untuk menangani lagu dengan dobel kick drum.

Separasi antar instrumen terbilang lumayan untuk speaker sekecil ini dan soundstage relatif terbatas. Sayangnya saat dimainkan dengan volume yang tinggi, suara treble yang dihasilkan menjadi agak tajam dan beberapa lagu kehilangan sisi dinamisnya. Laptophia menyarankan untuk mendengarkan musik di Anker Soundcore Ace A0 dengan volume sekitar 80% saja.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker mungil Anker Soundcore Ace A0 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Anker ini seperti Poco F2 Pro, Asus ROG Phone 3, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat terhubung dengan speaker ini tanpa masalah.

Baterai

Pada review Anker Soundcore Ace A0 kali ini, speaker berukuran mini dengan desain elegan ini dibekali dengan baterai berkapasitas 500mAh dan diklaim mampu bertahan hingga 5 jam penggunaan. 

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, speaker Anker Soundcore Ace A0 mampu bertahan hingga hampir 3,5 jam dengan volume rata-rata 60 - 70%. Ini tak jauh dari klaim Anker yang mencapai 4 jam, tetapi akan lebih baik jika dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar agar bertahan lebih lama lagi.

Baca juga:Review Soundplus 9Soul, Speaker Bluetooth Murah dengan Desain Unik

Kesimpulan

Secara umum, Anker Soundcore Ace A0 merupakan sebuah speaker bluetooth murah yang layak beli. Ukuran speaker ini sangat portabel dan mendukung bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Kualitas suara yang dihasilkan sangat jernih dan detail dengan build quality yang solid. 

Hanya saja, daya tahan baterainya relatif pas-pasan menurut Laptophia dan bass yang dihasilkan mungkin kurang memuaskan bagi basshead.

Kelebihan Anker Soundcore Ace A0

  • Ukuran sangat ringkas dan ringan
  • Suara nyaring dan jernih
  • Harga terjangkau

Kekurangan Anker Soundcore Ace A0

  • Bass kurang terasa
  • Tidak dilengkapi port aux dan slot microSD
  • Daya tahan baterai pas-pasan

Harga Anker Soundcore Ace A0

Anker Soundcore Ace A0 merupakan sebuah speaker bluetooth portabel berukurang mungil dengan suara yang jernih. Harga speaker Anker Soundcore Ace A0 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 199.000. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore Ace A0 oleh tim Laptophia, speaker ini mampu menghasilkan suara yang nyaring dan jernih, sehingga layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli speaker Anker Soundcore Ace A0 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore Ace A0

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 45mm x 1
  • RMS: 4Ω 2W THD=1%
  • Frequency Response: 60Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 75dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 4.2 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 480mAh built-in lithium battery, hingga 6 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 7.7 x 7.5 x 5.7 cm
  • Berat 63,5 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Review Tronsmart Element T6: Jernih dan Kencang, Cocok untuk Penggemar Bass!
2 komentar

2 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    12 November 2021 pukul 17.56
    Kayaknya suaranya renyah gitu ya... ukurannya pas lagi masuk saku 😁
    • Tya Swan
      Laptophia Blog
      13 November 2021 pukul 11.43
      Betul tebakan Anda, treble yang dihasilkan Anker Soundcore Ace A0 ini memang sangat renyah... Tapi ya nggak bisa mengharapkan bass.
    Reply