eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Redmi Note 12: Layar AMOLED 120Hz Termurah, Baterai Awet

Review Xiaomi Redmi Note 12: Layar AMOLED 120Hz Termurah, Baterai Awet - Xiaomi Redmi Note 12 adalah senjata utama Xiaomi untuk menggaet konsumen di segmen 2 jutaan. Redmi Note 12 4G ini adalah varian termurah dari trio Redmi Note 12 series yang diluncurkan di Indonesia April 2023. Persaingan di segmen ini memang cukup ketat dan Xiaomi Redmi Note 12 mencoba menggebrak dengan menawarkan layar ciamik di kelasnya, yakni AMOLED 120Hz. Berdasarkan pantauan Laptophia, Xiaomi Redmi Note 12 bisa dikatakan sebagai smartphone dengan layar AMOLED 120Hz termurah saat ini.

Sektor dapur pacu, smartphone Xiaomi Redmi Note 12 ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya berkat dukungan SoC baru dari Qualcomm Snapdragon 685 octa-core yang ditandemkan RAM 4GB, 6GB atau 8GB. Tak hanya itu, Redmi Note 12 juga diperkuat dengan baterai berkapasitas 5000mAh lengkap dengan fitur fast charge 33W. Kemampuan fotografinya masih sama seperti pendahulunya yang mengandalkan kamera utama 50MP. Lalu sehebat apa smartphone ini? Simak review Xiaomi Redmi Note 12 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Xiaomi Redmi Note 12: Layar AMOLED 120Hz Termurah, Baterai Awet


Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 12

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Note 12

  • Unit Xiaomi Redmi Note 12 4GB/128GB Ice Blue
  • Kepala charger 33W
  • Kabel USB Type-C
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Sektor desain, Xiaomi Redmi Note 12 mengalami perubahan signfikan jika dibandingkan dengan Redmi Note 11 yang notabene adalah pendahulunya. Redmi 12 kali ini mengusung bahasa desain yang serba flat dan minimalis. Casing belakang atau backdoor Xiaomi Redmi Note 12 ini terbuat dari bahan polikarbonat dengan finishing matte yang menyerupai kaca. Saat digenggam memang agak licin dan tak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Smartphone ini tersedia dalam tiga varian warna dan unit yang Laptophia ulas adalah varian Ice Blue.

Perubahan juga terlihat pada desain camera island atau housing kamera yang terlihat lebih simpel dengan dua buah lingkaran besar dan dua lingkaran kecil yang agak menonjol. Xiaomi Redmi Note 12 juga menggunakan frame flat berbahan polikarbonat yang cukup solid dan nyaman saat digenggam tanpa sudut yang tajam. Sementara jika dilihat dari depan, Redmi Note 12 ini tak jauh berbeda dengan smartphone lain dengan layar punch hole pada bagian atasnya. Bezel sekitar layarnya cukup tipis, tetapi bagian bawahnya agak tebal.

Build quality Xiaomi Redmi Note 12 ini terbilang solid dan kuat. Saat digenggam feel-nya tidak terasa murahan. Ukuran smartphone ini juga tidak terlalu besar, sehingga tetap nyaman digenggam oleh mereka yang memiliki telapak tangan agak kecil. Salah satu kelebihan smartphone dengan layar AMOLED 120Hz termurah ini adalah dilengkapi dengan kemampuan tahan cipratan air dan debu dengan sertifikat IP53. 

Baca juga:Review Vivo Y33T: Desain Cantik dengan Performa Andal

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Desain Xiaomi Redmi Note 12

Pada review Xiaomi Redmi Note 12 kali ini, Sisi depan smartphone terdapat proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, kamera depan, dan layar punch hole Super AMOLED 120Hz dengan resolusi full HD+ berukuran 6,67 inci.

Layar smartphone Xiaomi Redmi Note 12 ini cukup tangguh dengan kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 3 yang masih diperkuat dengan screenguard yang sudah terpasang dari pabrik. Meski demikian, pemasangan tempered glass tambahan tetap Laptophia anjurkan guna meminimalisir risiko layar pecah saat terjatuh.

Tombol volume rocker dan tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Xiaomi Redmi Note 12 ini. Selain itu, terdapat tray slot SIM dan microSD (triple slot) pada sisi kiri ponsel. Sisi atas ponsel Xiaomi Redmi Note 12 ini terdapat port audio 3,5mm, microphone, dan infrared port.

Sedangkan bagian belakang ponsel Xiaomi Redmi Note 12 ini terdapat tiga kamera atau triple camera, LED flash, dan logo Redmi pada bagian kiri bawah. Merek asal Tiongkok yang baru saja memperkenalkan Xiaomi Redmi A2 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Xiaomi Redmi Note 12

Software Xiaomi Redmi Note 12

Sisi perangkat lunak, Xiaomi Redmi Note 12 ini menggunakan sistem operasi Android 13 dengan balutan antarmuka MIUI 14. Berdasarkan informasi dari situs Xiaomi Security Center, Redmi Note 12 ini dijanjikan dukungan dua kali OS upgrade dan 3 tahun update keamanan. Ini berarti smartphone ini akan mendapat upgrade hingga Android 15. Cukup baik untuk sebuah smartphone dengan harga 2 jutaan.

Antarmuka MIUI 14 yang digunakan oleh Redmi Note 12 ini menawarkan perubahan jika dibandingkan dengan generasi MIUI 13, termasuk homescreen dengan widget yang lebih modern. Selain itu, MIUI 14 menawarkan optimasi sistem agar menginsumsi lebih sedikit storage atau media penyimpanan. Tampilan antarmukanya cukup rapi dan menarik, serta terdiri dari Lock Screen, Homescreen, tanpa kehadiran app drawer.

Selain itu, MIUI 14 yang digunakan oleh Xiaomi Redmi Note 12 hadir dengan opsi kostumisasi yang sangat lengkap dan memungkinkan pengguna mengatur semua elemen visual yang ada seperti theme, wallpaper, widget, font, animasi, dan sebagainya. Theme dan wallpaper juga tersedia gratis untuk di-download melalui aplikasi Themes.

Software Xiaomi Redmi Note 12


Fitur yang diusung oleh MIUI 14 di smartphone Xiaomi Redmi Note 12 antara lain Mi Remote, Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, one handed mode, barcode scanner, Document scanner, Screen Recorder, NFC, Always On Display, Enterprise mode, Lite mode, Quick Ball menu, Mi Mover, Reading Mode, Video Toolbox, screen gesture, Ultra Battery Saver, App Lock, dark mode, Game Turbo, Blocklist, App Vault, Hide Apps, Digital Wellbeing & parental control, dan banyak lagi.

Aplikasi bawaan dan bloatware di Xiaomi Redmi Note 12 ini bisa dikatakan cukup banyak, yakni Google Apps, aplikasi proprietary Xiaomi, GetApps, Amazon Shopping, Facebook, LinkedIn, NovelToon, Prime Video, Shopee, Lazada, Helo, Snack Video, Netflix, Spotify, Tiket.com, Twitter, WPS Office, dan Booking.com. Tak hanya itu, bloatware di Redmi Note 12 ini masih ditambah game seperti Crazy Juicer, Bubble Shooter With Friends, Dust Settle, Jewels Blast, dan Tile Fun. 

Sebenarnya MIUI 14 di Redmi Note 12 ini menawarkan tampilan yang user friendly, fitur yang lengkap, dan customizable. Xiaomi juga memberikan dukungan update yang cukup panjang. Minusnya adalah performanya masih kurang gegas, menampilkan iklan di beberapa aplikasi bawaan yang dirasa cukup mengganggu, dan bloatware yang cukup banyak. 

Performa Xiaomi Redmi Note 12

Performa Xiaomi Redmi Note 12

Saat Laptophia mengulas Redmi Note 11 tahun lalu, performanya memang terbilang pas-pasan dan terasa kurang gegas. Xiaomi tampaknya cukup tanggap dengan masalah performa ini dan memutuskan untuk melakukan upgrade di Redmi Note 12 dengan menggunakan SoC baru, yakni Qualcomm Snapdragon 685. Kenyataannya, Snapdragon 685 adalah versi overclock dari Snapdragon 680 yang digunakan pendahulunya.

Jadi, Xiaomi Redmi Note 12 ini ditenagai SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,8GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB, 6GB atau 8GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 610. Unit yang Laptophia ulas adalah varian dengan RAM 4GB. 

Qualcomm melalui situs resminya mengklaim bahwa Snapdragon 685 ini menawarkan peningkatan hingga 15% performa CPU dan 10% performa GPU dibandingkan Snapdragon 680. Tak hanya itu, chipset ini juga sudah mendukung layar dengan refresh rate tinggi, yakni hingga 120Hz. Lalu apakah klaim ini benar?

Laptophia mencoba membuktikan klaim Qualcomm dengan melakukan benchmark Redmi Note 12 dengan aplikasi benchmark sintetis populer, hasilnya? Hampir semua benchmark menunjukkan bahwa Xiaomi Redmi Note 12 mampu menghasilkan skor yang lebih tinggi, baik untuk prosesor (CPU) maupun grafis (GPU). Peningkatannya memang tak jauh dari klaim Qualcomm.

Selama dua minggu proses review, Laptophia menggunakan smartphone Redmi Note 12 ini untuk komunikasi sehari-hari, sosial media, editing foto ringan menggunakan Snapseed atau Canva, editing video menggunakan CapCut, dan streaming, hasilnya? Masih terasa kurang gegas dan kadang ada lag. Jika dibandingkan dengan Poco M5 atau Infinix Note 12 2023 yang baru saja Laptophia ulas, Redmi Note 12 ini terasa kalah responsif.

Baca juga:Review Realme 10 Pro 5G: Layar 120Hz Nyaris Bezelless, Fitur Lengkap

Apakah Xiaomi Redmi Note 12 bisa untuk bermain game? Dengan dukungan Snapdragon 685, jelas Redmi Note 12 ini sanggup memainkan aneka game populer tanpa masalah seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Mobile Legends, League of Legends: Wild Rift, dan sebagainya. Sedangkan game berat seperti Genshin Impact, masih bisa dimainkan dengan setting Low. Tentunya, Anda harus bersiap dengan frame drop saat memainkan game besutan HoYoverse ini.

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
Device Info HW

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
AnTuTu v10

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
Geekbench 6

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
PCMark

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
Basemark OS II

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
Androbench

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
3DMark

Benchmark Xiaomi Redmi Note 12
Sensorbox for Android & Multitouch Tester


Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Sektor fotografi pada review Xiaomi Redmi Note 12 kali ini tidak mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Redmi Note 12 ini dipersenjatai dengan tiga kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama Redmi Note 12 yang berkekuatan 50MP ini masih menggunakan sensor 'sejuta umat' Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor OmniVision OV08D 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 13mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro.

Xiaomi Redmi Note 12 ini dibekali dukungan sebuah kamera depan dengan resolusi 13 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3L6 1/3.1 inci 1.12um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.4 fixed focus dan diperkuat fitur AI Portrait Selfie untuk foto selfie dan video call. Sayangnya, baik kamera depan maupun kamera belakang hanya dapat merekam video 1080p @30fps saja, tidak ada opsi perekaman 4K atau 1080p @60fps.

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Tampilan aplikasi kamera pada review Xiaomi Redmi Note 12 ini relatif sama dengan smartphone Xiaomi atau POCO lainnya. Aplikasi kameranya mudah dimengerti dan digunakan dengan dominasi viewfinder yangdipadukan dengan menu Rolodex untuk memilih mode. Pengguna dapat mengatur mode yang sering digunakan agar tampil di menu utama. Pada viewfinder-nya terdapat tombol untuk memilih lensa, yakni 0.6x (ultra wide angle), 1x (wide), dan 2x (digital zoom).

Beberapa mode yang tersedia di kamera smartphone layar AMOLED 120Hz termurah Xiaomi Redmi Note 12 ini antara lain Slow Motion (hingga 720p @120fps), Short Video, Video, Photo, 50MP, Portrait, Night, Panorama, Document, Time-lapse, dan Pro. Hal yang menarik adalah mode manual atau mode Pro tersedia di kamera Redmi Note 12 dan memungkinkan pengguna mengatur white balance, fokus, ISO (hingga 6400), dan shutter speed hingga maksimal 30 detik.

Review Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Lalu sebagus apa hasi jepretan kamera smartphone Xiaomi Redmi Note 12 ini? Saat kondisi siang hari dengan cahaya yang melimpah, kamera utama Redmi Note 12 mampu menghasilkan foto yang cukup memuaskan di segmennya. Foto yang dihasilkan mampu memberikan tingkat detail yang memadai, saturasi warna yang cenderung natural, dan kontrasnya pas. 

Dynamic range secara default juga sudah cukup wide, tetapi Laptophia harus mengaktifkan HDR secara manual. Bagi yang menginginkan saturasi warna lebih berani atau punchy, dapat mengaktifkan fitur AI. Sayangnya, beberapa foto Redmi Note 12 masih menampilkan luminance noise ketika di zoom. Beberapa foto langit terlihat agak grainy saat di-zoom. Mungkin ini bisa diperbaiki agar hasil foto lebih baik.

Sedangkan mode portrait yang disediakan Xiaomi Redmi Note 12 ini cukup memuaskan. Separasi antara subyek dengan background memang kadang kurang rapi kalau di-zoom, tetapi efek bokehnya terlihat alami. Kecepatan fokus kamera utama Xiaomi Redmi Note 12 cukup gegas dan akurat, sehingga foto macro yang dihasilkan bagus dengan level detail yang baik menurut Laptophia. Ini cocok bagi mereka yang suka memotret macro.

Performa kamera Xiaomi Redmi Note 12 saat kondisi low-light atau malam hari kurang memuaskan menurut Laptophia. Bahkan Poco M5 yang harganya lebih terjangkau atau Redmi Note 11 yang tak lain pendahulunya, performa kamera saat malam hari masih lebih baik. 

Performa autofokusnya mengalami penurunan yang cukup signifikan, sehingga tangan harus steady agar foto tidak blur. Selain itu, foto yang dihasilkan tampak mengalami penurunan detail yang signifikan dan beberapa tampak seperti lukisan cat air. Tak hanya itu, kemampuan kamera dan lensa untuk menangani sumber cahaya atau lampu juga kurang oke, karena cahaya tampak melebar kemana-mana atau blown-out.

Bagaimana dengan mode night di Redmi Note 12? Jujur saja, Laptoohia agak kecewa dengan mode Night di Redmi Note 12 karena performanya tidak sebagus pendahulunya. Ketika mode Night aktif, foto hanya bertambah teraing tanpa ada peningkatan detail yang signifikan. Untungnya, LED flash bawaan smartphone ini cukup terang dan membantu saat kondisi low-light.

Sedangkan untuk kamera ultra wide angle pada review Xiaomi Redmi Note 12 kali ini juga kurang memuaskan harapan tim Laptophia. Saat kondisi cahaya melimpah atau siang hari, menghasilkan foto dengan karakter warna agak warm, tetapi mendekati natural. 

Sayangnya, detail yang dihasilkan kamera ultra-wide angle ini memang terbilang kurang dan membuat karakter foto secara umum jadi soft. Saat malam hari, kamera ultra wide angle ini juga tidak bisa diandalkan karena detail yang dihasilkan sangat kurang dan tidak menyediakan night mode.

Baca juga:Review Itel S23, Rajanya Smartphone Murah Sejutaan?

Spesifikasi kamera depan Redmi Note 12 ini masih sama seperti pendahulunya dan bisa dikatakan cukup standar performanya dengan karakter foto agak soft, tetapi detailnya masih cukup memadai. Tone warna yang yang dihasilkan kadang agak pudar, tetapi dynamic range-nya lumayan oke. Mode portrait yang dihasilkan kamera depan cukup rapi. Namun, performa saat malam hari kurang bisa diandalkan.

Sedangkan untuk kamera dedicated macro di Xiaomi Redmi Note 12 tidak kami tampilkan di sini karena memang performanya kurang bagus. Sejauh ini tak banyak smartphone dengan kamera dedicated macro yang bagus, sehingga kehadiran kamera tersebut Laptophia anggap sebagai 'bonus'.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Foto macro

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12
Night mode off

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12
Night mode on

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Note 12

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 12

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Note 12

Foto selfie dengan mode portrait

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Xiaomi Redmi Note 12

Review Xiaomi Redmi Note 12

Review Xiaomi Redmi Note 12


Layar

Sektor layar adalah keunggulan utama pada review Xiaomi Redmi Note 12 menurut Laptophia. Xiaomi cukup berani dengan menyematkan layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dengan resolusi full HD+ yang biasanya digunakan smartphone premoium di Redmi Note 12 yang harganya hanya 2 jutaan. Laptophia menilai layar Redmi Note 12 ini salah satu yang terbaik di kelasnya dengan kedalaman warna DCI-P3.

Layar Xiaomi Redmi Note 12 ini mampu menghasilkan gambar yang tajam, warna yang hidup, dan sangat smooth dengan refresh rate tinggi. Sayangnya, Redmi Note 12 tidak menyediakan fitur adaptive refresh rate, sehingga kita hanya bisa memilih refresh rate standar 60Hz atau 120Hz. respon touchscreen relatif gegas dan tak ada masalah saat digunakan untuk bermain game.

Hal yang menarik dari layar Xiaomi Redmi Note 12 ini adalah mampu menghasilkan kecerahan hingga 1200 nites (peak)! Artinya, layarnya sangat terang dan andal meski digunakan di luar ruangan atau di bawah terik matahari. Layar smartphone ini flat dengan proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass 3.

Audio

Sayangnya, speaker stereo yang sering menjadi andalan sejak Redmi Note 10 harus absen di Redmi Note 12 ini karena Xiaomi memilih hanya membekalinya dengan sebuah speaker mono yang terletak di bawah ponsel. Suara yang dihasilkan spealer Xiaomi Redmi Note 12 ini tidak terlalu nyaring dan kualitasnya cukup baik, tidak cempreng.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Pad: Tablet Kencang untuk Kerja dan Hiburan

Guna mendapatkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih baik, Laptophia menggunakan headset melalui port audio 3,5mm, hasilnya? Redmi Note 12 ini mampu menghasilkan kualitas suara yang cukup solid dan balance. Juga disediakan opsi pengaturan equalizer untuk menyesuaikan karakter musik sesuai selera.

Memori

Smartphone layar AMOLED 120Hz termurah Xiaomi Redmi Note 12 varian 4GB/128GB yang Laptophia ulas kali ini menyisakan memori internal sekitar 107,31GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,5GB – 1,7GB. Smartphone dengan desain stylish ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Salah satu kelebihan dari reveiw Xiaomi Redmi Note 12 menurut Laptophia adalah daya tahan baterainya. Selama kurang lebih dua minggu menggunakan Redmi Note 12 sebagai perangkat kedua, daya tahan baterainya bisa mencapi 1,5 hari untuk penggunaan ringan. Bahkan saat penggunaan intensif non gaming, Xiaomi Redmi Note 12 masih bisa berhana seharian penuh.

