eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP - Awal Oktober 2022 lalu Realme Indonesia kembali menggebrak pasar smartphone entry-level dengan meluncurkan seri Realme C33. Sebelumnya pabrikan asal Tiongkok ini lebih dulu menghadirkan seri Realme C35 dan C30 yang juga membidik pasar entry-level dengan segmen harga yang berbeda. Sama seperti seri C lainnya, Realme C33 ini merupakan smartphone terjangkau yang mengunggulkan desain cantik dan mewah berkosep Boundless Sea Design yang menawan.

Tak hanya mengandalkan penampilan yang cantik, smartphone Realme C33 ini juga menawarkan performa kencang di kelasnya berkat dukungan SoC Unisoc Tiger T612 octa-core ditandemkan RAM 3GB atau 4GB. Smartphone ini juga memiliki kemampuan fotografi yang kompeten dengan dipersenjatai kamera utama berkekuatan 50 megapiksel. Tak lupa, baterai berkapasitas 5000mAh turut disematkan di smartphone kencang ini, penasaran? Simak review Realme C33 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP


Paket Pembelian Realme C33

Paket Pembelian Realme C33

  • Unit Realme C33 4GB/64GB Aqua Blue
  • Kepala charger 10W
  • Kabel microUSB
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Realme C33

Desain Realme C33

Desain Realme C33

Desain menjadi salah satu daya tarik utama pada review Realme C33 menurut tim Laptophia. Realme memang akhir-akhir ini konsisten menghadirkan desain baru yang stylish di setiap seri smartphone andalannya, termasuk segmen entry-level. Smartphone Realme C33 ini mengusung konsep desain Boundless Sea Design yang terinspirasi dengan pesona lautan tanpa batas. Casing belakangnya menggunakan pemrosesan tingkat mikron dan litografi dengan efek cahaya visual dinamis, serta diilapisi dengan komposit tekstur pasir seperti glitter yang berkilau.

Konsep desainnya yang unik membuat casing belakangnya terlihat sepertu agak cembung dan dinamis, tetapi sebenarnya flat. Meski menggunakan finshing glossy, casing belakang smartphone Realme C33 ini ternyata tidak terlalu licin dan tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Sementara dual kameranya tampil tanpa housing atau contour cut yang unik dan simpel. Kebetulan unit Realme C33 yang Laptophia ulas adalah varian warna Aqua Blue.

Jika dilihat dari sisi depan, smartphone Realme C33 ini tampil dengan layar full-screen mini-drop berukuran 6,5 inci dengan bezel yang cukup tipis. Casing belakang dan frame smartphone ini terbuat dari bahan plastik atau polikarbonat yang jauh dari kesan murahan. Build quality Realme C33 cukup kuat dan solid, serta terasa mantap saat digenggam. 

Baca juga:Review Vivo T1 5G: Smartphone 5G Stylish, Kencang, dan Terjangkau

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP


Pada review Realme C33 kali ini, sisi depan smartphone terjangkau terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar IPS HD+ 2.5D berukuran 6,5 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel C33 besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Realme C33 tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass atau sejenisnya. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass untuk melindungi layarnya dari goresan atau benturan saat tak sengaja terjatuh.

Tombol power yang terintegrasi dengan fingerprint sensor dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Realme C33 ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray triple slot. Sisi atas ponsel terjangkau dengan desain stylish bertenaga Unisoc Tiger T612 Realme C33 ini tidak terdapat port atau tombol apapun.

Sedangkan bagian belakang ponsel Realme C33 ini terdapat dua buah kamera, LED flash, dan logo Realme. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Realme 10 ini menempatkan port microUSB, speaker grill, port audio 3,5mm, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Realme C33

Software Realme C33

Berbeda dengan Realme C30 yang telah Laptophia ulas sebelumnya yang masih menggunakan basis Android 11, pada review Realme C33 kali ini sudah menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka Realme UI S Edition. Selama seminggu lebih menggunakan smartphone Realme C33, tim Laptophia telah menerima satu kali update melalui menu System Update.

Lalu apa bedanya Realme UI S Edition yang digunakan oleh Realme C33 dengan Realme UI 3.0 yang sama-sama menggunakan basi Android 12? Berdasarkan pengalaman Laptophia, Realme UI S Edition ini menawarkan antarmuka yang lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan menawarkan pengalaman yang lebih dekat dengan Android pure atau stock Android.

Tampilan Realme UI S Edition pada pembahasan Realme C33 ini terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan memang tidak terlalu lengkap, yakni hanya memungkinkan pengguna mengganti wallpaper dan widget saja. Meski demikian, antarmukanya cenderung simpel dan mudah dimengerti.

Software Realme C33


Baca juga:Review Realme GT Neo 3 80W: Smartphone Serba Kencang Berdesain Racing

Fitur yang tersedia pada review Realme C33 kali ini cukup lengkap untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau, yakni Night Light, Dark Theme, Smart controls, Smart motion, Pocket mode, Gestures, Digital Wellbeing, parental control, face unlock, Ultra-Saving Mode, dan sebagainya.

Aplikasi bawaan yang terinstal di smartphone murah berdesain cantik Realme C33 ini tidak terlalu banyak, antara lain Google Apps, Baca Plus, Finmart, Helo, HeyFun, Facebook, J&T Express, LinkedIn, TikTok, Shopee, Snack Video, Spotify, Truecaller, Tokopedia, dan WhatsApp. Sebagian aplikasi bawaan yang tidak digunakan dapat di-uninstall atau dihapus.

Secara umum, Realme UI S Edition yang digunakan oleh Realme C33 mirip sebuah Android pure yang telah dipoles, sehingga tampil lebih simpel, performa yang lebih ringan, dan fitur yang cukup memadai untuk sebuah smartphone dengan harga terjangkau.

Performa Realme C33

Performa Realme C33

Performa menjadi salah satu keunggulan pada review Realme C33 kali ini karena ditenagai oleh SoC (System on Chip) Unisoc Tiger T612 (12nm) yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB LPDDR4x, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G57 yang cukup kencang untuk kelas 1 jutaan.

Pada dasarnya, performa yang ditawarkan oleh smartphone Realme C33 ini sama seperti Realme C30 karena menggunakan SoC yang sama. Jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, Realme C33 bisa dikatakan salah satu yang paling kencang atau di atas rata-rata.  Smartphone entry-level kompetitor rata-rata masih ditenagai SoC seperti Helio G25, Helio G35, dan bahkan Helio P35 yang mana skor benchmark-nya masih jauh di bawah Unisoc Tiger T612 di Realme C33 ini.

Selama kurang lebih seminggu, tim Laptophia menggunakan smartphone Realme C33 sebagai perangkat kedua. Buka tutup aplikasi, animasi transisi, dan menjalankan banyak aplikasi sekalipun masih terasa responsif. Laptophia uga sempat menjajalnya untuk mengedit foto melalui Snapseed dan edit video melalui CapCut, hasilnya? Realme C33 ini mampu menjalankannya dengan gegas tanpa kendala.

Sehebat apakah performa Realme C33 untuk memainkan game? Bisa dikatakan cukup memadai dengan harga yang terjangkau Game terkini seperti Mobile Legends atau Call of Duty Mobile dapat dimainkan tanpa kendala. Saat memainkan game PUBG pun cukup lancar, meski sesekali terasa agak lag. Ini dapat dimaklumi mengingat Realme C33 tidak dirancang untuk berain game secara intensif.

Benchmark Realme C33

Benchmark Realme C33

Benchmark Realme C33


Benchmark Realme C33

Benchmark Realme C33

Benchmark Realme C33

Benchmark Realme C33




Review Kamera Realme C33

Review Kamera Realme C33

Kemampuan fotografi menjadi salah satu keunggulan pada review Realme C33 menurut tim Laptophia. Smartphone cantik dengan harga terjangkau ini dipersenjatai dua buah kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa aperture f/1.8 yang menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, AI, dan LED flash.

Kamera utama Realme C33 yang berkekuatan 50MP menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua smartphone Realme C33 berkekuatan 0,3 megapiksel berfungsi sebagai depth sensor untuk menghasilkan efek bokeh yang artistik saat memotret dengan mode portrait.

Sedangkan Realme C33 cukup kompeten dengan dukungan kamera resolusi 5 megapiksel dengan sensor BSI CMOS dengan lensa aperture f/2.0 guna memuaskan hasrat selfie pengguna. Kamera belakang Realme C33 ini dapat merekam video hingga resolusi full HD dan HD 720p untuk kamera depannya.

Baca juga:Review Asus ROG Flow X16 GV601, Laptop Gaming Hybrid 16 Inci Powerful dan Paling Fleksibel

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Pada review Realme C33 kali ini menggunakan aplikasi kamera default yang tampil dengan antarmuuka yang sederhana dan mudah dimengerti. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Realme C33 ini juga mendukung fitur AI (Artificial Intelligence) untuk mengoptimalkan hasil foto sesuai dengan skenario yang terdeteksi yang dapat diaktifkan melalui menu Settings.

Mode yang tersedia pada review kamera Realme C33 ini juga relatif tidak terlalu banyak tetapi cukup lengkap untuk smartphone 1 jutaan, sebut saja Video, Photo, Portrait, Time-Lapse, Pro, Night, 50M, dan Panorama. Pada Mode Pro, kita bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 1600), Shutter Speed (hingga 1/5s), dan fokus distance. Pengaturan filter dan HDR juga sudah tersedia di menu bagian atas aplikasi kameranya.

Review Realme C33: Desain Cantik, Kencang, dan Berkamera 50MP

Lalu sehebat apa performa kamera smartphone Realme C33? Setelah seminggu menggunakan smartphone cantik ini dan mengabadikan banyak foto, performa kamera Realme C33 ini menawarkan lompatan yang cukup signifikan jika dibandingkan Realme C30 dengan resolusi yang lebih tinggi dan ukuran sensor yang juga lebih besar.

Saat siang hari, kamera utama Realme C33 mampu menghasilkan foto yang tajam, kayak akan detail, dan saturasi warna yang mendekati akurat. Karakter atau tone warna yang dihasilkan kamera utama Realme C33 ini memang senderung lebih warm dari aslinya. 

Selain itu, dynamic range tang dihasilkan tidak terlalu wide dan seringnya susah menampilkan detail langit. Beberapa asampel foto, warna langit hanya putih atau overekspose. Mengaktifkan mode HDR dapat memberikan peningkatan dynamic range yang signifikan saat mengatasi bayangan, tetapi untuk langit kadang masih kurang memuaskan.

Mode portrait yang dihasilkan oleh Realme C33 ini ternyata mengalami peningkatan kualitas jika dibandingkan dengan smartphone Realme kelas entry-level sebelumnya. Separasi antar subyek dengan background bisa lebih rapi. Kamera depan pun kini juga bisa mode portrait dengan karakter yang mirip dengan kamera belakang, hanya saja noise yang muncul lebih banyak.

Performa autofokus kamera utama Realme C33 saat siang hari sebenarnya cukup bisa diandalkan dan akurat, tetapi untuk foto macro memang perlu sedikit kesabaran untuk mengarahkan fokusnya. Hasil foto macro Realme C33 ini ternyata memuaskan untuk sebuah smartphone harga sejutaan dengan detail yang baik, warna punchy, dan fokus yang akurat.

Saat malam hari, kemampuan kamera Realme C33 ini sedikit lebih baik ketimbang Realme C30 yang Laptophia ulas sebelumnya. Namun sebagai smartphone kurah, kita tidak dapat berharap banyak. Foto malam hari tampak mengalami penurunan signifikan dan noise yang muncul pun agak mengganggu. Meski demikian, detail subyek foto masih memadai untuk sekadar dibagikan di sosial media dan saturasi warnanya tidak pudar.

Night mode yang tersedia di kamera smartphone berdesain cantik ini terbukti mampu meningkatkan detail dan eksposure, tetapi masih kurang optimal untuk mereduksi noise. LED flash bawaan Realme C33 cukup terang dan membantu saat memotret dalam kondisi gelap.

Sedangkan kamera depan pada review Realme C33 kali ini bisa diandalkan untuk foto selfie dalam segala kondisi cahaya. Foto selfie yang dihasilkan cukup memuaskan dengan tingkat detail yang pas, tone warna yang memuaskan, dan dynamic range yang cukup wide. 

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Foto macro

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Realme C33
Night mode off

Hasil Foto Kamera Realme C33
Night mode on

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Hasil Foto Kamera Realme C33

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Depan Realme C33

Hasil Foto Kamera Depan Realme C33
Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Realme C33
Foto selfie mode portrait


Review Realme C33

Review Realme C33


Layar

Realme C33 dibekali dengan layar sentuh berukuran 6,5 inci IPS dengan resolusi HD+.  Kualitas layarnya mampu menghasilkan saturasi warna yang memuaskan, tajam, dan kontras yang memadai. Bezel layar pada review Realme C33 ini cukup tipis serta menawarkan rasio screen-to-body yang mencapai 88,7%.

Respon touchscreen layar pada review Realme C33 terbilang responsif dan relatif gegas untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari maupun bermain game. Sayangnya, performa layar Realme C33 ini kurang memuaskan di luar ruangan dengan sinar matahari yang terik. Tak disebutkan adanya proteksi antigores atau screenguard terpasang di smartphone murah berdesain cantik ini.

Baca juga:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Audio

Smartphone Realme C33 ini dibekali dengan sebuah speaker yang berada di sisi bawah yang mampu menghasilkan volume suara yang cukup nyaring. Kualitas suara speakernya didominasi oleh treble dan mid, sedangkan bass nyaris tak terdengar. Secara umum sudah memadai untuk sekadar mendengarkan musik, tetapi terasa kurang 'penuh'. Jika menginginkan kualitas audio yang lebih baik, dapat menggunakan headset dengan memanfaatkan port audio 3,5mm yang diusungnya.

Memori

Smartphone berdesain cantik Realme C33 varian 4GB/64GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 48,43GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 2GB – 2,2GB. 

Memori internal Realme C33 menggunakan UFS 2.2 yang menawarkan transfer rate lebih kencang dari eMMC 5.1 yang biasa digunakan di smartphone entry-level lainnya. Realme C33 ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port microUSB yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Sama seperti Realme C30 yang Laptophia ulas sebelumnya, Realme C33 ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh sebagai sumber daya utamanya. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia setelah seminggu penggunaan, baterai Realme C33 mampu bertahan rata-rata 1 - 1,5 hari dengan penggunaan intensif non gaming seperti sosial media dan komunikasi sehari-hari. 

Sayangnya, pada review Realme C33 kali ini tidak dilengkapi fitur fast charge dan hanya mendukung standard charge 10W. Proses pengisian daya baterai Realme C33 dari 8% hingga penuh membutuhkan waktu hampir 3 jam. 

Kesimpulan

Secara umum, Realme C33 adalah smartphone murah yang tampil dengan desain cantik dan stylish yang sulit ditemui di smartphone sekelas. Smartphone ini menawarkan performa yang bisa dikatakan paling kencang di kelasnya dengan kamera 50MP yang bisa diandalkan, serta daya tahan baterai mumpuni. Rasa-rasanya sulit untuk tidak merekomendasikan Realme C33 ini untuk smartphone kelas entry-level.

Kelebihan Realme C33

  • Desain cantik dan stylish
  • Performa kencang
  • Harga terjangkau
  • Kamera bisa diandalkan

Kekurangan Realme C33

  • Masih menggunakan port microUSB
  • Tidak mendukung fast charge

Harga Realme C33

Harga smartphone Realme C33 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 1.599.000 untuk varian dengan RAM 3GB dan ROM 32GB. Sedangkan harga Realme C33 dengan RAM 4GB dan ROM 64GB adalah Rp 1.799.000. Berdasarkan hasil review Realme C33 oleh tim Laptophia di atas, smartphon ini menawarkan kinerja kencang, kamera yang andal, dan tampil dengan desain cantik.

Anda dapat cek harga terbaru smartphone Realme C33 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Realme C33

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka Realme UI S Edition
  • Chipset Unisoc Tiger T612 dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A75 1,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A55 1,8GHz
  • Grafis Mali-G57
  • Dua kamera belakang, kamera utama 50 megapiksel, sensor Samsung ISOCELL JN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, phase-detection autofokus, lensa aperture f/1.8, phase-detection autofokus, LED flash + 0,3 megapiksel dengan lensa aperture f/2.8 (depth sensor)
  • Kamera depan 5 megapiksel, sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.0, fixed focus
  • Layar sentuh 6,5 inci 2.5D, dengan resolusi HD+ 1600 x 720 pixels, kerapatan 270 ppi (pixel per inch), aspek rasio 20:9, 16 juta warna, panel IPS LCD
  • Memori RAM 3GB atau 4GB LPDDR4x, ROM 32GB atau 64GB UFS 2.2 dilengkapi slot microSD maksimal 1TB (dedicated slot)
  • WiFi, Bluetooth, port microUSB, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, Dual SIM, USB OTG, fingerprint sensor (side mounted)
  • GSM / 3G HSPA / 4G LTE
  • Dimensi 164.2 x 75.7 x 8.3 mm dengan berat 187 gram
  • Baterai 5000mAh non-removable, standard charging 10W, reverse charging
  • Warna Aqua Blue dan Night Sea

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro: Stylish dengan Layar AMOLED 120Hz dan Fast Charge Ngebut
4 komentar

4 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    15 Oktober 2023 pukul 10.43
    Masih worth it nggak ya ini
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      16 Oktober 2023 pukul 20.03
      Jelas masih. Harganya juga udah turun kak
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    19 Juli 2023 pukul 17.44
    Keren... Masih ada ya reviewer yang beli unit sendiri hehehe
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      1 Agustus 2023 pukul 13.32
      Masih dongs. Nggak gini nggak review tar hehehe
    Reply