eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya - Anker dengan subbrand Soundcore telah menghadrikan aneka produk speaker bluetooth dengan kualitas suara yang mantap dengan harga yang kompetitif. Salah satu speaker terbaiknya menurut Laptophia adalah Anker Soundcore Motion Plus. Speaker ini bukanlah produk baru karena Anker pertama kali meluncurkan Soundcore Motion Plus 2019 silam. Meski bukan produk terbaru, tetapi kualitas suara speaker ini terbilang istimewa dan masih menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

Speaker bluetooth Anker Soundcore Motion Plus ini tampil dengan desain yang unik dan dipadukan dengan spesifikasi yang tak main-main. Tak kurang dari empat buah driver yang terdiri dari dua buah tweeter dan dua buah woofer dengan daya total 30W menjadi andalan speaker besutan Anker ini. Tak hanya itu, Anker Soundcore Motion Plus juga dibekali dengan fitur yang lengkap seperti kemampuan tahan air dengan rating IPX7, sertifikasi Hi Res audio, dukungan codec aptX, dan banyak lagi. Penasaran? Simak review Anker Soundcore Motion Plus oleh tim Laptophia kali ini!

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya


Paket Pembelian Anker Soundcore Motion Plus

Paket Pembelian Anker Soundcore Motion Plus

  • Unit Anker Soundcore Motion Plus
  • Kabel USB Type-C
  • Kabel AUX
  • User manual
  • Kartu garansi

Desain Anker Soundcore Motion Plus

Desain Anker Soundcore Motion Plus

Sektor desain menjadi daya tarik tersendiri pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini menurut Laptophia. Speaker andalan Anker ini tampil dengan konsep desain yang tidak biasa. Speaker ini hadir dengan bentuk unik seperti perpadukan balok dan tabung yang mana melebar pada bagian depan dan menyempit pada bagian belakang. Desain yang out of the box ini membuat speaker ini miring 15 derajat saat diletakkan dan diklaim membuat keluaran suara lebih luas dan terbuka.

Bagian depan speaker portabel Anker Soundcore Motion Plus ini didominasi oleh speaker grill yang terbuat dari bahan logam yang tebal. Sementara di dalamnya terdapat woofer yang mengkilap dan passive bass radiator dengan logo Soundcore yang keren. Sedmentara bagian belakang speaker ini juga terdapat semacam ventilasi untuk passive bass radiator dengan logo Soundcore tercetak di atasnya.

Bodi Anker Soundcore Motion Plus ini terbuat dari bahan yang kuat dan dilapisi karet atau rubberized yang membuatnya tidak terasa licin. Hanya saja, finshing seperti ini ternyata mudah kotor oleh jejak sidik jari. Build quality speaker Anker Soundcore Motion Plus ini sangat solid dan tidak terasa murahan, serta memiliki kemampuan tahan air dengan rating IPX7. Artinya, speaker ini dapat ditenggelamkan dalam air kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Baca juga:Review Anker Soundcore Select: Speaker Ringkas, Tangguh dan Bersuara Powerful

Anker Soundcore Motion Plus

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya


Pada review Anker Soundcore Motion Plus oleh tim Laptophia kali ini, sisi depan terdapat speaker grill dengan logo Soundcore yang cukup menonjol. Sementara pada bagian atas microphone, LED indikator (putih) tombol BassUp, volume minus, play/pause, volume plus, pairing Bluetooth, dan LED indikator yang kedua (biru).

Sementara pada bagian kiri speaker Anker Soundcore Motion Plus terdapat port AUX dan port USB Type-C. Sedangkan sisi kanan tidak terdapat tombol atau port apapun dan sisi belakang terdapat logo Soundcore. Sementara pada bagian bawah speaker Anker Soundcore Motion Plus terdapat tonjolan karet untuk dudukan dan informasi teknis singkat mengenai speaker tersebut.

Review Anker Soundcore Motion Plus

Review Anker Soundcore Motion Plus

Anker Soundcore Motion Plus bisa dikatakan sebagai salah satu speaker kelas flagship yang saat ini harganya sudah mulai terjangkau. Daya tarik speaker ini adalah dilengkapi dengan dukungan sertifikasi Hi Res audio yang artinya mampu memainkan musik dengan kualitas laju sampel lebih dari 44,1 kHz atau lebih tinggi dari kedalaman bit audio 16-bit. Biasanya mengacu pada laju sampel 96 kHz atau 192 kHz, menghasilkan frekuensi Nyquist 48 kHz atau lebih. 

Selain itu, pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini juga sudah mendukung codec aptX yang mampu memberikan kualitas suara yang jauh lebih baik dan delay yang lebih minimal ketimbang codec standar SBC. Kedua fitur yang dimiliki Anker Soundcore Motion Plus ini tergolong langka untuk speaker bluetooth dengan harga Rp 1 jutaan.

Baca juga:Review Anker Soundcore Ace A0, Speaker Mungil Bersuara Jernih

Kualitas Suara

Kualitas suara adalah keunggulan utama pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini me nurut Laptophia. Speaker andalan Anker ini mengusung konfigurasi yang berbeda dengan dipersenjatai 2 x 5W tweeter untuk menangani frekuensi tinggi, 2 x 10W neodymium woofer untuk menangani frekuensi menengah dan bawah, serta passive bass radiator untuk menghasilkan bass yang mendalam. Daya total speaker Anker Soundcore Motion Plus mencapai 30W dan masih didukung oleh DSP besutan AKM.

Lalu sehebat apakah kualitas suara yang dihasilkan speaker ini? Saat pertama kali menjajal Anker Soundcore Motion Plus, tim Laptophia langsung terkagum-kagum dengan tingkat clarity atau kejernihan suara yang dihasilkannya. Karakter treble-nya cenderung soft, smooth dan renyah, tetapi sangat detail dan terbuka. Saat memainkan lagu Sever The Hand milik Trivium, speaker ini mampu menghasilkan suara yang berbeda antara crash cymbal, hi-hat, ride cymbal, dan sebagainya.

Sedangkan untuk frekuensi menengah atau mid pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini juga tak kalah mengagumkan tingkat detailnya. Speaker ini mampu menyajikan suara vokal pria maupun wanita dengan sangat apik, detail, berkarakter, dan terdengar penuh. Saat memainkan lagu Six dari Chimaira, suara scream vokal terdengar bertekstur, kasar, dan gahar. Begitu juga saat memainkan lagu Supremacy oleh Tarja Turunen yang mana lengkingan nada tinggi mampu disajikan dengan dramatis.

Bagiamana dengan bass? Pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini memang suara bass tidak terlalu menonjol. Namun, speaker bluetooth andalan Anker ini mampu menghasilkan suara bass yang powerful, mendalam atau deep, dan sangat responsif. Saat memainkan lagu dengan hentakan dobel pedal drum seperti pada lagu Kirisute Gomen milik Trivium atau Nemesis milik Arch Enemy terdengar rapi, punchy, dan detail. Kuantitas bass yang dihasilkan cukup kuat jika mengaktifkan fitur BassUp.

Saat mencoba memainkan lagu dengan volume di atas 80%, karakter suara speaker Anker Soundcore Motion Plus ini sedikit berubah dari soft dan smooth menjadi sedikit crisp dan lebih tajam, tetapi tidak menusuk telinga menurut Laptophia. Saat volume hampir maksimal, suara yang dihasilkan ternyata sangat nyaring dan tidak terdengar adanya distorsi. 

Kelebihan lain yang ditawarkan pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini adalah separasi antar instrumen yang mengagumkan. Saat memainkan lagu dengan banyak instrumen, hampir semua dapat didengar dengan baik dan tidak saling menumpuk. Soundstage yang dihasilkan speaker Anker Soundcore Motion Plus cukup lega, meski tidak megah. 

Baca juga:Review Anker Soundcore Icon A3122: Portabel, Tahan Air dan Bass Kuat!

Karakter suara speaker ini masih dapat di-customize melalui aplikasi Soundcore. Dengan kemampuan dan kualitas suara yang dimiliki oleh Anker Soundcore Motion Plus, speaker ini mampu memainkan segala genre musik dengan baik. Kualitas suara yang dihasilkan oleh Anker Soundcore Motion Plus merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Soundcore App

Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini, speaker ini masih dapat dimaksimalkan lagi dengan aplikasi tambahan yakni Soundcore app yang tersedia di iOS dan Android. Tim Laptophia menjajal Soundcore app di Android dan dapat mendeteksi speaker Soundcore Motion Plus dengan baik. Melalui aplikasi ini, kita dapat mengatur equalizer sesuai selera, upgrade firmware, mengatur Auto Power Off, dan sebagainya.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker canggih Anker Soundcore Motion Plus ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Anker ini seperti Samsung Galaxy S20 FE, Xiaomi Mi Note 10 ProAsus ExpertBook P2 P245FB,dan Apple Macbook Air M1 2020 dapat terhubung dengan speaker tangguh ini tanpa masalah.

Baterai

Pada review Anker Soundcore Motion Plus kali ini, speaker dengan kualitas suara mengagumkan ini dibekali baterai berkapasitas 6700mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam penggunaan non-stop yang cocok untuk menemani mobilitas pengguna

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume rata-rata 50 - 70%, baterai mampu bertahan rata-rata lebih dari 10 jam. Sedangkan pengisian daya baterai speaker Anker Soundcore Motion Plus ini membutuhkan waktu 3 jam lebih untuk terisi penuh.

Kesimpulan

Meski bukan produk keluaran terbaru, Anker Soundcore Motion Plus masih mampu menunjukkan kelasnya sebagai salah satu speaker dengan kualitas suara terbaik di kelasnya dengan level detail dan clarity yang mengagumkan. Tak hanya itu, speaker ini memiliki daya tahan baterai yang andal, fitur lengkap, dan bodi yang tahan air.

Kekurangan speaker Anker Soundcore Motion Plus yang paling mencolok menurut Laptophia adalah bobotnya yang lumayan berat, yakni mencapai 1 kilogram. Secara umum, Anker Soundcore Motion Plus adalah speaker bluetooth portabel yang sangat layak diperimbangkan di kelas Rp 1 jutaan.

Kelebihan Anker Soundcore Motion Plus

  • Kualitas suara terbaik di kelasnya
  • Fitur lengkap
  • Mendukung aptX dan Hi-Res Audio
  • Baterai tahan lama
  • Tahan air dengan rating IPX7

Kekurangan Anker Soundcore Motion Plus

  • Berat

Harga Anker Soundcore Motion Plus

Harga speaker bluetooth Anker Soundcore Motion Plus terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini di buat adalah Rp 1.499.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore Motion Plus yang telah Laptophia lakukan, speaker ini mampu menghasilkan kualitas suara terbaik di kelasnya dengan tingkat detail yang sangat tinggi.

Anda dapat membeli speaker Anker Soundcore Motion Plus dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore Motion Plus

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 25mm x 2 tweeter + 2 x 50mm neodymium woofer + passive bass radiator
  • Dilengkapi teknologi BassUp, Qualcomm aptX, Hi Res Audio, AKM DSP
  • RMS: total 30W, 2 x 5W tweeter + 2 x 10W woofer THD=1%
  • Frequency Response: 50Hz to 40kHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Dilengkapi fitur TWS dan port AUX
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 6700mAh built-in lithium battery, hingga 12 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 257 x 79 x 81 mm
  • Berat 1.05 kilogram
  • Water resistant dengan sertifikat IPX7
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black
Anda mungkin suka:Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

2 komentar

  1. Elegan banget desainnya... Kalau dibandingin sama JBL Flip series yang harganya nggak jauh beda, pilih mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desainnya memang lain dari yang lain hehehe... Kalau dibandingkan sama JBL Flip series, saya vote Anker ini :)

      Hapus