eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Soul Ultra High Definition: Nyaman Digunakan, Kualitas Suara Baik

Review Soul Ultra High Definition: Nyaman Digunakan, Kualitas Suara Baik - Setelah sebelumnya sempat membahas headset Soul Upbeat yang menawarkan bass kuat, kini tim Laptophia kembali membahas produk besutan Soul by Ludacris, yakni Soul Ultra High Definition yang mengusung desain headphone on-ear. Hal yang aneh dari headphone andalan Soul ini adalah menggunakan embel-embel high definition, tetapi malah tidak mengantongi sertifikat hi-res audio dan rentang frekuensinya pun terbilang standar, yakni 20-20000Hz saja.

Hal yang mendorong tim Laptophia untuk mengulas headphone Soul Ultra High Definition ini adalah harganya yang sangat terjangkau, yakni hanya 300 ribuan saja. Headphone ini dipersenjatai dengan dua buah driver neodymium berukuran 40mm yang diklaim mampu menghasilkan kualitas suara yang mantap dengan bass kuat, lalu sehebat apakah headphone besutan vendor asal Amerika ini? Simak review Soul Ultra High Definition oleh tim Laptophia kali ini!

Review Soul Ultra High Definition: Nyaman Digunakan, Kualitas Suara Baik


Paket Pembelian Soul Ultra High Definition

Paket Pembelian Soul Ultra High Definition

  • Unit Soul Ultra High Definition
  • Pouch
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Soul Ultra High Definition

Desain Soul Ultra High Definition

Desain Soul Ultra High Definition

Desain mungkin menjadi salah satu daya tarik pada review Soul Ultra High Definition kali ini menurut tim Laptophia. Soul merancang headphone ini dengan gaya elegan dengan balutan material polikarbonat yang menggunakan finishing doff atau mate. Saat dipegang, headphone Soul Ultra High Definition ini jauh dari kesan murahan dan tidak licin. Pada bagian atasnya terdapat logo Soul yang tercetak dengan ukuran besar dan mencolok.

Baca juga:Pioneer SE-C3T Review: Desain Mewah dengan Suara Memuaskan

Sementara pada sisi kanan dan kiri earphone Soul Ultra High Definition ini terdapat logo Soul yang berbentuk huruf S dengan finishing krom yang kian menambah kesa mewah. Earpad Soul Ultra High Definition ini bergaya on-ear yang terbuat dari spons yang cukup empuk dengan balutan bahan kulit sintetis yang nyaman dan lembut, serta tidak terasa panas saat bersentuhan dengan kulit dalam waktu lama. Tak lupa penanda L dan R tertera pada bagian dalam earphone.

Headphone Soul Ultra High Definition dibekali dengan kabel sepanjang 1,2 meter dengan kualitas yang cukup baik, tebal, dan lentur. Sementara jack-nya berdesain straight dengan lapisa emas atau gold-plated untuk mengoptimalkan suaranya. Soul Ultra High Definition dilengkapi dengan pengatur volume berbentul slider yang praktis, microphone, dan tombol yang berfungsi untuk play atau pause. Sedangkan ukuran headband dapat disesuaikan atau diatur sesuai ukuran kepala penggunanya.




Video Unboxing Soul Ultra High Definition

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)


Baca juga: Review Xiaomi In-Ear Pro Hybrid Dual Driver Headset

Review Soul Ultra High Definition

Review Soul Ultra High Definition


Setelah memutuskan untuk review Soul Ultra High Definition, tim Laptophia menemukan beberapa keanehan dari headphone ini. Salah satunya adalah embel-embel High Definition, tetapi tidak mendukung Hi-Res Audio. Keanehan kedua adalah harga resmi Soul Ultra High Definition di websitenya adalah Rp 1.799.000, tetapi harga di e-commerce jauh di bawah angka ini.

Kualitas Suara

Berbekal sebuah driver dinamis berukuran 40mm dengan teknologi neodymium membuatnya tampak meyakinkan. Tim Laptophia langsung menjajal performa headphone Soul Ultra High Definition untuk mendengarkan aneka lagu favorit, khususnya genre rock dan metal. Impresi awal saat mulai review Soul Ultra High Definition, karakter suara headphone besutan Soul by Ludacris ini agak warm dengan bass yang cukup kuat.

Karakter yang warm dan bass yang kuat relatif cocok dengan selera sebagian besar konsumen tanah air. Bass yang dihasilkan oleh Soul Ultra High Definition ini cukup kuat dengan impact yang cukup mendalam. Ini Laptophia rasakan saat memainkan beberapa lagu hip hop seperti Eminem - Mocking Bird dan Fort Minor - Remember The Name. Karakter bass-nya cukup tight dan masih memadai untuk menangani dobel kick drum seperti di lagu Kirisute Gomen milik Trivium.

Baca juga:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya

Sedangkan untuk mid di headphone Soul Ultra High Definition ini memang tidak terlalu menonjol menurut Laptophia, tetapi masih mampu menghasilkan detail yang memadai. Suara vokal memang terasa agak muncur, tetapi masih terdengar jelas dan cukup bulat. Sayangnya, suara vokal scream atau growl, terasa kurang bertekstur. Begitu juga dengan distorsi gitar di beberapa lagu metalcore seperti AxeWound - Blood, Money and Lies, terasa kurang gahar.

Kekurangan pada review Soul Ultra High Definition menurut Laptophia mungkin ada pada high atau treble. Headphone ini kurang menghasilkan kuantitas treble yang memadai dan detailnya juga agak kurang. Saat memainkan lagu-lagu berkarakter bright, akan terasa kurang hidup di headphone andalan Soul ini. Separasi antar instrumen bisa dikatakan tidak istimewa untuk kelas entry-level, begitu juga dengan soundstage-nya yang cenderung agak sempit.

Kompatibilitas & Kenyamanan

Laptophia menjajal headphone Soul Ultra High Definition ini dengan beberapa perangkat, seperti DAP Fiio M3k, Xiaomi Mi Note 10 Pro, Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon (menggunakan converter), dan laptop Asus Expertbook P2. Headset andalan Soul by Ludacris ini berjalan dengan baik tanpa ada masalah kompatibilitas. Namun, tombol kontrol dan slider volume di headphone ini tidak berfungsi di DAP Fiio M3k.

Kenyamanan menjadi salah satu keunggulan pada review Soul Ultra High Definition menurut Laptophia kali ini. Headphone bertipe on-ear ini dibekali dengan ear pad yang empuk dengan lapisan kulit sintetis yang lembut. Selain itu, ukuran headband dapat disesuaikan dengan ukuran kepala. Hal ini membuat headphone Soul Ultra High Definition ini tetap nyaman meski digunakan untuk mendengarkan musik dalam waktu lama.

Kesimpulan

Secara umum, Soul Ultra High Definition ini merupakan sebuah headphone terjangkau yang nyaman digunakan dan menawarkan kualitas suara yang baik. Karakter suaranya yang warm dengan bass bertenaga cocok untuk selera kebanyakan konsumen tanah air. Hal yang agak aneh adalah headphone ini menggunakan embel-embel 'High Definition', tetapi tidak mengantongi sertifikat Hi-Res Audio. 

Kelebihan Soul Ultra High Definition

  • Kualitas suara baik dengan bass bertenaga
  • Nyaman digunakan
  • Harga terjangkau

Kekurangan Soul Ultra High Definition

  • High atau treble kurang detail

Harga Soul Ultra High Definition

Harga headphone Soul Ultra High Definition terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air adalah Rp 319.000. Tentunya harga ini dapat berubah-ubah sesuai promo yang sedang berlangsung. Berdasarkan hasil review Soul Ultra High Definition oleh tim Laptophia, kualitas suara yang dihasilkanbaik dan bertenaga, sangat sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Anda dapat membeli headphone Soul Ultra High Definition dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Soul Ultra High Definition

  • Model: Soul Ultra High Definition
  • Jenis headset: headphone on-ear
  • Tipe single driver dinamis
  • Speaker Impedansi: 30 ohm
  • Sensitivitas 113±3 dB/mW
  • Maximum input power 50 mW
  • Rated power input 3mW
  • Berat: 175 gram
  • Diameter driver 40mm Neodymium
  • Panjang kabel: 1,2 m
  • Jenis Plug: standard 3,5mm (gold plated)
  • Rentang frekuensi: 20-20000Hz
  • Dilengkapi microphone
  • Kabel standar berdesain flat, tidak dilengkapi Sleeve
  • Ukuran 175W x 185H x750D
Anda mungkin suka:Review Mifa A10 Plus, Speaker dengan Suara Bertenaga dan Desain Segitiga Unik
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

2 komentar

  1. Saya bingung mau ambil ini apa sony mdr zx110ap ya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bingung juga sih, soalnya saya belum pernah cobain headphone sony mdr zx110ap hehehe

      Hapus