eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme C30: Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish dan Kencang

Review Realme C30: Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish dan Kencang - Realme Indonesia telah meluncurkan smartphone entry-level terbaru melalui seri Realme C30 di pasar tanah air. Salah satu daya tarik dari smartphone Realme C30 ini adalah desainnya yang bisa dikatakan paling stylish di kelasnya dengan dukungan konsep vertical stripe dipadukan dengan tiga pilihan warna yang menarik, yakni Lake Blue, Bamboo Green, dan Denim Black. Tak heran, smartphone ini mengusung tagline "HP Sejutaan #PastiStylish".

Tak hanya mengandalkan desain yang styish, smartphone Realme C30 ini juga menawarkan performa kencang di kelasnya berkat dukungan SoC Unisoc Tiger T612 octa-core. Smartphone 1 jutaan paling stylish ini juga memiliki stamina yang andal dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Satu unit Realme C30 Lake Blue telah mendarat di markas Laptophia untuk diulas mendalam, penasaran? Berikut review Realme C30!

Review Realme C30: Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish dan Kencang


Paket Pembelian Realme C30

Paket Pembelian Realme C30

  • Unit Realme C30 2GB/32GB Lake Blue
  • Kepala charger 10W
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme C30

Desain Realme C30

Desain Realme C30

Keunggulan utama pada review Realme C30 adalah desainnya yang paling stylish untuk sebuah smartphone entry-level dengan harga Rp 1 jutaan. Kehadiran Realme C30 adalah sebuah gebrakan di pasar smartphone entry-level yang selama ini hanya mengandalkan desain seadanya. Smartphone andalan Realme ini mengusung konsep desain Vertical Strip Design dengan tekstur seperti koper pada casing belakang yang terasa cukup menonjol, sehingga meningkatkan grip dan tidak mudah slip.

Selain itu, casing belakang Realme C30 ini tidak mudah kotor atau meninggalkan bekas sidik jari. penampilan Realme C30 kian manis dengan dukungan frame flat dan Ultra Slim Dynamic Texture Design dengan ketebalan hanya 8,5mm saja. Hal ini tak hanya membuat Realme C30 sebagai salah satu smartphone tertipis di kelas 1 jutaan, tetapi juga tetap ergonomis, nyaman, dan mantap saat digenggam. Housing kameranya juga terlihat simpel dan minimalis. Realme C30 tersedia dalam tiga varian warna dan unit yang Laptophia ulas adalah warna Lake Blue.

Jika dilihat dari sisi depan, smartphone Realme C30 ini tampil dengan layar full-screen mini-drop berukuran 6,5 inci dengan bezel yang cukup tipis dan menawarkan screen to body ratio mencapai 88,7%. Build quality Realme C30 cukup kuat dan solid. Selama seminggu lebih menggunakan Realme C30, tim Laptophia sering menaruh sembarangan dan beberapa kali terjatuh, tetapi bodi masih tetap mulis dan kuat.

Baca juga:Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021

Desain Realme C30

Desain Realme C30

Desain Realme C30

Desain Realme C30

Pada review Realme C30 yang merupakan smartphone 1 jutaan paling stylish terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar IPS HD+ 2.5D berukuran 6,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel C30 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme C30 sudah berkontur 2.5D, tetapi tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layarnya dari goresan atau benturan saat tak sengaja terjatuh.

Tombol power ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C30 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray triple slot. Sisi atas ponsel 1 jutaan paling stylish bertenaga Unisoc Tiger T612 Realme C30 ini tidak terdapat port atau tombol apapun. Sedangkan sisi kanan terdapat tombol power dan volume rocker.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C30 ini terdapat sebuah kamera, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan flagship GT Neo 3 dan GT Neo 3T ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme C30

Software Realme C30

Sama seperti Realme C35 yang telah Laptophia ulas sebelumnya, pada review Realme C30 kali ini juga menggunakan sistem operasi Android 11 Go Edition dengan antarmuka Realme UI R Edition. Selama seminggu lebih menggunakan smartphone Realme C30, tim Laptophia telah menerima dua kali update melalui menu System Update.

