eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Xiaomi Redmi Pad: Tablet Kencang untuk Kerja dan Hiburan

Review Xiaomi Redmi Pad: Tablet Kencang untuk Kerja dan Hiburan - Pasar tablet tanah air tampaknya kembali menggeliat. hal ini disambut oleh para produsen dengan merilis tablet baru yang dirancang untuk bekerja, belajarm dan juga hiburan. Salah satu tablet yang menarik perhatian Laptophia adalah Xiaomi Redmi Pad yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada November 2022. Tablet Redmi Pad dirancang untuk all-rounder dengan "All in one pad, pad for fun" yang dibalut desain minimalis dipadukan casing berbahan metal unibody yang terasa mewah.

Hal yang menarik dari tablet Xiaomi Redmi Pad ini adalah spesifikasi layarnya yang mengusung panel IPS dengan resolusi 2K yang tajam dan menggunakan refresh rate 90Hz. Kinerja tablet andalan Xiaomi ini dipastikan sanggup menangani aneka kebutuhan kerja dan hiburan saat ini dengan dukungan SoC MediaTek Helio G99 octa-core terbaru ditandemkan RAM 6GB. Tim Laptophia sendiri sudah menjajal tablet ini selama kurang lebih satu bulan. Lalu sehebat apa tablet andalan Xiaomi ini? Simak review Xiaomi Redmi Pad oleh tim Laptophia kali ini!  

Review Xiaomi Redmi Pad: Tablet Kencang untuk Kerja dan Hiburan


Paket Pembelian Xiaomi Redmi Pad

Paket Pembelian Xiaomi Redmi Pad

  • Unit Xiaomi Redmi Pad 6GB/128GB Graphite Gray
  • Kepala charger 22,5W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Xiaomi Redmi Pad

Desain Xiaomi Redmi Pad

Desain Xiaomi Redmi Pad

Tablet Xiaomi Redmi Pad ini tampil dengan desain yang menawan dengan konsep minimalis, tetapi terkesan cukup mewah. Hal ini terlihat dari sisi belakang yang memang sangat minimalis dan tidak banyak ornamen, hanya terdapat housing kamera yang agak menonjol. Dekorasi housing kameranya pun mengusung tonjolan bertingkat yang elegan dengan warna hitam. Sementara casing belakangnya menggunakan finshing sandblasting yang tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Sementara pada bagian depan, tablet Xiaomi Redmi Pad mengusung layar dengan bezel yang cukup tipis. Tentunya tablet tidak membutuhkan bezel yang terlalu tipis guna memudahkan pengguna memegang atau menggunakannya. Xiaomi menggunakan material metal unibody yang dipadukan dengan frame flat yang membuatnya kian modern. Sudutnya sedikit rounded, sehingga tidak terasa tajam saat memegangnya.

Build quality tablet Xiaomi Redmi Pad layak mendapat acungan jempol menurut tim Laptophia karena tak hanya terasa mewah dan premium, tetapi juga solid dan kuat. Meski demikian, ternyata casing belakang Redmi pad ini mudah tergores. Ukuran tablet Xiaomi Redmi Pad ini tak jauh berbeda dengan tablet 10 inci lainnya dengan bobot 465 gram, sehingga cukup untuk menunjang mobilitas penggunanya.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro: Stylish dengan Layar AMOLED 120Hz dan Fast Charge Ngebut

Desain Xiaomi Redmi Pad

Desain Xiaomi Redmi Pad

Desain Xiaomi Redmi Pad

Desain Xiaomi Redmi Pad

Pada review Xiaomi Redmi Pad oleh Laptophia kali ini, sisi depan tablet terdapat lubang kamera depan, ambient light sensor, layar IPS 2K berukuran 10,6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Xiaomi Redmi Pad besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button atau screen gestuire sesuai kebutuhan.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Xiaomi Redmi Pad dan tidak dibekali screenguard dalam paket pembelian. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass agar layar tablet tidak mudah tergores atau pecah karena terjatuh.

Slot microSD, microphone, dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan tablet Xiaomi Redmi Pad ini. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat port maupun tombol apapun. Sisi atas tablet berdesain mewah bertenaga MediaTek Helio G99 Xiaomi Redmi Pad ini terdapat speaker grill, logo Dolby Atmos, dan tombol Power.

Sedangkan bagian belakang tablet Xiaomi Redmi Pad ini terdapat kamera dan logo Redmi. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan smartphone Xiaomi 12T ini menempatkan port USB Type-C dan speaker grill di sisi bawah tablet.

Software Xiaomi Redmi Pad

Software Xiaomi Redmi Pad

Tablet Xiaomi Redmi Pad ini hadir dengan sistem operasi Android 12 yang dibalut dengan antarmuka MIUI 13 yang telah dioptimasi untuk tablet dan penggunaan secara landscape. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Xiaomi menjanjikan dukungan update keamanan selama 3 tahun dan upgrade OS Android selama 2 tahun (2 versi OS). Ini artinya, Xiaomi Redmi Pad akan mendapat upgrade hingga Android 14 di masa mendatang.

Tampilan antarmuka MIUI 13 yang digunakan pada review Xiaomi Redmi Pad ini tak jauh berbeda dengan MIUI di smartphone yang hadir dengan desain rapi dan menarik. MIUI 13 memang mengedepankan kesederhanaan dan ini terluhat dari menunya yang hanya terdiri dari Lock Screen dan Homescreen, tanpa kehadiran app drawer. Sedangkan app drawer tersedia dan dapat diaktifkan jika pengguna menginginkan. 

Perbedaan yang cukup mencolok antyara MIUI 13 untuk tablet Xiaomi Redmi Pad dengan MIUI 13 di smartphone adalah hadirnya dock yang berada di sisi bawah layar. Dock ini memiliki fungsi yang mirip dengan Dock di sistem operasi Apple MacOS yang menampilkan shortcut aplikasi dan juga aplikasi yang sedang berjalan. Opsi kostumisasi lengkap, pengguna dapat mengganti theme, wallpaper, widget, font, animasi, dan sebagainya.

Software Xiaomi Redmi Pad


Fitur yang diusung oleh MIUI 13 di tablet Redmi Pad ini tak jauh berbeda dengan smartphone Xiaomi  antara lain Floating Window, Child Mode, Do Not Disturb, Security, barcode scanner, Document scanner, Mi Share, Enterprise mode, Reading Mode, Video Toolbox, screen gesture, Battery Saver, Dual Apps, App lock, Memory Extension, dark mode, Game Turbo, Digital Wellbeing & parental control, Second Space, dan banyak lagi.

Baca juga:Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite: Tablet 4G LTE Murah, Cocok untuk Anak

Software Xiaomi Redmi Pad

Selama sebulan menggunakan tablet Xiaomi Redmi Pad untuk bekerja dan hiburan, Laptophia merasa puas dengan performa dan fitur yang ditawarkan oleh MIUI 13 ini. Banyak fitur berguna yang diintegrasikan di dalamnya seperti split screen atau floating window. Hal yang mengejutkan adalah MIUI 13 di tablet Redmi Pad tidak menampilkan iklan yang mengganggu.

Secara umum, tablet Xiaomi Redmi Pad dengan antarmuka MIUI 13 ini menawarkan pengalaman penggunaan yang nyaman dan responsif. Fitur yang disediakan lengkap dan bebas iklan. Tak hanya itu, komitmen update selama dua tahun untuk sistem operasi dan 3 tahun untuk keamanan layak mendapat acungan jempol. 

Performa Xiaomi Redmi Pad

Performa Xiaomi Redmi Pad

Performa kencang adalah salah satu keunggulan review Xiaomi Redmi Pad menurut tim Laptophia kali ini. Tablet yang cocok untuk kerja dan hiburan ini diperkuat oleh dapur pacu dari SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan teknologi 6nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 6GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

SoC MediaTek Helio G99 yang digunakan oleh Redmi Pad ini tak hanya sekadar versi 'overclock' dari Helio G96, tetapi juga menggunakan teknologi fabrikasi yang lebih canggih dan kecil, yakni 6nm saja. Hal ini membuat Helio G99 dapat memberikan kinerja yang berkelanjutan lebih tinggi dan konsumsi daya efisien daripada pendahulunya.

Selama hampir sebulan penuh menggunakan tablet Xiaomi Redmi Pad ini, tim Laptophia merasakan kinerja yang nyaman dan cukup responsif. penggunaan sehari-hari seperti membaca e-book, browsing, streaming, sosial media, dan edit video ringan berjalan dengan smooth di tablet Redmi Pad ini tanpa terasa lag. Bahkan saat menjalankan multitasking dan split screen, tablet andalan Xiaomi ini masih sangat nyaman dan tidak menunjukkan penurunan kinerja.

Bagaimana performa tablet Xiaomi Redmi Pad ini untuk memainkan game? Mungkin kinerja secara umum tidak akan memenuhi ekspektasi hardcore gamer. Namun, tablet ini sudah leih dari cukup untuk gaming kasual. Game seperti COD Mobile dan PUBG Mobile dapat dimainkan dengan lancar di Redmi Pad. Bahkan, Xiaomi Redmi Pad mampu memainkan game Genshin Impact dengan setting grafis Low dengan frame rate yang cukup stabil.

Lalu sekelas apa SoC MediaTek Helio G99 yang digunakan oleh tablet Xiaomi Redmi Pad ini? Berdasarkan hasil benchmark sintetis yang telah dilakukan oleh tim Laptophia, kinerja Helio G99 yang digunakan Redmi Pad ini jauh lebih kencang dari Helio G96 dan bahkan mendekati Snapdragon 695. Penasaran? Berikut hasil benchmark Xiaomi Redmi Pad. 

Baca juga:Review Xiaomi Redmi 10C: Smartphone Murah, Tapi Kencang!

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Benchmark Xiaomi Redmi Pad

Review Kamera Xiaomi Redmi Pad

Review Kamera Xiaomi Redmi Pad

Kamera memang bukan sektor yang diunggulkan untuk perangkat tablet. Kehadiran kamera biasanya hanya untuk 'pelengkap' agar dapat digunakan untuk video call atau online meeting. Tablet Xiaomi Redmi Pad sendiri dipersenjatai dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC08A3 1/4 inci 1.12um piksel yang ditandemkan lensa 26mm f/2.0, serta diperkuat fitur autofokus. 

Tablet Xiaomi Redmi Pad relatif memadai untuk keperluan video call atau online meering dengan sebuah kamera depan dengan resolusi 8 megapiksel dengan sensor SK Hynix Hi-846 1/4 inci 1.12um piksel dipadukan dengan lensa aperture f/2.3 fixed focus. Baik kamera depan maupun belakang tablet andalan Xiaomi ini dapat merekam video dengan resolusi full HD 1080p @30fps.

Review Kamera Xiaomi Redmi Pad

Tablet Xiaomi Redmi Pad menggunakan aplikasi kamera yang mirip dengan smartphone Xiaomi atau Poco, hanya saja fitur yang diusungnya terbatas. Laptophia dapat mengakses pengaturan HDR, AI, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada sisi kanan. Kamera Xiaomi Redmi Pad ini tidak dibekali dengan opsi untuk zoom, tetapi pengguna tetap dapat melakukan zooming dengan cara pinch-to-zoom.

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri melalui menu rolodex sebelah kiri. Beberapa mode yang disediakan antara lain Documents, Video, Photo, Night, dan Short Video. Kamera tablet Redmi Pad ini juga menyediakan beberapa fitur lain seperti watermark, tilt-shift, movie frame, gridlines, dan sebagainya. 

Xiaomi Redmi Pad

Lalu sehebat apa kemampuan kamera tablet Xiaomi Redmi Pad ini? Foto yang dihasilkan tablet andalan Xiaomi ini saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah cukup baik karena mampu memberikan detail yang cukup, tajam, dan warna yang cenderung natural. Dynamic range secara default memang kurang wide, tetapi masalah ini dapat diatasi dengan mengaktifkan fitur HDR.

Performa autofokus kamera tablet Xiaomi Redmi Pad ini termasuk lumayan, tetapi kadang fokus perlu diarahkan ketika memotret obyek yang kecil atau macro. Fokusnya sendiri cukup konsisten dan akurat, sehingga mampu menghasilkan foto macro yang baik.

Sayangnya, saat malam hari kamera tablet Xiaomi Redmi Pad ini tak bisa berbuat banyak. Foto yang dihasilkan gelap, detail merosot tajam, dan noise pun cukup mengganggu. Untungnya Xiaomi menyediakan mode Night yang performanya cukup baik untuk meningkatkan kualitas foto saat kondisi low-light. 

Baca juga:Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Sedangkan kamera depan tablet Xiaomi Redmi Pad ini mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang cukup memadai untuk dibagikan di sosial media. Warna yang dihasilkan cenderung natural, tetapi tone warna kulit menjadi sedikit agak gelap dari aslinya. 

Secara umum, kemampuan kamera tablet Xiaomi Redmi Pad ini sudah cukup baik dan memadai untuk sekadar mengabadikan momen dan komunikasi seperti video call atau online meeting. Setidaknya, keberadaan kamera depan dan belakang dapat membantu mendongkrak produktivitas penggunanya.

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Pad

Hasil Foto Kamera Depan Xiaomi Redmi Pad


Review Xiaomi Redmi Pad

Review Xiaomi Redmi Pad


Layar

Tablet Xiaomi Redmi Pad ini dipersenjatai dengan layar sentuh berukuran 10,61 inci dengan panel IPS resolusi 2K dan sudah menggunakan refresh rate 90Hz. Kualitas layar tablet ini terbilang baik di kelasnya dengan warna yang vibrant, tajam, viewing angle luas, dan terlihat cukup padat. Performa touchscreen-nya responsif, sehingga nyaman untuk navigasi atau bermain game.

Refresh rate yang mencapai 90Hz membuat pengalaman scrolling dan multimedia terasa lebih smooth dan nyaman di mata. Namun permukaan layar tablet Xiaomi Redmi Pad ini cukup reflektif, sehingga kadang agak silau karena pantulan cahaya ketika di tempat yang terlalu terang atau membelakangi sumber cahaya. Masalah ini dapat diatasi dengan memasang screenguard anto-glare.

Audio

Kemampuan audio yang mumpuni menjadi salah satu daya tarik dari review Xiaomi Redmi Pad menurut tim Laptophia kali ini. Tablet ini dipersenjatai dengan empat buah speaker stereo masing-masing dua buah pada sisi kanan dan kirinya saat tablet dalam posisi landscape. Keempat speaker Xiaomi Redmi Pad ini mampu memberikan kualitas suara yang jernih dan bertenaga, serta menghasilkan efek stereo yang imersif.

Laptophia sangat menikmati pengelaman menonton film atau mendengarkan musik melalui tablet Redmi Pad karena karakter suaranya yang detail dan bertenaga. Bass memang cukup terdengar, tetapi tidak terlalu signifikan. Tak hanya itu, Xiaomi Redmi Pad juga dibekali dengan Dolby Atmos untuk kostumisasi dan meningkatkan kualutas suara secara umum.

Memori

Xiaomi Redmi Pad

Tablet menengah andalan Xiaomi  ini hanya tersedia satu varian saja, yakni 6GB/128GB. Sedangkan unit yang Laptophia ulas menyisakan memori internal sekitar 108,22GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2,5 - 2,7 GB. Tablet Xiaomi Redmi Pad ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Salah satu kelebihan pada review Xiaomi Redmi Pad kali ini menurut Laptophia adalah daya tahan baterainya yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya. Tablet andalan Xiaomi ini dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar jika dibandingkan pesaingnya, yakni 8000mAh. Laptophia menggunakan tablet Redmi Pad untuk penggunaan ringan seperti browsing, membaca ebook, streaming film, mendengarkan musik, dan sosial media mampu bertahan hingga hampir 2 hari dengan screen on time (SoT) rata-rata di atas 9 jam.

Tablet Xiaomi Redmi Pad ini dibekali dengan charger dengan daya 22,5W dalam paket pembeliannya, tetapi tabletnya sendiri hanya mendukung fast charge 18W saja. Butuh waktu hampir 2 jam 20 menit untuk mengisi daya baterai tablet ini dari angka 8% hingga penuh. Akan lebih menarik jika tablet ini didukung fitur fast charge yang lebih cepat lagi.

Kesimpulan

Secara umum, Laptophia menilai Xiaomi Redmi Pad menjadi salah satu tablet terbaik untuk harga 3 jutaan. Tablet andalan Xiaomi ini cocok untuk hiburan dengan dukungan layar 2K 90Hz yang imersif dan quad speaker yang berkualitas dan cocok pula untuk kerja dengan kinerja tinggi dari SoC MediaTek Helio G99 dengan daya tahan baterai andal.

Hal yang unik dari Xiaomi Redmi Pad adalah hadir dengan MIUI yang dioptimasi untuk tablet dan sejauh ini bebas iklan. Sayangnya, Xiaomi Redmi Pad ini memiliki sejumlah keterbatasan seperti ketersediaan aksesoris resmi, absennya port audio, koneksi seluler, dan GPS. Meski demikian, Xiaomi Redmi Pad adalah salah satu tablet yang sangat layak dipertimbangkan di kelasnya untuk hiburan maupun kerja.

Kelebihan Xiaomi Redmi Pad

  • Desain elegan dengan build quality solid
  • Performa kompeten dengan MediaTek Helio G99
  • Quad speaker yang berkualitas
  • Baterai irit dan tahan lama
  • MIUI kaya fitur dan bebas iklan
  • Harga kompetitif

Kekurangan Xiaomi Redmi Pad

  • Tidak dilengkapi port audio 3,5mm
  • Tidak dilengkapi GPS
  • Tidak mendukung koneksi seluler/4G LTE
  • Belum tersedia aksesoris resmi (sleeve, stylus pen, keyboard, dll)

Harga Xiaomi Redmi Pad

Harga tablet Xiaomi Redmi Pad terbaru di Indonesia berdasarkan informasi resmi yang Laptophia terima adalah Rp 3.499.000. Berdasarkan hasil review Xiaomi Redmi Pad oleh tim Laptophia di atas, tablet ini sangat layak dipertimbangkan di kelasnya dengan fitur yang lengkap dan performa kompeten.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru tablet Xiaomi Redmi Pad di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Xiaomi Redmi Pad

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka MIUI 13
  • Chipset MediaTek Helio G99 MT8781 (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Satu kamera belakang 8 megapiksel dengan sensor GalaxyCore GC08A3 1/4 inci 1.12um piksel lensa 26mm f/2.0, autofocus
  • Kamera depan 8 megapiksel, sensor SK Hynix Hi-846 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.3, fixed focus
  • Layar sentuh 10,6 inci aspek rasio 5:3 dengan resolusi 2K 2000 x 1200 piksel, kerapatan 220 ppi (pixel per inch), 400 nits, 90Hz refresh rate, 1 miliar warna, panel IPS
  • Memori RAM 6GB LPDDR4X, ROM 128GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD hingga maksimal 1TB
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, face unlock
  • Quad stereo speaker dengan Hi-Res Audio, Dolby Atmos
  • Dimensi 250.5 x 158.1 x 7.1 mm dengan berat 465 gram
  • Baterai 8000mAh non-removable, Fast Charging 18W, charger 22,5W
  • Warna Graphite Gray, Moonlight Silver, dan Mint Green
Anda mungkin suka:Review Asus ExpertBook B3000DQ1A, Ringkas dan Baterai Awet Bertenaga Snapdragon 7c Gen 2
4 komentar

4 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    1 Juli 2023 pukul 09.44
    Mayan ini buat nonton netflix sama baca ebook... Kayaknya mewah gitu ya feelnya tablet ini
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      4 Juli 2023 pukul 09.56
      Tepat, saya pakai tablet Redmi Pad ini juga buat nonton sama hiburan doang. Berasa mahal karena bodinya metal semua hehehe
    Reply
  • Kokoh Hendra Liem
    Kokoh Hendra Liem
    30 Januari 2023 pukul 04.04
    Sedang mencari ipad untuk membuat konten yang kapasitas penyimpanannya super besar dan mudah dibawa-bawa bagusnya pakai apa yah bang?
    • Kokoh Hendra Liem
      Ditya Pandu
      1 Februari 2023 pukul 21.10
      Budgetnya berapa Bang? kalau 3 jutaan sih mending Xiaomi Redmi pad ini... :D
    Reply