eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!

Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren! - Laptop gaming modern kini tidak bisa hanya sekadar tampil dengan performa yang powerful. Sejak hadirnya ROG Zephyrus pertama kali di tahun 2017, gamers dapat menikmati performa gaming powerful dalam sebuah laptop yang sangat ringkas sehingga kini para gamers pun lebih memilih laptop gaming yang powerful sekaligus tetap portabel. 

Meski demikian, Asus ROG Zephyrus M16 GU604 tidak hanya sekadar powerful dan portabel. Laptop gaming ini juga hadir dengan desain yang sangat stylish dan dapat membuat gamers tampil penuh gaya. ROG Zephyrus M16 GU604 adalah laptop gaming yang menawarkan kombinasi terbaik antara desain, performa, dan kualitas layar. 

Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!


Dengan fitur-fitur unggulan seperti AniMe Matrix Display, CPU 13th Gen Intel® Core™ H Series, ROG Nebula Display, dan sistem pendingin baru, laptop ini sangat tepat untuk memenuhi kebutuhan para gamers enthusiast maupun konten kreator.

Hal yang paling menarik laptop gaming Asus ROG Zephyrus M16 GU604 adalah desainnya yang stylish dan futuristik. Laptop ini memiliki AniMe Matrix Display di bagian belakang layar, yang dapat menampilkan animasi, logo, teks, atau gambar sesuai dengan keinginan pengguna. 

Fitur ini tidak hanya membuat laptop terlihat berbeda dengan laptop lainnya, tetapi juga dapat memberikan informasi seperti status baterai, notifikasi email, atau jam. Selain itu, laptop ini juga memiliki bodi yang cukup portabel, dengan ketebalan 22.9 mm dan berat 2.3 kg serta dilengkapi keyboard RGB backlit yang nyaman dan touchpad yang responsif.

Desain Keren Dilengkapi AniMe Matrix

Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!


Laptop gaming Asus ROG Zephyrus M16 GU604 adalah laptop gaming yang menawarkan desain stylish dan modern dengan bobot 2.3Kg dan ketebalan 22.9mm. Laptop ini memiliki layar 16 inci dengan resolusi WQXGA dan refresh rate 165Hz berstandar ROG Nebula Display, yang memberikan pengalaman visual terbaik saat bermain game, menimati hiburan digital, hingga membuat konten kreatif.

Salah satu fitur unik yang dimiliki oleh Asus ROG Zephyrus M16 GU604 adalah AniMe Matrix. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan animasi, gambar, teks, atau notifikasi pada bagian belakang layar laptop. Pengguna dapat mengatur dan mengubah tampilan AniMe Matrix melalui aplikasi Armoury Crate.

AniMe Matrix tidak hanya sekadar hiasan, tetapi juga memiliki fungsi praktis. Fitur ini dapat digunakan untuk menampilkan informasi penting seperti status baterai, jam, cuaca, atau notifikasi email. Fitur ini juga dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui pesan teks atau kode morse. Selain itu, fitur ini juga dapat meningkatkan kualitas suara laptop dengan menggunakan speaker tambahan yang terletak di bagian belakang layar.

ROG Zephyrus M16 GU604 adalah laptop gaming yang cocok untuk Anda yang menginginkan desain stylish dan modern serta fitur AniMe Matrix yang unik dan inovatif.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 15 OLED M6500, Laptop OLED 120Hz yang Kencang dan Serba Bisa

Performa Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!


Soal performa, Asus ROG Zephyrus M16 GU604 merupakan laptop yang telah dibekali dengan hardware generasi terbaru sehingga dipastikan memiliki performa yang lebih baik dari pendahulunya. Dimulai dari penggunaan CPU Intel® Core™ i9-13900H yang tidak hanya merupakan prosesor generasi terbaru, tetapi juga telah menggunakan konfigurasi 14 core (6 P-Core, 8 E-Core)  dan 20 thread. 

CPU ini juga dapat dipacu hingga frekuensi hingga 5.4GHz. Spesifikasi tersebut tentunya membuat ROG Zephyrus M16 GU604 dapat digunakan tidak hanya untuk bermain game, tetapi juga aktivitas lainnya yang membutuhkan performa CPU kencang termasuk multitasking.

Menemani CPU Intel® Core™ i9-13900H, ASUS juga menyematkan GPU hingga NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 dengan TGP hingga 145W (120+25W) sehingga bisa dipastikan performa grafisnya akan sangat baik untuk gaming dan aktivitas lain yang membutuhkan performa grafis dan kalkulasi kompleks. Tidak hanya itu, ASUS juga menghadirkan teknologi MUX Switch sehingga keseluruhan potensi performa dari chip grafis tersebut bisa dikeluarkan.

Untuk menjaga suhu laptop tetap optimal saat bermain game atau bekerja, ROG Zephyrus M16 GU604 menggunakan sistem pendingin baru yang disebut Tri-Fan technology. Sistem ini terdiri dari tiga kipas yang dapat berputar secara independen dan menyesuaikan kecepatannya sesuai dengan beban kerja laptop. Sistem ini juga menggunakan full-width heatsink yang dapat menyalurkan panas dari CPU dan GPU ke empat saluran udara di sisi laptop. Sistem pendingin ini tidak hanya efektif dalam mendinginkan laptop, tetapi juga cukup senyap dalam operasinya.

NVIDIA® GeForce RTX™ 4080 sendiri adalah generasi terbaru dari kartu grafis NVIDIA yang menggunakan arsitektur Ada Lovelace. Kartu grafis ini menawarkan performa yang jauh lebih baik daripada generasi sebelumnya, dengan fitur-fitur unggulan seperti ray tracing, DLSS 3.0, dan NVIDIA Advanced Optimus. Berikut juga hasil benchmark sintetis dan benchmark beberapa game AAA di ROG Zephyrus M16 GU604:

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Asus ROG Zephyrus M16 GU604


Benchmark Game Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Game Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Game Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Game Asus ROG Zephyrus M16 GU604

Benchmark Game Asus ROG Zephyrus M16 GU604


Dipersenjatai Layar ROG Nebula

Review Asus ROG Zephyrus M16 GU604: Powerful, Ringkas, dan Keren!


Salah satu fitur unggulan dari laptop gaming Asus ROG Zephyrus M16 GU604 2023 adalah layarnya yang menggunakan teknologi ROG Nebula Display. Layar ini memiliki resolusi WQXGA (2560 x 1600 piksel) yang dapat menampilkan gambar dengan detail tinggi dan warna yang akurat. 

Layar ini juga memiliki color gamut 100% DCI-P3 yang merupakan standar industri untuk konten digital berkualitas tinggi. Selain itu, layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display yang menjamin kesesuaian warna antara layar dan media cetak.

Layar ROG Nebula Display tidak hanya menawarkan kualitas visual yang luar biasa, tetapi juga performa yang responsif dan lancar. Layar ini memiliki tingkat kecerahan 500 nits yang dapat menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya sekitar dan memberikan pengalaman bermain yang nyaman di berbagai situasi. Layar ini juga memiliki refresh rate 165Hz yang dapat menghasilkan gerakan yang halus dan tanpa blur pada game-game dengan frame rate tinggi. Selain itu, layar ini juga memiliki response time 3ms yang dapat mengurangi input lag dan meningkatkan akurasi dalam game-game kompetitif.

Tak hanya itu, layar ROG Nebula Display tidak hanya memperhatikan aspek estetika dan performa, tetapi juga kesehatan mata penggunanya. Layar ini dilengkapi dengan teknologi Eye Care yang dapat mengurangi radiasi sinar biru hingga 70%. 

Sinar biru adalah salah satu penyebab utama kelelahan mata, gangguan tidur, dan kerusakan retina pada penggunaan layar jangka panjang. Dengan teknologi Eye Care, pengguna dapat menikmati game-game favoritnya tanpa khawatir akan dampak negatif pada mata mereka. Layar ini juga telah mengantongi sertifikasi Low-Blue Light dari TÜV Rheinland, sebuah lembaga sertifikasi independen yang diakui secara internasional.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14X M1403QA, Laptop Powerful Bertenaga AMD Ryzen H Series Harga Terjangkau

Layar ROG Nebula Display di laptop gaming Asus ROG Zephyrus M16 GU604 2023 adalah layar gaming terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan visual, performa, dan kesehatan mata para gamer. Layar ini merupakan hasil dari inovasi dan dedikasi tim ROG dalam menciptakan pengalaman gaming terbaik bagi penggunanya.

Solusi Pendingin Baru yang Ampuh

Solusi Pendingin Baru yang Ampuh


Salah satu fitur yang paling menarik di Asus ROG Zephyrus M16 GU604 adalah sistem pendinginnya. Laptop ini kembali menggunakan teknologi ROG Intelligent Cooling sebagai basis pada sistem pendinginnya. Bedanya, ROG Zephyrus M16 GU604 kali ini dibekali dengan konfigurasi kipas serta heatsink baru yang memungkinkan laptop gaming ini dapat selalu beroperasi secara optimal.

Tri-Fan dan Full-Width Heatsink yang digunakan di ROG Zephyrus M16 GU604 merupakan teknologi pendingin yang sama pada laptop ROG Strix G dan Strix SCAR terbaru yang pada dasarnya sangat fokus pada performa. Konfigurasi Tri-Fan sangat efektif untuk mempertahankan suhu operasional ROG Zephyrus M16 GU604 sehingga performa yang dihadirkan selalu optimal. 

Sementara itu, Full-Width Heatsink membantu melepas panas secara lebih baik berkat luas permukaan heatsink yang jauh lebih luas dibandingkan dengan laptop gaming pada umumnya. Tidak hanya itu, ditambah dengan kipas berteknologi Arc Flow Fan dan thermal compound berupa liquid metal Thermal Grizzly Conductonaut Extreme, ROG Zephyrus M16 GU604 berhasil menjaga suhu CPU dan GPU dengan sangat baik.

Solusi Pendingin Baru yang Ampuh


Berdasarkan pengujian menggunakan 3DMark Stress Test pada mode Speed Way sebanyak 50 kali loop, sistem pendingin di ROG Zephyrus M16 GU604 berhasil memberikan kinerja yang sangat baik. Suhu rata-rata CPU pun dapat dijaga pada 79,38⁰C dengan suhu maksimal 85⁰C. Sementara suhu rata-rata GPU berada di angka 82,23⁰C dengan suhu maksimal di 85,9⁰C.

Konektivitas Lengkap dan Upgradeable

Konektivitas Lengkap dan Upgradeable


Di balik kecanggihannya, laptop gaming Asus ROG Zephyrus M16 GU604 juga memiliki keunggulan lain yaitu konektivitas yang sangat lengkap. Dimulai dari jumlah dan jenis port-nya, ROG Zephyrus M16 GU604 sudah dibekali dengan port seperti HDMI 2.1 FRL sehingga dapat dihubungkan ke layar tambahan, serta 3.5mm combo audio jack untuk menghubungkan perangkat audio.

Selain itu, konektivitas nirkabel Asus ROG Zephyrus M16 GU604 juga tidak sembarangan. Laptop gaming ini telah menggunakan WiFi 6E dengan fitur tri-band untuk koneksi nirkabel utamanya. Berbeda dengan WiFi pada umumnya, teknologi WiFi 6E memungkinkan ROG Zephyrus M16 GU604 untuk dapat terhubung ke tiga frekuensi jaringan WiFi, yaitu 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz. Melengkapi fitur ini adalah Bluetooth® 5.2 terbaru yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat seperti mouse, keyboard, ataupun gaming controller ekstra.

Laptop gaming Asus ROG Zephyrus M16 GU604 punya port USB yang sangat lengkap. Selain USB 3.2 Type-C yang telah mendukung fitur DisplayPort™ dan USB Power Delivery, laptop gaming ini juga masih dibekali dengan USB 3.2 Type-A sehingga gamer masih dapat menghubungkan berbagai perangkat pendukung seperti keyboard dan mouse. ROG Zephyrus M16 GU604 juga dibekali dengan satu port USB Type-C Thunderbolt 4™ yang menawarkan kecepatan transfer tinggi serta kompatibel dengan berbagai aksesori dan perangkat modern.

Keunggulan lain yang dimiliki ROG Zephyrus M16 GU604 ada pada fitur upgrade-nya. Sebagai laptop gaming, ROG Zephyrus M16 GU604 menyajikan opsi upgrade yang cukup lengkap berupa upgrade memori melalui ketersediaan dua slot SO-DIMM, serta upgrade penyimpanan melalui dua slot M.2 PCIe 4.0 x4.

Kesimpulan

Asus ROG Zephyrus M16 GU604 adalah laptop gaming yang cocok untuk Anda yang menginginkan laptop dengan desain yang stylish, performa yang powerful, kualitas layar terbaik, dan sistem pendingin inovatif. Laptop ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk bermain game sekaligus andal untuk pekerjaan kreatif seperti editing video atau desain grafis.

Harga Asus ROG Zephyrus M16 GU604

  • Rp44.999.000 (Core i9 / RTX 4070 / 16GB RAM)
  • Rp52.999.000 (Core i9 / RTX 4080 / 32GB RAM)

Spesifikasi Asus ROG Zephyrus M16 GU604

  • Layar IPS Level ROG Nebula Display HDR dengan Mini LED backlight 16,1 inci resolusi WQXGA 2560 x 1600 piksel, 1100 nits, Pantone Validated, refresh rate 240Hz, Anti-Glare Panel dengan 100% DCI-P3 color gamut, VESA DisplayHDR 1000, Asus Splendid, Dolby Vision HDR
  • Prosesor Intel Core i9-13900H 14-core (20 thread) terdiri dari hexa-core P-core 2,6 GHz TurboBoost 5,4GHz + octa-core E-core 1,9GHz TurboBoost 4,1GHz
  • Chipset Intel 
  • Grafis Intel Iris Xe Graphics G7 (96 EUs) dan Nvidia GeForce RTX 4070 VRAM 8GB GDDR6 atau Nvidia GeForce RTX 4080 VRAM 12GB GDDR6 (TGP 140W)
  • Memori RAM 16GB atau 32GB DDR5 4800MHz dual-channel, upgradeable up to 64GB
  • Storage SSD 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 + satu slot M.2 NVMe PCIe 4.0 kosong
  • Konektivitas WiFi 6E (802.11ax) 2x2, Bluetooth 5.3 Combo, Port USB 3.2 Gen2, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support Data Transfer, DisplayPort dan Power Delivery), Port Thunderbolt 4.0 USB-C (support Data Transfer, DisplayPort dan Power Delivery), Port HDMI, microSD card reader, port combo audio
  • Stealth Type 1-Zone RGB backlight gaming Keyboard
  • Webcam Full HD 1080p IR HD Camera dengan Windows Hello
  • Enam stereo speaker yang terdiri dari 2x 2W tweeter dan 2x 2W dual-force woofer dengan Smart AMP technology, Hi-Res Audio, dan Dolby Atmos
  • Baterai 4 Cells 90 Whrs Polymer Battery, Fast Charge 50% dalam 30 menit
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home + Microsoft Office Home and Student 2021 asli pre-installed
  • Dimensi 35.5 x 24.6 x 2.11 ~ 2.29 cm berat 2,3Kg
  • Warna Off Black
*Featured review by Asus Indonesia, disunting dan disesuaikan oleh tim Laptophia
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Flow X13 GV301RA, Laptop Gaming Hybrid Tipis dan Ringkas
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

Posting Komentar