Kapasitas baterai yang mencapai 5000mAh dipadukan dengan Snapdragon 685 yang terkenal hemat energi membuat daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 12 mumpuni. Pengisian daya baterai Xiaomi Redmi Note 12 terbilang cepat dengan dukungan fast charge 33W dan charger 33W pun sudah tersedia dalam paket pembeliannya. Hanya butuh satu jam lebih 10 menit untuk mengisi baterai dari 5% hingga penuh.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Redmi Note 12 merupakan salah satu smartphone yang menarik di segmen Rp 2 jutaan dengan dukungan layar AMOLED 120Hz terbaik di kelasnya, fitur lengkap, dan baterai yang awet. Kemampuan kameranya memang tidak istimewa, tetapi hadir dengan setup lengkap dengan kamera ultra-wide dan performa yang memadai.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 12 adalah hanya dibekali dengan speaker mono dan MIUI 14 yang diusungnya masih menampilkan iklan. Redmi Note 12 tetaplah lawan tangguh bagi pesaing terdekatnya seperti Infinix Note 12 2023, Samsung Galaxy A24, dan bahkan yang lebih mahal seperti Oppo Reno 8T. Xiaomi Redmi Note 12 layak dipertimbangkan bagi pembaca yang membutuhkan smartphone andal dengan harga Rp 2 jutaan.

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 12

  • Layar AMOLED 120Hz terbaik di kelasnya
  • Daya tahan baterai awet
  • Fitur lengkap (IR Blaster, NFC, dll)
  • Harga bersaing

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 12

  • MIUI 14 masih menampilkan iklan
  • Speaker masih mono
  • Performa kurang gegas

Harga Xiaomi Redmi Note 12

Harga smartphone Xiaomi Redmi Note 12 RAM 4GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.599.000, Rp 2.799.000 untuk varian RAM 6GB ROM 128GB, dan Rp 2.999.000 untuk varian RAM 8GB ROM 128GB. Berdasarkan review Xiaomi Redmi Note 12 yang telah Laptophia lakukan, smartphone dengan layar AMOLED 120Hz termurah ini tidak mengecewakan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Xiaomi Redmi Note 12 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka MIUI 14
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 685 SM6225 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari quad-core Kryo 265 Gold 2,8GHz dan quad-core Kryo 265 Silver 1,9GHz
  • Grafis Adreno 610
  • Triple kamera dengan kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus dengan dilengkapi LED flash + 8 megapiksel sensor OmniVision OV08D 1/4 inci lensa 13mm ultra wide-angle aperture f/2.2 + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (macro)
  • Kamera depan 13 megapiksel, sensor Samsung S5K3L6 1/3 inci 1.12um piksel, lensa 29mm aperture f/2.5, fixed focus
  • Layar sentuh Dot Display 6,67 inci 2.5D, aspek rasio 20:9 dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 pixels, kerapatan 395 ppi (pixel per inch), refresh rate 120Hz, 100% DCI-P3 color gamut, 700 nits, 16 juta warna, panel E2 Pro AMOLED, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 4GB, 6GB atau 8GB LPDDR4X, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD max 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, IR Blaster, NFC, Dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), face unlock
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 165.7 x 76 x 7.9 mm dengan berat 183.5 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, Fast Charging 33W
  • Warna Onyx Gray, Mint Green, dan Ice Blue
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Realme GT Neo 3 80W: Smartphone Serba Kencang Berdesain Racing
6 komentar

6 komentar

  • Niken
    Niken
    17 Oktober 2023 pukul 08.56
    Lah ini sama kayak hape yang kupakai 😁
    • Niken
      Ditya Pandu
      2 November 2023 pukul 23.07
      Puas kan sama performanya? Ada keluhan ndak?
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    4 Juli 2023 pukul 18.18
    Cakep ini desainnya... Tapi lemot masak
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      12 Juli 2023 pukul 10.22
      ya kalau pemakaian sehari2 nggak lemot2 amat sih. Masih aman
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    1 Juli 2023 pukul 09.34
    Makin cakep aja desainnya daripada redmi note 11 masih melengkung hehhee... Tapi nggak tambah kenceng nih?
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      4 Juli 2023 pukul 09.47
      kalau desainnya sih elegan Redmi Note 12 ini, berasa lebih mahal gitu... Performa masih sama rasanya, meski angka benchmark-nya beda :D
    Reply