eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah

Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah - Fitur ANC (Active Noise Cancellation) atau fitur untuk memblokir suara bising biasanya hanya tersemat di headset atau TWS mahal. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Oraimo. Pabrikan asal Tiongkok ini menghadirkan fitur ANC di TWS andalannya dengan harga terjangkau, yakni Oraimo FreePods 4. Tak heran, Oraimo FreePods 4 bisa dikatakan sebagai salah satu TWS dengan fitur ANC termurah saat ini.

Tak hanya mengunggulkan kemampuan ANC-nya, TWS Oraimo FreePods 4 ini juga dipersenjatai dengan spesifikasi yang cukup meyakinkan dengan dukungan driver dinamis 10mm yang dibenamkan teknologi HavyBass. Headset TWS satu ini tampil dengan desain yang cukup unik dengan charging case berbentuk bulat dan didukung baterai dengan kapasitas yang cukup besar. Penasaran? Simak review Oraimo FreePods 4 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah


Paket Pembelian Oraimo FreePods 4

Paket Pembelian Oraimo FreePods 4

  • Unit TWS Oraimo FreePods 4
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Oraimo FreePods 4

Desain Oraimo FreePods 4

Desain Oraimo FreePods 4

Desain menjadi daya tarik tersendiri dari TWS Oraimo FreePods 4 ini menurut tim Laptophia. Oraimo mengusung konsep desain yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan TWS yang beredar di pasaran. Oraimo FreePods 4 ini tampil dengan charging case berwarna hitam yang sekilas mirip tempat bedak dengan balutan warna hitam. Cara membuka charging case Oraimo FreePods 4 ini juga cukup unik, yakni slide up atau menggesernya ke atas.

Mekanisme slide up yang digunakan oleh charging case Oraimo FreePods 4 ini tampaknya akan lebih awet ketimbang model dengan engsel. Charging case-nya sendiri terbuat dari bahan polikarbonat atau plastik dengan finishing matte. Ukuran charging case Oraimo FreePods 4 ini ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Sedangkan earbud Oraimo FreePods 4 ini mengusung konsep desain yang tak jauh berbeda dengan earbud jenis in-ear lainnya. Bentuk nozzle-nya agak miring untuk menyesuaikan bentuk telinga manusia. Selain itu, earbud Oraimo FreePods 4 ini menggunakan finishing glossy dengan perpaduan warnaa hitam dan putih yang terlihat lebih mewah, meski kadang terasa agak licin. Salah satu kelebihan earbud ini adalah tahan cipratan air dengan sertifikasi IPX5.

Tampilan case Realme Buds Air 5 ini terlihat simpel dengan logo Realme dan LED indikator pada bagian depan. Sementara pada sisi bawah terdapat ada port USB Type-C untuk mengisi daya dan tombol untuk pairing. Sementara di sisi belakangnya tidak terdapat tombol atau port apapun.

Baca juga:Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!

Kontrol Oraimo FreePods 4

Pada review Oraimo FreePods 4 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud berbentuk lingkaran kecil. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS dengan ANC termurah yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri play/pause
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk next track
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk previous track
  • Sentuh sekali pada earbud kanan atau kiri untuk menjawab telepon
  • Sentuh dan tahan sampai bunyi beep 2x pada earbud kanan atau kiri untuk menolak telepon
  • Sentuh dan tahan sampai bunyi beep 2x pada earbud kanan untuk memanggil Google Assistant
  • Sentuh dan tahan sampai bunyi beep 4x pada earbud kanan untuk mengaktifkan Gaming Mode
  • Sentuh dan tahan sampai bunyi beep 2x pada earbud kiri untuk mengaktifkan mode ANC atau Tranparency mode

Secara default memang tidak tersedia kontrol volume di TWS Oraimo FreePods 4 ini. Namun, pengguna dapat mengaktifkannya melalui pengaturan kontrol sentuh di aplikasi Oraimo Sound. Parameter kontrol sentuh dapat diatur atau diganti sesuai kebutuhan.

Selama hampir seminggu proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Oraimo FreePods 4 ini cukup sensitif dan akurat. Sayangnya, ukuran panel sentuhnya yang berbentuk lingkaran tersebut terlalu kecil.

Review Oraimo FreePods 4

Review Oraimo FreePods 4

Selama ini fitur ANC identik dengan headset atau TWS kelas atas yang harganya cukup mahal. Namun, kini Oraimo melalui seri FreePods 4 ini mmebawa fitur ANC agar bisa dinikmati konsumen dengan budget terbatas. Lalu sehebat apa kemamuan TWS Oraimo FreePods 4 ini?

Kualitas Suara

Fitur ANC memang menjadi keunggulan utama TWS Oraimo FreePods 4, tapi bagaimana dengan kualitas suaranya? Tampaknya kualitas suara headset nirkabel andalan Oraimo ini tak bisa dipandang sebelah mata. Oraimo FreePods 4 ini dipersenjatai dengan driver dinamis berukuran 10mm dengan dukungan teknologu HavyBass.

Impresi awal Laptophia saat menjajal TWS Oraimo FreePods 4 untuk mendengarkan musik, karakter suaranya memang cenderung V-shape dengan suara vokal yang agak mundur. Laptophia cukup menggunakan volume 40 - 50% dan suara yang dihasilkan sudah cukup nyaman di telinga dan optimal. Saat pengujian, Laptophia tidak mengaktifkan equalizer.

Bass atau frekuensi rendah yang dihasilkan oleh TWS Oraimo FreePods 4 ini cukup bertenaga dan mendominasi. Saat mendengarkan lagu Atlas, Rise! milik Metallica, dentuman suara bass terasa bergemuruh, padat, dan tidak muddy. Respon bass-nya juga tergolong cepat, ini terbukti saat memainkan lagu Nemesis milik Arch Enemy, dobel kick drum dengan kecepatan tinggi dapat disajikan dengan detail oleh TWS andalan Oraimo ini.

Sedangkan untuk mid memang kurang menonjol, tetapi cukup baik. Suara vokal pria maupun wanita terdengar agak mundur, tetapi detailnya masih cukup baik. Saat memainkan lagu Supremacy milik Tarja Turunan, lengkingan nada tingginya terdengar merdu. Sedangkan untuk vokal screaming, memang terasa kurang bertekstur, sehingga terdengar kiurang gahar. Terlebih saat memainkan lagu yang penuh distorsi dan vokal screaming seperti Burn Alive milik AxeWound.

Sedangkan untuk treble atau high, tampil dengan kuantitas yang cukup baik dan jernih. Detail yang dihasilkan juga tergolong baik untuk kelas harganya. Karakternya cenderung lembut atau mungkin terlalu lembut bagi beberapa orang, serta tidak menusuk telinga. Hanya saja suara simbal terdengar agak aneh atau kurang mantap menurut Laptophia.

Baca juga:Review Anker Soundcore A20i, Headset TWS 100 Ribuan Terbaik?

Secara teknikalitas, TWS Oraimo FreePods 4 ini layak mendapat acungan jempol. Headset wireless dengan fitur ANC ini mambu memberikan efek stereo atau imaging yang cukup akurat dan separasi antar instrumen di atas rata-rata. Soundstage-nya pun cukup megah untuk kelas harganya.

Aplikasi Oraimo Sound

Aplikasi Oraimo Sound

Fitur yang dimiliki TWS Oraimo FreePods 4 tergolong lengkap dan kita dapat mengakses, serta memaksimalkannya melalui aplikasi Oraimo Sound. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat mengubah mode noise control yang meliputi Noise Cancellation On, Noise Cancellation Off, dan Transparency mode.

Selain itu, pengguna dapat memantau status baterai Oraimo FreePods 4 melalui aplikasi ini. Bagi yang kurang puas dengan performa suara default dari TWS andalan Oraimo ini, dapat melakukan tuning melalui fasilitas equalizer yang di dalamnya terdapat 5 mode preset (Standard, HavyBass, Rock, Jazz, dan Vocal) dan equalizer yang bisa di-customize sesuai selera.

Selain itu, kita juga dapat mengatur fungsi kontrol sentuh dan mengaktifkan game mode di Oraimo FreePods 4. Aplikasi Oraimo Sound ini juga menyediakan opsi firmware update untuk TWS andalannya.

Kualitas Telepon & Delay

Ketika digunakan untuk berkomunikasi melalui sambungan suara melalui WhatsApp, Oraimo FreePods 4 ternyata mampu menghasilkan suara yang cukup jelas dan baik. Saat Laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, background noise terdengar oleh lawan bicara. Ini kadang agak mengganggu jika sedang bertelepon di tempat yang memang agak berisik.

Performa latensi TWS ANC termurah andalan Oraimo ini layak mendapat apresiasi. Saat Laptophia gunakan Oraimo FreePods 4 untuk menonton video secara offline maupun streaming melalui YouTube berjalan lancar tanpa terasa adanya delay. 

Saat bermain game, Laptophia mengaktifkan fitur Gaming Mode yang dimiliki Oraimo FreePods 4 yang diklaim menawarkan latensi yang rendah untuk mengurangi delay. Saat digunakan untuk streaming video, tidak ada delay yang Laptophia rasakan. Sedangkan untuk bermain game, delay memang muncul tetapi tidak sampai mengganggu jalannya bermain game.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah


Oraimo FreePods 4 ini mengusung desain earbud in-ear atau masuk ke lubang telinga. Ukurannya tidak terlalu besar dan bobotnya tergolong ringan. Setelah seminggu menggunakannya, Laptophia merasa cukup nyaman menggunakan Oraimo FreePods 4 untuk mendengarkan musik atau menonton movie dalam waktu lama. Saat dipakai untuk olahraga ringan, earbud Oraimo FreePods 4 tidak mudah lepas dari telinga.

Kompatibilitas headset true wireless stereo Oraimo FreePods 4 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi 12 dan Realme 11 dengan aplikasi Oraimo Sound terinstal di dalamnya. Tentunya, Oraimo FreePods 4 tetap kompatibel dengan smartphone Android lainnya atau iPhone. 

Selama seminggu proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan tudak pernah terjadi disconnect. Selain itu, Oraimo FreePods 4 juga mendukung fitur Google Fast pair yang membuatnya dapat terhubung dengan smartphone dengan cepat dan mudah.

Performa ANC

Review Oraimo FreePods 4: TWS dengan Fitur ANC Termurah


Keunggulan utama pada review Oraimo FreePods 4 kali ini adalah fitur ANC (Active Noise Cancelling) dengan harga yang cukup terjangkau. TWS ini dibekali dengan empat buah microphone dengan kemampuan ENC untuk menghalangi suara bising atau noise. Berdasarkan informasi dari Oraimo, kemampuan ANC di FreePods 4 hingga 30 dB.

Saat Laptophia jajal performa ANC di TWS Oraimo FreePods 4 ini, ternyata memang makin bekerja dengan baik dan mengurangi noise sekitar ketika mendengarkan musik atau bertelepon. Namun, ANC di Oraimo FreePods 4 secara umum masih kurang powerful karena suara berisik dari kendaraan atau mesin las dari bengkel depan markas Laptophia masih lolos dari blokade ANC. 

Baterai

Salah satu keunggulan review Oraimo FreePods 4 kali ini adalah daya tahan baterainya. TWS ini dibekali dengan baterai berkapasitas 60mAh untuk setiap earbud. Sedangkan baterai dalam case Oraimo FreePods 4 ini berkapasitas 550mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 22 jam dengan ANC aktif atau 27 jam dengan mode ANC nonaktif. 

Berdasarkan hasil review Oraimo FreePods 4 yang Laptophia lakukan, headset ini bertahan rata-rata hampir 6 jam saja menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 40% - 50% dengan ANC aktif. Saat mode ANC dinonaktifkan, baterai bisa bertahan hingga 7 jam lebih. Penggunaan sehari-hari saat Laptopia uji selama seminggu terakhir ini rata-rata bertahan hingga 2 hari lebih.

Kesimpulan

Secara umum, Oraimo FreePods 4 ini merupakan salah satu TWS dengan fitur ANC termurah di Indonesia. Performa ANC-nya memang belum memuaskan Laptophia, tetapi kualitas suara yang dihasilkan terbilang baik di kelasnya. Daya tahan baterainya tergolong mantap. Jelas, Oraimo FreePods 4 layak dipertimbangkan bagi yang membutuhkan TWS dengan fitur lengkap dengan harga terjangkau.

Kelebihan Oraimo FreePods 4

  • Kualitas suara baik
  • Desain unik, build quality solid
  • Fitur lengkap
  • Baterai tahan lama
  • Dilengkapi ANC
  • Harga terjangkau

Kekurangan Oraimo FreePods 4

  • Performa ANC perlu ditingkatkan

Harga Oraimo FreePods 4

Harga Oraimo FreePods 4 TWS terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka saat artikel ini dibuat adalah Rp 349.000. Berdasarkan hasil review Oraimo FreePods 4 oleh tim Laptophia di atas, kualitas suara yang dihasilkan bisa dikatakan baik. Oraimo FreePods 4 adalah salah satu TWS dengan fitur ANC termurah di Indonesia saat ini.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Oraimo FreePods 4 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Oraimo FreePods 4

  • Merk Oraimo
  • Model: FreePods 4 OEB-E105D
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 10mm dinamis, HavyBass™
  • Speaker Impedansi: 16 Ohm
  • Sensitivitas 113.6dB±2dB
  • 30dB Active Noise Cancellation
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.2
  • Bluetooth protocol HFP, SPP, dan A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -38dB±1dB
  • Charging port USB Type-C
  • Waterproofing: IPX5
  • Google Pop-up Notification, Googe Fast Pair, Anti-bacterial Eartips
  • Baterai Earbuds: 60 mAh; Charging case: 550 mAh
  • Berat Earbud: 3 gram; With charging case: 45.5 gram
  • Dimensi Earbud: - mm; Charging case: - mm
  • Warna Black

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

6 komentar

  1. Kalau ANC nya biasa aja, tetap recomended ini TWS nya? 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tetep recomended. Meski performa ANC nya biasa, setidaknya masih lebih bagus daripada yang nggak ada ANC-nya untuk urusan reduksi noise

      Hapus
  2. Makin murah aja nih 300 ribuan udah dapat TWS yang ada ANC nya... Saingan sama Realme Buds T300 😌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Realme Buds T300 lebih mahal kak, 400 ribuan hampir 500 ribu malahan

      Hapus
  3. Wah ANC nya kurang nendang apa gimana ini? Harganya mayan murah lho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya dapat mengurangi noise dari luar ANC-nya, tapi nggak sepenuhnya.

      Hapus