eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan - Hari ini Realme Indonesia secara resmi telah meluncurkan smartphone Realme 9 4G dan laptop canggih Realme Book Prime. Laptop Realme Book Prime ini dirancang khusus untuk kreator muda dengan slogan "Dare To Create" yang membutuhkan performa kencang dengan ukuran yang tetap tipis, serta bobot yang ringan. Realme Book Prime ini tampil dengan desain minimalis yang elegan dengan all-metallic body yang kokoh, serta tersedia tiga varian warna menarik, yakni Real Grey, Real Green, dan Real Blue.

Sektor dapur pacu, laptop Realme Book Prime ini tak main-main dengan dukungan prosesor Intel Core i5-11320H dari keluarga Intel Core 11th Gen Tiger Lake H35 yang ditandemkan dengan RAM 8GB. Performa kencang yang dihasilkan Realme Book Prime dipadukan dengan layar 14 inci 2K Full Vision Display dengan aspek rasio 3:2 ini siap mengakomodasi kreativitas content creator muda. Penasaran sehebat apa laptop tipis ini? Simak review Realme Book Prime oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan


Paket Penjualan Realme Book Prime

Paket Penjualan Realme Book Prime

  • Unit laptop Realme Book Prime warna Real Grey
  • Kepala charger 65W
  • Kabel USB Type-C
  • User Guide
  • Kartu garansi

Desain Realme Book Prime

Desain Realme Book Prime

Sisi desain menjadi kelebihan tersendiri pada review Realme Book Prime oleh tim Laptophia kali ini. Konsep desaion laptop tipis andalan Realme ini cenderung minimalis dan elegan dengan bodi metal all-metallic body yang kokoh, serta tersedia dalam tiga varian warna menarik. Kebetulan unit Realme Book Prime yang Laptophia terima adalah varian Real Grey. Bagian LID cover tidak terdapat ornamen apapun, hanya logo Realme dengan finishing chrome yang menarik.

Bagian interior laptop Realme Book Prime ini tak kalah minimalis dengan deretan keyboard chiclet dipadukan dengan touchpad berukuran cukup besar di kelasnya. Hal yang menarik adalah layar laptop Realme Book Prime ini dibekali bezel atau bingkai yang amat tipis, bahkan sekilas seperti frameless dengan screen to body ratio mencapai 90%. Sementara bezel bawahnya agak tebal dengan logo Realme tercetak di tengahnya.

Kelebihan laptop Realme Book Prime ini adalah ukurannya yang ringkas dan tipis dengan ketebalan hanya 14,9mm saja. Selain itu, bobot laptop ini juga cukup ringan di kelasnya yakni hanya 1,37 kilogram saja. Tak heran, laptop ini cocok bagi generasi muda yang memiliki mobilitas tinggi. Build quality laptop Realme Book Prime ini terbilang solid dan bagian sudutnya tidak terasa tajam, sehingga nyaman ketika dibawa dengan tangan. 

Baca juga:Review Realme Narzo 50A, Daya Tahan Baterai Mumpuni dengan Kamera 50MP

Realme Book Prime

Realme Book Prime

Sayangnya, desain minimalis di laptop Realme Book Prime juga diikuti dengan kehadiran port yang minim. Ini sebenarnya bisa dimaklumi mengingat desain yang ditawarkan cukup tipis. Sisi kanan laptop terdapat sebuah port USB 3.2 Gen 1 Type A dan port audio 3,5mm. Sedangkan sisi kiri terdapat port Thunderbolt 4 yang juga mendukung USB4, Power Delivery & Display Port, serta sebuah port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang juga mendukung Power Delivery & Display Port.

Sementara pada sisi bawah laptop Realme Book Prime terdapat dua buah speaker stereo dan lubang ventilasi. Sedangkan lubang exhaust atau pembuangan panas terletak di antara engsel yang terbuka ketika LID cover laptop dibuka.

Performa Realme Book Prime

Performa Realme Book Prime

Performa yang powerful di kelasnya menjadi daya tarik utama pada review Realme Book Prime kali ini. Realme memang merancang laptop ini untuk kreator konten muda yang membutuhkan performa kencang dengan harga yang kompetitif dengan slogan "Dare to Create".

Realme Book Prime ditenagai oleh prosesor Intel Core i5-11320H quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake H35 atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 3,2GHz dan TurboBoost hingga 4,5GHz. Laptop ini didukung memori RAM sebesar 8GB jenis LPDDR4x-4266Mhz dual-channel onboard, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Prosesor Intel Core i5-11320H yang digunakan oleh laptop tipis dan ringan ini menawarkan kinerja yang kencang karena sudah menggunakan arsitektur Willow Cove terbaru dengan TDP 35 watt yang dipadukan dengan teknologi fabrikasi 10nm SuperFIN yang membuatnya tetap efisien konsumsi dayanya. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, prosesor ini menawarkan peningkatan performa single-core hingga 9,6% dan peningkatan performa multi-core hingga 21,8%.

Tim Laptophia selama beberapa hari ini menggunakan laptop Realme Book Prime sebagai daily driver untuk menangani tugas-tugas harian seperti browsing, membuat konten, engetik artikel, editing foto ringan, batch convert foto produk, dan sebagainya terasa responsif. Bahkan untuk tigas berat seperti rendering dan editing video sekalipun bukan masalah besar bagi laptop Realme Book Prime ini. Tentunya jika ada varian dengan RAM 16GB, performanya bisa lebih maksimal terutama untuk multitasking berat.

Baca juga:Perbedaan Realme C35 vs Realme C31: Harga Selisih 400 Ribu, Pilih Mana?

Sektor grafis pada review Realme Book Prime kali ini tidak bisa dipandang remeh meski hanya didukung GPU terintegrasi, mengapa? Karena GPU terintegrasi yang digunakan laptop ini bukan sembarangan yakni Intel Iris Xe Graphics G7 yang mengusung 96 execution unit (EUs) dengan kecepatan 400 – 1350MHz. Performa grafis Intel Iris Xe Graphics G7 ini bahkan bisa dikatakan setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX350.

GPU Intel Iris Xe Graphics G7 yang digunakan Realme Book Prime ini masih sanggup diajak untuk memainkan game kasual sepeti Call of Duty: Warzone, Counter-Strike: Global Offensive, dan beberapa game lainnya dengan setting grafis yang disesuaikan. Tak hanya itu, Intel Iris Xe Graphics G7 ini juga memiliki fitur Intel QuickSync yang dapat mendongkrak kinerja saat editing foto dan video melalui aplikasi yang didukung seperti Adobe dan sebagainya, sehingga cocok untuk kreator konten muda.

Benchmark Realme Book Prime

Benchmark Realme Book Prime
CPU-Z

Benchmark Realme Book Prime
GPU-Z

Benchmark Realme Book Prime
Benchmark CPU-Z

Benchmark Realme Book Prime
Cinebench R15

Benchmark Realme Book Prime
Cinebench R20

Benchmark Realme Book Prime
Cinebench R23

Benchmark Realme Book Prime
PCMark 10

Benchmark Realme Book Prime
3DMark Time Spy

Benchmark Realme Book Prime
3DMark Night Raid

Benchmark Realme Book Prime
3DMark Fire Strike


Storage

Sektor media penyimpanan, laptop tipis Realme Book Prime dibekali dengan SSD atau Solid State Drive 512GB PCIe 3.0 x4 M.2 NVMe guna menampung data pengguna. Berdasarkan informasi dari CrystalDiskInfo, SSD yang digunakan laptop ini adalah Samsung MZVLQ512HBLU yang menawarkan kecepatan read hingga 3100MB/s dan write 1800MB/s. 

Performa Realme Book Prime

Performa Realme Book Prime


Secara default, Realme Book Prime ini membagi SSD-nya menjadi dua partisi, yakni 100GB untuk sistem dan 375GB untuk data. Berdasarkan pengujian yang Laptophia lakukan dengan aplikasi CrystalDiskMark dan AS SSD benchmark di atas, tampaknya klaim kecepatan SSD-nya memang benar adanya.

Baca juga:Perbedaan Realme Narzo 50 vs Realme 8i: Sama-Sama Dibekali Layar 120Hz, Pilih Mana?

Solusi Pendinginan

Pada review Realme Book Prime kali ini, meredam panas yang dihasilkan oleh sebuah laptop setipis ini adalah tantangan tersendiri. Realme membekali laptop ini dengan solusi pendinginan Vapor Chamber Liquid Cooling dengan desain berstruktur mikro dipadukan lithographic etching dan dua buah kipas berkecepatan tinggi yang diklaim 32,7% lebih efektif meredam panas.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, untuk penggunaan sehari-hari yang memang tidak begitu membutuhkan sumber daya yang besar, laptop Realme Book Prime terasa dingin dan senyap. Sebaliknya, saat tugas berat seperti menjalankan benchmark Cinebench R20 atau Cinebench R23, panas mulai terasa di bagian atas keyboard dan tuts keyboard area atas pun menghangat, tetapi masih nyaman digunakan. Tampaknya, solusi pendinginan Realme Book Prime ini cukup ampuh meredam panas dan mencegah overheat, serta meminimalisir throttling.

Review Realme Book Prime

Review Realme Book Prime


Layar

Realme Book Prime

Sektor layar menjadi keunggulan pada review Realme Book Prime menurut tim Laptophia. Laptop tipis ini dipersenjatai layar berukuran 14 inci yang menggunakan teknologi panel IPS (In-Plane Switching) LCD LED (Light Emiting Diode) backlight yang menawan dengan aspek rasio 3:2 resolusi 2K Full Vision Display 2160 x 1440 piksel yang mampu memancarkan warna 100% sRGB color gamut dengan peak brightness mencapai 400 nits.

Kualitas layar laptop Realme Book Prime ini terbilang memuaskan dan imersif dengan resolusi tingggi membuatnya terlihat tajam dan padat. Layar laptop ini juga mampu menghasilkan warna yang kaya berkat color gamut yang luas. Tak hanya itu, dukungan teknologi panel IPS membuat viewing angle layarnya luas. 

Kualitas layar yang baik membuat Realme Book Prime memuaskan untuk menikmati aneka macam konten multimedia, bekerja sehar-hari, maupun desain grafis menurut Laptophia. Penggunaan aspek rasio 3:2 yang tidak biasa ini ternyata malah mendukung produktivitas karena menawarkan work view yang lebih luas, sehingga tidak perlu banyak scroling saat menangani dokumen atau spreadsheet yang panjang. 

Audio

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan

Sektor audio, laptop Realme Book Prime ini dibekali dengan dua buah speaker Harman Kardon yang terletak pada bagian bawah laptop, tepatnya di bawah palm rest. Keluaran suara speaker laptop ini sukses mengejutkan tim Laptophia karena volume suaranya cukup nyaring. Saat volume diset mendekati maksimal, kualitas suara tetap terjaga dan minim distorsi.

Kualitas suara yang dihasilkan speaker laptop Realme Book Prime ini relatif jernih dan detail yang kaya. Karakternya memang didominasi oleh mid dan treble, tetapi terasa berkarakter khas Harman Kardon. Bass memang terdengar, tetapi kurang terasa. Untuk mendengarkan musik atau menonton streaming movie, kualitas speaker Realme Book Prime sudah lebih dari cukup. 

Baca juga:Perbedaan Realme Narzo 50A Prime vs Realme Narzo 50A: Apa Saja Peningkatannya?

Salah satu kelebihan dari review Realme Book Prime adalah dibekali 2 mikrofon dan mendukung Elevoc Vocplus AI Noise Cancellation Algorithms, Vocplus Pre-processing Technology, dan Vocplus Scream Suppression Technology. Fitur ini mampu meredam noise atau suara sekitar, sehingga suara pengguna bisa lebih jelas saat melakukan online meeting atau video conference melalui Zoom atau Microsoft Team

Keyboard dan Touchpad

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan

Salah satu keunggulan pada review Realme Book Prime oleh tim Laptophia kali ini adalah kenyamanan mengetik yang ditawarkan keyboardnya. Ukuran tuts keyboard laptop ini terlihat agak besar dan mengusung konsep Smile Arc sesuai dengan ujung jari manusia. Pengalaman mengetik kian nyaman dengan dukungan key stroke sebesar 1,3mm.

Berdasarkan pengalaman tim Laptophia, keyboard laptop Realme Book Prime ini sangat nyaman untuk mengetik dalam waktu lama. Kami menjajalnya untuk mengetik artikel review ini selama kurang lebih tiga jam non stop, rasanya meyenangkan dan lebih minim typo atau salah ketik. 

Selain nyaman, keyboard laptop tipis dan ringan andalan Realme ini juga dibekali dengan backlight dengan tiga tingkat kecerahan, sehingga tetap dapat digunakan mengetik meski kondisi remang-remang. Touchpad laptop Realme Book Prime ini ukurannya sangat besar, sensitif, dan nyaman untuk bernavigasi.

Perangkat Lunak

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan


Salah satu keunggulan laptop powerful Realme Book Prime ini menurut Laptophia adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 11 Home x64 asli pre-installed di dalamnya. Pengguna tak perlu lagi membeli lisensi sistem operasi, hanya cukup melakukan setup dan aktivasi untuk dapat menggunakan laptop ini dengan sistem operasi legal. Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Realme Book Prime tanpa kendala. 

Fitur Keamanan

Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan


Laptop tipis dan ringan andalan Realme ini dibekali fitur keamanan sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power, serta telah mendukung Windows Hello. Performa sensor sidik jari laptop Realme Book Prime ini sangat gegas dan sensitif menurut Laptophia. Selama proses pengujian, sensor sidik jari ini selalu mengenali sidik jari dengan baik.

Konektivitas

Laptop Realme Book Prime ini hadir dengan dukungan konektivitas yang cukp lengkap, yakni WiFi 6 AX201 802.11ax 2x2, Bluetooth 5.0, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Power Delivery & Display Port), Port Thunderbolt 4 (support USB4, Power Delivery & Display Port), dan port combo audio. 

WiFi 6 yang diusung laptop ini menawarkan kecepatan transmisi data yang lebih tinggi dari WiFi 5. tak hanya itu, Realme Book Prime juga didukung Thunderbolt 4 yang menawarkan transfer rate hingga 40Gb/s, serta mendukung beberapa fungsi berbeda seperti DisplayPort dan pengisian daya melalui Power Delivery. 

Baca juga:Perbedaan Realme Narzo 50A vs Realme 8i: Harga Beda Tipis, Pilih Mana?

Sayangnya, port yang tersedia di laptop Realme Book Prime ini terbilang terbatas menurut Laptophia. Pengguna harus menyiapkan dongle jika menghubungkan banyak perangkat dengan antarmuka USB Type-A atau menyambungkan ke monitor eksternal melalui HDMI.

PC Connect

Realme Book Prime

Salah satu daya tarik pada review Realme Book Prime kali ini adalah dukungan aplikasi PC Connect yang memudahkan pengguna menghubungkan laptop ini dengan smartphone Android. Beberapa fitur andalan PC Connect antara lain adalah:

  • Mengakses aplikasi smartphone melalui laptop
  • Transfer file dengan mudah, cukup drag n drop
  • Mengakses notifikasi smartphone
  • Berbagi clipboard
Sayangnya saat mengulas laptop Realme Book Prime ini, tim Laptophia tidak memegang unit smartphone realme atau smartphone lain yang kompatibel dengan fitur PC Connect ini, sehingga belum dapat menguji secara langsung.

Baterai

Laptop Realme Book Prime didukung baterai berkapasitas 54 WHr, 4-Cell Battery (integrated) yang diklaim mampu bertahan hingga 12 jam video playback. Laptop ini juga dibekali fitur 65W PD Super-Fast Charge yang mampu mengisi daya baterai hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

Berdasarkan pengujian yang Laptophia lakukan, daya tahan baterai Realme Book Prime ini mampu bertahan 7 jam lebih untuk komputasi ringan seperti browsing, mengetik artikel, streaming YouTube, dan kadang sambil mendengarkan musik dengan volume medium.

Kesimpulan

Secara umum, laptop Realme Book Prime ini cocok untuk kreator muda yang membutuhkan performa kencang untuk kreasi konten dengan ukuran yang ringkas, serta ringan. Selain performa yang powerful, Realme Book Prime ini juga menawarkan pengalaman visual yang memuaskan dengan layar 2K Full Vision Display dengan aspek rasio 3:2 yang mendukung produktivitas.

Kelebihan Realme Book Prime

  • Desain all-metallic body minimalis dan elegan
  • Ukuran ringkas, tipis, dan bobot ringan
  • Layar 2K Full Vision Display yang imersif 
  • Performa powerful di kelasnya
  • Dilengkapi OS Windows 11 Home asli pre-installed

Kekurangan Realme Book Prime

  • RAM dan storage tidak dapat di upgrade
  • Port minim

Harga Realme Book Prime

Harga laptop Realme Book Prime terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia terima adalah Rp 11.499.000. Pre-Order 14-22 April 2022 dan Flash Sale 23 April pukul 00:00 WIB di JD.ID & realme.com dengan harga promo Rp 10.999.000. Berdasarkan hasil review Realme Book Prime oleh tim Laptophia di atas, laptop ini menawarkan performa yang kencang dengan bodi yang ringkas dan tipis, serta pengalaman visual yang imersif dan layak dipertimbangkan di kelasnya.

Anda dapat membeli laptop Realme Book Prime dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme Book Prime

  • Layar IPS LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi 2K Full Vision Display 2160 x 1440 piksel, 400 nits, 100% sRGB color gamut, aspek rasio 3:2, slim bezel
  • Prosesor Intel Core i5-11320H quad-core (8 thread) 3,2 GHz TurboBoost 4,5GHz
  • Chipset Intel
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs)
  • Memori RAM 8GB LPDDR4x-4266MHz, onboard
  • Storage SSD 512GB M.2 NVMe, PCIe 3.0 x4
  • Konektivitas WiFi 6 AX201 802.11ax 2x2, Bluetooth 5.2, Port USB 3.2 Gen 1, Port USB 3.2 Gen 2 Type-C (support Power Delivery & Display Port), Port Thunderbolt 4 (support USB4, Power Delivery & Display Port), port combo audio
  • Stereo speaker Harman Kardon dengan fitur DTS Audio
  • Kamera depan HD 720p fixed focus webcam
  • Baterai 54 WHr, 4-Cell Battery (integrated), 65W PD Super-Fast Charge
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home asli pre-installed
  • Dimensi 307.21 x 228.96 x 14.9 mm berat 1,37kg
  • Warna Real Grey, Real Green, dan Real Blue
*Terima kasih kepada Tim Advo dan Realme Indonesia atas pinjaman laptop Realme Book Prime
Anda mungkin suka:Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar