eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap

Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap - Anker Soundcore Life Q30 adalah salah satu headphone wireless atau nirkabel yang dilengkapi dengan fitur ANC (Active Noice Cancelling) yang biasanya dimiliki headphone kelas premium dengan harga terjangkau. ANC sendiri adalah sebuah fitur yang secara aktif menghilangkan atau meredam kebisingan (noise) yang ada disekitar pengguna, sehingga suara telepon atau musik dapat lebih jelas tanpa gangguan suara dari luar.

Headphone bluetooth Anker Soundcore Life Q30 tak hanya sekadar mengandalkan fitur ANC, tetapi juga menawarkan kualitas suara yang baik di kelasnya dan telah mengantongi sertifikat Hi-Res Audio. Tak hanya itu, salah satu keunggulan Anker Soundcore Life Q30 ini adalah fiturnya yang lengkap dan daya tahan baterai yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya, yakni diklaim hingga 40 jam non-stop dengan fitur ANC aktif, menarik bukan? Berikut ini review Anker Soundcore Life Q30 oleh tim Laptophia setelah dua minggu penggunaan.

Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap


Paket Penjualan Anker Soundcore Life Q30

Paket Penjualan Anker Soundcore Life Q30

  • Unit Anker Soundcore Life Q30
  • Carrying case
  • Kabel USB-C
  • Kabel audio 3.5mm
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Anker Soundcore Life Q30

Desain Anker Soundcore Life Q30

Desain Anker Soundcore Life Q30

Penampilan atau desain headphone Anker Soundcore Life Q30 ini sekilas tak jauh berbeda dengan kebanyakan headphone yang beredar di pasaran. Headphone wireless andalan Anker ini hadir dengan jenis over-ear (menutup telinga) dengan closed back. Headphone Anker Soundcore Life Q30 tampil dengan desain earcup yang cukup elegan dengan balutan warna hitam yang dilengkapi logo soundcore dengan finishing chrome.

Headphone wireless Anker Soundcore Life Q30 ini menggunakan material polikarbonat yang terasa cukup kuat pada bagian earcup dan lentur pada bagian headband. Bagian headband ini di dalamnya menggunakan material metal yang juga lentur dan kuat, serta ukuran panjangnya dapat diatur sesuai kebutuhan. Selama dua minggu lebih pemakaian, tim Laptophia tidak menemukan masalah durabilitas sih di review Anker Soundcore Life Q30 ini. 

Hal yang mungkin jadi sedikit masalah pada headphone wireless Anker Soundcore Life Q30 ini adalah ukurannya yang lumayan besar dan terkesan bulky. Meski demikian, headphone ANC murah andalan Anker ini relatif nyaman. Bantalan pada cup dan headband menggunakan material faux-leather dipadukan dengan spons yang empuk, serta tidak terasa panas saat penggunaan lama. 

Baca juga:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Desain Anker Soundcore Life Q30

Desain Anker Soundcore Life Q30

Desain Anker Soundcore Life Q30

Pada review Anker Soundcore Life Q30 kali ini, pada earcup kanan terdapat tombol volume plus, volume minus, tombol play/pause, port audio 3,5mm, dan microphone. Sedangkan bagian samping earcup kanan ini terdapat konektivitas NFC dan kontrol sentuh untuk mengaktifkan Transparency mode. Sedangkan pada earcup kiri Anker Soundcore Life Q30 ini terdapat tombol NC untuk mengaktifkan ANC, LED indikator, tombol power, micrphone, dan port USB Type-C untuk charging.

Review Anker Soundcore Life Q30

Review Anker Soundcore Life Q30

Anker Soundcore Life Q30 merupakan headphone wireless yang menarik karena telah dibekali dengan fitur ANC dan daya tahan baterai terbaik di kelasnya dengan harga terjangkau. Anker juga mengklaim bahwa kualitas suaranya pun mumpuni, benarkah? 

Kualitas Suara

Berbekal sebuah driver dinamis berukuran 40mm dengan dipadukan denganteknologi audio mumpuni membuatnya tampak meyakinkan. Tim Laptophia langsung menjajal performa headphone wireless Anker Soundcore Life Q30 untuk mendengarkan aneka lagu favorit, khususnya genre rock dan metal. Impresi awal saat mulai review Anker Soundcore Life Q30, karakter suara headphone besutan Anker ini karakternya V-shape, warm, dengan bass yang mendominasi saat menggunakan preset Soundcore Signature.

Dominasi bass atau ferkuensi rendah membuat kesan pertama suara headphone ini kurang jernih dan detail. Bagi penggemar bass, tampaknya akan menyukai karakter suara default headphone Anker Soundcore Life Q30 ini. Bass yang dihasikan terbilang kuat, kuantitas melimpah, mendalam, dan cukup memberikan efek 'nendang'. Sayangnya untuk memainkan dobel kick drum ngebut seperti di lagu Kirisute Gomen milik Trivium atau Nemesis milik Arch Enemy, bass terasa kurang cepat dan kurang responsif.

Sementara itu untuk mid range, mungkin menjadi salah satu yang menonjol pada review headphone Anker Soundcore Life Q30 kali ini. Suara mid yang dihasilkan oleh headphone nirkabel besutan Anker ini cukup akurat, detail, dan jelas. Suara vokal pria maupun wanita disajikan dengan lugas, detail, dan memiliki artikulasi yang jelas. nada tinggi melengking Tarja Turunen di lagu Supremacy mampu disajikan dengan dramatis. Begitu juga dengan suara scream Matt Tuck di lagu Shatter milik Bullet For My Valentine terdengar garang dan bertekstur.

Sedangkan untuk treble, tampaknya Anker Soundcore Life Q30 ini agak malu-malu. Meski demikian, treble masih dapat didengarkan dengan jelas dengan tingkat detail yang lumayan. Selain itu, karakter treble-nya cenderung smooth dan tidak menusuk. Soundstage Anker Soundcore Life Q30 ini tidak terlalu luas, tetapi juga tidak terlalu sempit. Sedangkan separasi antar instrumen mampu disajikan dengan cukup baik oleh headphone wireless ini.

Baca juga:Review Anker PowerExpand 7-in-2 Media Hub A8371 untuk Macbook

Jujur saja, tim Laptophia kurang puas dengan suara default yang dihasilkan oleh Anker Soundcore Life Q30 dengan preset Soundcore Signature. Laptophia kemudian melakukan customize equalizer sendiri atau kadang menggunakan preset Rock dan Akustik, hasilnya karakter suara lebih cocok dengan selera kami.

Aplikasi Soundcore

Aplikasi Soundcore

Pada review Anker Soundcore Life Q30 kali ini, kemampuan dan fitur headphone bluetooth ini akan lebih maksimal dengan aplikasi Soundcore yang dapat diunduh di Google Play Store. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat mengubah mode noise control yang meliputi Noise Cancellation, Normal, dan Transparency Mode. Kita juga dapat melakukan upgrade firmware melalui aplikasi ini.

Selain itu, pengguna dapat memantau status baterai Anker Soundcore Life Q30 melalui aplikasi ini. Bagi yang kurang puas dengan performa suara default dari headphone wireless andalan Anker ini, dapat melakukan tuning melalui fasilitas Equalizer yang di dalamnya terdapat banyak mode preset yang dapat dipilih sesuai selera atau mode custom yang memungkinkan Laptophia mengatur parameter suara sesuai keinginan.



Salah satu fitur menarik headphone wireless Anker Soundcore Life Q30 yang dapat diaktifkan melalui aplikasi Soundcore adalah Superior Sleep. Fitur Superior Sleep ini cocok bagi yang sering mengalami susah tidur. Saat diaktifkan, Superior Sleep akan memperdengarkan suara alami seperti hujan, ombak, angin, dan sebagainya guna membuat pengguna lebih rileks dan mudah tidur.

Performa & Kualitas Telepon

Headphone wireless Anker Soundcore Life Q30 menawarkan suara yang cukup nyaring dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik. Saat laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, fitur ANC sangat membantu mengurangi background noise secara signifikan sehingga dapat mendengar suara lawan bicara dengan lebih jelas. Performa ANC di Anker Soundcore Life Q30 mampu mereduksi suara dari luar hingga 70% menurut Laptophia, karena beberapa suara dari luar masih lolos.

Anker Soundcore Life Q30 ini tampaknya kurang cocok untuk bermain game karena kadang delay-nya cukup terasa dan tidak menyediakan mode low-latency atau mode gaming khusus. Sedangkan untuk streaming atau menikmati konten multimedia, delay tidak terlalu terasa.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap


Kenyamanan biasanya menjadi salah satu keunggulan headphone model over-ear seperti Anker Soundcore Life Q30 ini. Headphone ini memberikan tingkat kenyamanan yang tinggi menurut Laptophia dengan ear cup berukuran besar dipadukan dengan earpad yang empuk, serta lembut. Mendengarkan musik dengan durasi lebih dari 3 jam nonstop masih terasa sangat nyaman.

Kompatibilitas headphone nirkable dengan fitur ANC Anker Soundcore Life Q30 ini juga layak mendapat acungan jempol. Tim Laptophia menggunakan laptop Apple Macbook Air M1, Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon, dan Realme GT Neo 3, semuanya dapat terhubung dengan baik dengan headphone andalan Anker ini. Bahkan Laptophia dapat melakukan pairing dengan lebih cepat dengan fitur NFC yang tersedia di Soundcore Life Q30 ini.

Salah satu daya tarik pada review Anker Soundcore Life Q30 kali ini adalah mendukung pairing bluetooth dengan dua perangkat sekaligus. Setelah perangkat pertama tersambung, tekan tombol power dua kali untuk pairing perangkat yang kedua.

Baterai

Daya tahan baterai bisa dikatakan sebagai keunggulan utama pada review Anker Soundcore Life Q30 menurut Laptophia. bermodalkan baterai berkapasitas 720mAh, headphone nirkabel Anker Soundcore Life Q30 ini diklaim mampu bertahan hingga 40 jam dengan fitur ANC aktif atau 60 jam dengan fitur ANC nonaktif.

Laptophia sendiri sudah dua minggu lebih menggunakan headphone Anker Soundcore Life Q30 ini dan daya tahan baterainya memang mantap. Saat fitur ANC aktif dan rata-rata volume 40 - 50%, headphone ini mampu bertahan lebih dari 40 jam. Ini sangat fantastis. Jelas, Anker Soundcore Life Q30 cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi yang ingin mendengarkan musik dimana saja.

Kesimpulan

Secara umum, Anker Soundcore Life Q30 adalah sebuah headphone bluetooth yang dibekali dengan fitur ANC dengan harga yang sangat kompetitif. Suara yang dihasilkan bertenaga dengan bass yang kuat, performa ANC yang baik, dan daya tahan baterai yang bisa dikatakan terbaik di kelasnya. 

Kekurangan Anker Soundcore Life Q30 ini hanya ukurannya yang agak besar dan berat, serta sound signature default-nya yang terlalu bassy. Karakteristik suara masih bisa diubah sesuai selera melalui fitur equalizer. Jelas, Anker Soundcore Life Q30 merupakan salah satu headphone berfitur ANC yang layak kalian pertimbangkan.

Kelebihan Anker Soundcore Life Q30

  • Kualitas suara mantap dan bertenaga
  • Fitur ANC yang andal
  • Daya tahan baterai terbaik di kelasnya
  • Aplikasi Soundcore kaya fitur

Kekurangan Anker Soundcore Life Q30

  • Ukuran agak besar
  • Secara default, suara bass terlalu mendominasi
  • Tidak memiliki fitur auto-off saat dilepas

Harga Anker Soundcore Life Q30

Harga headphone wireless Anker Soundcore Life Q30 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air adalah Rp 1.099.000. Tentunya harga ini dapat berubah-ubah sesuai promo yang sedang berlangsung. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore Life Q30 oleh tim Laptophia, kualitas suara yang dihasilkan terbilang mantap dengan bass yang kuat dan fitur ANC dengan performa andal.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Anker Soundcore Life Q30 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore Life Q30

  • Model: Soundcore Life Q30
  • Jenis headset: headphone over-ear, closed back
  • Tipe single driver dinamis
  • Speaker Impedansi: 16 ohm
  • Diameter driver 2 x 40mm Neodymium
  • Rentang frekuensi: 16-40000Hz
  • Active noise cancelling hybrid
  • Konektivitas wireless Bluetooth 5.0
  • Dilengkapi NFC untuk fast pairing
  • Dilengkapi microphone dengaan noise cancelling
  • Audio codec: SBC dan AAC
  • Input 5 V ⎓ 0.65 A
  • Baterai 720mAh, daya tahan 40 jam (ANC on) atau 60 jam (ANC off)
  • Ukuran 175 x 173 x 43 mm
  • Berat 265 gram
Anda mungkin suka:Review Soul Ultra High Definition: Nyaman Digunakan, Kualitas Suara Baik
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar