eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni

Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni - Realme 11 adalah senjata terbaru Realme Indonesia untuk menggebrak pasar smartphone kelas menengah, khususnya segmen harga 3 jutaan. Mengusung tagline Tagline “Leap Beyond the Competition”, Realme 11 ini dirancang untuk mengungguli pesaingnya di segmen yang sama. Salah satu kelebihan utama Realme 11 adalah dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang dilengkapi dengan fitur fast charge tercepat di kelasnya, yakni SuperVOOC 67W.

Sektor dapur pacu, smartphone Realme 11 ini masih sama dengan pendahulunya yang mengandalkan dukungan SoC MediaTek Helio G99 MT8781 dipadukan RAM 8GB, serta dibekali memori internal yang besar, yakni 256GB. Tak hanya itu, Realme 11 menawarkan kemampuan fotografi di atas rata-rata dengan dukungan kamera utama 108MP ProLight. Lalu sehebat apa smartphone ini? Simak review Realme 11 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni


Paket Pembelian Realme 11

Paket Pembelian Realme 11

  • Unit Realme 11 8GB/256GB Glory Gold
  • Kepala charger SuperVOOC 67W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Screenguard (terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme 11

Desain Realme 11

Desain Realme 11

Desain yang cantik dan stylish menjadi daya tarik utama pada review Realme 11 kali ini. Selama ini Realme memang selalu hadir dengan konsep desain yang berbeda dan unik di setiap serinya. Smartphone Realme 11 kali ini tampil dengan konsep Glory Halo Design yang mengusung casing belakang glossy yang dilengkapi tekstur glitter yang mewah. Bahkan, casing belakangnya mampu menampi S-shaped shadow atau gradasi warna yang membentuk huruf S secara dinamis sesuai sudut pandang dan cahaya sekitar. Realme 11 tersedia dalam dua varian warna dan unit yang Laptophia ulas adalah varian warna Glory Gold.

Selain casing belakangnya yang cantik, bagian yang paling menonjol dari desain Realme 11 adalah bentuk housing kameranya yang bulat dan agak menonjol. Realme menyebutnya sebagai Halo kamera dengan lingkaran bertekstur tangga emas yang  yang terinspirasi mahkota jam tangan premium. Hal ini membuat penampilan Realme 11 sangat berbeda dengan pesaingnya karena terkesan premium, mewah, dan stylish.

Sementara jika dilihat dari depan, Realme 11 tampil dengan layar sentuh punch hole 6,4 inci dengan bezel kanan, kiri dan atas yang cukup tipis. Smartphone ini menggunakan frame flat yang modern dan sudut rounded yang membuatnya nyaman digenggam. Selain itu, Realme 11 terbilang tipis karena ketebalannya hanya 7,95mm saja. Secara umum, build quality Realme 11 ini solid dan terasa mewah untuk kelas harganya.

Desain Realme 11

Desain Realme 11

Desain Realme 11

Desain Realme 11

Baca juga:Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Pada review Realme 11 kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar Super AMOLED 90Hz full HD+ 2.5D berukuran 6,4 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Smartphone Realme 11 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme 11 dilindungi kaca antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan sudah dilengkapi dengan screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 11 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray SIM card triple slot. Sisi atas ponsel dengan kamera 108MP bertenaga Helio G99 ini terdapat microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 11 ini terdapat dua buah kamera dengan dekorasi Halo, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme 11 Pro 5G dan 11 Pro+ 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Video Unboxing Realme 11




Software Realme 11

Software Realme 11

Smartphone stylish dengan tagline "Leap Beyond the Competition" Realme 11 sudah menggunakan sistem operasi Android 13 terbaru dengan balutan antarmuka Realme UI 4.0 yang nyaman digunakan. Sejauh ini tim Laptophia belum mendapat informasi mengenai jaminan update smartphone ini, tetapi biasanya Realme memberikan setidaknya dua kali upgrade OS dengan tiga tahun update security patch.

Antarmuka Realme UI 4.0 di Realme 11 ini telah mendukung aneka fitur baru yang dikembangkan oleh Realme untuk kenyamanan pengguna, yakni ikon yang lebih intuitif, layout card-style baru, 79 face traits baru di Omoji, fitur Large Folders, dynamic homescreen widgets, Auto Pixelate, Private Safe, dan Quantum Animation Engine 4.0 yang membuat animasi lebih mulus dan smooth.

Tampilan antarmuka Realme UI 4.0 di smartphone Realme 11 relatif rapi dan customizable sehingga tidak mudah bosan. Opsi kostumisasi dapat diakses melalui satu tempat saja, yakni Settings > Wallpapers & style. Pengguna dapat mengatur Themes, Wallpaper, Icon, App Layout, Colors, Font, dan juga Quick Settings.

Pada review Realme 11 kali ini, fitur keamanan yang diusungnya cukup lengkap dan salah satu andalannya adalah dibekali fitur NFC untuk top up dan cek saldo e-money, serta fungsi lainnya seperti transfer file dan transaksi digital. Smartphone Realme 11 dibekali sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power pada sisi samping. Saat Laptophia menjajalnya, performa sensor sidik jari ini dapat diandalkan dan cukup sensitif mengenali sidik jari.

Review Realme 11: Desain Cantik, Performa Kencang, dan Kamera Mumpuni


Fitur yang disediakan Realme UI 4.0 di Realme 11 terbilang cukup lengkap dan berguna. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Always on Display, Eye comfort, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE), screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Simple Mode, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Flexible Windows, Smart Assistant, Hide Apps, App Lock, App Cloner, Quick Return, Quick Launch, dan banyak lagi.

Sedangkan aplikasi bawaan yang terinstal di Realme 11 ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, App Market, Facebook, Fineasy, Finmart, J&T Express, J&T Cargo, TikTok, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Shopee, Spotify, WPS Office, Tomoro Coffee, ORoaming, Tokopedia, Twitter, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, realme UI 4.0 di smartphone Realme 11 ini tampil dengan antarmuka yang menarik, rapi, dan mudah di kostumisasi. Performanya terbilang gegas dan minim bug, serta fitur yang sangat lengkap. Sayangnya, beberapa aplikasi bawaannya seperti Music dan yang lainnya menampilkan iklan.

Performa Realme 11

Performa Realme 11


Performa kencang untuk kelas harganya menjadi daya tarik dari review Realme 11 menurut Laptophia. Sama seperti Realme 10 yang tak lain adalah pendahulunya, Realme 11 ditenagai oleh SoC (System on Chip) MediaTek Helio G99 MT8781 dengan teknologi 6nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB dengan fitur virtual RAM hingga 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2 yang powerful.

Apa istimewanya Helio G99 di Realme 11 ini? MediaTek Helio G99 ini adalah salah satu SoC 4G generasi baru yang menggunakan teknologi fabrikasi 6nm yang lebih modern. Penggunaan teknologi fabrikasi yang lebih kecil secara teori membuat suhunya lebih dingin dan hemat konsumsi daya.  Tak heran, Helio G99 ini menawarkan performa yang powerful, stabil, dan baterai yang lebih irit.

Berdasarkan pengujian sintetis yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone Realme 11 ini mampu mencetak skor yang cukup tinggi, yakni lebih dari 420 ribu poin untuk AnTuTu v10. Jelas, Realme 11 menjadi salah satu smartphone powerful untuk segmen harganya. Bandingkan dengan pesaing terdekatnya dengan kelas harga yang sama masih ditenagai SoC Snapdragon 680.

Selama proses pengujian, Laptophia menggunakan Realme 11 sebagai perangkat kedua. Beberapa aplikasi yang sering dijalankan seperti sosial media, Snapseed, Canva, CapCut, Zoom meeting, dan sebagainya dapat bterasa responsif. Perpindahan antar aplikasi dan animasi transisi juga smooth tanpa lag. Jelas, Realme 11 sudah lebih dari cukup untuk komunikasi sehari-hari dan multitasking, terlebih sudah didukung RAM 8GB dan fitur Dynamic RAM 8GB.

Baca juga:Review Realme Narzo 50 5G: Smartphone 5G Kompeten dengan Harga Terjangkau

Sehebar apakah Realme 11 untuk memainkan game? Game mainstream di Android rata-rata dapat dimainkan dengan lancar oleh Realme 11, seperti Mobile Legends: Bang Bang, Call of Duty Mobile, Asphalt 9, PUBG Mobile, dan sebagainya. Beberapa diantaranya dapat dengan lancar dengan setting grafis High. Sedangkan untuk game berat seperti Genshin Impact, masih dapat diladeni oleh Realme 11 meski dengan setting grafis low.

Selama proses review dan bermain game, suhu smartphone Realme 11 ini relatif terkontrol dan hanya terasa hangat pada bagian belakangnya. Berikut ini hasil benchmark Realme 11 oleh tim Laptophia.

Benchmark Realme 11

Benchmark Realme 11
Device Info HW

Benchmark Realme 11
Geekbench 6

Benchmark Realme 11
AnTuTu v10

Benchmark Realme 11
PCMark 10

Benchmark Realme 11
3DMark

Benchmark Realme 11
Basemark OS II

Benchmark Realme 11
Androbench

Benchmark Realme 11
Sensorbox for Android dan Multitouch Tester

Review Kamera Realme 11

Review Kamera Realme 11

Sektor fotografi, Realme 11 menawarkan upgrade yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya di bagian kamera utamanya. Smartphone dengan desain stylish ini dibekali dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel dengan enam elemen lensa 25mm aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama yang berkekuatan 108MP yang digunakan oleh Realme 11 ini mengusung sensor canggih dari Samsung ISOCELL HM6 yang juga sebelumnya disematkan di Realme 9 4G dan Realme 10 Pro 5G. Kelebihan sensor ini adalah dibekali dengan teknologi Nonapixel Plus yang menggabungkan 9 piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12MP. 

Salah satu kelebihan kamera Realme 11 ini adalah dibekali fitur 3x in-sensor zoom yang merupakan salah satu fitur canggih dari sensor Samsung ISOCELL HM6. Fitur ini dipadukan dengan algoritma penggabungan piksel yang canggih memberikan kemampuan pada kamera belekangnya untuk melakukan lossless zoom hingga 3x dengan kualitas setara optical zoom.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor atau portrait. Kombinasi kedua kamera ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang artistik melalui mode Portrait. 

Kamera depan Realme 11 cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/3 inci 1um piksel dengan lensa 27mm aperture f/2.5 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang maupun kamera depannya hingga resolusi full HD @30 fps.

Review Kamera Realme 11

Realme 11 menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme yang tampil dengan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme 11 ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme 11 ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Street, Video, Photo, Portrait, 108M, Movie, Tilt Shift, Dual View Video, Time-Lapse, Slo-Mo, Text Scanner, Pro, dan Pano. Pada Mode Pro, Laptophia bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 30s), MF, dan fokus distance. Hebatnya lagi, Realme 11 juga mendukung mode pengambilan gambar RAW yang biasanya hanya tersedia di smartphone premium.

Review Kamera Realme 11

Lalu sehebat apa kemampuan kamera utama Realme 11 yang berkekuatan 108MP ini? Foto yang dihasilkan oleh kamera utama Realme 11 ternyata mampu melebihi ekspektasi tim Laptophia dan bisa dikatakan salah satu yang terbaik untuk kelas harganya. Optimasi Realme tampaknya mampu mengeluarkan semua potensi yang dimiliki oleh sensor Samsung ISOCELL HM6 dengan baik

Saat siang hari dengan kondisi cahaya melimpah, Realme 11 mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang bisa dikatakan di atas rata-rata, tajam, kontras yang pas, dan karakter saturasi warna punchy yang membuat foto terlihat hidup. Hanya saja ketika Laptophia penyajian detail dedaunan tampak kurang natural karena terlihat adanya penajaman lebih. 

Dynamic range secara default sudah cukup wide dan mampu menyajikan area terang atau highlight dan bayangan atau shadow dengan baik. Mode HDR hanya tersedia mode auto dan off. Laptophia sendiri memilih untuk selalui dalam mode HDR auto untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Lalu bagaimana dengan kemampuan 3x in-sensor zoom di Realme 11? Saat Laptophia mencobanya, hasilnya tak mengecewakan. Kualitas fotonya memang tak persis sama dengan 3x optical zoom, tetapi masih jauh lebih baik dibandingkan digital zoom. Tingkat detail yang dihasilkan masih sangat tinggi dengan karakter warna yang sama. Kualitasnya masih bagus untuk dibagikan di sosial media.

Mode portrait di Realme 11 ini performanya cukup baik. Separasi antara subyek dengan background cukup rapi dan efek blur-nya pun menyenangkan, serta lebih natural. Laptophia menggunakan virtual aperture f/2.8 agar bokeh yang dihasilkan lebih alami dan separasi yang rapi.

Salah satu keunggulan Realme 11 adalah kecepatan autofokus kamera utama yang gegas dan sangat bisa diandalkan. Hal ini tak lepas dari kemampuan semua piksel dilengkapi dengan PDAF, akurasi fokus Realme 11 diklaim sembilan kali lebih tinggi dari sensor ISOCELL HM2 yang tak lain adalah pendahulu ISOCELL HM6. Kamera utamanya dengan cepat dapat fokus pada subyek foto macro dengan akurat.

Laptophia menjajal kamera smartphone stylish ini untuk memotret aneka subyek berukuran kecil seperti bunga, serangga, dan sebagainya. Hasil foto macro kamera utama Realme 11 ini kualitasnya memuaskan dengan detail tinggi, warna punchy, dan tajam. Saat memnggunakan in-sensor zoom 3x, hasilnya pun masih cukup bagus dengan efek bokeh yang kian artistik.

Performa kamera 108MP ProLight yang diusung Realme 11 saat malam hari boleh di bilang di atas rata-rata untuk kelas harganya. Performa autofokusnya memang sedikit mengalami penurunan, tetapi masih cukup stabil dan jarang menghasilkan foto yang blur saat malam hari.

Kualitas foto malam hari Realme 11 mampu menghasilkan tingkat detail yang cukup  baik dengan noise yang terkontrol, dynamic range masih oke, dan saturasi warnanya masih cukup baik. Selain itu, penanganan terhadap sumber cahaya atau lampu yang tetap mempertahankan detail, serta meminimalkan blown light atau sumber cahaya pecah. 

Baca juga:Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan

Hal menarik dari review kamera Realme 11 adalah Mode Night yang diusungnya. Realme menggabungkan 9 piksel menjadi 1 piksel super besar agar dapat menyerap lebih banyak cahaya, sehingga realme 11 dapat meningkatkan kualitas gambar malam hari dan kemampuan pengendalian noise. 

Saat Laptophia coba, mode ini mampu mengahsilkan foto malam dengan kualitas yang lebih baik dengan peningkatan eksposure yang signifikan, detail, noise yang lebih minim, dan juga dynamic range yang lebih luas. Anda dapat melihat perbedaannya di sampel foto di bawah ini.

Sedangkan performa kamera depan 16MP yang diusung Realme 11 ini juga bisa menunjukkan performa yang baik. Foto selfienya menghasilkan detail yang sangat baik, tone warna yang memuaskan, dan bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. Performa mode portrait kamera depan juga relatif tak jauh berbeda dengan kamera belakang.

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11
Normal

Hasil Foto Kamera Realme 11
3x in-sensor zoom

Hasil Foto Kamera Realme 11
Normal

Hasil Foto Kamera Realme 11
3x in-sensor zoom

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme 11
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme 11
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Hasil Foto Kamera Realme 11

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Hasil Foto Kamera Depan Realme 11

Foto selfie mode portrait

Review Realme 11

Review Realme 11


Layar

Sektor layar adalah salah satu daya tarik pada review Realme 11 menurut Laptophia. Spesifikasinya memang tak jauh berbeda dengan Realme 9 4G atau Realme 10 yang menyematkan layar 6,4 inci AMOLED dengan refresh rate 90Hz dengan resolusi full HD+. Layar Realme 11 ini mampu menghasilkan gambar yang tajam, warna yang hidup. Refresh rate yang mencapai 90Hz membuat animasi dan scrolling terlihat lebih smooth dan nyaman di mata.

Respon touchscreen Realme 11 ini relatif responsif dan tak ada masalah saat digunakan untuk bermain game. Hal yang menarik dari layar Realme 11 ini adalah mampu menghasilkan kecerahan hingga 1000 nits (peak)! Artinya, layar smartphone cantik sangat terang dan andal meski digunakan di luar ruangan atau di bawah terik matahari. Layar realme 11 ini dilindungi dengan proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass 5 dan masih dilengkapi dengan screenguard yang terpasang dari pabrik.

Audio

Smartphone Realme 11 hanya dibekali single speaker atau satu buah speaker mono yang terletak di sisi bawah ponsel. Sebenarnya akan lebih menarik jika smartphone ini dibekali speaker stereo seperti para pesaingnya. Meski demikian, speaker Realme 11 mampu menghasilkan volume suara yang nyaring. Kualitas single speakernya bisa dikatakan cukup baik dengan tingkat detail yang baik, treble yang renyah, dan mid cukup menonjol.

Baca juga:Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Untuk pengalaman yang lebih imersif, pengguna dapat menyambungkan Realme 11 dengan headset berkabel atau sepasang TWS (True Wireless Stereo). Laptophhia sendiri menguji Realme 11 dengan TWS Realme Buds Air 5. Keluaran suara saat menggunakan headset cukup imersif dan balance, serta masih dapat ditingkatkan dan dikostumisasi melalui fitur Real Sound Technology.

Memori

Smartphone berdesain cantik dengan kamera mumpuni Realme 11 yang Laptophia ulas ini hadir dalam satu varian saja, yakni 8GB/256GB. Memori internal Realme 11 yang mencapai 256GB dengan teknologi UFS 2.2 yang responsif ini bisa dikatakan besar di kelasnya karena sebagian pesaingnya masih berkutat dengan kapasitas 128GB saja. 

Realme 11 menyisakan memori internal sekitar 212,63GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,7GB – 3,8GB. Smartphone cantik ini mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD dengan type dedicated slot.

Baterai

Baterai menjadi salah satu kelebihan dari review Realme 11 kali ini menurut Laptophia. Smartphone stylish yang dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang rata-rata mampu bertahan seharian penuh dengan SoT 6 - 7 jam untuk penggunaan non gaming yang cukup intensif. Laptophia menggunakan Realme 11 sebagai daily driver untuk komunikasi, sosial media, streaming YouTube, dan kadang edit video ini rata-rata mampu bertahan 1,5 hari.

Tentunya daya tahan baterai Realme 111 bisa lebih singkat atau lebih lama seusai dengan pola penggunaan masing-masing. Realme juga membekali smartphone cantik ini dengan fitur fast charge SuperVOOC 67W yang di dalamnya terdapat 38 lever proteksi untuk menjamin keamanannya. Kinerjanya sendiri cukup cepat, Laptophia mengisi baterai dari 5% ke 100% hanya butuh waktu 47 menit.

Kesimpulan 

Secara umum, Realme 11 ini adalah sebuah smartphone yang menawarkan performa powerful dengan daya tahan baterai awet, lengkap dengan fitur fast charge SuperVOOC 67W tercepat di kelasnya. Smartphone ini juga menawarkan kemampuan kamera 108MP ProLight yang bisa diandalkan di segala kondisi cahaya dan menawarkan kualitas jepretan di atas rata-rata untuk kelas harganya.

Spesifikasi dan kemampuan canggih Realme 11 ini dibalut dengan desain stylish yang mewah. Sayangnya, smartphone ini masih belum dibekali fitur speaker stereo dan kamera ultra wide angle. Meski demikian, Realme 11 merupakan sebuah upgrade signifikan dari pendahulunya dan salah satu smartphone harga 3 jutaan yang sangat layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme 11

  • Desain cantik dan stylish
  • Layar AMOLED 90Hz berkualitas
  • Performa kompeten dengan Helio G99
  • Kamera mumpuni dan bisa diandalkan
  • Memori internal besar
  • Baterai awet dan fast charge SuperVOOC 67W

Kekurangan Realme 11

  • Speaker masih mono
  • Tidak dilengkapi kamera ultra wide angle

Harga Realme 11

Harga smartphone Realme 11 RAM 8GB ROM 256GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 3.599.000. Berdasarkan hasil review Realme 11 oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini menunjukkan performa cukup kencang, desain yang cantik, dan kamera yang mumpuni di segmen harganya.

Flash Sale perdana Realme 11 pada 28 Agustus 2023 mulai pukul 12:00 WIB dengan harga spesial Rp 3.499.000 secara eksklusif melalui realme.com, Shopee, dan akulaku. Selama periode flash sale, konsumen akan mendapatkan bonus berupa TWS Realme Buds T100. Smartphone ini akan tersedia secara online dan offline  pada 1 September 2023. 

Selain itu, Realme juga menjamin pengguna dengan layanan Leap Up Service meliputi gratis stiker bergambar edisi khusus untuk smartphone, perpanjangan masa pergantian unit, serta gratis penggantian anti gores, syarat dan ketentuan berlaku.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Realme 11 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme 11

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0
  • Chipset MediaTek Helio G99 MT8781 (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Dua kamera belakang, kamera utama 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel, lensa 25mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor SK Hynix Hi-1364Q 1/3 inci 1um piksel, lensa 27 mm aperture f/2.5, AI Beauty
  • Layar sentuh punch hole 2.5D berukuran 6,4 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel, kerapatan 411 ppi (pixel per inch), 1000 nits (peak), 90Hz refresh rate, panel Super AMOLED, Gorilla Glass 5
  • Memori RAM 8GB, ROM 256GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD max 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), port audio 3,5mm, NFC
  • Dimensi 159.9 x 73.3 x 7.95 mm berat 178 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 5000mAh, non-removable, fast charge SuperVOOC 67W
  • Warna Dark Glory dan Glory Gold
Anda mungkin suka:Review Realme GT Neo 3 80W: Smartphone Serba Kencang Berdesain Racing
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

8 komentar

  1. Ini cakep sih desainnya, kamera juga mantap harga 3 jutaan 😍 tapi cuma pakai helio g99 tu rasanya kayak gimana gitu 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho ndak ada masalah kok sama Helio G99 ini. Enak buat harian maupun gaming, irit baterai lagi

      Hapus
  2. kameranya oke juga untuk harga segini.... kira2 bagus mana ya sama Vivo Y36 4G atau Oppo A78 4G? 🤔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah belum pernah nyobain Vivo Y36 4G atau Oppo A78 4G sih, secara teori masih unggul Realme 11 ini karena nggak cuma resolusinya aja yang gede, tapi juga ukuran sensornya lebih besar

      Hapus
  3. Nggak nyangka sih, kameranya bisa sebagooosss ini... 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang cakep kameranya untuk harga 3 jutaan, gasss angkut!

      Hapus
  4. Buat bikin konten anak kuliahan cocok nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau sekadar reels atau TikTok masih mantap 👍

      Hapus