Lalu apa bedanya Realme UI R Edition yang digunakan oleh Realme C30 dengan Realme UI 2.0? Berdasarkan pengalaman Laptophia, Realme UI R Edition ini menawarkan antarmuka yang lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan menawarkan pengalaman yang lebih dekat dengan Android pure atau stock Android.

Tampilan Realme UI R Edition pada pembahasan Realme C30 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan memang tidak terlalu lengkap, yakni hanya memungkinkan pengguna mengganti wallpaper dan widget saja. Meski demikian, antarmukanya cenderung simpel dan mudah dimengerti.

Baca juga:Review Realme Narzo 50 5G: Smartphone 5G Kompeten dengan Harga Terjangkau

Review Realme C30: Smartphone 1 Jutaan Paling Stylish dan Kencang

Fitur yang tersedia pada review Realme C30 kali ini cukup lengkap untuk sebuah smartphone harga 1 jutaan, yakni Night Light, Dark Theme, Smart controls, Smart motion, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, face unlock, Ultra-Saving Mode, dan sebagainya.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone 1 jutaan paling stylish Realme C30 ini tidak terlalu banyak, antara lain Google Apps (Go Edition), HeyFun, Facebook, TikTok, Shopee, Snack Video, Spotify, Truecaller, WhatsApp, dan WPS Office. Aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat di-uninstall atau dihapus.

Secara umum, Realme UI R Edition yang digunakan oleh Realme C30 mirip sebuah Android pure yang telah dipoles, sehingga tampil lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan fitur yang cukup lengkap untuk sebuah smartphone entry-level dengan harga 1 jutaan.

Performa Realme C30

Performa Realme C30

Performa menjadi salah satu daya tarik pada review Realme C30 kali ini karena ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB atau 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 yang cukup kencang di kelas entry-level.

SoC Unisoc Tiger T612 yang digunakan oleh Realme C30 menawarkan performa CPU maupun GPU yang lebih kencang dari SoC lain yang digunakan oleh smartphone entry-level kompetitor seperti Helio G25, Helio G35, dan bahkan Helio P35. Bisa dikatakan, Realme C30 ini menawarkan performa di atas rata-rata untuk segmen Rp 1 jutaan.

Tak hanya itu, kinerja smartphone Realme C30 ini kian responsif dengan dukungan memori internal yang menggunakan UFS (Universal Flash Storage) 2.2 yang biasanya disematkan di smartphone kelas mid-range. UFS 2.2 yang digunakan realme C30 adalah teknologi memori flash terbaru yang dapat memberikan kecepatan baca dan tulis data 3 kali lebih cepat daripada eMMC 5.1 yang biasanya digunakan oleh smartphone entry-level dari pesaingnya.

Kinerja pada review Realme C30 varian RAM 2GB yang Laptophia gunakan untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari relatif lancar dan responsif. Tim Laptophia menggunakan untuk menjalankan aneka aplikasi sosial media, editing foto Snapseed, kadang multitasking sambil mendengarkan musik, dan kebutuhan bekerja sehari-hari masih cukup gegas. Saat berpindah antar aplikasi juga berjalan mulus tanpa ada lag yang mengganggu.

Baca juga:Review Realme Narzo 50: Stylish dengan Layar Smooth dan Performa Kencang

Apakah Realme C30 ini dapat digunakan untuk bermain game? Tentu saja bisa. Smartphone ini masih sanggup memainkan aneka game terkini seperti Mobile Legends dan game kasual lainnya. Tak ha;nya itu, saat digunakan untuk bermain game atau tugas berat, Realme C30 ini hanya hangat saja dan tidak terasa panas. Berikut ini hasil benchmark Realme C30 oleh tim Laptophia.

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30

Benchmark Realme C30


Review Kamera Realme C30

Review Kamera Realme C30

Pada review Realme C30 kali ini, kemampuan fotografinya cukup bisa diandalkan meski hanya berbekal satu buah kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel dengan lensa aperture f/2.0 yang menggunakan sensor SmartSens SC800CS 1/4 inci 1,12um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Sedangkan kamera depan Realme C30 cukup bersaing di kelas entry-level dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor SmartSens SC501CS dengan lensa aperture f/2.2 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang Realme C30 ini dapat merekam video hingga resolusi full HD 1080p, sedangkan kamera depannya makasimal di resolusi HD 720p.

Review Kamera Realme C30

Pada review Realme C30 kali ini menggunakan aplikasi kamera default yang tampil dengan antarmuuka yang sederhana dan mudah dimengerti. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C30 ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi yang dapat diaktifkan melalui menu Settings.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme C30 ini juga relatif tidak terlalu banyak tetapi cukup lengkap untuk smartphone 1 jutaan, sebut saja Video, Capture, Portrait, Time-Lapse, Pro, Night, dan Panorama. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 1600), Shutter Speed (hingga 1/6s), dan fokus distance. Pengaturan filter dan HDR juga sudah tersedia di menu bagian atas aplikasi kameranya.

Baca juga:Review Realme 9 4G: Andalkan Kamera 108MP dengan Layar Super AMOLED 90Hz Ciamik

Review Kamera Realme C30

Lalu sehebat apakah kemampuan kamera smartphone 1 jutaan paling stylish Realme C30 ini? Meski hanya berbekal kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel, ternyata hasil fotonya lebih baik dari dugaan tim Laptophia. Saat siang hari dengan cahaya yang melimpah, kamera utama Realme C30 mampu menghasilkan foto yang bagus tanpa overekspose seperti kebanyakan kamera smartphone entry-level. 

Detail yang dihasilkan kamera Realme C30 terbilang mantap untuk sebuah smartphone dengan harga 1 jutaan. Saturasi warna yang dihasilkan mendekati akurat, tetapi karakternya sedikit lebih warm. Tak hanya itu, dynamic range yang dihasilkan secara default sudah cukup wide dan memuaskan, jarang terlihat kehilangan detail langit atau bayangan yang terlalu gelap.

Meski hanya bermodalkan satu kamera belakang, Realme C30 mampu menghasilkan foto mode portrait yang tak kalah dengan smartphone sejutaan yang dilengkapi dengan dua kamera. Separasi antara subyek dengan background cukup rapi untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau. 

Hal yang menarik pada review Realme C30 kali ini adalah kemampuan fokus kameranya yang cukup cepat dan akurat. hal ini membuat smartphone stylish ini asyik untuk memotret macro. Beberapa foto macro yang Laptophia jepret menggunakan Realme C30 ini memuaskan dengan fokus yang akurat, detail yang baik, dan saturasi warna yang pas.

Saat malam hari, kemampuan kamera Realme C30 ini memang terbatas dan itu dapat dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Untungnya, tersedia mode Night yang mampu meningkatkan detail foto dan mengurangi noise yang cukup signifikan saat malam hari. LED flash bawaan Realme C30 ini juga cukup terang dan bisa diandalkan untuk memotret dalam kondisi gelap.

Sedangkan kamera depan pada review Realme C30 kali ini bisa diandalkan untuk foto selfie dalam segala kondisi cahaya dengan dukungan sensor SmartSens SC501CS. Foto selfie yang dihasilkan cukup memuaskan dengan tingkat detail yang pas, tone warna yang memuaskan, dan dynamic range yang cukup wide. Sayangnya, kamera depan Realme C30 tidak mendukung mode portrait.

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme C30
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme C30
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C30

Hasil Foto Kamera Realme C30

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C30

Hasil Foto Kamera Depan Realme C30

Hasil Foto Kamera Depan Realme C30
Baca juga:Review Realme 8i: Layar 120Hz Termurah, Kencang dengan Helio G96

Review Realme C30

Review Realme C30


Layar

Berbekal layar sentuh berukuran 6,5 inci IPS dengan resolusi HD+, Realme C30 mampu menghadirkan pengalaman visual yang memadai. Layarnya mampu menghasilkan saturasi warna yang memuaskan, tajam, dan kontras yang memadai. Bezel layar pada review Realme C30 ini cukup tipis serta menawarkan rasio screen-to-body yang mencapai 88,7%.

Respon touchscreen layar pada review Realme C30 terbilang responsif dan relatif nyaman untuk kegiatan komunikasi sehari-hari maupun bermain game yang membutuhkan respon cepat. hal ini tak lepas dari dukungan touch sampling rate yang mencapai 120Hz. Sedangkan performa layar Realme C30 saat di bawah sinar matahari yang terik ternyata cukup bisa diandalkan menurut Laptophia.

Audio

Realme C30 ini masih dibekali dengan speaker yang terletak pada sisi bawah yang mampu menghasilkan suara yang nyaring dan jernih. Berbicara mengenai kualitas suara, tidak ada yang istimewa dari speaker Realme C30 ini. Sama seperti smartphone entry-level lainnya yang didominasi oleh treble dan mid, tanpa kehadiran bass. Jika menggunakan headset, kualitas suaranya lebih baik.

Baca juga:Review Realme Book Prime: Performa Powerful dalam Bodi Tipis dan Ringan

Memori

Smartphone 1 jutaan dengan desain paling stylish Realme C30 varian 2GB/32GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 22,17GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 600MB – 700MB. Memori internal Realme C30 menggunakan UFS 2.2 yang performanya jauh lebih kencang dari eMMC 5.1 yang biasa digunakan di smartphone entry-level lainnya. Smartphone Realme C30 ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Daya tahan baterai merupakan salah satu daya tarik pada review Realme C30 oleh tim Laptophia kali ini. Berbekal baterai 5000mAh, smartphone dengan desain stylish ini mampu bertahan rata-rata 1 - 1,5 hari dengan penggunaan intensif non gaming seperti sosial media dan komunikasi sehari-hari. Untuk penggunaan sederhana, realme C30 dapat bertahan hingga dua hari.

Keunggulan Realme C30 adalah memiliki mode Ultra Saving yang jika diaktifkan memungkinkan pengguna untuk mempertahankan fungsionalitas dasar smartphone dengan menjalankan enam aplikasi yang dibutuhkan pengguna. Ultra-Saving Mode dapat mendukung standby hingga 45,37 jam dengan daya 5%. 

Sayangnya, pada review Realme C30 kali ini tidak dilengakpi fitur fast charge. Ini dapat dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan smartphone ini sangat terjangkau. Realme C30 dibekali charger standar 10W yang mampu mengisi daya dari 5% hingga penuh dalam waktu hampir 3 jam.

Kesimpulan

Secara umum, Realme C30 membawa gebrakan di segmen entry-level dengan menghadirkan desain yang paling stylish dan dipadukan build quality yang kuat. Tak hanya itu, Realme C30 juga menawarkan kinerja di atas rata-rata, baterai tahan lama, dan kamera yang memadai. Jelas, Realme C30 salah satu smartphone 1 jutaan yang sangat layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme C30

  • Desain paling stylish
  • Build quality solid dan kuat
  • Performa kencang di kelasnya
  • Baterai tahan lama

Kekurangan Realme C30

  • Tidak dilengkapi softcase dan screenguard dalam paket penjualan

Harga Realme C30

Harga smartphone Realme C30 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.499.000 untuk varian dengan RAM 2GB dan ROM 32GB. Sedangkan harga Realme C30 dengan RAM 4GB dan ROM 64GB adalah Rp 1.799.000. Berdasarkan hasil review Realme C30 oleh tim Laptophia di atas, smartphone ini menawarkan desain paling stylish dengan performa yang kencang di kelasnya.

Anda dapat membeli smartphone Realme C30 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme C30

  • Sistem Operasi Android 11 dengan antarmuka Realme UI R Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T612 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Kamera belakang 8 megapiksel, phase-detection autofokus, sensor BSI CMOS 1/4 inci 1.12um piksel, lensa aperture f/2.0 dengan dilengkapi LED flash
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, fixed focus
  • Layar sentuh 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, panel IPS LCD, Corning Gorilla Glass 3
  • Memori RAM 2GB atau 4GB LPDDR4x, ROM 32GB atau 64GB UFS 2.2 dilengkapi slot microSD maksimal 256GB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.1 x 75.6 x 8.5 mm dengan berat 182 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, standard charging 10W, reverse charging
  • Warna Lake Blue, Bamboo Green, dan Denim Black
Anda mungkin suka:Review Realme Narzo 50A, Daya Tahan Baterai Mumpuni dengan Kamera 50MP
Posting Komentar

Posting Komentar