eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya

Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya – Nama Mito tentu tak asing lagi di telinga konsumen tanah air yang terkenal sebagai salah satu brand smartphone lokal. Meski demikian, Mito ini termasuk pemain baru di pasar audio khususnya speaker portabel. Salah satu produk speaker portabel pertamanya adalah Mito MyBox S115 yang sudah cukup lama beredar di pasar tanah air, serta dapat dibeli melalui e-commerce terkemuka.

Mengobati rasa penasaran, tim Laptophia memutuskan membeli satu unit Mito MyBox S115 dan ternyata impresi awal cukup mengejutkan. Speaker Mito MyBox S115 ini mengandalkan dua buah driver yang mampu menghasilkan efek stereo dengan daya total mencapai 8 watt. Tak hanya itu, Mito MyBox S115 ini cukup tangguh karena tahan terhadap cipratan air dengan sertifikat IP5. Lalu sehebat apakah speaker ini? Simak review Mito MyBox S115 portable Bluetooth speaker oleh tim Laptophia kali ini!

Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya


Paket Pembelian Mito MyBox S115

Paket Pembelian Mito MyBox S115


  • Unit Mito MyBox S115 warna Blue
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Manual
  • Kartu garansi

Baca juga:Review Haylou GT2, Headset TWS Murah yang Mantap untuk Musik

Desain Mito MyBox S115

Desain Mito MyBox S115

Desain Mito MyBox S115

Desain Mito MyBox S115


Mito MyBox S115 ini tampil dengan desain yang sekilas tidak jauh berbeda dengan kebanyakan speaker Bluetooth yang ada dengan bentuk tabung tiga sisi. Sekilas konsep desain speaker besutan Mito ini mengingatkan Laptophia pada speaker Mifa A10 atau Oontz Angle 3, tetapi MyBox S115 ini lebih rounded dan ukurannya lebih besar. Mito MyBox S115 tersedia dalam beberapa varian warna dan unit yang Laptophia ulas berwarna biru.

Speaker besutan merk lokal ini tetap menawarkan detail desain yang cukup unik dengan lekukan unik pada speaker grill serta hiasan lingkaran berwarna putih pada sisi kanan dan kirinya. Lingkaran putih pada speaker Mito MyBox S115 ini ternyata dilengkapi LED berwarna putih yang menyala saat speaker bekerja. Sementara pada bagian atasnya terdapat deretan tombol navigasi dan port-port yang dilapisi karet yang berkualitas.

Build quality speaker Mito MyBox S115 ini terasa cukup solid dengan balutan casing berbahan polikarbonat dan dipadukan speaker grill berbahan metal. Meski demikian, saat digenggam memang terkesan biasa saja dan tidak ada aura mewah maupun murahan. Bobot speaker ini cukup ringan dan cocok untuk mendukung mobilitas.

Desain Mito MyBox S115

Desain Mito MyBox S115

Baca juga:Review Poco M3: Salah Satu Smartphone 1 Juta-an Terbaik!

Pada review Mito MyBox S115 oleh tim Laptophia kali ini, sisi depan terdapat speaker grill dengan logo mito yang cukup mencolok. Hal yang sama juga terlihat pada sisi belakang speaker ini. Sementara pada sisi kanan dan kiri speaker bluetooth andalan Mito ini terdapat lingkaran LED berwarna putih yang menyala saat speakernya digunakan.

Sementara pada sisi bawah terdapat dudukan yang terbuat dari bahan karet dan informasi teknis singkat mengenai speaker ini. Sementara pada bagian atas Mito MyBox S115 terdapat port AUX dan microUSB yang tertutup karet kedap air. Bagian atas ini juga terdapat tombol-tombol seperti power, pairing Bluetooth, previous track, play/pause, next track, volume minus, dan volume plus.

Video Unboxing Mito MyBox S115

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Review Mito MyBox S115

Review Mito MyBox S115


Sebagai pemain baru di pasar audio, khususnya speaker Bluetooth portabel, tentu Laptophia mengira kualitas suaranya bakal pas-pasan dan anggapan ini ternyata salah. Tim Laptophia cukup terkejut saat melakukan proses review Mito MyBox S115 ini karena impresi awal kualitas suaranya melebihi perkiraan. Harga speaker ini memang terjangkau, tetapi sempat mengalami kenaikan yang cukup signifikan dan kini berada di kisaran 200 ribuan lebih. Padahal saat Laptophia membeli Mito MyBox S115 di Lazada, hanya merogoh kocek sebesar 189 ribu saja.

Kualitas Suara

Saat membaca spesifikasi speaker Mito MyBox S115 ini, Laptophia cukup terkejut karena ia dibekali dengan dua buah driver dengan daya total 20W (10W x2). Namun lembar manual memberikan informasi yang berbeda dan menyebutkan bahwa daya output speaker Mito MyBox S115 ini adalah 8W (4W x 2) dan dilengkapi sebuah passive bass radiator. Setelah menggunakan selama sebulan dan memperhatikan volume suara yang dihasilkan oleh Mito MyBox S115, tampaknya informasi yang benar adalah dari lembar manual, yakni daya total 8 watt saja.

Kualitas suara menjadi keunggulan utama review Mito MyBox S115 kali ini karena mampu menghasilkan tingkat kejernihan atau clarity di atas rata-rata. Speaker Bluetooh portabel merk lokal ini mampu menghasilkan nada tinggi atrau treble yang jernih dan cukup detail. Saat memainkan lagu Sever The Hand milik Trivium, suara gebukan cymbal terdengar renyah, detail, dan karakternya tidak menusuk.

Baca juga:Review Samsung Galaxy A02s: Baterai Tahan Lama, Performa Kurang Kencang

Mito MyBox S115 ini juga mampu menghasilkan suara vokal pria maupun wanita dengan jelas, detail, dan agak maju. Saat memainkan lagu Messe Noire milik Behemoth, suara vokal Nergal terdengar begitu basah dan bertekstur dengan aura garang yang begitu terasa. Tak hanya itu, saat menjajal lagu Supremacy milik Tarja Turunen, suara vokal wanita terdengar begitu jernih, intim, dan lengkingan nada tinggi pada saat reff dapat dipresentasikan dengan baik.

Bagaimana dengan kekuatan bass-nya? Selama ini kebanyakan speaker portabel murah menghadirkan suara bass yang kurang atau malah bass yang berkarakter muddy. Hal yang berbeda ditawarkan oleh Mito MyBox S115 dengan karakter bass yang cukup punchy, mendalam, dan sangat responsif untuk ukuran mungil dan harganya yang terjangkau. Saat memainkan lagu Nemesis milik Arch Enemy, Mito MyBox S115 ini mampu mengikuti kecepatan dobel kick drum dengan baik sehingga Laptophia masih dapat merasakan sensasi dual kick drum yang detail.

Bagi basshead, mungkin kuantitas bass yang dihasilkan Mito MyBox S115 agak kurang nendang. Separasi antar instrumen yang dihasilkan pada review Mito MyBox S115 ini relatif cukup baik, tetapi untuk lagu yang instrumennya terlalu rumit seperti Unleashed milik Epica atau Story Time milik Nightwish memang agak kewalahan. Efek stereo atau imaging yang dihasilkan Mito MyBox S115 terbilang sangat baik, meski soundstage terdengar cukup terbatas.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Mito MyBox S115 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan merk lokal Mito ini seperti Poco F2 Pro, Asus ROG Phone 3, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus Vivobook Ultra A412FA dapat terhubung dengan speaker dengan desain unik ini tanpa masalah.

Baterai

Pada review Mito MyBox S115 kali ini, speaker murah dengan kualitas suara di luar dugaan ini dibekali baterai berkapasitas 2000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 5 - 6 jam penggunaan. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 70%, baterai hanya tahan rata-rata 4 jam lebih.

Kesimpulan

Secara umum, Mito MyBox S115 merupakan salah satu speaker Bluetooth portable dengan kualitas suara terbaik untuk rentang harga di bawah Rp 300 ribu. Speaker ini mampu menghasilkan detail yang memadai, clarity yang baik, dan bass yang responsif. Tak hanya itu, fitur Mito MyBox S115 juga tergolong lengkap dan memiliki kemampuan tahan cipratan air. Jelas, Mito MyBox S115 sangat layak dipertimbangkan di kelas entry-level.

Baca juga:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya

Kelebihan Mito MyBox S115

  • Kualitas suara salah satu yang terbaik untuk rentang harga di bawah 300 ribu
  • Tahan cipratan air dengan IP5x
  • Harga terjangkau

Kekurangan Mito MyBox S115

  • Tidak dilengkapi slot microSD

Harga Mito MyBox S115

Mito MyBox S115 adalah sebuah speaker Bluetooth poratbel merk lokal yang ternyata mampu menghasilkan kualitas suara yang mengejutkan tim Laptophia saat mengulasnya. Harga speaker Mito MyBox S115 terbaru di Indonesia berdasarkan pantauan Laptophia saat artikel ini dibuat adalah Rp 299.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan masing-masing seller dan promo yang berlaku. Jelas, Mito MyBox S115 salah satu speaker bluetooth kelas entry-level yang layak beli.

Anda dapat membeli Mito MyBox S115 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Mito MyBox S115

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 1,75 inci x 2 + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 4W x 2 THD=0,5%
  • Frequency Response: 60Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 60dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Dukungan format file: APE, MP3, WMA, WAV, FLAC
  • Tahan cipratan air dengan sertifikat IP5x
  • Baterai built-in 3,7V/2000mAh lithium battery, hingga 5 - 6 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 90 x 120 x 200 mm
  • Berat 465 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Blue

Anda mungkin suka:Review JBL Go 2, Speaker Stylish Tangguh Bersuara Jernih

Posting Komentar

Posting Komentar