eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021

Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021 - Realme Buds Air Neo bukanlah headset TWS (True Wireless Stereo) keluaran terbaru karena pertama kali diperkenalkan pertengahan 2020 silam. Meski demikian, performa dan kualitas headset TWS Realme Buds Air Neo masih andal digunakan di tahun 2021 ini. Kurang lebih dua bulan yang lalu salah satu anggota tim Laptophia memutuskan membeli headset TWS Realme Buds Air Neo ini saat ada promo tanggal kembar di e-commerce terkemuka tanah air. 

Setelah melalui diskusi panjang, tim Laptophia sepakat untuk mengangkat Realme Buds Air Neo di ulasan kali ini. TWS besutan vendor yang identik dengan warna kuning ini tampil dengan desain semi in-ear dan dipersenjatai dengan driver berukuran cukup besar, yakni 13mm. Salah satu daya tarik Realme Buds Air Neo ini adalah sudah menggunakan chipset canggih Realme R1 True Wireless dan dilengkapi fitur Gaming Mode, penasaran? Simak review Realme Buds Air Neo oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme Buds Air Neo, TWS yang Masih Andal di Tahun 2021


Paket Pembelian Realme Buds Air Neo

Paket Pembelian Realme Buds Air Neo

  • Unit TWS Realme Buds Air Neo
  • Kabel microUSB
  • Manual dan kartu garansi
Baca juga:Review Haylou T19 TWS: Suara Jernih dan Detail, Fitur Lengkap

Desain & Kontrol Realme Buds Air Neo

Desain & Kontrol Realme Buds Air Neo

Desain & Kontrol Realme Buds Air Neo


Konsep desain pada review Realme Buds Air Neo hadir dengan desain ala Apple AirPods dengan gaya semi in-ear atau earbud lengkap dengan balutan warna casing putih. Tentunya desain semi in-ear ini dapat menjadi pilihan bagi pengguna yang kurang nyaman dengan model in-ear monitor (IEM).

Bagi beberapa orang merasa lebih nyaman menggunakan headset TWS model semi in-ear yang tidak masuk ke telinga seperti yang ditawarkan oleh Realme Buds Air Neo. Kelemahan konsep desain ini adalah kemampuan reduksi noise dari luar yang tak sebaik model In-Ear Monitor. bentuk earbud Realme Buds Air Neo tak jauh berbeda jika dibandingkan earbud lainnya dengan dua lubang out put pada depan, samping, dan atasnya.

Realme Buds Air Neo dilengkapi dengan charging case berukuran mungil berdesain rounded yang cantik. Sementara engselnya sendiri tidak terkesan ringkih. Baik earbud maupun charging case Realme Buds Air Neo ini dibalut dengan material plastik atau polikabonat dengan finishing glossy, sehingga mudah terkena noda atau goresan. Kebetulan unit yang Laptophia ulas berwarna putih, sehingga membuatnya mudah terlihat kotor.

Baca juga:Review QCY T5: Headset TWS 200 Ribu-an Paling Mantap untuk Musik

Desain & Kontrol Realme Buds Air Neo

Desain & Kontrol Realme Buds Air Neo


Tampilan fisik Realme Buds Air Neo ini terlihat polos tanpa adanya logo atau tulisan apapun. Pada sisi depan terdapat tombol untuk mengecek status baterai dan sebuah LED indikator. Sementara pada sisi bawah terdapat ada port microUSB untuk mengisi daya dan di sisi belakangnya terdapat logo Designed by Realme.

Pada review Realme Buds Air Neo TWS kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud yang berbentuk lingkaran kecil. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Realme yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause dan menjawab telepon
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk previous track dan earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dan tahan pada salah satu earbud untuk mengakhiri telepon atau memanggil Voice Assistant (Google Assistant)
  • Sentuh dan tahan pada kedua earbud secara bersamaan untuk mengaktifkan/menonaktifkan mode gaming (Super Low Latency)

Kontrol ini dapat diubah parameternya menggunakan aplikasi Realme Link.Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Realme Buds Air Neo ini terbilang konsisten dan sensitif. Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna.

Baca juga:Review QCY T7: TWS Alternatif AirPods yang Murah dan Berkualitas

Video Unboxing Realme Buds Air Neo

Jangan lupa Subscribe channel Laptophia ya di Sini (Klik)



Review Realme Buds Air Neo

Review Realme Buds Air Neo

Bagi Anda yang kurang menyukai TWS model IEM (In-Ear Monitor), maka Realme Buds Air Neo dapat dipertimbangkan. Meski sudah setahun lebih dirilis di pasar, headset TWS besutan Realme ini masih ada yang menjualnya di e-commerce atau marketplace dengan harga yang jauh di bawah harga resminya saat pertama kali diperkenalkan.

Kualitas Suara

Kualitas suara adalah salah satu daya tarik dari review Realme Buds Air Neo kali ini. Spesifikasi di atas kertas cukup menarik dengan dukungan sebuah driver berukuran 13mm yang diklaim mampu menghasilkan bass yang punchy, serta mid dan high yang kaya. Berbeda dengan kebanyakan TWS yang harus diset volume di atas 60% agar terdengar, Realme Buds Air Neo sudah cukup nyaring dengan volume 40 – 50% saja.

Sudah sebulan lebih tim Laptophia menggunakan headset TWS Realme Buds Air Neo ini. Karakter suara yang dihasilkan ternyata cukup warm dengan bass yang cukup kuat dan powerful, tetapi tidak boomy. Penggemar bass dapat mempertimbangkan Realme Buds Air Neo ini karena bass yang dihasilkan cukup mendalam dengan kuantitas yang pas, serta cukup responsif. 

Saat memainkan lagu dengan dobel kick drum cepat seperti lagu Bullet For My Valentine - Can't Escape The Waves dapat disajikan dengan baik. Adapun mode Bass Boost+ yang mampu meningkatkan kuantitas bass secara signifikan. Laptophia kurang suka dengan mode tersebut karena bass menjadi agak boomy dan membuat suara yang lain agak tenggelam.

Sedangkan sektor mid atau frekuensi tengah, headset Realme Buds Air Neo juga masih menunjukkan performa yang prima untuk harga yang ditawarkan. Suara instrumen musik seperti riff gitar, melodi dari keyboard, dan instrumen lain mampu disajikan dengan detail, menonjol, dan kaya. Ini terlihat saat memainkan lagu metalcore seperti Bullet For My Valentine - Shatter memapu menghasilkan suara vokal scream yang bertekstur dan clean vokal yang jernih. Suara vokal perempuan seperti di lagu ReVamp - Sweet Curse pun terdengar jernih, jelas, dan detail.

Baca juga:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas

Sedangkan untuk high atau treble pada review Realme Buds Air Neo ini lumayan, meski bisa dikatakan kurang berani. Karakter treble-nya lembut dengan detail yang lumayan. Soundstage Realme Buds Air Neo ini tidak terlalu luas dan separasi antar instrumen terbilang baik untuk TWS dengan harga 300 ribuan.

Kualitas Telepon & Delay

Realme Buds Air Neo menawarkan suara yang cukup nyaring dan jelas ketika digunakan untuk bertelepon dengan kondisi sinyal yang baik. Saat digunakan di luar ruangan, performanya agak kurang karena suara noise dari luar ikut tertangkap microphone dan itu agak mengganggu. Ketika digunakan untuk menonton movie secara offline maupun streaming melalui YouTube, delay tidak terasa.

Namun saat bermain game, delay yang dihasilkan pada review Realme Buds Air Neo ini lumayan terasa dan membuat tim Laptophia kurang menikmati permainan. Akan tetapi, Realme Buds Air Neo memiliki gaming mode yang ketika diaktifkan, delay jauh lebih terkontrol dan tidak mengganggu jalannya permainan.

Kenyamanan & Kompatibilitas



Desain semi in-ear ala Airpod yang cukup ergonomis membuat TWS Realme Buds Air Neo ini cukup nyaman digunakan dalam waktu lama. Dimensi earbud Realme Buds Air Neo ini memang agak besar, sehingga bagi yang memiliki daun telinga atau lubang telinga yang kecil. Laptophia sendiri cukup nyaman menggunakannya hingga lebih dari 2 jam. Isolasi suara dari luar memang tak sebaik model IEM, tetapi masih cukup baik untuk harga yang ditawarkan.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo Realme Buds Air Neo terbilang baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Xiaomi Mi Note 10 Pro, Samsung Galaxy S20 Fe Snapdragon, dan Poco X3 GT. Selama sebulan proses uji pakai, koneksi relatif stabil dan sangat jarang terjadi disconnect.

Baterai

Realme Buds Air Neo ini dibekali dengan baterai berkapaitas 43mAh untuk setiap earbud. Pada review Realme Buds Air Neo yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 2,5 jam saja menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 40% - 50%. Sedangkan baterai dalam case Realme Buds Air Neo ini berkapasitas 400mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 17 jam memainkan musik.

Kesimpulan

Secara umum, Realme Buds Air Neo adalah sebuah headset TWS entry-level yang mampu menghasilkan kualitas suara yang baik dan performa yang bisa diandalkan. Meski bisa dikatakan produk agak lama, Realme Buds Air Neo ini masih layak dipertimbangkan.

Kelebihan Realme Buds Air Neo

  • Kualitas suara baik
  • Fitur lengkap
  • Harga kompetitif

Kekurangan Realme Buds Air Neo

  • Kurang nyaman untuk telepon di luar ruangan
  • Daya tahan baterai pas-pasan

Harga Realme Buds Air Neo

Meski bukan TWS keluaran terbaru, Realme Buds Air Neo ini masih menunjukkan performa yang andal dan memadai untuk mendukung kegiatan komunikasi, serta hiburan sehari-hari. Harga Realme Buds Air Neo terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce saat artikel ini dibuat adalah Rp 399.000.

Anda dapat membeli TWS Realme Buds Air Neo dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme Buds Air Neo

  • Merk Realme
  • Model: Buds Air Neo
  • Jenis headset: Earbud atau Semi In-Ear TWS
  • Chipset R1 True Wireless
  • Tipe driver 13mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 88±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.0
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX4
  • Baterai Earbuds: 43 mAh; Charging case: 400 mAh
  • Berat Earbud: 4.1g; With charging case: 30,5g
  • Dimensi Earbud: 40.5mm × 16.59mm × 17.70mm; Charging case: 51.3mm × 45.25mm × 25.3mm
Anda mungkin suka:Review Fiil T1 XS, Headset TWS Terbaik dengan Kualitas Suara Fantastis di Kelasnya
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar