eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Anker Soundcore Icon A3122: Portabel, Tahan Air dan Bass Kuat!

Review Anker Soundcore Icon A3122: Portabel, Tahan Air dan Bass Kuat! - Setelah sebelumnya menjajal seri Soundcore Select dan Soundcore Ace A0, kini guliran speaker Anker Soundcore Icon A3122 hadir di menja review tim Laptophia untuk diulas secara mendalam. Speaker ini mengunggulkan desain fisik yang kuat dan cocok untuk pengguna luar ruangan. Tak heran, Anker Soundcore Icon A3122 dibekali dengan kemampuan waterproof atau tahan air dengan sertifikat IP67.

Sementara untuk kualitas suara, sejauh ini tim Laptophia memang belum pernah kecewa dengan lini produk speaker Anker Soundcore. Sedangkan seri Anker Soundcore Icon A3122 dibekali spesifikasi yang cukup meyakinkan dengan sebuah driver unik yang berbentuk lonjong atau elliptical yang ditandemkan dengan teknologi BassUp dengan daya maksimal 10W. Penasaran sehebat apakah speaker portabel ini? Simak review Anker Soundcore Icon A3122 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Anker Soundcore Icon A3122: Portabel, Tahan Air dan Bass Kuat!


Paket Pembelian Anker Soundcore Icon A3122

Paket Pembelian Anker Soundcore Icon A3122

  • Unit Anker Soundcore Icon A3122 Black
  • Kabel microUSB
  • User manual
  • Kartu garansi

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Desain adalah hal yang unik dari review Anker Soundcore Icon A3122 kali ini. Speaker ini tampil berbeda dengan bentuk yang lonjong seperti kapsul yang dilangkapi dengan strap karet yang cukup mencolok. Sebenarnya Anker Soundcore Icon A3122 ini tersedia dalam beberapa varian warna, yakni hitam, orange, dan camaouflage. Kebetulan unit yang Laptophia ulas kali ini adalah varian warna hitam.

Bagian depan dan belakang speaker Anker Soundcore Icon A3122 ini dilapisi dengan bahan kain atai canvas. Sementara pada bagian atas dan bawah speaker besutan Anker ini terdapat tekstur strip yang terbuat daari bahan polikarbonat yang dilapisi karet yang kuat. Sedangkan strap berukuran besar pada sisi kanan Anker Soundcore Icon A3122 dapat dimanfaatkan untuk menggantung speaker. Strap tersebut juga dapat dilepas.

Sementara pada bagian bawah oada review Anker Soundcore Icon A3122 terdapat dua buah dudukan yang terbuat dari bahan karet agar speaker tidak bergerak saat memainkan musik dengan volume tinggi. Anda tak perlu ragu untuk beraktivitas luar ruangan dengan speaker tangguh Anker Soundcore Icon A3122 ini karena memiliki kemampuan tahan air dan debu dengan sertifikat IP67, sehingga dapat ditenggelamkan dalam air sedalam 1 meter selama 30 menit. Ukuran speaker ini cukup ringkas dan portabel, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Baca juga:Review Tronsmart Element T2 Plus, Speaker Bluetooth Ringkas Berkualitas dan Tahan Air

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Desain Anker Soundcore Icon A3122

Pada review Anker Soundcore Icon A3122 kali ini, bagian atas speaker ini terdapat deretan tombol yang terbuat dari bahan karet yang terdiri dari indikator Bluetooth, tombol pairing, volume plus, tombol play/pause, volume minus, tombol power, dan LED indikator power. Sedangkan di sisi kanan tidak terdapat tombol atau port apapun, hanya strap yang dapat diputar.

Bagian depan dan belakang speaker Anker Soundcore Icon A3122 ini terdapat speaker grill. Sementara pada bagian bawahnya terdapat informasi teknis mengenai speaker ini. Sisi kiri terdapat port microUSB untuk charging dan port AUX.

Video Unboxing Anker Soundcore Icon A3122



Review Anker Soundcore Icon A3122

Review Anker Soundcore Icon A3122

Anker Soundcore Icon A3122 adalah sebuah speaker outdoor yang menawarkan bodi tangguh dan memiliki kemampuan tahan air. Tak hanya mengandalkan kekuatan fisik, speaker besutan Anker ini terkenal memiliki kualitas suara yang baik. Lalu sejauh mana kualitas suara yang dihasilkan speaker Anker Soundcore Icon A3122 dengan saya 10W ini?

Kualitas Suara

Spesifikasi teknis speaker Anker Soundcore Icon A3122 cukup meyakinkan dengan bermodalkan sebuah driver unik berbentuk lonjong atau Elliptical driver yang ditandemkan dengan fitur BassUp dengan daya 10W. Sementara guna mendingkrak performa bass-nya, Anker juga membekali speaker ini dengan sebuah passive bass radiator berukuran cukup besar pada sisi belakang speaker.

