eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas - Mouse adalah salah satu aksesoris penting untuk menunjang kinerja dan produktivitas. Kali ini tim Laptophia kedatangan sebuah mouse ergonomis Asus SmartO Mouse MD200 dari Asus Indonesia. Penampilan mouse ini sekilas seperti mouse kantoran biasa yang bergaya elegan, tetapi sebenarnya Asus SmartO Mouse MD200 adalah sebuah mouse premium berteknologi tinggi yang dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk meningkatkan produktivitas.

Keunggulan utama Asus SmartO Mouse MD200 ini adalah dilengkapi dengan konektivitas yang lengkap, yakni wireless RF 2,4GHz dan Bluetooth yang mampu terhubung dengan tiga perangkat sekaligus. Selain itu, mouse andalan Asus ini menggunakan material teflon atau PTFE 100% yang membuatnya smooth saat digeser dan minim gesekan. Penasaran? Simak review Asus SmartO Mouse MD200 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas

Paket Pembelian Asus SmartO Mouse MD200

Paket Pembelian Asus SmartO Mouse MD200

  • Unit mouse Asus SmartO Mouse MD200
  • USB receiver
  • 1x Baterai AA alkaline
  • Buku manual
  • Kartu garansi

Desain Asus SmartO Mouse MD200

Desain Asus SmartO Mouse MD200

Desain Asus SmartO Mouse MD200

Sektor desain menjadi daya tarik tersendiri pada review Asus SmartO Mouse MD200 menurut tim Laptophia kali ini. Mouse ini dirancang untuk pengguna kasual, kantoran, dan profesional sehingga tampil dengan gaya yang cenderung kalem dan elegan. Bodi mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini terbuat dari bahan polikarbonat dengan finishing doff atau matte yang tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari. Kualitas materialnya solid dan sama sekali tak terkesan murahan.

Desain mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini dirancang sedemikain rupa dan sangat memperhatikan sisi ergonomis. Saat Laptophia mencobanya, grip mouse canggih ini terasa begitu nyaman dan mantap dalam genggaman. Saat mencoba menggeser-geser mouse andalan Asus ini untuk sekadar bernavigasi, terasa cukup ringan karena bobotnya hanya 85 gram saja. Perlu diperhatikan, Asus SmartO Mouse MD200 didesain untuk right-heanded, sehingga kurang cocok untuk pengguna kidal.

Salah satu keunggulan utama mouse Asus SmartO Mouse MD200 yang jarang dimiliki oleh pesaingnya adalah dilengkapi lapisan antibakteri yang disebut dengan ASUS Antibacterial Guard yang menjaganya agar tetap higienis. Build quality mouse canggih besutan Asus ini juga terasa cukup solid dan terkesan premium.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 16 OLED K6602VU: Layar Terbaik, Performa Ngebut untuk Kreasi Konten

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas

Sisi depan mouse canggih Asus SmartO Mouse MD200 terdapat built-in carrying band yang elastis, dua buah tombol klik kanan dan klik kiri yang mengapit scroll wheel mouse. Sementara di belakang scroll wheel mouse terdapat tombol untuk mengatur DPI. Sedangkan di sisi kiri mouse canggih ini terdapat dua tombol tambahan yang secara default berfungsi sebagai forward dan backward. 

Sementara di bagian bawah terdapat switch untuk memilih mode wireless RF 2.4GHz, off atau Bluetooth, sensor optik, dan tombol pairing. Selain itu kaki bawah Asus SmartO Mouse MD200 dapat dibuka untuk mengakses baterai dan tempat menyimpanan dongle wireless.

Video Unboxing dan Hands On Asus SmartO Mouse MD200




Review Asus SmartO Mouse MD200

Review Asus SmartO Mouse MD200

Lalu sehebat apa mouse canggih Asus SmartO Mouse MD200 ini? Asus tidak menyebutkan jelas sensor apa yang digunakan oleh mouse canggih ini, tetapi diklaim menawarkan performa tinggi. Laptophia sendiri selama proses review Asus SmartO Mouse MD200, menggunakan mouse ini untuk bekerja selama kurang lebih seminggu penuh.

Mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini mengusung desain ergonomis yang membuatnya nyaman digunakan dalam waktu lama. Feel-nya saat menggenggam mouse ini juga relatif mantap dan tidak licin. Hal yang menarik dari mouse andalan Asus ini adalah dapat bekerja di berbagai permukaan, mulai dari kayu, kaca, ubin, dan sebagainya.

Tak hanya itu, bagian bawah atau kaki dari Asus SmartO Mouse MD200 ini terbuat dari bahan teflon atau PTFE 100% yang minim gesekan atau friksi dengan permukaan. Hal ini membuat mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini sangat smooth meluncur ketika digeser dengan tangan. Sementara tombol klik atau switch-nya relatif senyap dan feedback-nya empuk. Asus mengklaim durabilitas switch-nya mencapai 10 juta klik.

Asus SmartO Mouse MD200 ini dilengkapi dengan scroll wheel yang terbuat dari material aluminium yang kokoh dan tetap ringan. Ukiran tekstur garis pada scroll wheelnya membuatnya mantap ketika diputar terasa mantap, senyap, dan tactile. Sementara di belakang scroll whell terdapat tombol pengaturan DPI yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Sama seperti seri Asus MD100, mouse Asus SmartO Mouse MD 200 juga dilengkapi lapisan AntiBacterial Guard dan mendapatkan sertifikasi ISO 22196:2011. Dari pengujian lab pihak ketiga, terbukti lapisan tersebut secara ilmiah mampu meredam pertumbuhan bakteri hingga 99 persen dalam waktu 24 jam. Lapisan ASUS AntiBacterial Guard akan membantu permukaan mouse tetap bersih dan higienis, sekaligus mereduksi penyebaran bakteri berbahaya lewat kontak dengan tangan manusia.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14X K3405VF, Performa Kencang dengan Harga Terjangkau

Mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini juga relatif mudah digunakan dan pengguna dapat memilih menggunakan koneksi wireless RF 2.4GHz menggunakan dongle atau Bluetooth. Setupnya cukup mudah, tingga plug n play, yakni tancap kan dongle dan mouse langsung bisa digunakan. Saat menggunakan Bluetooth pun sama, cukup pairing saja dan dapat langsung digunakan, serta dapat terhubung dengan tiga perangkat sekaligus.

Hal yang unik dari review Asus SmartO Mouse MD200 adalah dilengkapi dengan built-in carrying band atau tali cantolan elastis yang memudahkan pengguna untuk membawa mouse ini untuk menunjang mobilitas.

Aplikasi Armoury Crate

Aplikasi Armoury Crate

Bagi pengguna produk Asus ROG atau TUF Gaming, tentu tidak asing lagi dengan aplikasi Armoury Crate. Pada review Asus SmartO Mouse MD200 kali ini, proses tuning dan kostumisasi dilakukan dengan aplikasi tersebut. Pengguna dapat terlebih dahulu mengunduh aplikasi Armoury Crate di situs resmi Asus.

Tampilan antarmuka aplikasi Armoury Crate ini cukup dapat dimengerti, meski agak rumit karena menyediakan banyak fungsi dan menu. Saat menggunakan konektivitas wireless RF 2.4GHz, mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini langsung terdeteksi di Armoury Crate. Anehnya, saat Laptophia menggunakan Bluetooth, mouse ini malah justru tidak terdeteksi di aplikasi tersebut.

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas


Apa saja tuning dan kostumisasi mouse Asus SmartO Mouse MD200 yang dapat dilakukan di Armoury Crate, berikut daftarnya:

  • Kostumisasi fungsi tombol mouse
  • Pengaturan sensitivitas atau DPI mulai dari 100 - 4200 DPI
  • Pengaturan polling rate dari 100 - 250Hz
  • Pengaturan buttor response time dari 12 - 32 ms
  • Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur seamless DPI
  • Menampilkan indikator dan notifikasi kapasitas baterai
  • Mengatur idling time untuk sleep mode
  • Update firmware

Kompatibilitas

Berdasarkan informasi dari website resmi Asus, mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini hanya mendukung sistem operasi Windows 10 dan Windows 11. Tim Laptophia sendiri sudah menjajalnya di laptop Asus Expertbook P2 dengan sistem operasi Windows 11 Home terinstal di dalamnya. Mouse Asus SmartO Mouse MD200 dan aplikasi Armoury Crate bekerja dengan sempurna. 

Tak hanya itu, Laptophia mencoba menghubungkan mouse Asus SmartO MD200 ini di tablet dengan sistem operasi Android, yakni Xiaomi Redmi Pad melalui Bluetooth, hasilnya? Mouse Asus SmartO MD200 dapat bekerja dengan baik di tablet tersebut.

Laptophia sempat mencoba mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini di sistem operasi Apple MacOS melalui laptop Macbook Air M1 2020 dan mouse ini dapat bekerja dengan baik. Namun, kostumisasi dan setting fitur yang dimiliki Asus SmartO Mouse MD200 tidak dapat dilakukan dengan leluasa karena aplikasi Armoury Crate tidak tersedia di sistem operasi MacOS

Baterai

Review Asus SmartO Mouse MD200: Nyaman dan Elegan, Siap Dongkrak Produktivitas


Asus SmartO Mouse MD200 ini menggunakan 1x baterai AA sebagai sumber daya utamanya. Dalam paket pembelian, Asus sudah menyertakan sebuah baterai AA jenis alkaline. Pabrikan asal Taiwan ini mengklaim daya tahan baterai Asus SmartO Mouse MD200 bisa mencapai 1 tahun. 

Klaim Asus ini tampaknya benar atau setidaknya tak jauh berbeda. Selama seminggu Laptophia bekerja menggunakan mouse besutan Asus ini, indikator baterai bertahan di angka 100%. Solusi baterai AA yang digunakan Asus SmartO Mouse MD200 ini lebih fleksibel dan memudahkan pengguna mengganti baterai ketimbang baterai yang terintegrasi.

Kesimpulan

Secara umum, mouse Asus SmartO Mouse MD200 ini menawarkan performa yang baik dengan tingkat presisi yang tinggi dan nyaman digunakan. Konektivitasnya lengkap dan unggul di kelasnya karena menyediakan opsi wireless RF 2.4GHz dan Bluetooth yang dapat dipairing hingga 3 perangkat sekaligus! 

Daya tahan baterainya sangat lama (1 tahun) dan mudah diganti oleh pengguna karena menggunakan baterai jenis AA yang fleksibel dan mudah didapat. Terlepas dari harganya yang agak tinggi, Asus SmartO Mouse MD200 merupakan mouse andal yang layak dipertimbangkan untuk mendongkrak produktivitas.

Kelebihan Asus SmartO Mouse MD200

  • Desain elegan, minimalis, dan nyaman digunakan
  • Konektivitas lengkap dengan RF 2,4Ghz dan Bluetooth
  • Dilapisi ASUS Antibacterial Guard
  • Kualitas naterial baik
  • Performa andal dan presisi
  • Baterai tahan lama dan bisa diganti

Kekurangan Asus SmartO Mouse MD200

  • Tidak mendukung koneksi kabel (wired)

Harga Asus SmartO Mouse MD200

Sayangnya sampai artikel ini ditulis, Asus Indonesia masih belum memberikan informasi yang jelas mengenai harganya. Berdasarkan pantauan Laptophia di e-commerce terkemuka tanah air, mouse Asus SmartO Mouse MD200 dibandrol dengan harga 1 jutaan. Jika benar, harga ini memang terasa agak tinggi, tetapi masih cukup sepadan dengan keunggulan dan fitur yang ditawarkan.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru Asus SmartO Mouse MD200 di Sini (klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Asus SmartO Mouse MD200

  • Merk: Asus
  • Type: SmartO Mouse MD200
  • Jumlah tombol: 6 (Enam)
  • Durasi tombol: 10 juta klik
  • Sensor: high-performance sensor
  • DPI: 100 - 4200 DPI
  • Polling rate: 125Hz - 250Hz
  • Konektivitas: Wireless RF 2.4GHz dan Bluetooth
  • Baterai: 1x AA
  • Perangkat lunak: Armoury Crate
  • Dilapisi antibakteri ASUS Antibacterial Guard
  • Berat: 85 ± 2gram
  • Dimensi: 114.5 x 71 x 42.3 mm
  • Kompatibilitas: Windows 10 dan Windows 11
  • Warna: Secret Black
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!
4 komentar

4 komentar

  • Niken
    Niken
    1 Oktober 2023 pukul 20.33
    Wah bisa buat android juga ya? Asik nih... Harganya tepatnya berapa?
    • Niken
      Ditya Pandu
      1 Oktober 2023 pukul 22.28
      Bisa buat Windows, Mac, Android dan (mungkin juga) Linux :D Harga tepatnya masih misterius kak
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    28 September 2023 pukul 21.06
    Beneran itu harga sampe sejutaan?
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      1 Oktober 2023 pukul 22.28
      Wah kurang tahu ya... belum ada konfirmasi dari pihak Asus sampai saat ini
    Reply