eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme 10 Pro 5G: Layar 120Hz Nyaris Bezelless, Fitur Lengkap

Review Realme 10 Pro 5G: Layar 120Hz Nyaris Bezelless, Fitur Lengkap - Realme Indonesia secara resmi telah meluncurkan dua smartphone kelas menengah terbarunya, yakni Realme 10 Pro 5G dan Realme 10 Pro+ 5G pada hari Selasa (10/01/2023). Kebetulan tim Laptophia berkesempatan mengulas smartphone Realme 10 Pro 5G yang tampil dengan gebrakan desain yang cukup menarik. Mengusug tagline "Boundless Display, New Vision", Realme 10 Pro 5G mengandalkan bezel layar yang sangat tipis atau nyaris bezelless, yakni 1mm side bezel. perpaduan ukuran layar yang lega dan bezel tipis membuat Realme 10 Pro 5G diklaim mamou memberikan pengalaman visual setara flagship.

Smartphone Realme 10 Pro 5G ini juga dipersenjatai dengan kemampuan kamera yang kompeten dengan kamera utama 108MP ProLight Camera yang mumpuni dan kamera depan 16 megapiksel. Soal kinerja, smartphone Realme 10 Pro 5G ini ditenagai oleh SoC Qualcomm Snapdragon 695 5G octa-core dipadukan RAM 8GB, serta didukung fitur Dynamic RAM 8GB sehingga total mencapai 16GB. Lalu sehebat apakah smartphone terbaru Realme ini? Simak review Realme 10 Pro 5G oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme 10 Pro 5G: Layar 120Hz Nyaris Bezelless, Fitur Lengkap


Paket Pembelian Realme 10 Pro 5G

Paket Pembelian Realme 10 Pro 5G

  • Unit Realme 10 Pro 5G 8GB/128GB Nebula Blue
  • Kepala charger 33W SuperVOOC
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • Softcase
  • Screenguard (terpasang di layar)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain adalah keunggulan utama pada review Realme 10 Pro 5G kali ini menurut tim Laptophia dengan mengusung konsep Classic & Stylish Design. Smartphone ini dibekali dengan bezel layar paling tipis di kelasnya dan bahkan diklaim sebagai "narrowest bezel smartphone with 108MP Camera in segment" dengan side bezel hanya 1mm dan bezel atas hanya 1.15mm saja. Sekilas, layar Realme 10 Pro 5G seperti tanpa bezel atau bezelless karena memang setipis itu. Realme menyematkan berbagai teknologi canggih seperti RAZR, TopNotch, InSeal, dan Active Antenna Switching untuk mewujudkan bezel yang amat tipis.

Bezel tipis yang dimiliki oleh Realme 10 Pro 5G ini dipadukan dengan layar sentuh punch hole denga n ukuran yang sangat lega di kelasnya, yakni 6,72 inci. Tak heran, Realme 10 Pro 5G mampu memberikan pengalaman visual yang lebih lega dan imersif dengan ukuran bodi yang tak jauh berbeda dengan smartphone lain dengan layar 6,4 inci yang nyaman digenggam atau dimasukkan dalam saku celana. Sementara di sisi belakang, terdapat dual kamera yang tampil tanpa housing atau contour cut yang mewah dan simpel. 

Sementara pada casing belakangnya, Realme 10 Pro 5G mengusung gaya Flat-edge Sides yang modern dan dipadukan dengan sudut rounded dan frame yang flate. Kebetulan unit Realme 10 Pro 5G yang Laptophia ulas adalah varian warna Nebula Blue yang mampu menghasilkan gradasi warna yang menarik dan dinamis. Tak hanya itu, casing belakangnya mengusung finishing matte yang membuatnya tidak licin saat digenggam dan tidak mudah kusam oleh jejak sidik jari. Build quality Realme 10 Pro 5G terasa sangat kuat dan solid.

