eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96

Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96 - Akhir 2021 lalu Realme menggebrak pasar smartphone 2 jutaan dengan meluncurkan seri Realme 8i di Indonesia. Pabrikan asal Tiongkok ini dengan berani menyematkan layar dengan refresh rate tinggi di kelasnya, yakni 120Hz. Tak heran, Realme 8i menjadi salah satu smartphone layar 120Hz termurah saat ini. layar yang ciamik pada smartphone Realme 8i juga didukung kemampuan fotografi yang andal berkat tiga buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 50MP.

Performa juga menjadi sektor yang mendapat perhatian dari Realme dengan memilih SoC anyar MediaTek Helio G96 octa-core ditandemkan dengan RAM sebesar 4GB atau 6GB. Smartphone Realme 8i ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang diperkuat dengan fitur Quick Charge 18W. Lalu sehebat apakah smartphone layar 120Hz termurah ini? Simak review Realme 8i oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96


Paket Pembelian Realme 8i

Paket Pembelian Realme 8i

  • Unit Realme 8i 4GB/64GB Space Purple
  • Charger 18W
  • Kabel USB Type-C
  • Softcase silicon
  • SIM card ejector
  • Manual
  • Kartu garansi

Desain Realme 8i

Desain Realme 8i

Desain Realme 8i

Realme selama ini dikenal dengan desain smartphone yang stylish dan Realme 8i adalah salah satunya. Smartphone dengan layar 120Hz termurah ini tampil dengan layar punch-hole pada sudut kiri atas yang flat dan dipadukan dengan casing belakang curved atau melengkung. Sementara ketika kameranya tersusun square atau matrix yang sekilas mirip dengan quad camera karena salah satunya adalah LED flash.

Hal yang menarik dari review Realme 8i kali ini adalah desain casing belakangnya yang mengkilap. Unit yang Laptophia ulas adalah varian warna Space Purple yang tampil dengan gradasi warna silver - ungu yang menawan. Realme sendiri mengatakan bahwa desainnya mengusung filosofi Flow atau mengalir. Sayangnya, finishing glossy pada casing belakang Realme 8i ini mudah meninggalkan jejak sidik jari.

Tak hanya itu, casing belakang Realme 8i yang terbuat dari bahan polikarbonat ini ternyata cukup licin dan rawan slip. Frame ponsel ini juga terbuat dari bahan polikarbonat yang terasa kokoh dan kuat. Secara umum, build quality Realme 8i ini terbilang solid dan tak terkesan murahan. Ukurannya juga tidak terlalu besar, sehingga nyaman digenggam.

Baca juga:Review Sharp Aquos Sense 4 Plus: Tahan Air dan Kencang, Tapi...

Desain Realme 8i

Desain Realme 8i

Desain Realme 8i

Desain Realme 8i

Pada review Realme 8i kali ini, sisi depan smartphone terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar full HD+ 2.5D berukuran 6,6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Realme 8i besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme 8i sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya proteksi antigores dari Corning Gorilla Glass atau sejenisnya. Meski demikian, layarnya sudah diproteksi oleh screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 8i ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray triple slot dan volume rocker. Sisi atas ponsel denganlayar 120Hz termurah bertenaga MediaTek Helio G96 Realme 8i ini tidak terdapat tombol atau port apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 8i ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun matrix, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme GT Neo2 ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme 8i

Software Realme 8i

Realme 8i ini sudah menggunakan sistem operasi Android 11 yang cukup up to date dengan balutan antarmuka Realme UI 2.0 yang nyaman digunakan. meski belum ada informasi resmi, tetapi kemungkinan besar Realme 8i akan mendapat upgrade ke Android 12 dengan antarmuka Realme UI 3.0 di masa mendatang.

Realme UI 2.0 menawarkan tampilan antarmuka yang rapi dan mudah digunakan yang terdiri dari Homescreen, Lockscreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap dan kita dapat mengaturnya melalui satu tempat saja, yakni Settings > Personalization. Pengguna dapat mengatur Themes, Wallpaper, Icon Styles, App Layout, Colors, Font, dan juga notification drawer.

Baca juga:Review Poco X3 GT, Smartphone 5G Paling Powerful dengan Fitur Lengkap

Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96


Fitur yang disediakan Realme UI 2.0 pada review Realme 8i terbilang cukup lengkap dan berguna. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Eye Care, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE), screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Split Screen, Smart Assistant, Game Space, App Cloner, 01 Ultra Vision Engine, dan banyak lagi.

Meski bukan smartphone gaming, Realme 8i ini didukung fitur Game Space yang menghadirkan tiga mode performa, fitur brightness lock, network acceleration, reject call, blokir notifikasi dan fitur lain pendukung kenyamanan saat bermain game. 

Aplikasi bawaan Realme 8i ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, Booking.com, Baca Plus, App Market, iQiYi, J&T Express, TikTok, LinkedIn, Lazada, PUBG Mobile Gift, Snack Video, Snapchat, WPS Office, ORoaming, Facebook, HeyFun, Twitter, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan. 

Secara umum, Realme UI 2.0 yang digunakan oleh Realme 8i ini menawarkan performa yang responsif, fitur yang lengkap, dan nyaman digunakan. Hal menjadi kekurangan menurut Laptophia adalah spam notifikasi yang muncul dari aplikasi bawaan yang cukup mengganggu dan mulai munculnya iklan di beberapa aplikasi bawaan.

Performa Realme 8i

Performa Realme 8i

Kinerja yang kencang di kelasnya menjadi salah satu nilai jual dari Realme 8i berkat dukungan SoC (System on Chip) MediaTek Helio G96 dengan teknologi 12nm yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 yang berlari dengan kecepatan 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB atau 6GB dengan fitur virtual RAM 5GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 MC2.

Jika dibandingkan dengan Helio G95 yang tak lain adalah pendahulunya, MediaTek Helio G96 yang digunakan oleh Realme 8i ini mengalami downgrade di sektor GPU dari sebelumnya Mali-G76 MC4 menjadi Mali-G57 MC2. Meski demikian, performanya masih cukup powerful di kelasnya dan mendukung penggunaan layar refresh rate 120Hz.

Baca juga:Review Xiaomi Mi 10T Pro, Smartphone Flagship Paket Hemat dengan Fitur Lengkap

Selama kurang lebih tiga minggu proses review Realme 8i, kinerja smartphone ini terbilang nyaman untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari yang Laptophia lakukan. navigasi menu dan buka tutup aplikasi berjalan sangat smooth tanpa lag. 

Laptophia juga menggunakan aneka aplikasi sosial media, streaming YouTube, Zoom, sesekali mengedit foto menggunakan Snapseed atau menyunting video singkat menggunakan CapCut. Realme 8i menunjukkan kinerja yang solid, tanpa lag yang mengganggu.

Meski dibekali dengan GPU yang kalah powerful dari Helio G95, Realme 8i dengan Helio G96 ini masih cukup andal untuk bermain game. Game berat seperti Genshin Impact dapat dimainkan dengan lancar tanpa kendala, meski menggunakan setting grafis lowest. Game lain seperti COD Mobile, PUBG Mobile, League of Legend, dan sebagainya dapat dimainkan dengan lancar di Realme 8i.

Tidak ada masalah panas berlebih atau overheat selama menggunakan smartphone Realme 8i ini. Saat digunakan untuk bermain game 1 jam nontop, bodinya hanya terasa hangat. Hal yang agak aneh adalah aplikasi benchmark AnTuTu v9.2.7 tidak dapat dijalankan dengan benar, sehingga skor yang dihasilkan tidak optimal. Unit Realme 8i yang Laptophia ulas adalah varian dengan RAM 4GB.

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Benchmark Realme 8i

Review Kamera Realme 8i

Review Kamera Realme 8i

kamera menjadi hal yang menarik pada review Realme 8i oleh tim Laptophia kali ini. Smartphone layar 120Hz termurah ini dibekali dengan tiga buah kamera belakang atau triple camera. Kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lima elemen lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua Realme 8i ini berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai kamera dedicated macro. Terakhir, kamera ketiga juga berkekuatan 2 megapiksel yang berfungsi sebagai depth sensor.

Kamera depan Realme 8i cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor SK Hynix Hi-1364Q 1/3 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang maupun kamera depannya hingga resolusi full HD.

Baca juga:Review Realme C21Y, Smartphone Murah untuk Pelajar dengan Performa Kompeten

Review Kamera Realme 8i


Realme 8i menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme Camera yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme 8i ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme 8i ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Video, Photo, Portrait, 50M, Time-Lapse, Slo-Mo, Ultra Macro, Text Scanner, Movie, Dual-View Video, Expert, dan Pano. Pada Mode Expert, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 32s), dan fokus distance.

Kamera utama yang berkekuatan 50MP dengan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Review Kamera Realme 8i


Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera utama Realme 8i yang berkekuatan 50MP ini ternyata di luar dugaan, hasilnya lebih baik dari ekspektasi tim Laptophia. Foto mampu menghasilkan detail yang tinggi, tajam, dan dynamic range yang cukup wide. Mode HDR yang tersedia membuat dynamic range menjadi lebih luas, tetapi kadang agak soft atau kurang natural.

Saturasi warna yang dihasilkan kamera 50MP pada review Realme 8i ini memang cukup punchy, tetapi tidak sampai over-saturated. Tersedia mode AI yang jika diaktifkan akan meningkatkan kontras dan saturasi warna secara signifikan. Laptophia menyarankan untuk menonaktifkan mode ini karena membuat foto kurang natural.

Baca juga:Review Poco F3, Smartphone 5G Paling Powerful Bertenaga Snapdragon 870 Termurah!

Mode portrait yang dihasilkan kamera utama Realme 8i ini tidak terlalu rapi dengan efek depth of field yang cukup natural. Bagi yang suka foto macro, kamera utama Realme 8i ini cukup memuaskan karena fokusnya cepat dan akurat. Foto macro yang dihasilkan juga mampu menghadirkan detail yang tinggi dan warna yang memikat.

Performa kamera Realme 8i saat malam hari juga tidak mengecewakan untuk sebuah smartphone dengan harga Rp 2 jutaan. meski mengalami penurunan detail yang signifikan, kualitas foto malam harinya masih cukup baik dan layak untuk sekadar dibagikan di sosial media. Saturasi warnanya baik dan noise relatif terkontrol. 

Mode Night mampu mendongkrak detail dan dynamic range saat malam hari, sehingga menghasilkan perbedaan yang cukup signifikan. Sementara LED flash yang diusung oleh smartphone layar 120Hz termurah ini cukup terang dan membantu memotret dalam kondisi kurang cahaya.

Hal yang menarik dari review Realme 8i adalah performa kamera depannya yang lagi-lagi melebihi ekspektasi Laptophia. Foto selfienya menghasilkan detail yang sangat baik, warna yang natural, dan bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. Namun, kamera super macro Realme 8i menghasilkan foto yang agak kusam dan noise yang cukup mengganggu.

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme 8i
Night mode off
Hasil Foto Kamera Realme 8i
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Hasil Foto Kamera Realme 8i

Foto malam hari dengan LED flash

Baca juga:Review Asus ZenBook Duo 14 UX482EG, Laptop Berkinerja Tinggi dengan Layar Ganda

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Hasil Foto Kamera Depan Realme 8i

Foto selfie mode portrait

Hasil Foto Kamera Super Macro Realme 8i

Hasil Foto Kamera Super Macro Realme 8i

Hasil Foto Kamera Super Macro Realme 8i

Hasil Foto Kamera Super Macro Realme 8i

Review Realme 8i

Review Realme 8i


Realme 8i adalah sebuah gebrakan di pasar smartphone karena cukup berani menghadirkan layar 120Hz dengan harga yang terjangkau. Performa ponsel ini juga bukan kaleng-kaleng berkat dukungan SoC MediaTek Helio G96 yang powerful, serta dikemas dengan desain yang menarik.

Layar

Keunggulan utama review Realme 8i kali ini menurut Laptophia adalah sektor layar. Tak perlu diragukan lagi, Realme 8i adalah salah satu smartphone dengan layar 120Hz termurah saat ini. Saat digunakan untuk bermain game, scrolling sosial media atau menikmati konten multimedia, layar Realme 8i terasa smooth dan nyaman di mata. Pengguna dapat mengatur refresh rate secara manual melalui menu Settings.

Kualitas layar Realme 8i sendiri terbilang bagus dengan panel IPS dan resolusi full HD+ membuatnya mampu menghadirkan pengalaman visual yang tajam, padat, dan warna yang memanjakan mata. respons touchscreen-nya gegas dan asyik untuk bermain game. Saat digunakan di luar ruangan, brightness layar Realme 8i juga bisa dikatakan memadai.

Baca juga:Review Tecno Spark 7 Pro, Tampil Mewah dengan Performa Kencang dan Fitur Lengkap

Audio

Sayangnya pada review Realme 8i kali ini hanya dibekali dengan sebuah speaker atau mono. Padahal para pesaingnya mulai dibekali dengan speaker stereo. Single speaker Realme 8i ini ternyata mampu menghasilkan suara yang sangat nyaring. Kualitas suaranya jernih dan memang didominasi oleh treble dan mid. Ketika menggunakan headset Philips TX2 dan Senfer DT6 Pro, Realme 8i ini mampu menghasilkan output suara yang solid dan seimbang dan didukung Real HD Sound Technology.

Memori

Smartphone layar 120Hz termurah Realme 8i varian 4GB/64GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 46,4GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,7GB – 2GB. Smartphone powerful ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD.

Baterai

Selain sektor layar, daya tahan baterai ternya juga menjadi daya tarik pada review Realme 8i oleh tim Laptophia kali ini. Berbekal baterai 5000mAh, smartphone dengan layar 120Hz termurah ini mampu bertahan rata-rata 1 - 1,5 hari dengan penggunaan intensif non gaming. Screen on Time atau SoT rata-rata 8 jam.

Sayangnya, proses pengisian daya baterai Realme 8i terbilang lama untuk smartphone masa kini. Butuh waktu rata-rata 2,5 jam untuk terisi penuh dengan charger bawaan yang sudah mendukung Quick Charge 18W. 

Kesimpulan

Secara umum, Realme 8i adalah salah satu smartphone dengan rentang harga Rp 2 jutaan yang layak dipertimbangkan. Layar 120Hz andalannya mampu memberikan pengalaman scrolling yang mulus dan didukung performa kencang dari Helio G96. Selain itu, kamera depan maupun belakangnya bisa diandalkan dan mampu menghasilkan foto berkualitas baik.

Kelebihan Realme 8i

  • Performa powerful di kelasnya
  • Kamera depan dan belakang bisa diandalkan
  • Daya tahan baterai mantap
  • Layar 120Hz yang smooth

Kekurangan Realme 8i

  • Pengisian daya agak lama
  • Tidak ada kamera ultra wide-angle
  • Speaker mono

Harga Realme 8i

Harga smartphone Realme 8i terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.499.000 untuk varian 4GB/64GB dan Rp 2.999.000 untuk varian 6GB/128GB. Berdasarkan hasil review Realme 8i oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini menarik dan layak dipertimbangkan di rentang harga Rp 2 jutaan.

Anda dapat membeli Realme 8i dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme 8i

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI 2.0
  • Chipset MediaTek Helio G96 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A76 2,05GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 2GHz
  • Grafis Mali-G57 MC2
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (dedicated macro) + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (depth sensor)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor SK Hynix Hi-1364Q 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.1, AI Beauty
  • Layar sentuh 2.5D berukuran 6,6 inci, dengan resolusi Full HD+ 2412 x 1080 piksel, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 120Hz refresh rate Ultra Smooth Display, panel IPS
  • Memori RAM 4GB atau 6GB, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD max 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), port audio 3,5mm, AI Face Unlock
  • Dimensi 164.1 x 75.5 x 8.5 mm berat 194 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 5000mAh, non-removable, 18W Quick Charge
  • Warna Space Purple dan Space Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon: Ringkas, Kencang, dan Nyaris Sempurna!
Posting Komentar

Posting Komentar