eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!

Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya! - Realme Indonesia telah resmi memperkenalkan lini IoT terbarunya melalui seri Realme Buds Air 5 dan realme Buds T300 yang berbarengan dengan peluncurkan smartphone Realme 11. Seri Realme Buds Air 5 merupakan penerus dari Realme Buds Air 3 yang menawarkan sejumlah peningkatan signifikan, salah satunya adalah kemampuan ANC (Active Noise Cancelling) hingga 50 dB yang bisa dikatakan salah satu ynag terbaik di segmen harganya.

Tak hanya menawarkan peningkatan kemampuan ANC, TWS Realme Buds Air 5 ini juga dibekali dengan driver berukuran lebih besar, yakni 12,4mm Mega Titanizing Driver guna menghadirkan kualitas suara yang lebih bertenaga. Realme juga turut menyematkan TWS andalannya ini dengan fitur terkini seperti Google Fast Pair, Game mode, Bluetooth 5.3, dan banyak lagi. Laptophia berkesempatan untuk menguji TWS canggih andalan Realme ini, penasaran? Simak review Realme Buds Air 5 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!


Paket Pembelian Realme Buds Air 5

Paket Pembelian Realme Buds Air 5

  • Unit TWS Realme Buds Air 5
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Realme Buds Air 5

Desain Realme Buds Air 5

Desain Realme Buds Air 5

Pada review Realme Buds Air 5 kali ini, TWS canggih ini masih mengusung kinsep desain yang mirip dengan pendahulunya, yakni Pebble Classic Design. Hal ini terlihat dari case-nya yang berbentuk oval dengan balutan material plastik yang menggunakan finishing brushed canggih yang memberikan tekstur unik, serta terasa mewah saat digenggam. Realme Buds Air 5 tersedia dalam dua varian warna, yakni Arctic White dan Deep Sea Blue. Kebetulan unit yang Laptophia ulas adalah Deep Sea Blue.

Engsel pada case Realme Buds Air 5 ini terasa cukup solid dan jauh dari kesan ringkih, serta menggunakan mekanisme magnetik. Ukuran case TWS andalan Realme ini sangat ringkas dan ringan, sehingga nyaris tak terasa ketika dimasukkan dalam saku. Earbud yang tersimpan dalam case Realme Buds Air 5 ini juga menggunakan mekanisme magnetik agar earbud tersimpan kuat dan tidak mudah terjatuh.

Sedangkan earbud Realme Buds Air 5 ini mengusung konsep desain yang tak jauh berbeda dengan pendahulunya, Realme Buds 3. Hanya saja, ukurannya sedikit lebih besar. berbeda dengan case-nya yang menggunakan finishing brushed matte, earbud Realme Buds Air 5 ini menggunakan finishing glossy yang terlihat lebih mewah, meski kadang terasa agak licin. Salah satu kelebihan earbud ini adalah tahan cipratan air dengan sertofikasi IPX5.

Desain Realme Buds Air 5

Desain Realme Buds Air 5

Desain Realme Buds Air 5


Tampilan case Realme Buds Air 5 ini terlihat simpel dengan logo Realme dan LED indikator pada bagian depan. Sementara pada sisi bawah terdapat ada port USB Type-C untuk mengisi daya dan tombol untuk pairing. Sementara di sisi belakangnya tidak terdapat tombol atau port apapun.

Baca juga:Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah

Video Unboxing Realme Buds Air 5




Kontrol Realme Buds Air 5

Pada review Realme Buds Air 5 TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Realme yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause dan menjawab telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri atau kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan dua detik pada salah satu earbud untuk berganti mode (ANC, Normal atau Tranparancy) atau untuk menolak telepon

Secara default memang tidak tersedia kontrol volume di Realme Buds Air 5 ini. Namun, pengguna dapat mengaktifkannya melalui pengaturan kontrol sentuh di aplikasi Realme Link. Parameter kontrol sentuh dapat diatur atau diganti sesuai kebutuhan.

Selama hampir seminggu proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Realme Buds Air 5 ini terbilang konsisten dan sensitif.

Review Realme Buds Air 5

Review Realme Buds Air 5

TWS Realme Buds Air 5 menawarkan peningkatan signifikan dengan dukungan driver baru yang lebih besar, yakni 12,4mm Mega Titanizing Driver. Tak hanya itu, Realme juga menyematkan teknologi magnet N52 dengan HTW Wire Coil dipadukan dengan Titanizing Diapraghm untuk menghasilkan suara yang lebih bertenaga, jelas, dan jernih.

Kualitas Suara

Saat review Realme Buds Air 5 ini, Laptophia menyambuungkannya dengan smartphone Realme 11 dan Realme GT Neo 3 80W. Hal yang cukup mengejutkan adalah Laptophia cukup menggunakan volume 30% - 40% saja sudah terdengar nyaring di telinga. Hal ini tak lepas dari ukuran driver yang cukup besar di kelasnya. Impresi awal, Realme Buds Air 5 ini menampilkan karakter atau sound signature V-shape dengan bass yang sangat bertenaga.

Bass yang kuat bisa dikatakan kelebihan dari TWS Realme Buds Air 5 ini dan membuatnya cocok untuk basshead. Saat memainkan lagu Nemesis dari Arch Enemy, dentuman dobel kick drum-nya yang ngebut dapat disajikan dengan baik oleh Realme Buds Air 5. 

Ini menunjukkan bahwa bass yang dihasilkan okeh TWS andalan Realme ini tak hanya kuat dan mendalam, tetapi juga cukup tight dan responsif. Saat memainkan musik jenis EDM, dentuman bass terasa sangat powerful. Bagiyang merasa kurang puas dengan bass-nya, dapat mengaktifkan fitur dynamic bass atau mengaktifkan preset Bass Boost. Laptophia sendiri bukan seorang basshead, sehingga preset natural balance sudah sangat memuaskan.

Sementara di segmen mid, TWS Realme Buds Air 5 ini tampak menunjukkan taringnya. Suara vokal pria maupun wanita terdengar agak maju dan tepat di tengah, serta jelas dan jernih. Bahkan saat memainkan lagu Our Decades in the Sun milik Nightwish, suara vokal Jansen Floor disajikan dengan  detail hingga terdengar nafasnya. 

Saat memainkan lagu Burn Alive milik AxeWound, suara vokal screamingnya terasa sangat detail dan bertesktur, sehingga terdengar kian gahar bersama distorsi gitar yang disajikan dengan detail yang terbilang mantap. 

Sedangkan untuk treble, Realme Buds Air 5 ini menawarkan tingkat detail yang cukup baik, jernih, dan tidak terasa tajam di telinga. Separasi antar instrumen yang diihasilkan oleh Realme Buds Air 5 ini bisa dikatakan baik di kelasnya. 

baca juga:Review Realme Narzo 50 5G: Smartphone 5G Kompeten dengan Harga Terjangkau

Ini terlihat saat memainkan lagu dengan instrumen rumit seperti The Poet And The Pendulum milik Nightwish yang mampu menyuguhkan detail suara dari masing-masing instrumen dengan baik dan tidak menumpuk satu sama lain. Soundstage Realme Buds Air 5 terasa lebih lega dan megah jika dibandingkan dengan Realme Buds Air 3.

Aplikasi Realme Link

Aplikasi Realme Link


Fitur yang dimiliki TWS Realme Buds Air 5 tergolong lengkap dan kita dapat mengakses, serta memaksimalkannya melalui aplikasi Realme Link. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat mengubah mode noise control yang meliputi Noise Cancellation, Off (Normal), dan Transparency. Kita juga dapat mengaktifkan fitur Smart de-wind yang meningkatkan kemampuan peredaman suara atau noise yang ditimbulkan oleh angin sekitar.

Selain itu, pengguna dapat memantau status baterai Realme Buds Air 5 melalui aplikasi ini. Bagi yang kurang puas dengan performa suara default dari TWS andalan Realme ini, dapat melakukan tuning melalui fasilitas Sound Effect yang di dalamnya terdapat empat mode preset (Clear Vocals, Nature Balance, Clear Bass, dan Bass Boost) dan equalizer yang bisa di-customize sesuai selera.

Headset Realme Buds Air 5 ini sebenarnya mendukung fitur Dolby Atmos. Namun, fitur ini hanya dapat aktif ketika dipasangkan dengan smartphone Realme yang mendukung fitur tersebut. Pada review Realme Buds Air 5 kali ini, fitur Dolby Atmos muncul saat laptophia pasangkan dengan Realme GT Neo 3.

Selain itu, kita juga dapat mengatur fungsi kontrol sentuh dan mengaktifkan game mode di Realme Buds Air 5. TWS ini juga menyediakan fitur Dynamic Bass yang mampu meningkatkan atau mengurangi kuantitas bass sesuai selera. Sayangnya, fitur dual connection yang ada Realme Buds Air 3 tidak tersedia Buds Air 5.

Kualitas Telepon & Delay

Saat Laptophia gunakan Realme Buds Air 5 untuk telepon melalui jaringan seluler dan WhatsApp, suara yang dihasilkan cukup nyaring dengan kondisi sinyal yang baik. Saat laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, dukungan 6-mic Call Noise Cancellation sangat membantu mengurangi background noise secara signifikan sehingga lawan bicara dapat mendengar suara kita dengan lebih jelas. 

Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, delay tidak terasa. Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Realme Buds Air 5 mulai terasa. Akan tetapi, Realme Buds Air 5 memiliki gaming mode yang ketika diaktifkan, delay hampir tak lagi dirasakan karena mode ini menawarkan response time yang sangat cepat, yakni 45ms saja.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!


Realme Buds Air 5 ini mengusung desain earbud yang mirip dengan Realme Buds Air 3, tetapi ukurannya sedikit lebih besar. Ukuran yang agak besar ini mungkin kurang nyaman bagi mereka yang memiliki daun telinga yang kecil. Meski demikian, Laptophiamerasa nyaman menggunakan Realme Buds Air 5 untuk mendengarkan musik atau menonton movie dalam waktu lama.

Kompatibilitas headset true wireless stereo Realme Buds Air 5 terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Realme 11 dan Realme GT Neo 3 dengan aplikasi Realme Link terinstal di dalamnya. Tentunya, Realme Buds Air 5 tetap kompatibel dengan smartphone Android lainnya atau iPhone. 

Selama seminggu proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan tudak pernah terjadi disconnect. Selain itu, Realme Buds Air 5 juga mendukung fitur Google Fast pair yang membuatnya dapat terhubung dengan smartphone dengan cepat dan mudah. Namun, fitur Dolby Atmos hanya muncul di smartphone Realme yang mendukung Dolby Atmos saja. Pada pengujian di atas, fitur ini muncul di smartphone Realme GT Neo 3.

Performa ANC

Review Realme Buds Air 5: Suara Makin Jernih bertenaga, ANC Terbaik di Kelasnya!


Keunggulan utama pada review Realme Buds Air 5 kali ini adalah fitur ANC (Active Noise Cancelling) yang mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan generasi sebelumnya. Realme Buds Air 5 menghadirkan kemampuan ANC hingga 50dB, meningkat sdrastis dari Realme Buds Air 3 yang hanya 42dB. Peningkatan ini dapat dicapai dengan menggunakan desain mikrofon noise cancellation ganda, yakni mikrofon feed forward (FF) dan mikrofon feedback (FB) untuk mengurangi noise eksternal maupun internal.

Tak hanya itu, TWS Realme Buds Air 5 juga mendukung kemampuan 4000Hz Ultra-wide Band Noise Cancellation berkat dukungan chipset enam inti dan peningkatan bandwidth noise cancellation hingga 33%. realme juga menyematlan fitur pintar Smart Adaptive Noise Cancellation yang menyesuaikan ANC sesuai dengan noise sekitar pengguna, misalnya di jalan atau di dalam ruangan. Ini sebuah fitur menark dan jarang dimiliki oleh kompetitornya. 

Saat Laptophia jajal performa ANC di TWS Realme Buds Air 5 ini, ternyata memang makin mantap. Noise atau kebisingan dari luar sangat tereduksi dan nyaris tak lagi terdengar mengganggu. Kebetulan depan markas Laptophia adalah bengkel las yang sangat berisik dan mengganggu saat menikmati konten multimedia. Ketika mengaktifkan ANC di Realme Buds Air 5, suara berisik dari mesin las dan pemotong besi nyaris tak terdengar karena diblokir dengan baik oleh TWS ini. Ini bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelas harganya.

Baterai

Sama seperti pendahulunya, Realme Buds Air 5 dibekali dengan baterai berkapasitas 43mAh untuk setiap earbud. Sedangkan baterai dalam case Realme Buds Air 5 ini berkapasitas 460mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 22 jam dengan ANC aktif atau 38 jam dengan mode ANC nonaktif. 