Baca juga:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain Realme 10 Pro 5G

Desain Realme 10 Pro 5G


Pada review Realme 10 Pro 5G kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar IPS full HD+ 2.5D berukuran 6,72 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Realme 10 Pro 5G Nebula Blue besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Realme 10 Pro 5G, meski demikian smartphone ini dilengkapi screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power yang terintegrasi dengan sensor sidik jari dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme 10 Pro 5G ini. Sedangkan sisi kiri tray simcard. Sisi atas ponsel dengan kamera 108MP bertenaga Snapdragon 695 Realme 10 Pro 5G ini terdapat lubang microphone.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme 10 Pro 5G ini terdapat dua buah kamera yang tersusun dengan dekorasi vertikal, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme 10 Pro 5G

Software Realme 10 Pro 5G


Smartphone 5G dengan bezel tertipis Realme 10 Pro 5G juga menggunakan sistem operasi Android 13 terbaru dengan balutan antarmuka Realme UI 4.0 yang nyaman digunakan. Belum ada informasi mengenai jaminan update untuk smartphone ini, tetapi biasanya realme memberikan setidaknya dua kali upgrade OS dengan tiga tahun update security patch.

Antarmuka Realme UI 4.0 ini telah mendukung aneka fitur baru yang dikembangkan oleh Realme untuk kenyamanan pengguna, yakni ikon yang lebih intuitif, layout card-style baru, 79 face traits baru di Omoji, fitur Large Folders, dynamic homescreen widgets, Auto Pixelate, Private Safe, dan  Quantum Animation Engine 4.0 yang membuat animasi lebih mulus dan smooth.

Tampilan antarmuka realme UI 4.0 di smartphone Realme 10 Pro 5G relatif rapi dan customizable sehingga tidak mudah bosan. Opsi kostumisasi dapat diakses melalui satu tempat saja, yakni Settings > Wallpapers & style. Pengguna dapat mengatur Themes, Wallpaper, Icon, App Layout, Colors, Font, dan juga Quick Settings.

Baca juga:Review Realme Narzo 50 5G: Smartphone 5G Kompeten dengan Harga Terjangkau

Software Realme 10 Pro 5G


Fitur yang disediakan Realme UI 4.0 di Realme 10 Pro 5G terbilang cukup lengkap dan berguna. Beberapa fitur unggulannya antara lain adalah Eye comfort, Dark Mode, Dynamic RAM Expansion (DRE), screen recording, long screenshot, One-Tap Lockscreen, assistive ball, Kid Space, Simple Mode, Quick Return Bubble, smart sidebar, Private Safe, smart driving, Phone Manager, Flexible Windows, Smart Assistant, App Cloner, Quick Return, Quick Launch, dan banyak lagi.

Pada review Realme 10 Pro 5G kali ini, fitur keamanan yang diusungnya cukup lengkap dan salah satu andalannya adalah dibekali fitur NFC untuk top up dan cek saldo e-money, serta fungsi lainnya seperti transfer file dan transaksi digital. Smartphone ini dibekali sensor sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power pada sisi samping. Saat Laptophia menjajalnya, performa sensor sidik jari ini ternyata dapat diandalkan dan cukup sensitif mengenali sidik jari.

Sayangnya, aplikasi bawaan yang terinstal di Realme 10 Pro 5G ini cukup banyak, yakni Google Apps, Agoda, BiliBili, BliBli, App Market, Facebook, Helo, J&T Express, TikTok, LinkedIn, Lazada, Snack Video, Shopee, WhatsApp, ORoaming, Facebook, Uang Mudah, Twitter, dan sebagainya. Aplikasi bawaan ini dapat dihapus jika tidak dibutuhkan.

Secara umum, realme UI 4.0 di smartphone Realme 10 Pro 5G ini tampil dengan antarmuka yang cantik, rapi dan mudah di kostumisasi. Performanya terbilang gegas dan minim bug, serta fitur yang sangat lengkap. 

