eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Anker Soundcore Life P2i, TWS dengan Suara Jernih dan Bass Bertenaga

Review Anker Soundcore Life P2i, TWS dengan Suara Jernih dan Bass Bertenaga - Anker Soundcore Life P2i adalah salah satu headset True Wireless Stereo (TWS) yang dijual dengan harga terjangkau. Setelah sebelumnya mengulas seri Soundcore A20i dan Soundcore R50i, Laptophia penasaran dengan seri di atasnya, yakni Anker Soundcore Life P2i. TWS andalan Anker ini dipersenjatai dengan driver dinamis berukuran 10mm yang d9iklaim mampu menghasilkan suara yang jernih dan bass yang kuat.

Salah satu fitur andalan Anker Soundcore Life P2i ini adalah dilengkapi dengan dukungan 2 mode EQ, yakni Bass dan Podcast yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tak hanya itu, salah satu ciri khas TWS besutan Anker adalah daya tahan baterainya yang andal. Hal ini juga berlaku bagi Anker Soundcore Life P2i yang diklaim mampu memainkan musik selama 8 jam non stop sekali charge dan total mencapai 28 jam jika digabung dengan charging case-nya. Penasaran? Simak review Anker Soundcore Life P2i oleh tim Laptophia kali ini!

Review Anker Soundcore Life P2i, TWS degan Suara Jernih dan Bass Bertenaga


Paket Pembelian Anker Soundcore Life P2i

Paket Pembelian Anker Soundcore Life P2i

  • Unit TWS Anker Soundcore Life P2i Black
  • Charging case
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Tali atau lanyard
  • Manual dan kartu garansi

Desain Anker Soundcore Life P2i

Desain Anker Soundcore Life P2i

Desain Anker Soundcore Life P2i

Anker Soundcore Life P2i ini hadir dengan desain charging case yang tak jauh berbeda dengan kebanyakan TWS yang beredar di pasaran. Charging case mengusung bentuk oval atau rounded dengan material plastik yang menggunakan finishing glossy. Penggunaan finishing glossy ini membuat charging case mudah terkena goresan. Bahkan baru beberapa hari review, charging case Anker Soundcore Life P2i ini sudah terdapat beberapa goresan.

Charging case Anker Soundcore Life P2i ini menggunakan mekanisme engsel yang dibuka bagian atasnya untuk mengakses earbud. Bagian depan charging case ini agak menonjol untuk memudahkan jari membuka engsel. Laptophia menilai engsel TWS andalan Anker ini cukup kokoh. Anker Soundcore Life P2i tersedia dalam uda varian warna dan unit yang Laptophia ulas adalah warna hitam.

Sedangkan untuk desain earbud, Anker Soundcore Life P2i ini mengusung tipe in-ear atau masuk ke dalam telinga. bentuknya mirip dengan Anker Soundcore Life R50i, tetapi seri Soundcore Life P2i ini bagian belakangnya mengusung tombol kontrol.  Sama dengan case-nya, unit earbud Anker Soundcore Life P2i ini juga menggunakan casing berbahan polikarbonat dengan finishing glossy.

Baca juga:Review Monster Airmars XKT10: Suara Bertenaga, Desain Futuristik

Desain Anker Soundcore Life P2i

Desain Anker Soundcore Life P2i

Desain Anker Soundcore Life P2i

Sisi atas charging case Anker Soundcore Life P2i ini terdapat logo Soundcore yang terlihat cukup jelas dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Charging case-nya tidak dilengkapi LED indikator. Sedangkan sisi bawah terdapat port USB Type-C. 

Kontrol Anker Soundcore Life P2i

Pada review Anker Soundcore Life P2i kali ini, menggunakan kontrol berupa tombol yang dapat dipencet yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Anker yang telah Laptophia himpun:

  • Tekan sekali pada earbud kiri untuk volume minus
  • Tekan sekali pada earbud kanan untuk volume plus
  • Tekan dan tahan pada earbud kiri untuk previous track
  • Tekan dan tahan pada earbud kanan untuk next track
  • Tekan dua kali pada earbud kanan untuk play/pause
  • Tekan dua kali pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Tekan dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab/menutup panggilan masuk
  • Tekan tiga kali pada earbud kanan atau kiri untuk beralih mode EQ Bass/Podcast
  • Tekan dan tahan pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan

Selama hampir sebulan proses review, performa tombol kontrol yang dimiliki oleh headset Anker Soundcore Life P2i ini cukup empuk dan akurat. 

