eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Tronsmart Element T2 Plus, Speaker Bluetooth Ringkas Berkualitas dan Tahan Air

Review Tronsmart Element T2 Plus, Speaker Bluetooth Ringkas Berkualitas dan Tahan Air - Tronsmart Element T2 Plus adalah sebuah speaker bluetooth portabel yang menarik dengan harga 400 ribuan. Speaker portabel ini tampil dengan ukuran yang rinngkas dan memiliki kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7. Tak heran, speaker wireless andalan Tronsmart ini cocok untuk beraktivitas di luar ruangan, menikmati musik di kamar mandi atau kolam renang.

Tak hanya mengandalkan bodi yang ringkas dan tangguh, suara yang dihasilkan oleh speaker Tronsmart Element T2 Plus ini cukup meyakinkan. Pabrikan asal Tiongkok ini membekalinya dengan dua buah driver dengan daya total 20W dan ditemani sebuah passive bass radiator. Kelebihan lain yang ditawarkan speaker ini adalah dukungan fitur yang lengkap seperti pairing instan dengan NFC (Near Field Communications) dan fitur TWS, penasaran? Simak review Tronsmart Element T2 Plus oleh tim Laptophia kali ini!

Review Tronsmart Element T2 Plus, Speaker Bluetooth Ringkas Berkualitas dan Tahan Air


Paket Pembelian Tronsmart Element T2 Plus

Paket Pembelian Tronsmart Element T2 Plus

  • Unit Tronsmart Element T2 Plus Black
  • Kabel USB
  • Kabel AUX
  • Tali
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Tronsmart Element T2 Plus

Desain Tronsmart Element T2 Plus

Desain Tronsmart Element T2 Plus


Sisi desain pada review Tronsmart T2 Plus kali ini sebenarnya tidak terlalu istimewa dan cenderung hampir sama dengan kebanyakan speaker yang beredar di pasaran. Speaker wireless besutan Tronsmart tampil dengan bodi persegi panjang dengan sudut rounded dan dibalut dengan lapisan karet atau rubberized. Sedangkan speaker grill pada bagian depan dan belakang terbuat dari metal.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, speaker bluetooth Tronsmart T2 Plus ini tersedia dalam beberapa varian warna, tetapi unit yang diulas adalah warna hitam. Sementara pada sisi atas terdapat tombol-tombol kontrol yang terbuat dari bahan karet yang cukup nyaman saat dipencet. 

Salah satu kelebihan pada review Tronsmart T2 Plus ini adalah ukurannya yang ringkas, sehingga cocok untuk mendukung mobilitas. Speaker ini juga cocok untuk kegiatan luar ruangan seperti hiking, camping, dan petualangan lainnya karena bodinya cukup tangguh dan memiliki kemapuan tahan air dengan sertifikat IP68.

Baca juga:Review Ultimate Ears Wonderboom: Speaker Mantap yang Bisa Dicuci!

Desain Tronsmart Element T2 Plus

Desain Tronsmart Element T2 Plus

Desain Tronsmart Element T2 Plus


Sisi depan Tronsmart T2 Plus ini terdapat speaker grill dengan logo Tronsmart yang cukup besar. Sementara pada bagian atasnya terdapat deretan tombol volume plus, volume minus, play/pause, mode pairing, tombol power, LED indikator, dan NFC. Sementara pada sisi kanan tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan sisi kiri pada review Tronsmart T2 Plus kali ini terdapat hook atau carabine untuk menggantungkan speaker. Pada bagian belakang terdapat slot microSD, port USB Type-C, dan port aux. Sementara pada bagian bawah speaker Tronsmart T2 Plus terdapat tonjolan karet untuk dudukan dan informasi teknis singkat mengenai speaker tersebut.

Review Tronsmart Element T2 Plus

Review Tronsmart Element T2 Plus


Kemampuan tahan air dengan sertifikat IPX7 membuat speaker ini dapat 'ditenggelamkan' dengan kdelaman 1 meter selama 30 menit. Ini menjadi daya tarik tersendiri pada review Tronsmart Element T2 Plus kali ini yang tak dimiliki oleh saudaranya, Tronsmart Element T6 yang telah Laptophia ulas sebelumnya.

Kualitas Suara

Berbekal dua buah driver full range dengan daya masing-masing 10W (total 20W) dan ditandemkan dengan sebuah passive bass radiator berukuran besar pada sisi belakang membuat Tronsmart Element T2 Plus mampu menghasilkan suara yang bertenaga. Laptophia cukup terkejut karena volume suara yang dihasilkan sangat keras untuk ukuran seringkas ini. Dinamika musik masih cukup terjaga meski volume hampir penuh.

Baca juga:Review Lenyes S805, Speaker Portabel NFC Murah yang Menggelegar

Suara yang dihasilkan speaker Tronsmart Element T2 Plus jernih dengan mid yang cukup menonjol. Suara vokal pria maupun wanita mampu disajikan dengan jelas lengkap dengan artikulasinya. Saat memainkan lagu Supremacy milik Tarja Turunen, lengkingan nada tingginya disajikan dengan apik. Begitu juga dengan suara vokal sceam di lagu Shatter milik Bullet For My Valentine, terdengar begitu gahat dan betekstur.

Distorsi gitar juga dapat disajikan dengan detail yang mantap dan bertekstur, sehingga lagu-lagu metalcore seperti Vultures milik AxeWound terdengar begitu gahar. Sedangkan treble atau high pada review Tronsmart Element T2 Plus ini cukup jernih dengan karakter yang lembut. Namun Laptophia menilainya terlalu lembut, sehingga terdengar kurang berani dan detail. Hal ini mem buat lagu-lagu berkarakter bright agak kurang cemerlang.

Sedangkan untuk bass, speaker Tronsmart Element T2 Plus ini mampu menghasilkan bass yang cukup mendalam, kuantitas yang pas, dan responsif. Saat memainkan lagu dengan dobel kick drum cepat seperti lagu Nemesis milik Arch Enemy atau The Sins And The Sentence milik Trivium dapat disajikan dengan baik. Sayangnya saat volume kecil, bass yang dihasilkan Tronsmart Element T2 Plus kurang terdengan bertenaga. Bass mulai memiliki power ketika volume 40% ke atas. 

Separasi antar instrumen pada speaker andalan Tronsmart ini juga cukup baik dan tidak terdengar menumpuk di tengah. Sedangkan untuk soundstage, Tronsmart Element T2 Plus memang tidak terlalu luas dan cenderung standar di kelasnya menurut Laptophia.

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Tronsmart Element T2 Plus ini, tim Laptophia sedikit menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan Anker ini seperti Asus ROG Phone 3, Xiaomi Mi Note 10 Pro, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat terhubung dengan speaker tangguh ini tanpa masalah. Namun ketika disambungkan pada Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon, ada masalah dengan pengaturan volume.

Pairing menggunakan NFC (Near Field Communications) di speaker Tronsmart Element T2 Plus ini juga sangat nyaman dan responsif. Tim Laptophia cukup menempelkan smartphone dengan NFC aktif di permukaan speaker Tronsmart Element T2 Plus dan langsung tersambung.

Baterai

Pada review Tronsmart Element T2 Plus kali ini, speaker ringkas dan powerful ini dibekali baterai berkapasitas 3600mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 24 jam penggunaan dengan volume 50%. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume rata-rata 70 -80%, baterai mampu bertahan rata-rata 11 - 13 jam. Dengan daya tahan baterai speaker andalan Tronsmart ini bisa dikatakan di atas rata-rata menurut Laptophia.

Baca juga:Review JBL Charge 3: Suara Menggelegar dengan Baterai Besar!

Kesimpulan

Secara umum, Tronsmart Element T2 Plus adalah sebuah speaker bluetooth ringkas yang menawarkan kualitas suara yang mantap di kelasnya dan daya tahan baterai yang di atas rata-rata. Speaker ini juga didukung fitur lengkap seperti TWS dan NFC, serta bodi tahan air yang membuatnya sangat layak dipertimbangkan.

Kelebihan Tronsmart Element T2 Plus

  • Suara nyaring dan bertenaga
  • Build quality solid dan tahan air
  • Fitur lengkap di kelasnya
  • Ukuran ringkas

Kekurangan Tronsmart Element T2 Plus

  • Bass kurang terasa saat volume rendah

Harga Tronsmart Element T2 Plus

Harga speaker bluetooth Tronsmart Element T2 Plus terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun saat artikel ini di buat adalah Rp 499.000. Tentunya harga ini dapat berubah sewaktu-waktu. Berdasarkan hasil review Tronsmart Element T2 Plus yang telah Laptophia lakukan, speaker ini mampu menghasilkan suara yang sangat nyaring dan berkualitas dengan ukuran yang ringkas.

Anda dapat membeli speaker Tronsmart Element T2 Plus dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Tronsmart Element T2 Plus

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: Stereo
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 48mm x 2 + 1x Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 2 x 10W THD=1%
  • Frequency Response: 80Hz - 18KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Wireless profile: AVRCP, A2DP, HSP, HFP
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Dilengkapi NFC (Near Field Communications)
  • Mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo)
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Baterai 3600mAh built-in lithium battery, hingga 24 jam dengan volume 50%
  • Water resistant dengan sertifikat IPX7
  • Dimensi 175 x 69 x 53 mm
  • Berat 470 gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Black, Red, Gray Camouflage, dan Camouflage
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Mifa A10 Plus, Speaker dengan Suara Bertenaga dan Desain Segitiga Unik
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar