eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif - Selama ini smartphone entry-level identik dengan smartphone berdesain seadanya dan spesifikasinya pun terbatas. Namun anggapan ini tidak berlaku bagi Realme C35 yang belum lama ini diluncurkan di pasar smartphone tanah air. Meski dijual dengan harga terjangkau, Realme C35 ini mengandalkan desain stylish sebagai daya tarik utamanya. Hal ini terlihat dari konsep desain Ultra Slim Dynamic Glowing dipadukan dengan frame flat yang menawan. Tak heran, Realme C35 disebut-sebut sebagai smartphone terjangkau paling stylish saat ini.

Tak hanya sekadar mengandalkan desain yang keren, kinerja smartphone Realme C35 ini tak bisa dipandang sebelah mata. Ponsel ini ditenagai oleh SoC Unisoc Tiger T616 octa-core yang cukup kompeten di kelasnya dan dipadukan RAM sebesar 4GB. Tak lupa, Realme C35 diperkuat dengan baterai 5000mAh dengan fitur fast charge 18W guna menunjang performanya. Bagi yang suka memotret dengan ponsel, Realme C35 ini cukup meyakinkan dengan dukungan tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP. Penasaran? Simak review Realme C35 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif


Paket Pembelian Realme C35

Paket Pembelian Realme C35

  • Unit Realme C35 4GB/64GB Glowing Green
  • Kepala charger 18W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Screenguard (terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme C35

Desain Realme C35

Desain Realme C35

Seperti yang sudah tim Laptophia singgung di atas, sisi desain menjadi keunggulan utama pada review Realme C35 kali ini. Smartphone ini tampil dengan casing belakang glossy dan mengkilap, serta mampu menampilkan pantulan yang dinamis ketika terkena cahaya. Realme menyebut konsep desain Realme C35 sebagai Ultra Slim Dynamic Glowing. Material casing belakangnya sebenarnya adalah polikarbonat, tetapi menggunakan finishing sedemikian rupa hingga terlihat seperti kaca. Tak heran, realme C35 dijuluki sebagai smartphone entry-level paling stylish.

Casing belakang Realme C35 yang mengkilap ini agak licin dan mengundang jejak sidik jari, sehingga harus sering dibersihkan. Sementara bagian atasnya terdapat housing kamera dengan desain simpel, tetapi elegan. Tak hanya itu, Realme C35 juga menggunakan frame flat yang kekinian, meski ini membuatnya kurang nyaman digenggm jika dibandingkan dengan frame yang melengkung. Smartphone Realme C35 ini tersedia dalam dua varian warna dan pada review kali ini, unit yang Laptophia ulas adalah warna Glowing Green. 

Ukuran Realme C35 ini relatif cukup tipis dengan ketebalan hanya 8,1mm dan build quality-nya terbilang solid. ketangguhan Realme C35 ini tak perlu diragukan lagi karena telah mengantongi sertifikat dari TÃœV Rheinland High Reliability yang telah melalui aneka pengujian yang meliputi 10 skenario jatuh, 7 skenario lingkungan ekstrem, dan 6 komponen uji reliabilitas. Ini menandakan kekuatan fisik Realme C35 ini cukup tangguh dalam menghadapi skenario sehari-hari, seperti jatuh atau tergores.

Baca juga:Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Pada review Realme C35 kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar IPS full HD+ 2.5D berukuran 6,6 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel C35 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme C35 sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya. Meski demikian, ponsel ini dilengkapi screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C35 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray triple slot dan volume rocker. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Unisoc Tiger T616 Realme C35 ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C35 ini terdapat tiga buah kamera, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme Narzo 50 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme C35

Software Realme C35

Sama seperti Realme C21Y yang telah Laptophia ulas sebelumnya, realme C35 ini juga menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition. Berdasarkan pengamatan Laptophia, tampaknya semua smartphone Realme yang ditenagai SoC Unisoc menggunakan antarmuka Realme UI R Edition. 

Lalu apa bedanya Realme UI R Edition dengan Realme UI 2.0? Berdasarkan pengalaman laptophia, Realme UI R Edition ini menawarkan antarmuka yang lebih simpel, ringan, dan beberapa fitur yang dipangkas. Sayangnya, belum ada informasi apakah smartphone realme C35 akan mendapat upgrade ke Android 12 di masa mendatang atau tidak.

Baca juga:Review Apple Macbook Air M1 2020 A2337: Powerful, Ringkas, dan Baterai Tahan Lama

Tampilan Realme UI R Edition pada review Realme C35 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan memang tidak selengkap Realme UI reguler, yakni hanya memungkinkan pengguna mengganti wallpaper dan widget saja. Bahkan aplikasi galeri dan file manager bawaan Realme saja tidak tersedia, dan digantikan dengan Google Photos dan Files.

Software Realme C35


Fitur yang tersedia pada review Realme C35 kali ini juga relatif terbatas jika dibandingkan Realme UI standar. dan hanya tersedia yang bersifat dasar saja, yakni Eye Comfort, Dark Mode, Smart controls, Smart motion, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, dan sebagainya. Beberapa fitur canggih seperti Game Space, double tap to wake, Phone Manager, app cloner, dan fitur lain absen di ponsel ini.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone paling stylish Realme C35 ini relatif banyak, antara lain Google Apps, Agoda, Baca Plus, Booking.com, HeyFun, Facebook, Lazada, J&T Express, LinkedIn, TikTok, Shopee, Snack Video, Snapchat, Spotify, Twitter, WeTV, dan WPS Office. Aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat di-uninstall atau dihapus.

Secara umum, Realme UI R Edition yang digunakan oleh Realme C35 mirip sebuah Android pure yang telah dipoles, sehingga tampil lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan fitur yang memadai. Namun, fitur dan kemampuan yang dimilikinya memang kalah lengkap jika dibandingkan Realme UI reguler.

Performa Realme C35

Performa Realme C35

Kinerja yang kompeten merupakan salah satu daya tarik dari review Realme C35 menurut tim Laptophia kali ini. Smartphone dengan desain paling stylish ini dipersenjatai dengan SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T616 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) ARM Mali-G57.

Mungkin banyak pembaca Laptophia yang masih belum terlalu familiar dengan jajaran chipset dari Unisoc ini. Unisoc ini dulunya adalah Spreadtrum yang mana SoC-nya banyak digunakan oleh smartphone dan tablet kelas entry-level. Lalu berada di level mana performa SoC Unisoc Tiger T616? Berdasarkan hsil analisa tim Laptophia, Unisoc Tiger T616 ini berada di level yang sama dengan MediaTek Helio G80, Helio G85, dan juga Qualcomm Snapdragon 662.

Kinerja Realme C35 untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari relatif lancar dan responsif. Tim Laptophia menggunakan untuk menjalankan aneka aplikasi sosial media, editing foto Snapseed, kadang multitasking sambil mendengarkan musik, dan kebutuhan bekerja sehari-hari terasa responsif. Saat berpindah antar aplikasi juga berjalan mulus tanpa ada lag yang mengganggu.

Bagaimana performa gaming pada review Realme C35 kali ini? Sebagai sebuah smartphone entry-level, tentunya Laptophia tidak berharap banyak. namun Unisoc Tiger T616 yang digunakan oleh Realme C35 ini ternyata cukup kompeten. Game-game populer seperti PUBG Mobile atau Mobile Legends mampu dimainkan. Bahkan game berat seperti Genshin Impact masih sanggup dimainkan oleh Realme C35 dengan setting grafis lowest, meski kadang dihiasi frame drop.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 11: Layar Super AMOLED 90Hz Termurah dengan Fitur Lengkap

Sejauh ini, Laptophia tidak merasakan panas yang berlebih di smartphone Realme C35 ini, hanya terasa hangat saja saat digunakan untuk tugas berat. Berikut ini hasil benchmark Realme C35 oleh tim Laptophia.

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35

Benchmark Realme C35


Review Kamera Realme C35

Review Kamera Realme C35

Kamera biasanya menjadi daya tarik tersendiri pada sebuah smartphone, begitu juga pada review Realme C35 kali ini. Realme membekali smartphone stylish ini dengan tiga buah kamera belakang dengan kamera utama  berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera kedua Realme C35 ini berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro untuk memotret obyek kecil dari jarak yang dekat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 0,3 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor.

Kamera depan Realme C35 ini masih kompeten dengan dukungan kamera resolusi 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang Realme C35 dapat merekam video hingga resolusi full HD dan kamera depannya mampu merekam video HD.

Review Kamera Realme C35

Realme C35 menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia, tetapi fiturnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan ponsel Realme lain yang lebih mahal. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C35 ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Baca juga:Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik

Mode yang tersedia pada review Realme C35 ini juga relatif sederhana, sebut saja Video, Capture, Portrait, Burst, Time-Lapse, Filter, 50M, Macro, Pro, Night Pro, dan Panorama. Pada Mode Expert, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 1600), Shutter Speed (hingga 1/5s), dan fokus distance.

Kamera utama Realme C35 yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Lalu sehebat aoa kemampuan kamera smartphone dengan desain keren andalan Realme ini? Hasil foto Realme C35 ini ternyata tidak sebagus yang tim Laptophia perkirakan. Beberapa foto yang Laptophia analisa, ternyata kualitasnya secara umum tak sebaik Realme Narzo 50 atau Realme 8i yang telah diulas lebih dulu, meski spesifikasi kamera utamanya sama. Mungkin pengaruh ISP yang digunakan di Realme C35.

Meski demikian, kualitas foto yang dihasilkan Realme C35 masih cukup sepadan dengan harga yang ditawarkan. Pada kondisi cahaya yang ideal, foto yang dihasilkan Realme C35 ini menghasilkan detail yang baik, saturasi warna yang mendekati natural dengan karakter agak warm, dan cukup tajam. Namun saat kondisi cahaya terlalu banyak atau berlebih, saturasi warna foto menjadi pudar dan terlihat over sharpening. 

Performa dynamic range kamera utama pada review Realme C35 juga kurang konsisten menurut Laptophia dan seringkali kurang mampu mengatasi cahaya yang berlebih dan membuat langit menjad over ekspose. Saat HDR diaktifkan, dynamic range mengalami peningkatan signifikan dan langit yang over ekspose dapat ditampilkan dengan baik.

Sedangkan untuk mode portrait, kamera Realme C35 yang berkekuatan 50MP ini cukup bisa diandalkan dengan separasi yang cukup rapi untuk subyek yang tidak rumit. Bagi penggemar foto macro, Realme C35 ini menawarkan kecepatan fokus yang cukup gegas, tetapi kadang agak sulit mengunci fokus. Namun, hasil foto macro-nya sangat memuaskan dengan detail tinggi, fokus akurat, dan saturasi warna yang akurat.

Sedangkan performa kamera pada review Realme C35 kali ini pada kondisi low-light ternyata tak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelasnya. Performa autofokus mengalami penurunan, tetapi tidak terlalu mengganggu. Hasil fotonya mengalami penurunan detail yang sangat signifikan dan noise yang menghiasi cukup banyak. Saturasi warnanya masih terjaga, tidak menjadi pudar.

Ketika mode Night Pro diaktifkan, foto terlihat semkain terang dan detailnya mengalami peningkatan yang signifikan. Sayangnya, noise tampaknya tidak berhasil diturunkan. LED flash bawaan Realme C35 ini cukup terang dan membantu memotret dalam kondisi gelap gulita.

Sedangkan kamera depan pada review Realme C35 kali ini bisa diandalkan untuk foto selfie dalam segala kondisi cahaya dengan dukungan sensor Sony IMX355. Foto selfie yang dihasilkan cukup memuaskan dengan tingkat detail yang pas, tone warna yang akurat, dan dynamic range yang cukup wide. Sayangnya, kamera depan Realme C35 tidak mendukung mode portrait.

Baca juga:Review Xiaomi 11T: Performa Powerful, Fitur Kelas Flagship

Sedangkan kamera macro bawaan Realme C35 ini menghasilkan foto yang kurang memuaskan dengan warna yang agak kusam dan detail yang kurang. Laptophia menilai keberadaan kamera macro ini kurang berguna.

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme C35
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme C35
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Hasil Foto Kamera Realme C35

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C35

Hasil Foto Kamera Depan Realme C35

Hasil Foto Kamera Depan Realme C35


Review Realme C35

Review Realme C35


Layar

Smartphone Realme C35 dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,6 inci dengan resolusi full HD+. Ini hal yang cukup berani karena selama ini Realme C series hanya dibekali layar HD+. Layar berteknologi panel IPS yang digunakan Realme C35 kualitasnya bagus di kelasnya karena mampu menghasilkan tampilan visual yang tajam, padat, dan colorful.

Respon touchscreen pada review Realme C35 ini juga terbilang gegas dan Laptophia tak mengalami masalah selama menggunakan ponsel ini. Sayangnya, performanya di bawah sinar matahari masih pas-pasan. Tak disebutkan adanya proteksi antigores di layar Realme C35, tetapi sudah dibekali dengan screenguard dari pabrik.

Audio

Realme C35 ini masih dibekali dengan speaker mono yang terletak pada sisi bawah. Meski demikian, volume suara yang dihasilkan cukup nyaring dan jernih. Berbicara mengenai kualitas suara, tidak ada yang istimewa dari speaker Realme C35 ini. Sama seperti smartphone entry-level lainnya yang didominasi oleh treble dan mid, tanpa kehadiran bass. Jika menggunakan headset, kualitas suaranya lebih baik.

Baca juga:Review Realme Narzo 50A, Daya Tahan Baterai Mumpuni dengan Kamera 50MP

Memori

Smartphone terjangkau dengan desain paling stylish Realme C35 varian 4GB/64GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 47,49GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 1,9GB – 2,2GB. Smartphone dengan performa responsif ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Daya tahan baterai merupakan salah satu daya tarik pada review Realme C35 oleh tim Laptophia kali ini. Berbekal baterai 5000mAh, smartphone dengan desain stylish ini mampu bertahan rata-rata 1 - 1,5 hari dengan penggunaan intensif non gaming seperti sosial media, komunikasi sehari-hari, dan editing ringan. 

Sayangnya, Realme C35 hanya dibekali dengan fitur fast charge 18W saja yang mengisi daya baterai dari 5% ke 100% dalam waktu sekitar 2 jam lebih. Ini terlalu lama dan akan lebih baik jika dibekali Dart Charge 33W seperti Narzo 50 yang telah Laptophia ulas sebelumnya.

Kesimpulan

Secara umum, Realme C35 bisa menjadi pilihan bagi yang menginginkan smartphone terjangkau yang tampil dengan desain stylish dan mewah. Selain itu, performa smartphone ini relatif bersaing dan memadai untuk kebutuhan komunikasi sehar-hari dan gamig kasual. Hanya saja, kemampuan kameranya perlu dioptimalkan lagi. 

Kelebihan Realme C35

  • Desain stylish
  • Build quality solid
  • Performa memadai di kelasnya
  • Harga bersaing

Kekurangan Realme C35

  • Kamera perlu ditingkatkan
  • Tidak dilengkapi kamera ultra-wide angle

Harga Realme C35

Harga smartphone Realme C35 RAM 4GB ROM 128GB terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 2.399.000 dan Rp 2.199.000 untuk varian RAM 4GB ROM 64GB. Berdasarkan hasil review Realme C35 yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini tampil dengan desain stylish dan performa yang bisa diandalkan.

Anda dapat membeli smartphone Realme C35 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme C35

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T616 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 2GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Tiga kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 2 megapiksel dengan sensor 1/5 inci 1.75um piksel, lensa 27mm aperture f/2.4 (dedicated macro) + 0,3 megapiksel dengan lensa aperture f/2.8 (Depth Sensor)
  • Kamera depan 8 megapiksel fixed focus, sensor Sony IMX355 1/4 inci 1um piksel, lensa 26mm aperture f/2.0
  • Layar sentuh 6,6 inci 2.5D Mini-Drop dengan resolusi Full HD+ 1080 x 2408 piksel, kerapatan 400 ppi (pixel per inch), 60Hz refresh rate, 16 juta warna, panel IPS
  • Memori RAM 4GB LPDDR4x, ROM 64GB atau 128GB, dilengkapi slot microSD (dedicated)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.4 x 75.6 x 8.1 mm dengan berat 189 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, fast charging 18W, reverse charging
  • Warna Glowing Green dan Glowing Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan
3 komentar

3 komentar

  • Laptophia Blog
    Laptophia Blog
    12 Juni 2022 pukul 23.58
    Desainnya stylish dan sekilas mirip ipin wkwkw... Kameranya lumayanlah ya... Kalau mau yang lebih oke, bisa ke Narzo 50 aja, harga beda tipis kamera lebih bagus meski sama-sama 50MP menurut saya :)
    Reply
  • Kisah Foto
    Kisah Foto
    12 Juni 2022 pukul 11.04
    Wah desainnya cakep bingit yak... Cocok ini buat cewek hehehe. Kameranya bagus kan ya untuk harga segini?
    • Kisah Foto
      Laptophia Blog
      12 Juni 2022 pukul 23.58
      Desainnya stylish dan sekilas mirip ipin wkwkw... Kameranya lumayanlah ya... Kalau mau yang lebih oke, bisa ke Narzo 50 aja, harga beda tipis kamera lebih bagus meski sama-sama 50MP menurut saya :)
    Reply