Review Anker Soundcore Life P2i

Review Anker Soundcore Life P2i


Kualitas Suara

Headset TWS Anker Soundcore Life P2i ini dibekali dengan sebuah driver dinamis dengan ukuran yang sama dengan Soundcore R50i, yakni 10mm. Karakter suara atau sound signature TWS Soundcore Life P2i ini masih mirip dengan R50i, yakni V-shape dengan dentuman bass yang kuat dan bertenaga. Meski mirip, TWS ini menawarkan kualitas yang secara umum lebih baik dan jernih.

Secara default, headset wireless Anker Soundcore Life P2i ini menggunakan Bass EQ. Pengguna dapat dengan mudah beralih ke Podcast EQ dengan menekan tombol Earbud kanan atau kiri sebanyak tiga kali.

Hal yang menarik dari review Anker Soundcore Life P2i adalah dentuman bass yang cukup kuat dan terasa penuh. Bahkan di beberapa lagu, bass kadang terdengar agak sedikit berlebihan menurut Laptophia. Saat memainkan lagu Dedicated (Demo) milik Linkin Park, dentuman bass-nya terasa begitu berdebar kuat. Ini cocok untuk mendengarkan musik jenis EDM atau hiphop yang menonjolkan bass.

Sedangkan untuk memainkan musik metal dengan dobel pedal bass yang cepat, Anker Soundcore Life P2i agak keteteran. Laptophia memainkan lagu Nemesis milik Arch Enemy dan Kirisute Gomen milik Trivium, hasilnya? Anker Soundcore Life P2i kesulitan menyajikan dobel pedal drum dan terkesan agak kurang rapi.

Sedangkan untuk suara vokal pria, terdengar lebih dark dan menyenangkan. Sedangkan untuk suara vokal wanita, juga dapat disajikan dengan baik. Saat Laptophia memainkan lagu Supremacy oleh Tarja Turunen, suara nada tingginya dapat dinikmati dan terdengar clean. Sayangnya untuk musik gahar dengan suara vokal growl atau scream, terdengar kurang gahar atau bertekstur. Hal yang sama juga berlaku pada distorsi gitar yang terdengar terlalu halus.

Sedangkan untuk treble, Anker Soundcore Life P2 ini layak diacungi jempol. Maski karakternya cukup 'bassy', treble tidak tenggelam dan terdengar cukup detail. Saat memainkan lagu Needle milik Chimaira, suara cymbal terdengar cukup crisp dan detail. Jika Anda mendengarkan lagu pop yang karakternya bright, dapat menjajal mode EQ Podcast.

Baca juga:Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!

Secara teknikalitas, headset TWS Anker Soundcore Life P2 ini sebenarnya tidak terlalu istimewa. Soundstage tidak terlalu megah, tetapi masih cukup baik untuk kelas harganya. Separasi antar instrumen mampu disajikan dengan lebih baik dari seri Soundcore lain yang lebih murah.

Kualitas Telepon & Delay

TWS terjangkau Anker Soundcore Life P2i ini dibekali dengan dua buah microphone untuk menunjang pengguna saat berkomunikasi. Saat Laptophia mencoba melakukan panggilan melalui WhatsApp dan berkomunikasi, kualitas suaranya cukup jernih dan bagus. Bahkan, lebih baik ketimbang Soundcore R50i atau Soundcore A20i. Meski demikian, berisik sekitar kita masih dapat didengar oleh lawan bicara terdengar, tetapi tidak mengganggu. Anker Soundcore Life P2i cocok untuk pengguna yang sering meeting online, video call, dan komunikasi.

Performa latensi TWS murah Soundcore Life P2i andalan Anker ini cukup baik. Laptophia menggunakannya menonton video secara offline maupun streaming melalui YouTube berjalan lancar tanpa terasa adanya delay. Namun, Anker Soundcore Life P2i tidak cocok untuk gamer karena tidak dilengkapi dengan gaming mode dan saat digunakan untuk bermain game, kadang terasa jeda yang mungkin mengganggu.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Anker Soundcore Life P2i


Kenyamanan juga menjadi salah satu daya tarik dari Anker Soundcore Life P2i ini menurut Laptophia. Desain earbud yang sederhana dan ergonomis membuatnya terasa pas dan nyaman terpasang di telinga. Laptophia menjajalnya sambil jogging atau sekadar lari-lari kecil, earbud tetap terpasang dengan mantap. Isolasi suara Soundcore Life P2i secara default dengan eartips bawaan ukuran M sudah cukup andal untuk meredam suara luar.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo pada review Anker Soundcore Life P2i kali ini cukup baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Vivo V27 5G, Xiaomi 12, dan Realme 11. Agak disayangkanl, TWS Soundcore Life P2i tidak kompatibel dengan aplikasi Soundcore App.

Baterai

Daya tahan baterai yang andal menjadi daya tarik utama review Anker Soundcore Life P2i kali ini menurut Laptophia. Anker mengklaim TWS Soundcore Life P2i mampu bertahan hingga 8 jam dan total hingga 28 jam dengan charging case-nya. berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Anker Soundcore Life P2i di bekali baterai 55mAh per earbud dan 500mAh untuk charging case-nya.

Berdasarkan pengalaman Laptophia menggunakan TWS Anker Soundcore Life P2i selama dua minggu terakhir ini menunjukkan daya tahan baterainya memang sesuai klaim dan bahkan kadang bisa lebih dari 8 jam. Laptophia menggunakan TWS ini dengan codec AAC dan volume rata-rata 35 - 40%.

Kesimpulan

Anker Soundcore Life P2i ini merupakan salah satu TWS terjangkau yang menawarkan kualitas suara jernih dan bass yang bertenaga. Daya tahan baterai TWS ini bisa dikatakan di atas rata-rata dan build quality solid. Kekurangan utama Anker Soundcore Life P2i adalah tidak mendukung penggunaan aplikasi Soundcore App dan tidak dilemgkapi gaming mode.

Secara umum, Anker Soundcore Life P2i ini layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan TWS dengan kualitas suara baik dan harga yang terjangkau. Bagi gamer, mungkin dapat memilih produk TWS lainnya. 

Kelebihan Anker Soundcore Life P2i

  • Kualitas suara jernih dan bertenaga
  • Daya tahan baterai panjang
  • Harga bersaing

Kekurangan Anker Soundcore Life P2i

  • Tidak mendukung Soundcore App
  • Tidak mendukung gaming mode

Harga Anker Soundcore Life P2i

Harga Anker Soundcore Life P2i TWS terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka saat artikel ini dibuat adalah Rp 329.000. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore Life P2i oleh tim Laptophia di atas, TWS menawarkan kualitas suara yang jernih dan bass bertenaga, serta daya tahan baterai yang panjang sebagai daya tarik utamanya.

Anda dapat cek harga dan promo TWS Anker Soundcore Life P2i di Shopee (Klik) atau di Lazada (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore Life P2i

  • Merk Anker
  • Model: Soundcore Life P2i
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 10mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 102±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.2
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Charging port USB Type-C
  • Baterai Earbuds: 55 mAh; Charging case: 500 mAh
  • Berat Earbud: 4,4g; With charging case: 43g
  • Dimensi Earbud: 20 mm x 25 mm; Charging case: 60 x 40 x 23 mm
  • Warna  Black dan White
Anda mungkin suka:Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

8 komentar

  1. Lumayan menarik ini. Coba finishingnya matte, pasti nggak gampang tergores...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga yang aku sayangkan kak... Glossy, gampang baret

      Hapus
  2. Sebuah TWS yang menarique... Kapan2 pinjem dong min 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kak, datang saja ker markas Laptophia wkwkw

      Hapus
  3. Ini kok aneh, lebih mahal dari r50i tapi malah ngga support app soundcore? Tapi suaranya lebih bagus 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya emang strategi Anker kek gitu... Yang ini nggak dikasih support App, tapi suaranya lebih oke. Padahal kan kalau support app kan bisa jadi nilai tambah ya

      Hapus
  4. Wah enak ngga suaranya ya, aku suka yang agak ngebass sih

    BalasHapus