Karakter atau sound signature yang dihasilkan oleh speaker Anker Soundcore Icon A3122 ini cenderung agak warm dengan bass yang kuat. Bass yang dihasilkan terbilang melimpah kuantitasnya dan dsangat responsif atau punchy. Namun, dentuman bass yang kuat dan bulat ini akan kurang bertenaga jika digeber volume tinggi di atas 90%. Laptophia menyarankan volume kisaran 85% agar kualitas bass tetap terasa.

Baca juga:Review JBL Go 2, Speaker Stylish Tangguh Bersuara Jernih

Saat memainkan lagu dengan dobel kick drum cepat seperti lagu A Gunshot To The Head of Trepedation milik Trivium atau Nemesis milik Arch Enemy dapat disajikan dengan baik. Bass cukup lugas dan kuat tanpa dibayangi frekuensi lain. Saat memainkan lagu jenis EDM atau Hip Hop, tentu dentuman bass yang dihasilkan pada review Anker Soundcore Icon A3122 kian terasa. 

Tak hanya memanjakan basshead, speaker Anker Soundcore Icon A3122 ini juga mampu menghasilkan mid yang detail dan enjoyable. Suara vokal wanita maupun pria disajikan dengan jernih, detail, dan artikulasi yang jelas. Saat suara vokal wanita saat memainkan lagu Fast Forward milik Revamp, terasa begitu detail dan jelas. Begitu juga dengan suara vokal screaming atau growl di lagu Shattering The Skies Above milik Trivium juga terasa detail dan bertekstur.

Meski bass atau low frekuensi yang dihasilkan oleh speaker Anker Soundcore Icon A3122 ini cukup menonjol, treble yang dihasilkan masih sangat bisa dinikmati dengan karakter yang cukup nyaman di telinga, meski di beberapa lagu kadang terdengar agak taja,m. Tingkat detailnya cukup baik, sehingga ketika diajak memainkan lagu-lagu berkarakter bright pun speaker besutan Anker ini masih enjoyable.

Separasi antar instrumen pada speaker andalan Anker ini juga cukup baik dan tidak terdengar menumpuk di tengah. Soundstage yang dihasilkan memang tidak terlalu luas, tapi relatif standar untuk sebuah speaker dengan harga 300 ribuan.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Anker Soundcore Icon A3122 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Anker ini seperti Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat bekerja tanpa masalah.

Baterai

Pada review Anker Soundcore Icon A3122 kali ini, daya tahan baterai menjadi salah satu daya tariknya. Berbekal baterai berkapasitas 2600mAh, speaker ini diklaim mampu bertahan hingga 12 jam memutar musik. Namun berdasarkan hasil pengujian Laptophia dengan volume rata-rata di atas 60%, Anker Soundcore Icon A3122 mampu bertahan hingga 8 - 9 jam. 

Kesimpulan

Secara umum, Anker Soundcore Icon A3122 adalah sebuah speaker yang menawarkan fisik yang tangguh, tahan air, dan cocok untuk aktivitas luar ruangan. Kualitas suara yang dihasilkan terbilang mantap dengan bass yang kuat. Jelas, Anker Soundcore Icon A3122 merupakan speaker outdoor yang layak dipertimbangkan.

Baca juga:Review Tronsmart Element T6: Jernih dan Kencang, Cocok untuk Penggemar Bass!

Kelebihan Anker Soundcore Icon A3122

  • Build quality solid dan tangguh
  • Tahan air dengan IP67
  • Kualitas suara baik dengan bass kuat
  • Daya tahan baterai andal

Kekurangan Anker Soundcore Icon A3122

  • Charging lama (hampir 4 jam)
  • Masih menggunakan port microUSB

Harga Anker Soundcore Icon A3122

Harga speaker bluetooth Anker Soundcore Icon A3122 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini di buat adalah Rp 349.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore Icon A3122 yang telah Laptophia lakukan, speaker ini mampu menghasilkan karakter suara bass yang mantap, portabel, dan memiliki kemampuan tahan air.

Anda dapat membeli speaker Anker Soundcore Icon A3122 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore Icon A3122

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: Elliptical driver with BassUp
  • RMS: 4Ω 10W
  • Frequency Response: 60Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 75dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Mendukung fitur TWS
  • Tahan air dengan sertifikat IP67
  • Dilengkapi port AUX
  • Baterai built-in 3,7V/2600mAh lithium battery, hingga 12 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 182 x 61 x 62 mm
  • Berat 349 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Hitam
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy M32, Layar Ciamik dengan Fitur Lengkap
Posting Komentar

Posting Komentar