eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Mi 10T Pro, Smartphone Flagship Paket Hemat dengan Fitur Lengkap

Review Xiaomi Mi 10T Pro, Smartphone Flagship Paket Hemat dengan Fitur Lengkap - Xiaomi Mi 10T Pro adalah smartphone flagship paket hemat yang pertama kali diperkenalkan di Indonesia sekitar akhir 2020 silam. Meski sudah hampir satu tahun beredar, Laptophia menilai penerus Xiaomi Mi 9T series ini masih sangat layak dipertimbangkan. Pada dasarnya, Xiaomi Mi 10T Pro adalah sebuah smartphone flagship yang dipangkas beberapa fitur yang dinilai kurang esensial seperti wireless charging, penggunaan layar IPS, dan sebagainya agar dapat dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Meski flagship paket hemat, spesifikasi Xiaomi Mi 10T Pro ini mirip dengan Xiaomi Mi 10 5G dengan dukungan SoC Qualcomm Snapdragon 865 yang powerful dan ditandemkan RAM sebesar 8GB. Kemampuan kamera Xiaomi Mi 10T Pro juga sangat kompeten dengan tiga buah kamera belakang dengan reoslusi kamera utama 108MP. Berbeda dengan para pesaingnya yang sudah mengusung layar AMOLED, Xiaomi Mi 10T Pro masih mengandalkan layar jenis IPS dengan refresh rate 144Hz, penasaran? Simak review Xiaomi Mi 10T Pro oleh tim Laptophia kali ini!

Review Xiaomi Mi 10T Pro, Smartphone Flagship Paket Hemat dengan Fitur Lengkap


Paket Pembelian Xiaomi Mi 10T Pro

Paket Pembelian Xiaomi Mi 10T Pro

  • Unit Xiaomi Mi 10T Pro 8GB/128GB Lunar Silver
  • Kepala charger 33W
  • Kabel USB Type-C
  • Adapter 3,5mm to USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Tak hanya menawarkan spesifikasi yang kompeten di kelasnya, smartphone flagship paket hemat Xiaomi Mi 10T Pro juga hadir dengan desain yang mewah dan premium. Casing belakangnya terbuat dari bahan kaca Gorilla Glass 5 dengan sisi kanan dan kiri melengkung untuk mendukung kenyamanan saat menggenggamnya. Casing belakang Xiaomi Mi 10T Pro ini menggunakan finishing matte tanpa gradien khusus, tetapi saat terkena cahaya terdapat pantulan dinamis seperti cermin. Meski demikian, casing belakangnya masih meninggalkan jejak sidik jari.

Hal yang menarik dari review Xiaomi Mi 10T Pro kali ini menurut Laptophia adalah desain housing kameranya yang sangat besar dan menonjol. Ini sebenarnya agak mengganggu dan membuat bodi ponsel bergoyang saat diletakkan di meja. Kamera utamanya terlihat sangat besar, sementara bagian bawahnya terdapat empat lingkatan yang terdiri dari kamera macro, ultra wide angle, dan LED flash. Sedangkan satu lingkaran lagi hanya berfungsi sebagai hiasan.

Baca juga:Review Realme C21Y, Smartphone Murah untuk Pelajar dengan Performa Kompeten

Sementara pada sisi depan terdapat layar dengan bezel yang cukup tipis serta punch hole pada sudut kiri atas. Frame Xiaomi Mi 10T Pro ini terbuat dari bahan metal yang terasa sangat tebal dan kokoh dengan finishing krom. Ukuran smartphone ini memang agak bongsor dengan bobot yang lumayan, yakni 218 gram. Selain itu, bodinya memang agak tebal. Meski demikian, build quality Xiaomi Mi 10T Pro terbilang solid dan mantap.

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Pada review Xiaomi Mi 10T Pro oleh tim Laptophia kali ini, bagian depan smartphone flagshi terjangkau ini terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar IPS full HD+ berukuran 6,67 inci.

Layar smartphone Xiaomi Mi 10T Pro ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5, serta telah terpasang screen guard dari pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap dianjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Mi 10T Pro ini. Sisi atas ponsel Xiaomi Mi 10T Pro ini terdapat speaker grill, microphone, dan infrared blaster.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Mi 10T Pro ini terdapat tiga kamera atau triple camera yang hadir dengan desain housing yang cukup menonjol, LED flash, dan logo Xiaomi pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Xiaomi Redmi 10 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, tray SIM card, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Xiaomi Mi 10T Pro

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Software Xiaomi Mi 10T Pro

Software Xiaomi Mi 10T Pro

Awalmya unit smartphone Xiaomi Mi 10T Pro yang tim Laptophia terima menggunakan basis sistem operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Tak lama setelah proses setup, Xiaomi Mi 10T Pro ini mendapat upgrade ke Android 11 dengan balutan antarmuka MIUI 12.5 yang stylish, rapi, dan kaya akan fitur.

MIUI memang menawarkkan tampilan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan. Selain itu, opsi kustomisasi juga tersedia luas. Pengguna dapat mengganti hampir semua elemen visual di MIUI mulai dari theme, wallpaper, font, animasi transisi, icon pack, dan banyak lagi. Rilis MIUI 12.5 di review Xiaomi Mi 10T Pro ini terasa ringan dan responsif menurut Laptophia.

Baca juga:Review VGen Platinum 512GB SSD, Merk Lokal dengan Kinerja Kencang

Salah satu keunggulan Xiaomi Mi 10T Pro dengan antarmuka MIUI adalah fiturnya yang sangat lengkap. Beberapa fitur andalannya antara lain Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, NFC, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Quick replies, Video Toolbox, Android 10 screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, dual apps, Second space, Game speed booster, Blocklist, App Vault, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Xiaomi Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T Pro dibekali dengan layar refresh rate 144Hz dan didukung fitur Adaptive Sync yang secara otomatis menyesuaikan refresh rate sesuai dengan konten yang dibuka oleh pengguna. Pangguna juga dapat mengaturnya secara manual antara 144Hz, 90Hz atau 60Hz melalui menu Settings.

Agak berbeda dengan kebanyakan smartphone Redmi dan Poco yang menampilkan iklan yang cukup mengganggu, Laptophia hampir tidak menemukan iklan yang tampil di Xiaomi Mi 10T Pro selama proses review. Meski demikian, ini tidak menjamin iklan tidak akan muncul dan hal tersebut dapat dihapus dengan cara ini. Namun, notifikasi spam dari aplikasi bawaan Xiaomi masih muncul dan cukup mengganggu.

Aplikasi bawaan di Xiaomi Mi 10T Pro ini bisa dikatakan cukup banyak, yakni Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, iQiyi, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Netflix, WPS Office, TikTok, dan Booking.com. Aplikasi tidak terpakai tersebut dapat di-uninstall jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, MIUI 12.5 yang digunakan oleh Xiaomi Mi 10T Pro ini sebenarnya menawarkan performa yang gegas, fitur sangat lengkap, dan juga tampilan yang mudah digunakan. Selain itu, Xiaomi juga memberikan update secara reguler, baik versi MIUI maupu security patch Android.

Performa Xiaomi Mi 10T Pro

Performa Xiaomi Mi 10T Pro

Performa yang solid menjadi salah satu daya tarik dan keunggulan pada review Xiaomi Mi 10T Pro oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone ini ditenagai chipset flagship tahun lalu, yakni Qualcomm Snapdragon 865 5G SM8250 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR5, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 650 yang powerful.

Kinerja Xiaomi Mi 10T Pro kian responsif dengan dukungan storage UFS 3.1 yang menawarkan transfer rate yang tinggi, sehingga loading aplikasi dan game berlangsung cepat. Level performa yang ditawarkan Xiaomi Mi 10T Pro ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan Poco F3 yang Laptophia ulas lebih dulu yang menggunakan SoC Snapdragon 870 5G.

Berdasarkan pengalaman selama hampir tiga minggu, untuk penggunaan sehari-hari Xiaomi Mi 10T Pro sudah sangat lebih dari cukup. Buka tutup aplikasi dan game berlangsung cepat dan responsif. Saat menjalankan banyak aplikasi sekaligus juga tidak ada lag. Laptophia merasa nyaman menggunakan smartphone andalan Xiaomi ini untuk daily driver, serta tidak merasakan perbedaan signifikan dari Poco F3.

Baca juga:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda

Kombinasi layar refresh rate 144Hz dan Snapdragon 865 5G membuat Xiaomi Mi 10T Pro sangat potensial untuk memberikan pengalaman gaming yang mantap di kelasnya. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim Laptophia, Xiaomi Mi 10T Pro ini mampu memainkan game Genshin Impact dengan setting tertinggi dengan lancar, tanpa ada frame drop signifikan. Ini berarti ponsel ini dapat memainkan game lain tanpa masalah.

Panas yang dihasilkan saat digunakan bermain game selama kurang lebih 30 menit pada review Xiaomi Mi 10T Pro kali ini relatif wajar. Ada penurunan performa, tetapi tidak terlalu signifikan. Cooling ponsel andalan Xiaomi ini juga cukup baik, sehingga tidak menunjukkan gejala overheat. Berikut ini hasil benchmark Xiaomi Mi 10T Pro oleh tim Laptophia.

Benchmark Xiaomi Mi 10T Pro









Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Sebagai smartphone kelas flagship paket hemat, Xiaomi Mi 10T Pro dipersenjatai dengan kemampuan kamera yang kompeten. Smartphone ini dibekali dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama 108 megapiksel dengan lensa 26mm aperture f/1.7 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HMX 1/1.33 inci 0,8um piksel yang diperkuat fitur OIS (Optical Image Stabilization), phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sebelumnya sensor Samsung ISOCELL HMX telah lenih dulu digunakan oleh Xiaomi di seri Mi Note 10 Pro. Samsung ISOCELL HMX mengusung teknologi tetracell yang menggabungkan empat buah piksel menjadi satu buah piksel berukuran besar guna meningkatkan kualitas hasil jepretannya. Tak heran, secara default Xiaomi Mi 10T Pro ini menghasilkan foto resolusi 25 megapiksel berkat fitur tetracell teresebut.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 13 megapiksel dengan sensor OmniVision OV13B10 1/3,06 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.5 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3E9 1/5 inci 1.12um lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro yang dilengkapi fitur autofokus.

Baca juga:Review Tecno Spark 7 Pro, Tampil Mewah dengan Performa Kencang dan Fitur Lengkap

Smartphone 5G flagship paket hemat Xiaomi Mi 10T Pro juga piawai untuk foto selfie dengan dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 20 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3T2 1/3.4 inci 0.8um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.2 fixed focus dan diperkuat fitur unik Slo-Selfie untuk foto selfie dan video call. Kamera belakang smartphone ini dapat merekam video dengan resolusi hingga 8K dan kamera depannya mentook di resolusi full HD.

Review Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Tampilan aplikasi kamera pada review Xiaomi Mi 10T Pro ini relatif sama dengan smartphone Xiaomi atau Poco lainnya. Aplikasi kameranya cukup mudah digunakan dengan dominasi viewfinder yangdipadukan dengan menu Rolodex untuk memilih mode. Pengguna dapat mengatur mode yang sering digunakan agar tampil di menu utama. Pada viewfinder-nya terdapat tombol untuk memilih lensa, yakni 0.6x (super wide angle), 1x (wide), dan 2x (digital zoom).

Beberapa mode yang tersedia di kamera smartphone 5G Xiaomi Mi 10T Pro ini antara lain Slow Motion (hingga 1080P 120fps), Short Video, Video, Photo, 108M, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, Vlog, Dual Video, Long Exposure, Clone, dan Pro. Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Xiaomi Mi 10T Pro dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO (hingga 6400), dan shutter speed hingga maksimal 30 detik, serta mendukung mode pengambilan RAW.


Mode Vlog cocok bagi kreator konten atau vlogger untuk membuat opening footage karena mampu menghadirkan efek instan yang keren menurut Laptophia. Selain itu, Xiaomi Mi 10T Pro juga menyediakan mode dual video yang memungkinkan kamera depan dan belakang merekam video secara bersamaan dalam satu frame.

Baca juga:Review Poco M3 Pro 5G: Smartphone 5G Termurah yang Bisa Diandalkan

Lalu bagiamana kemampuan kamera Xiaomi Mi 10T Pro? Kamera utama yang berkekuatan 108MP ini mampu menghasilkan sebuah foto resolusi 25MP dengan tingkat detail di atas rata-rata menurut Laptophia. Warna yang dihasilkan mendekati natural, tajam, dan kontras yang pas. Dynamic yang dihasilkan juga luas, mampu menangani backlight atau bayangan dengan baik.

Mode AI dapat meningkatkan saturasi warna dan kontras yang cukup signifikan dan membuat foto terlihat lebih menarik bagi sebagian orang. Apabila Anda adalah penggemar foto dengan warna yang lebih natural, maka sebaiknya AI dinonaktifkan. Mode HDR mampu meningkatkan dynamic range signifikan dan cocok diterapkan dalam kondisi backlight atau cahaya yang sangat menantang.

Mode portrait kamera belakang mampu menghasilkan efek bokeh yang terlihat alami dengan separasi yang cukup rapi, meski tak dibekali kamera khusus untuk depth sensor. Kecepatan autofokus pada review Xiaomi Mi 10T Pro terbilang gegas dan akurat, cocok untuk penggemar foto macro. Sensor Samsung HMX yang berukuran besar mampu menghasilkan efek bokeh yang lebih dramatis menurut Laptophia. Meski demikian, area fokusnya agak kecil, sehingga Laoptophia lebih suka menggunakan 2x digital zoom untuk foto macro.

Performa kamera utama Xiaomi Mi 10T Pro ini masih bersinar dalam kondisi low-light atau malam hari dengan tingkat detail di atas rata-rata di kelasnya. Selain detail, noise yang dihasilkan cukup minim dan saturasi warna yang tetap terjaga, serta white balance yang konsisten. Sementara mode Night yang diusungnya tidak terlalu menghasilkan perbedaan yang signifikan, kecuali memang dalam kondisi low-light yang extrem. Laptophia tidak merasakan penurunan performa autofokus yang signifikan saat malam hari.

Sedangkan kamera depan 20MP yang diusung oleh Xiaomi Mi 10T Pro ini juga mampu menghasilkan foto yang natural, tajam, dan cukup detail di kelasnya. Saat mode portrait, kamera depannya mampu menghasilkan separasi yang rapi dan memuaskan menurut Laptophia. Kamera depan Xiaomi Mi 10T Pro dapat diandalkan dalam berbagai kondisi cahaya, termasuk low-light.

Kamera ultra wide angle Xiaomi Mi 10T Pro ini mampu menghasilkan kualitas foto yang cukup baik dengan tingkat detail memadai saat siang hari. Tone warna yang dihasilkan bahkan sedikit lebih punchy dari kamera utamanya. Sayangnya, saat kondisi low-light kamera ultra wide angle tak bisa diandalkan karena foto yang dihasilkan mengalami penurunan detail yang signifikan, serta terlihat efek cat air yang cukup parah.

Baca juga:Review Realme C25: Tangguh dengan Daya Tahan Baterai Mumpuni

Sedangkan kamera dedicated macro berkekuatan 5 megapiksel di Xiaomi Mi 10T Pro ternyata tidak seperti kebanyakan kamera macro yang berkualitas seadanya. Kamera macro milik Xiaomi Mi 10T Pro dilengkapi fitur autofokus ini bisa diandalkan karena mampu menghasilkan detail yang memadai, kontras yang baik, dan saturasi warna yang natural. 

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Mode portrait

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Foto macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Foto malam hari

Night mode off

Night mode on




Foto malam hari dengan LED Flash

Baca juga:Review Asus Expertbook P2 P2451FB EK5810T, Laptop Bisnis Tangguh dan Elegan

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Mi 10T Pro

Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro


Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi 10T Pro

Hasil Foto Kamera Dedicated Macro Xiaomi Mi 10T Pro


Review Xiaomi Mi 10T Pro

Review Xiaomi Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T Pro adalah sebuah smartphone dengan spesifikasi flagship paket hemat dengan fitur yang lengkap dan harga yang terjangkau. Pada dasarnya, Xiaomi Mi 10T Pro ini adalah smartphone flagship dengan beberapa fitur yang dipangkas seperti wireless charging, kamera telephoto, dan tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu. Tak heran, harganya bisa lebih terjangkau.

Layar

Sektor layar memang menjadi hal yang kontroversial dari nsmartphone Xiaomi Mi 10T Pro ini karena masih mengandalkan panel IPS dengan resolusi Full HD, sementara para pesaingnya sebagian besar sudah menggunakan layar AMOLED. Meski demikian, Laptophia terkejut dengan kualitas layar IPS yang digunakan Xiaomi Mi 10T Pro ini karena mampu menghasilkan warna yang sangat vivid, warna hitam yang sangat pekat untuk kelas IPS, dan viewing angle yang luas.

Refresh rate yang mencapai 144Hz yang diusung layar Xiaomi Mi 10T Pro membuat tampilan animasi dan game terlihat lebih mulus, bebas screen tearing dan stuttering. Saat digunakan dibawah sinar matahari sekalipun, layar smartphone ini sangat bisa diandalkan. Temtunya Xiaomi Mi 10T Pro ini tidak memiliki fitur yang biasnaya dimiliki ponsel layar OLED seperti Always on Display, misalnya.

Baca juga:Review Anker Soundcore Select: Speaker Ringkas, Tangguh dan Bersuara Powerful

Audio

Jika dibandingkan dengan Mi 9T Pro yang tak lain adalah pendahulunya, Xiaomi Mi 10T Pro ini menawarkan upgrade yang sangat signifikan. Smartphone ini dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo pada sisi atas yang juga berfungsi sebagai earpiece dan pada sisi bawah. Kedua speakernya mampu menghasilkan voume suara yang nyaring dan bertenaga.

Kualitas kedua speaker pada review Xiaomi Mi 10T Pro kali ini cukup mengesankan dengan detail treble dan mid yang baik, serta bass yang masih dapat dirasakan. Saat menggunakan headset Hi Res dari Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro, keluaran suara Xiaomi Mi 10T Pro yang tim Laptophia rasakan sangat memuaskan dan solid. 

Memori

Smartphone flagship paket hemat yang sudah support 5G Xiaomi Mi 10T Pro ini menyisakan memori internal sekitar 109,52GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 4GB – 4,3GB. Smartphone Xiaomi Mi 10T Pro ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya. Sayangnya, Xiaomi Mi 10T Pro tidak dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Daya tahan baterai menjadi salah satu daya tarik dari review Xiaomi Mi 10T Pro menurut Laptophia. berbekal baterai 5000mAh, smartphone ini mampu bertahan seharian penuh dengan layar refresh rate 144Hz. Pola penggunaan Laptophia adalah sosial media intensif, browsing, dan kamera. Jika refresh rate diturunkan ke 60Hz, maka daya tahan baterai Xiaomi Mi 10T Pro bisa lebih dari sehari.

