eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Mifa A10 Plus, Speaker dengan Suara Bertenaga dan Desain Segitiga Unik

Review Mifa A10 Plus, Speaker dengan Suara Bertenaga dan Desain Segitiga Unik - Pasar speaker portabel atau speaker bluetooth di Indonesia tampaknya semakin jenuh. Sudah banyak pemain yang membanjiri pasar mulai dari kelas harga puluhan ribu hingga jutaan. Mifa adalah salah satu pemain speaker portabel yang konsisten dan tetap eksis di pasar tanah air dengan produk yang selalu di-update. Pada kesempatan kali ini, Laptophia kedatangan speaker Mifa A10 Plus untuk diulas secara mendalam. penasaran?

Mifa A10 Plus ini bisa dikatakan sebagai penerus atau upgrade signifikan dari Mifa A10 yang telah hadir lebih dulu. Dibandingkan dengan pendahulunya, Mifa A10 Plus menawarkan speaker dengan daya yang lebih besar dan tambahan dua buah passive bass radiator pada sisi kanan dan kirinya. Tak heran jika Mifa A10 Plus mampu menghasilkan peningkatan kualitas suara jika dibandingkan Mifa A10. Lalu sehebat apa speaker berdesain segitiga unik ini? Simak review Mifa A10 Plus oleh tim Laptophia kali ini!

Review Mifa A10 Plus, Speaker dengan Suara Bertenaga dan Desain Segitiga Unik


Paket Pembelian Mifa A10 Plus

Paket Pembelian Mifa A10 Plus

  • Unit Mifa A10 Plus Black
  • Kabel USB Type-C
  • Kabel AUX
  • Strap atau gantungan
  • User manual

Desain Mifa A10 Plus

Desain Mifa A10 Plus

Desain Mifa A10 Plus

Desain menjadi salah satu hal yang menarik dari review Mifa A10 Plus menurut Laptophia. Speaker ini masih mempertahankan konsep desain yang sama dengan Mifa A10 reguler dengan gaya triangular atau segitiga yang unik. Ini jelas berbeda karena kebanyakan speaker di kelasnya tampil dengan bantuk tabung atau kotak memanjang. Sama seperti pendahulunya, Mifa A10 Plus tersedia dalam dua varian warna yakni Black dan Grafitti.

Tak hanya sekadar mengandalkan desain yang unik, Mifa A10 Plus ini juga hadir dengan bodi dengan build quality yang solid dan kuat. Speaker grill yang berada di sekeliling bodinya terbuat dari material metal yang kokoh. Sementara housingnya menggunakan bahan polikarbonat yang cukup tebal dan kuat. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Mifa A10 Plus memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IPX6.

Berbeda dengan pendahulunya, sisi kanan dan kiri speaker Mifa A10 Plus kini ditempati oleh dua buah passive bass radiator yang berbentuk trapezoid yang unik. Ukuran speaker Mifa A10 Plus ini cukup ringkas dan bobotnya pun tidak terlalu berat, yakni hanya 475 gram saja. Saat digenggam, speaker Mifa A10 Plus ini memang tak terkesan mewah, tetapi terasa cukup solid.

Baca juga:Mifa M1 Review: Ukuran Mini, Suara Maksi

Mifa A10 Plus



Pada review speaker Mifa A10 Plus oleh tim Laptophia kali ini, sisi depan terdapat speaker grill dengan logo Mifa pada sisi kanannya. Sedangkan pada sisi belakang, juga terdapat speaker grill dan juga port USB, port USB Type-C, port auido 3,5mm, dan slot microSD yang terttutup pintu karet guna mencegah masuknya air.

Sementara pada sisi kanan dan kiri speaker wireless Mifa A10 Plus ini terdapat trapezoid passive bass radiator. Sedangkan sisi atasnya terdapat tombol kontrol yang terdiri dari volume minus, volume plus, bluetooth pairing, play/pause, play mode, power, dan juga LED indikator. Pada sisi bawah terdapat informasi singkat mengenai Mifa A10 Plus dan empat buah dudukan berupa suction cup agar speaker tidak bergerak saat memainkan musik dengan volume tinggi.

Video Unboxing Mifa A10 Plus

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Review Mifa A10 Plus

Review Mifa A10 Plus

Tim Laptophia memang sudah penasaran dengan speaker Mifa A10 Plus ini karena desainnya yang unik. Kadang speaker bluetooth yang menonjolkan desain, kurang memperhatikan kualitas suara, Namun, hal yang berbeda Laptophia temui saat review Mifa A10 Plus. Speaker ini tampaknya mampu menghadirkan keseimbangan desain dengan kualitas suara yang baik.
Baca juga:Review Mito MyBox S115, Speaker Bluetooth Murah dengan Suara Terbaik di Kelasnya

Kualitas Suara

Spesifikasi speaker portabel Mifa A10 Plus ini memang tampak meyakinkan dengan berbekal dua buah driver berukuran 45mm dengan daya masing-masing 10W (total 20W) dan diperkuat dengan tiga buah passive bass radiator pada sisi kanan, kiri, dan belakangnya. Awalnya, Laptophia memperkirakan kualitas suara dan bass-nya akan bersaing dengan Tronsmart Element T6 yang sudah diulas lebih dulu.

