eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Anker Soundcore R50i: Harga Terjangkau, Suara Lebih Balance

Review Anker Soundcore R50i: Harga Terjangkau, Suara Lebih Balance - Soundcore A20i dan Soundcore R50i adalah dua TWS terjangkau andalan Anker Indonesia yang telah melenggang di pasar tanah air sejak beberapa waktu lalu. Setelah sebelumnya menjajal kemampuan TWS Soundcore A20i, kini tim Laptophia memutuskan untuk meminang Anker Soundcore R50i untuk diulas mendalam. Kedua TWS andalan Anker ini memang cukup menarik karena harganya terjangkau dan fiturnya lengkap.

Perbedaan mencolok TWS Anker Soundcore R50i jika dibandingkan dengan Soundcore A20i adalah desainnya. Ukuran TWS Soundcore R50i ini sedikit lebih besar dengan build quality yang solid. Keunggulan utama Anker Soundcore R50i adalah dukungan fitur BassUp dan daya tahan baterai yang mantap. Tak hanya itu, konon sound signature Soundcore R50i ini lebih balance dari Soundcore A20i, benarkah? Simak review Anker Soundcore R50i oleh tim Laptophia kali ini!

Review Anker Soundcore R50i: Harga Terjangkau, Suara Lebih Balance

Paket Pembelian Anker Soundcore R50i

Paket Pembelian Anker Soundcore R50i

  • Unit TWS Anker Soundcore R50i Black
  • Charging case
  • Eartips (S, M, dan L)
  • Kabel USB Type-C
  • Tali atau lanyard
  • Manual dan kartu garansi

Desain Anker Soundcore R50i

Desain Anker Soundcore R50i

Desain Anker Soundcore R50i

TWS Anker Soundcore R50i ini mengusung desain yang jauh berbeda dari Soundcore A20i yang sudah Laptophia ulas sebelumnya. Soundcore R50i hadir dengan ukuran charging case yang sedikit lebih besar. Berdasarkan informasi dari website Anker, seri Soundcore R50i tersedia dalam tiga varian warna dan unit yang Laptophia ulas ini adalah varian warna hitam. Charging case terbuat dari material plastik dengan finishing matte dengan build quality-nya cukup solid.

Ketika Laptophia melakukan buka tutup clamshell charging case Anker Soundcore R50i ini, engselnya terasa cukup kuat dan tidak ringkih. Di dalam charging case tersimpan sepasang earbud Soundcore R50i dalam posisi vertikal. Sementara di sudut kiri atas charging case terdapat lubang untuk memasang tapi atau lanyard.

Sedangkan untuk desain earbud, Anker Soundcore R50i ini mengusung tipe in-ear atau masuk ke dalam telinga. Sementara bentuk nozzle earbud-nya agak miring sekian derajat menyesuaikan bentuk telinga manusia, sehingga cukup ergonomis dan nyaman ketika dikenakan di telinga. Earbud-nya juga menggunakan material plastik dengan finishing glossy piano dan matte pada area touch control. Salah satu kelebihan earbud Anker Soundcore R50i ini adalah memiliki kemampuan tahan cipratan air dengan sertifikat IPX5. 

Desain Anker Soundcore R50i

Desain Anker Soundcore R50i

Baca juga:Review Realme Buds T100, TWS Murah dengan Kualitas Mewah

Sisi atas charging case Anker Soundcore R50i ini terdapat logo Soundcore yang terlihat cukup jelas dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Charging case-nya tidak dilengkapi LED indikator. Sedangkan sisi belakang terdapat port USB Type-C. Sementara pada sisi bawah charging case terdapat informasi spesifikasi teknis Soundcore R50i.

Video Unboxing Anker Soundcore R50i



Kontrol Anker Soundcore R50i

Pada review Anker Soundcore R50i kali ini, menggunakan kontrol sentuh yang terdapat pada bagian belakang masing-masing earbud. Berikut ini adalah daftar kontrol pada headset TWS andalan Anker yang telah Laptophia himpun:

  • Sentuh sekali pada earbud kiri untuk volume minus
  • Sentuh sekali pada earbud kanan untuk volume plus
  • Sentuh dan tahan pada earbud kiri untuk previous track
  • Sentuh dan tahan pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan untuk play/pause
  • Sentuh dua kali pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab panggilan masuk
  • Sentih dan tahan pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan

Selama hampir sebulan proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset Anker Soundcore R50i ini terbilang konsisten dan bisa diandalkan. Ukuran bidang sentuhnya yang cukup luas membuat jari lebih leluasa menyentuhnya.

Review Anker Soundcore R50i

Review Anker Soundcore R50i

Kualitas Suara

Headset TWS Anker Soundcore R50i ini dibekali dengan sebuah driver dinamis dengan ukuran yang lebih besar dari Soundcore A20i, yakni 10mm. Karakter suara atau soun signature TWS Soundcore R50i ini masih mirip dengan saudaranya, yakni V-shape dengan dentuman bass yang kuat dan vokal yang sedikit agak maju. Jika dibandingkan Soundcore A20i, ini lebih balance.

Bass yang kuat menjadi salah satu daya tarik dari review Anker Soundcore R50i menurut Laptophia kali ini. Penggemar bass tentu akan puas dan dimanjakan oleh TWS besutan Anker ini. Bass yang dihasilkan cukup kuat, bergemuruh, dan punchy. Meski demikian, respons bass tetap cukup cepat. Saat Laptophia memainkan lagu The Wretchedness Inside milik Trivium, dentuman bass yang padat dan cepat masih dapat disajikan dengan baik.

Sementara untuk mid range atau frekuensi tengah, sudah Laptophia singgung di atas bahwa suara vokalnya agak maju. Suara vokal laki-laki terkesan kurang bertekstur, terutama di lagu yang banyak harsh vocal atau screaming, terdengar kurang gahar di Souncore R50i ini. Begitu juga distorsi gitar saat memainkan lagu Shatter milik Bullet For My Valentine, terdengar kurang bertekstur dan kurang berat. Sedangkan untuk suara vokal wanita, sudah cukup jelas dan merdu. 

Sedangkan untuk treble atau frekuensi tinggi, Anker Soundcore R50i masih tergolong kurang keluar dan belum dapat mengimbangi dentuman bass yang mengggelegar. Meski demikian, treble yang dihasilkan masih lebih baik ketimbang Souncore A20i yang Laptophia ulas sebelumnya.

Separasi antar instrumen di review Anker Soundcore R50i kali ini tergolong agak kurang. Saat memainkan lagu dengan banyak instrumen seperti lagu Storytime milik Nightwish atau Design Your Universe (A New Age Dawns - Pt. VI) milik Epica terasa agak menumpuk di tengah dan kadang tenggelam oleh bass yang bergemuruh. Soundstage Anker Soundcore R50i ini agak sempit, tetapi masih oke untuk kelas harganya.

Baca juga:Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Aplikasi Soundcore App

Review Anker Soundcore R50i


Sama seperti Soundcore A20i, TWS Anker Soundcore R50i juga didukung oleh companion app atau aplikasi tambahan yang dapat diunduh di Google Play Store, yakni Soundcore. Melalui aplikasi ini, Laptophia dapat mengakses fitur equalizer yang di dalamnya terdapat sekitar 22 preset yang dapat dipilih sesuai selera. Sayangnya, tidak disediakan opsi untuk melakukan kostumisasi equalizer sendiri.

Laptophia juga dapat mengaktifkan fitur BassUp yang meningkatkan kekuatan bass menjadi lebih bertenaga dan mendalam. Selain itu, kita dapat melakukan kostumisasi touch kontrol, melihat status baterai, dan update firmware melalui aplikasi ini.

Tak lupa, headset wireless Anker Soundcore R50i ini juga menyediakan Gaming Mode yang mampu memangkan latensi agar suara tidak delay saat bermain game. Anker juga menyediakan fitur Find Device untuk memudahkan pengguna mencari earbud Soundcore R50i yang hilang atau tak sengaja terjatuh.

Kualitas Telepon & Delay

TWS terjangkau Anker Soundcore R50i ini dibekali dengan dua buah microphone untuk menunjang pengguna saat berkomunikasi. Saat Laptophia mencoba melakukan panggilan melalui WhatsApp dan berkomunikasi, kualitas suaranya tergolong lumayan dan memang tidak istimewa. Suara berisik sekitar kita masih dapat didengar oleh lawan bicara. Meski demikian, Anker Soundcore R50i ini masih memadai untuk sekadar online meeting indoor.

Performa latensi TWS murah andalan Anker ini layak mendapat acungan jempol. Anker Soundcore R50i digunakan untuk menonton video secara offline maupun streaming melalui YouTube berjalan lancar tanpa terasa adanya delay. Saat bermain game, Laptophia mengaktifkan fitur Gaming Mode yang dimiliki Anker Soundcore R50i dan delay yang dihasilkan tidak sampai mengganggu gameplay atau pengalaman bermain. Ini terbilang bagus untuk TWS harga 100 ribuan.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Anker Soundcore R50i


Beberapa orang menilai Soundcore A20i lebih nyaman ketika sudah dipasang di telinga. Namun tim Laptophia malah justru Anker Soundcore R50i lebih nyaman untuk penggunaan waktu lama. Kami menggunakan TWS andalan Anker ini selama lebuh dari dua jam untuk mendengarkan musik dan menonton movie, tidak ada keluhan panas atau capek di telinga. Isolasi suara Soundcore R50i secara default dengan eartips bawaan ukuran M sudah cukup andal untuk meredam suara luar.

Kompatibilitas headset True Wireless Stereo pada review Anker Soundcore R50i kali ini cukup baik dan dapat bekerja tanpa masalah saat disandingkan dengan Vivo V27 5G, Xiaomi 12, dan Realme 11. Semua fitur yang dimiliki oleh TWS Anker Soundcore R50i ini dapat digunakan di ketiga smartphone tersebut selama terinstal aplikasi Soundcore app. 

Baterai

Sama seperti seri Soundcore A20i yang Laptophia ulas sebelumnya, Anker Soundcore R50i juga mengunggulkan daya tahan baterai yang panjang sebagai salat satu nilai jualnya. Anker mengklaim TWS Soundcore R50i mampu bertahan hingga 10 jam dan total hingga 30 jam dengan charging case-nya. Sayangnya, Anker lagi-lagi tak mencantumkan berapa kapasitas baterai pasti dari TWS Soundcore R50i ini.

Berdasarkan pengalaman Laptophia menggunakan TWS Anker Soundcore R50i selama dua minggu terakhir ini menunjukkan daya tahan baterainya tak jauh dari klaimnya yang mencapai 10 jam sekali charge. Laptophia menggunakan TWS andalan Anker ini dengan codec AAC dan volume rata-rata 40%.

Kesimpulan

Secara umum, Anker Soundcore R50i ini merupakan salah satu TWS dengan harga terjangkau yang layak dipertimbangkan. Kualitas suaranya tergolong mantap dan memang masih warm dengan bass yang menonjol, tetapi lebih balance dari Soundcore R20i. Daya tahan baterai panjang dan build quality solid. Agak sulit mencari kekurangan TWS Anker Soundcore R50i dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan Anker Soundcore R50i

  • Kualitas suara mantap dan lebih balance dari seri Soundcore A20i
  • Build quality solid
  • Baterai tahan lama
  • Harga terjangkau

Kekurangan Anker Soundcore R50i

  • -

Harga Anker Soundcore R50i

Harga Anker Soundcore R50i TWS terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka saat artikel ini dibuat adalah Rp 199.000. Berdasarkan hasil review Anker Soundcore R50i oleh tim Laptophia di atas, TWS ini menarik dengan harga yang terjangkau karena mampu menghasilkan kualitas suara yang lebih balance, baterai awet, dan build quality solid.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Anker Soundcore R50i di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Anker Soundcore R50i

  • Merk Anker
  • Model: Soundcore R50i
  • Jenis headset: In-Ear TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 10mm dinamis
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 102±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.3
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX5
  • Charging port USB Type-C
  • Baterai Earbuds: -mAh; Charging case: 430 mAh
  • Berat Earbud: 5,2g; With charging case: 43g
  • Dimensi Earbud: 20 mm x 25 mm; Charging case: 60 x 40 x 23 mm
  • Warna Blue, Black, dan White
Anda mungkin suka:Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas
10 komentar

10 komentar

  • Niken
    Niken
    13 November 2023 pukul 19.13
    Suaranya terlalu njedug nggak ya? Agak pusing kalau bass nya terlalu kuat
    • Niken
      Ditya Pandu
      15 November 2023 pukul 23.26
      Bass nya kuat, tapi nggak bikin puyeng sih sejauh ini saya coba
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    13 November 2023 pukul 18.02
    Wah menarik ini. Jadi pengen nyobain. Check out apa yak 🤣
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      15 November 2023 pukul 23.25
      Lho tunggu apa lagi? Buruan gasss
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    13 November 2023 pukul 11.45
    Anker itu biasanya harganya mahal2 ya kak. Ini kok murah
    • Anonim
      Ditya Pandu
      15 November 2023 pukul 23.25
      Ya Anker bidik semua segmen pak. Yang mahal ada, yang muraj juga ada... Balik lagi ke kebutuhan dan budget masing2 pak
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    13 November 2023 pukul 08.42
    Suaranya oke nih. Kalau sama Redmi Buds 4 Active, bagusan mana?
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      15 November 2023 pukul 23.24
      SWah saya belum nyobain Redmi Buds 4 Active... Nanti deh beli dulu wkwkkw
    Reply
  • Ditya Tuxlin
    Ditya Tuxlin
    12 November 2023 pukul 23.55
    Bolehlah ini TWS ini. Mantap suaranya
    • Ditya Tuxlin
      Ditya Pandu
      15 November 2023 pukul 23.24
      harga di bawah 200 ribuan, ini wajib diangkut hehehe
    Reply