Xiaomi Mi 10T Pro ini dibekali dengan fitur fast charge dengan daya hingga 33W. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, baterai Xiaomi Mi 10T Pro ini dapat terisi dari 5% - 100% dalam waktu hampir 1 jam. Ini memang bukan yang paling cepat di kelas flagship, tetapi sudah memadai.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Mi 10T Pro adalah sebuah smartphone yang menawarkan pengalaman performa dan fitur kelas flagship dengan harga yang lebih terjangkau. Kamera 108 megapiksel yang diusungnya bisa diandalkan dan kualitasnya bisa dikatakan di atas rata-rata pesaingnya, layar IPS berkualitas baik dan sangat smooth, dan daya tahan baterai andal dengan charging yang cepat.

Baca juga:Review Adata XPG SX8200 Pro 1TB NVMe SSD, Performa Super Kencang dengan Harga Kompetitif

Sebenarnya Xiaomi Mi 10T Pro akan lebih menarik jika menggunakan layar jenis AMOLED dan menyertakan port audio 3,5mm di bodinya yang cukup bongsor. Terlepas dari kekurangan tersebut, Xiaomi Mi 10T Pro masih sangat layak dipertimbangkan di kelasnya.

Kelebihan Xiaomi Mi 10T Pro

  • Performa kencang di kelasnya
  • Speaker stereo nyaring dan berkualitas
  • Kamera utama 108MP mantap di kelasnya
  • Daya tahan baterai bisa diandalkan
  • Build quality solid dan terasa premium
  • Layar IPS terbaik dengan refresh rate 144Hz

Kekurangan Xiaomi Mi 10T Pro

  • Kualitas layar IPS-nya sangat baik, tapi akan lebih menarik jika menggunakan AMOLED
  • Kamera ultra wide-angle kurang bagus
  • Tidak ada port audio 3,5mm

Harga Xiaomi Mi 10T Pro

Harga smartphone Xiaomi Mi 10T Pro RAM 8GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 5.999.000. Adapun Xiaomi Mi 10T Pro varian dengan RAM 8GB ROM 256GB yang dibandrol Rp 6.999.000. Harga ini sebenarnya sudah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan saat pertama kali dirilis. Berdasarkan hasil review Xiaomi Mi 10T Pro oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini sangat layak dipertimbangkan di kelasnya.

Anda dapat membeli Xiaomi Mi 10T Pro dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T Pro

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka MIUI 12
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 865 5G SM8250 dengan prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari single-core Kryo 585 Gold 2,84GHz, triple-core Kryo 585 Gold 2,42GHz, dan quad-core Kryo 585 Silver 1,8GHz
  • Grafis Adreno 650
  • Triple kamera 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HMX 1/1.33 inci 0.8um piksel, lensa 26mm aperture f/1.7, phase-detection autofokus, OIS, dilengkapi LED flash + 13 megapiksel sensor OmniVision OV13B10 1/3,06 inci 1.12um piksel, lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.4 fixed focus + 5 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3E9 1/5 inci 1.12um piksel, lensa f/2.4, autofocus (macro)
  • Kamera depan 20 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL S5K3T2 1/3.4 inci 0.8um piksel, lensa aperture f/2.2, fixed focus, Slo-Selfie
  • Layar sentuh punch hole DotDisplay 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), 500 nits, HDR10+, 144Hz refresh rate, 180Hz touch sampling rate, 16 juta warna, panel IPS, Corning Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 8GB LPDDR5, ROM 128GB atau 256GB UFS 3.1, tanpa slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, GPS, Dual SIM, IR blaster, fingerprint sensor (side mounted), face unlock, NFC
  • Dual stereo speaker dengan Hi-Res Audio
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE / 5G
  • Dimensi 165.1 x 76.4 x 9.3 mm dengan berat 218 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Mi Turbo Charge 33W
  • Warna Cosmic Black, Lunar Silver, dan Aurora Blue
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy A32, Desain Minimalis dengan Layar AMOLED 90Hz
2 komentar

2 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    12 November 2021 pukul 18.01
    Baru kali ada artikel review sepanjang ini hehehe... tapi lengkap banget ini 😁
    • Tya Swan
      Laptophia Blog
      13 November 2021 pukul 11.45
      Syukurlah ada yang baca... kirain generasi sekarang pada males baca hahaha
    Reply