Saat pertama kali menjajal Mifa A10 Plus, ternyata level performa dan kualitas suaranya masih belum setara dengan Tronsmart Element T6. Meski demikian, bukan berarti Mifa A10 Plus ini jelek. Speaker ini mampu menghasuilkan volume suara yang cukup lantang dan minim distorsi saat volume tinggi. Karakter suara Mifa A10 Plus dominan di mid, tetapi cukup bertenaga menurut Laptophia.

Bass yang dihasilkan oleh Mifa A10 Plus ini cukup kuat untuk ukurannya, responsif, tetapi kurang mendalam. Saat memainkan lagu dengan bass intensif seperti lagu EDM atau hiphop, dentuman bass kurang menggema. Ini Laptophia rasakan saat memainkan lagu Dedicated (Demo) Linkin Park dan Mocking Bird dari Eminem. 

Sedangkan untuk lagu yang membutuhkan hentakan dobel kick bass seperti Ov Fire and the Void milik Behemoth atau Nemesis milik Arch Enemy, Mifa A10 Plus masih dapat menyajikannya dengan baik, tanpa terdengar muddy. Laptiphia menilai bass yang dihasilkan cukup baik, tetapi mungkin kuantitasnya kurang bagi yang menyukai bass atau basshead.

Salah satu poin yang menonjol dari review Mifa A10 Plus adalah sektor mid yang cukup mendominasi. Suara vokal pria mapun wanita dapat disajikan dengan baik, jelas, dan detail. Bahkan di beberapa lagu akustik seperti Angels Fall First milik Nightwish atau Watch Over You milik Alter Bridge, suara desisan nafas kadang terdengar. Begitu juga dengan suara distorsi gitar di lagu-lagu rock, terdengar detail dan bertekstur.

Baca juga:Review Anker Soundcore Select: Speaker Ringkas, Tangguh dan Bersuara Powerful

Treble yang dihasilkan pada review Mifa A10 Plus ini sebenarnya cukup memadai, tetapi terasa kurang detail. Lagu-lagu pop yang biasanya berkarakter bright, terasa kurang berenergi dan berwarna saat dimainkan oleh speaker andalan Mifa. Selain itu, tingkat kejernihan suara atau clarity seharusnya masih dapat ditingkatkan lagi. Suara Mifa A10 Plus ini memang cukup bertenaga, tetapi terasa kurang kaya dan luas menurut Laptophia.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Mifa A10 Plus ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Mifa ini seperti Poco F2 Pro, Asus ROG Phone 3, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat terhubung dengan speaker dengan desain segitiga yang unik ini tanpa masalah.

Baterai

Daya tahan baterai mungkin menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan pada review Mifa A10 Plus oleh tim Laptophia kali ini. Berbekal baterai berkapasitas 2200mAh, speaker berdesain segitiga yang unik ini diklaim mampu bertahan hingga 16 jam dengan volume medium.

Selama kurang lebih sebulan menggunakan speaker bluetooth Mifa A10 Plus ini, rata-rata speaker ini mampu bertahan hingga 8 - 9 jam saja dengan volume di atas 65%. Angka ini memang terdengar agak jauh dari klaimnya yang mencapai 16 jam. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi karena biasanya produsen menguji dengan volume 50%. 

Kesimpulan

Secara umum, Mifa A10 Plus adalah sebuah speaker bluetooth portabel yang tampil dengan desain segitiga yang unik dan mampu menghasilkan kualitas suara yang bertenaga. Kemampuan tahan airnya membuat speaker ini cocok menemani mandi atau berenang di kolam dan daya tahan baterai Mifa A10 Plus bisa diandalkan. Jelas, Mifa A10 Plus layak dipertimbangkan.

Kelebihan Mifa A10 Plus

  • Kualitas suara baik, lantang dan bertenaga
  • Bodi solid dan tahan cipratan air
  • Desain segitiga yang unik
  • Daya tahan baterai anda;

Kekurangan Mifa A10 Plus

  • Clarity sedikit kurang

Harga Mifa A10 Plus

Harga speaker bluetooth Mifa A10 Plus terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini di buat adalah Rp 399.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Berdasarkan hasil review Mifa A10 Plus yang telah tim Laptophia lakukan, speaker ini menawarkan kualitas suara yang bertenaga dan desain segitiga yang unik sehingga layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli speaker bluetooth Mifa A10 Plus dengan harga promo di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Mifa A10 Plus

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 45mm x 2 + 3x Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 2 x 10W THD=1%
  • Frequency Response: 20Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 2200mAh built-in lithium battery, hingga 16 jam dengan volume medium (bervariasi)
  • Port: audio 3,5mm, slot microSD, port USB, port USB Type-C
  • Tahan debu dan cipratan air dengan sertifikat IPX6
  • Mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo)
  • Dimensi 188 × 70 × 73 mm
  • Berat 475 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black dan Graffiti
Anda mungkin suka:Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

2 komentar

  1. Mifa a10 plus ini sama eggel terra 3 mini bagusan mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum nyoba Eggel Terra 3 Mini, jadi nggak bisa banyak komentar hehehe

      Hapus