Berdasarkan hasil review Realme Buds Air 5 yang Laptophia lakukan, headset ini bertahan rata-rata hampir 5 jam saja menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 40% - 50% dengan ANC aktif. Saat mode ANC dinonaktifkan, baterai bisa bertahan hingga 6 atau 7 jam. Penggunaan sehari-hari saat Laptopia uji selama seminggu terakhir ini rata-rata bertahan hingga 2 hari lebih.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds Air 5 bisa dikatakan sebagai salah satu headset TWS dengan fitur ANC terbaik di kelas harganya. Ini layak dipertimbangkan bagi konsumen yang membutuhkan fitur ANC yang bisa diandalkan dengan harga yang sangat kompetitif. 

Tak hanya ANC, kualitas suara Realme Buds Air 5 juga mengalami peningkatan dari pendahulunya dengan karakter suara yang kian bertenaga dan cocok bagi penggemar bass yang kuat. Sayangnya, fitur dual connection tak lagi tersedia dan Dolby Atmos hanya dapat dinikmati di smartphone Realme seri tertentu. Meski demikian, Realme Buds Air 5 adalah salah satu TWS ANC terbaik di kelas harganya yang layak dipertimbangkan

Kelebihan Realme Buds Air 5

  • Ringkas, ringan, dan stylish
  • Kualitas suara kian jernih dan bertenaga
  • ANC makin mantap
  • Bass responsif

Kekurangan Realme Buds Air 5

  • Tidak mendukung wireless charging

Harga Realme Buds Air 5

Harga Realme Buds Air 5 terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia terima dari press release yang dikirimkan oleh Realme adalah Rp 699.000. TWS Realme Buds Air 5 ini tersedia secara resmi di seluruh Indonesia dengan harga khusus Rp 649.000, selama periode Flash Sale pada 28 Agustus 2023 pukul 12:00 WIB. 

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Realme Buds Air 5 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme Buds Air 5

  • Merk Realme
  • Model: Buds Air 5
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset BES 2600IHC-4M
  • Tipe driver 12,4mm dinamis Mega Titanizing Driver (Titanizing Diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 113.6dB±2dB
  • 50dB Active Noise Cancellation
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP, SPP, dan A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -38dB±1dB
  • Input maksimal 130mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Charging port USB Type-C
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 460 mAh
  • Berat Earbud: 4.4 gram; With charging case: 45.5 gram
  • Dimensi Earbud: 30.8 x 20 x 24 mm; Charging case: 68.1 × 50.8 × 23.8 mm
  • Warna Arctic White dan Deep Sea Blue
Anda mungkin suka:Review Realme GT Neo 3 80W: Smartphone Serba Kencang Berdesain Racing
10 komentar

10 komentar

  • Niken
    Niken
    1 September 2023 pukul 19.32
    Wah asik nih buat denger musik tanpa keganggu sama suara luar 😍 harganya aja agak mayan mehong hehhee
    • Niken
      Ditya Pandu
      6 September 2023 pukul 23.34
      Ini sebenarnya udah agak murah. Sebelumnya TWS atau headset wireless dengan fitur ANC paling murah sejutaan lebih hehehe
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    1 September 2023 pukul 19.23
    Ada nggak sih TWS yang ada ANC nya tapi harganya lebih miring gitu 😅
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      6 September 2023 pukul 23.34
      Alternatif lain bisa beli realme buds Air 3 (generasi sebelum ini) atau Realme Buds T300 yang emang lebih murah
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    28 Agustus 2023 pukul 20.33
    Mantap ini, Jadi pengen. Belum pernah ngrasain future anc 😁
    • Anonim
      Ditya Pandu
      30 Agustus 2023 pukul 23.30
      Gass beli dan rasakan sensasi kuping budeq kwkwkw
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    28 Agustus 2023 pukul 10.12
    Aplikasi realme Link itu kompatibel dengan semua Android? Kalau di iOS ada nggak ya?
    • Anonim
      Ditya Pandu
      30 Agustus 2023 pukul 23.30
      kalau saya cek infonya, Realme Link ini tersedia kok di iOS
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    27 Agustus 2023 pukul 23.54
    Wuih desainnya cakep yak... Karakter suaranya lebih all rounder ya, cocok untuk semua genre kah?
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      30 Agustus 2023 pukul 23.30
      kali realme Buds air 5 ini emang all-rounder, semua cocok kak... Terutama yang suka bass jedag-jedug
    Reply