Performa Realme 10 Pro 5G

Performa Realme 10 Pro 5G

Performa menjadi salah satu daya tarik dari review Realme 10 Pro 5G menurut Laptophia. Sama seperti Realme 9 Pro 5G yang tak lain adalah pendahulunya, Realme 10 Pro 5G ditenagai oleh SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 695 5G SM6375 (6nm) yang mengusung prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 660 Gold yang berlari dengan kecepatan 2,2GHz dan hexa-core Kryo 660 Silver dengan kecepatan 1,7GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4X dengan fitur Dynamic RAM 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 619 840Mhz yang powerful.

SoC Snapdragon 695 5G SM6375 yang digunakan oleh Realme 10 Pro 5G ini tak bisa dianggap remeh karena performanya terbilang kencang dan efisien konsumsi dayanya karena sudah menggunakan teknologi fabrikasi 6nm. Jika dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 695 5G ini menawarkan peningkatan performa CPU hingga 15% dan performa GPU hingga 30%. 

Kinerjanya kian optimal dengan dukungan RAM lega berkapasitas 8GB LPDDR4x dan menggunakan storage UFS 2.2 yang jauh lebih kencang dari jenis eMMC yang digunakan pesaingnya. Hal ini terbukti dari skor benchmark yang dihasilkan di AnTuTu tergolong di atas rata-rata ponsel lain dengan chipset yang sama, yakni mencapai 412 ribuan poin.

Smartphone Realme 10 Pro 5G ini Laptophia gunakan sebagai daily driver selama kurang lebih seminggu. Selama itu, Laptophia biasa menggunakan beberapa aplikasi seperti Snapseed, editor video InShot, CapCut, sosial media, Canva, Zoom, dan sebagainya dengan lancar dan responsif. Buka tutup aplikasi berjalan lancar tanpa lag. Bahkan saat menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan pun, Realme 10 Pro 5G tetap gegas dan bebas lag.

Bagaimana performa gaming Realme 10 Pro 5G? Smartphone dengan bezel layar tertipis ini mampu memainkan aneka game populer seperti PUBG Mobile, FIFA 2022,  COD Mobile, Modern Warship, Mobile Legends, dan bahkan Genshin Impact sekalipun juga dapat dimainkan dengan lancar tanpa masalah. Secara umum, smartphone ini mampu memberikan performa yang stabil tidak terjadi frame drop atau lag.

Baca juga:Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Apakah Realme 10 Pro 5G ini panas? Laptophia menggunakan smartphone Realme 10 Pro 5G ini untuk bermain game sccara terus menerus selama hampir dua jam dan bodi terasa hangat saja, tidak mengganggu. Begitu pula saat sedang mengedit dan render video menggunakan CapCut, smartphone ini relatif adem.

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Benchmark Realme 10 Pro 5G

Review Kamera Realme 10 Pro 5G

Review Kamera Realme 10 Pro 5G

Sektor fotografi, Realme 10 Pro 5G menawarkan upgrade yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan pendahulunya di bagian kamera utamanya. Smartphone dengan bezel tertipis ini dibekali dengan dua buah kamera belakang dengan kamera utama berkekuatan 108 megapiksel dengan enam elemen lensa 24mm aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur Dual Pixel phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama yang berkekuatan 108MP yang digunakan oleh Realme 10 Pro 5G ini mengusung sensor terbaru dari Samsung ISOCELL HM6 yang juga sebelumnya disematkan di Realme 9 4G. Kelebihan sensor ini adalah dibekali dengan teknologi Nonapixel Plus yang menggabungkan 9 piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12MP. 

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh kamera utama Realme 10 Pro 5G ini adalah mengusung teknologi HyperShot Imaging Architecture yang sebelumnya disematkan di lini Realme GT series. lTeknologi ini membawa algoritma khusus yang membuat performa kamera lebih responsif dan kualitas foto yang lebih detail.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai depth sensor atau portrait. Kombinasi kedua kamera ini mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh yang artistik melalui mode Portrait. 

Kamera depan Realme 10 Pro 5G cukup bersaing di kelasnya dengan dukungan kamera resolusi 16 megapiksel dengan sensor Samsung S5K3P9 1/3 inci 1um piksel dengan lensa aperture f/2.5 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang maupun kamera depannya hingga resolusi full HD.

Review Kamera Realme 10 Pro 5G

Realme 10 Pro 5G menggunakan aplikasi kamera bawaan Realme yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme 10 Pro 5G ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme 10 Pro 5G ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Street, Video, Photo, Portrait, 108M, Movie, Tilt Shift, Dual View Video, Time-Lapse, Slo-Mo, Text Scanner, Group Portrait, Pro, dan Pano. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 6400), Shutter Speed (hingga 30s), MF, dan fokus distance. Hebatnya lagi, Realme 10 Pro 5G juga mendukung mode pengambilan gambar RAW.

Baca juga:Review Realme C30: Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish dan Kencang


Lalu sehebat apa kemampuan kamera utama Realme 10 Pro 5G yang berkekuatan 108MP ini? Foto yang dihasilkan oleh kamera utama Realme 10 Pro 5G ternyata di luar dugaan tim Laptophia, kualitasnya sangat baik di kelasnya. Realme tampaknya mampu mengoptimalkan sensor Samsung ISOCELL HM6 dengan baik sehingga mampu menghasilkan foto dengan tingkat detail yang tinggi, tajam, kontras yang pas, dan saturasi warna punchy yang membuat foto terlihat hidup.

Tingkat detail yang dihasilkan kamera utama Realme 10 Pro 5G saat siang hari tak hanya sekadar tinggi, tapi rendering-nya juga terlihat natural, terutama saat menampilkan detail dedaunan atau tanaman. Dynamic range yang dihasilkan kamera Realme 10 Pro 5G secara default sudah wide dan bisa diandalkan, sehingga tak masalah memotret dengan kondisi cahaya menantang atau backlight.

Saat tim Laptophia menjajal mode portrait di smartphone Realme 10 Pro 5G, ternyata hasilnya bisa dikatakan mengalami peningkatan cukup signifikan jika dibandingkan dengan smartphone Realme sebelumnya. Separasi antara subyek dengan background cukup rapi dan efek blur-nya pun menyenangkan, serta lebih natural. Sayangnya, kadang tone warna kulit kurang konsisten dan dynamic range kadang 'off' saat mode portrait ini.

Salah satu keunggulan Realme 10 Pro 5G adalah kecepatan autofokus kamera utama yang gegas dan sangat bisa diandalkan. Kamera utamanya dengan cepat dapat fokus pada subyek foto macro dengan akurat. Laptophia menjajal kamera smartphone dengan bezel layar tertipis ini untuk memotret aneka subyek berukuran kecil seperti bunga, serangga, dan sebagainya. Hasil foto macro kamera utama Realme 10 Pro 5G ini kualitasnya memuaskan dengan detail tinggi, warna punchy, dan tajam. Saat memnggunakan digital zoom 3x, hasilnya pun masih cukup bagus dengan efek bokeh yang kian artistik.

Performa kamera 108MP Realme 10 Pro 5G saat malam hari bisa dikatakan bersaing di kelasnya. Kualitas foto malam hari Realme 10 Pro 5G bisa diandalkan karena masih mampu menghasilkan tingkat detail yang memadai dengan noise yang cukup terkontrol, serta saturasi warnanya masih cukup baik. Selain itu, penanganan terhadap sumber cahaya atau lampu yang tetap mempertahankan detail, serta meminimalkan blown light atau sumber cahaya pecah. 

Salah satu keunggulan pada review kamera Realme 10 Pro 5G ini adalah Mode Night yang diusungnya. Mode ini mampu mengahsilkan foto malam dengan kualitas yang imersif dengan peningkatan detail yang signifikan, pengurangan noise, dan juga dynamic rang yang lebih wide. Tak hanya itu, waktu tunggu saat memotret menggunakan mode Night di Realme 10 Pro 5G terasa lebih cepat menurut Laptophia.

Hal yang menarik dari review Realme 10 Pro 5G adalah performa kamera depannya yang ternyata lebih baik dari perkiraan tim Laptophia dengan bermodalkan kamera selfie berkekuatan 16 megapiksel. Foto selfienya menghasilkan detail yang sangat baik, warna yang natural, dan bisa diandalkan dalam segala kondisi cahaya. 

Performa dynamic range kamera depan smartphone Realme 10 Pro 5G ini mengagumkan. Ini terlihat saat Laptophia menggunakannya untuk foto selfie dengan latar belakang cahaya matahari saat sunset di pantai, hasilnya? Background atau latar belakang pantai masih terlihat cukup jelas dan detail dan tone warna wajah masih dipertahankan. Saat menggunakan mode portrait, separasinya memang cukup rapi tetapi kadang efek bokehnya cukup natural.

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G
Zoom 1x

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G
Zoom 3x

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Realme 10 Pro 5G

Foto dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 10 Pro 5G

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme 10 Pro 5G

Hasil Foto Kamera Depan Realme 10 Pro 5G

Foto selfie mode portrait

Review Realme 10 Pro 5G

Review Realme 10 Pro 5G


Layar

Tak hanya mengandalkan bezel layar yang paling tipis di kelasnya, Realme 10 Pro 5G juga dibekali dengan layar berkualitas untuk mewujudkan flagship experience. Berbekal layar sentuh punch hole berukuran lega 6,72 inci dengan resolusi full HD+ dengan teknologi panel IPS mampu menghasilkan pengalaman visual yang baik. Layarnya terlihat tajam, padat, dan cukup colorful karena mampu menampilkan DCI-P3 color gamut. Respon touchscreen-nya sangat gegas berkat dukungan 240Hz touch sampling rate.

Tak hanya itu, layar Realme 10 Pro 5G menawarkan refresh rate 120Hz yang membuat animasi dan gaming berjalan mulus, bebas screen tearing dan stuttering. Pengguna dapat mengatur refresh rate di angka 60Hz, 120Hz atau otomatis dengan enam tingkatan refresh rate sesuai kebutuhan. Performa layar Realme 10 Pro 5G ketika digunakan di bawah sinar matahari bisa diandalkan berjat tingkat brightness yang memadai. 

Audio

Sektor audio, Realme 10 Pro 5G ini telah dibekali dengan dua buah speaker stereo dengan teknologi 200% UltraBoom Speaker yang diklaim mampu menghasilkan volume 200% lebih kencang. Setelah menggunakannya untuk mendengarkan musik, ternyata kualitas suaranya tergolong standar dengan mid yang menonjol, tetapi treble kurang renyah dan bass kurang terasa.

Baca juga:Review Realme C35: Desain Paling Stylish, Performa Responsif

Beberapa samrtphone kelas menengah mulai menghilangkan port audio 3,5mm, tetapi hal ini tidak berlaku untuk Realme 10 Pro 5G. Smartphone ini masih menyediakan port audio 3,5mm untuk menyambungkan dengan headset kabel. Keluaran suara saat menggunakan headset cukup imersif dan balance, serta masih dapat ditingkatkan dan dikostumisasi melalui fitur Real Sound Technology.

Memori

Smartphone 5G dengan bezel super tipis ala flagship Realme 10 Pro 5G yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 105,22GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,6GB – 3,7GB. Realme 10 Pro 5G dengan harga terjangkau ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD dengan type hybrid slot.

Baterai

Baterai menjadi salah satu hal yang menarik dari review Realme 10 Pro 5G kali ini menurut Laptophia. Smartphone ini dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang rata-rata mampu bertahan seharian penuh dengan SoT 6 - 7 jam untuk penggunaan non gaming yang cukup intensif. Laptophia menggunakan Realme 10 Pro 5G sebagai daily driver untuk komunikasi, sosial media, streaming YouTube, dan kadang edit video. 

Daya tahan baterai Realme 10 Pro 5G bisa lebih lama jika penggunaan lebih ringan. realme juga membekali smartphone stylish ini dengan fitur fast charge 33W SuperVOOC yang di dalamnya terdapat chip empat-inti untuk menjamin performa dan keamanannya. Kinerjanya sendiri cukup cepat, Laptophia mengisi baterai dari 5% ke 100% hanya butuh waktu 1 jam 8 menit.

Kesimpulan

Secara umum, Realme 10 Pro 5G adalah smartphone yang menarik karena menawarkan desain  stylish dengan bezel layar tertipis di kelasnya dan layar sentuh berukuran lega dengan ukuran yang tetap pas digenggam. Tak hanya itu, Realme 10 Pro 5G juga menawarkan performa yang kompeten dan fitur yang lengkap seperti hadirnya NFC, speaker stereo, port audio 3,5mm, dan sebagainya.

Sayangnya, smartphone Realme 10 Pro 5G ini tidak dilengkapi dengan kamera ultra-wide angle dan masih menggunakan slot jenis hybrid. Terlepas dari kekuragan tersebut, Laptophia menilai Realme 10 Pro 5G merupakan salah satu smartphone 4 jutaan yang sangat layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme 10 Pro 5G

  • Desain stylish dengan bezel layar tertiis di kelasnya
  • Performa kompeten dengan Snapdragon 695 5G
  • Layar 120Hz yang smooth dan imersif
  • Fitur lengkap (speaker stereo, NFC, dan sebagainya)
  • Daya tahan baterai andal
  • Kamera utama bisa diandalkan

Kekurangan Realme 10 Pro 5G

  • Tidak dilengkapi kamera ultra wide-angle
  • Akan lebih menarik jika menggunakan layar AMOLED

Harga Realme 10 Pro 5G

Harga smartphone Realme 10 Pro 5G terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 4.599.000 untuk varian 8GB/128GB dan Rp 4.999.000 untuk varian 8GB/256GB. Berdasarkan hasil review Realme 10 Pro 5G oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini menunjukkan performa memuaskan dan fitur yang lengkap sehingga layak dipertimbangkan di kelasnya.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Realme 10 Pro 5G di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifi  kasi Realme 10 Pro 5G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka Realme UI 4.0
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G SM6375 (6nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core Kryo 660 Gold 2,2GHz dan hexa-core Kryo 660 Silver 1,7GHz
  • Grafis Adreno 619
  • Dua kamera belakang, kamera utama 108 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL HM6 1/1.67 inci 0.64um piksel, lensa 26mm aperture f/1.8, Dual Pixel phase-detection autofokus, LED flash 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (depth)
  • Kamera depan 16 megapiksel fixed focus dengan sensor Samsung S5K3P9 1/3 inci 1um piksel, lensa aperture f/2.1, AI Beauty
  • Layar sentuh punch hole 2.5D berukuran 6,72 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel, kerapatan 392 ppi (pixel per inch), 120Hz refresh rate, panel IPS
  • Memori RAM 8GB, ROM 128GB atau 256GB UFS 2.2, dilengkapi slot microSD max 256GB (hybeid slot)
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, fingerprint sensor (side mounted), port audio 3,5mm, AI Face Unlock, NFC
  • Speaker stereo
  • Dimensi 163.7 x 74.2 x 8.1 mm berat 190 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE / 5G
  • Baterai 5000mAh, non-removable, 33W SuperVOOC
  • Warna Dark Matter dan Nebula Blue
Anda mungkin suka:Review Realme GT Neo 3 80W: Smartphone Serba Kencang Berdesain Racing
4 komentar

4 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    2 Juli 2023 pukul 23.51
    Nyaris sempurna sih kalau menurutku speknya... Cuma layarnya belum amoled 😢
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      5 Juli 2023 pukul 21.16
      kekurangan yang agak menyebalkan hehehe
    Reply
  • Yudi
    Yudi
    25 April 2023 pukul 12.12
    Waduh... Jadi pengen ganti HP karena HP saya udah 4 tahun usianya....
    • Yudi
      Ditya Pandu
      26 April 2023 pukul 20.00
      Wah mantap, udah 4 tahun... kalau sudah ngos2an performanya, sudah saatnya ganti ke smartphone baru om 😁
    Reply