eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Vivo V27 5G: Desain Stylish dengan Layar Lengkung, Kamera Mantap!

Review Vivo V27 5G: Desain Stylish dengan Layar Lengkung, Kamera Mantap! - Awal 2023 ini Vivo Indonesia telah resmi meluncurkan smartphone Vivo V27 5G yang membidik segmen menengah premium. Sama seperti seri V sebelumnya, Vivo V27 5G ini mengunggulkan kemampuan kameranya yang mantap dan kompeten di kelasnya dengan dukungan tiga kamera belakang dengan kamera utama 50MP lengkap dengan fitur OIS. Smartphone ini juga dipersenjatai dengan kamera depan yang bisa dikatakan salah satu yang paling kompeten di kelasnya dengan resolusi 50MP lengkap dengan fitur.autofokus.

Tak hanya mengandalkan kamera, Vivo V27 5G ini juga diperkuat dengan performa kencang berkat sokongan SoC MediaTek Dimensity 7200 (4nm) dengan RAM 8GB LPDDR4x dan teknologi Extended RAM 8GB hyang powerful. Selain itu, Vivo juga membekalinya dengan layar 3D curved atau melengkung di kedua sisinya yang premium dengan teknologi AMOLED lengkap dengan refresh rate 120Hz. Vivo V27 5G juga tampil dengan desain yang stylish dan bodi yang tipis, penasaran? Simak review Vivo V27 5G oleh tim Laptophia kali ini!

Review Vivo V27 5G: Desain Stylish dengan Layar Lengkung, Kamera Mantap!


Paket Pembelian Vivo V27 5G

Paket Pembelian Vivo V27 5G

  • Unit Vivo V27 5G 8GB/256GB Flowing Gold
  • Kepala charger 80W (efektif 66W)
  • Kabel USB Type-C
  • Silicon case
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Vivo V27 5G

Desain Vivo V27 5G

Desain Vivo V27 5G

Desain menjadi salah satu daya tarik dari review Vivo V27 5G menurut tim Laptophia kali ini. Kesan pertama saat mengenggam smartphone andalan Vivo ini adalah sangat tipis dan ringan. Vivo V27 5G memang menjadi salah satu smartphone tertipis di kelasnya dengan ketebalan hanya 7,4 mm dan bobot 180 gram. Sisi depan, Vivo V27 5G menyuguhkan layar sentuh yang melengkung di kedua sisinya membatnya terkesan premium dan mewah. Bezel sekeliling layarnya pun terbilang cukup tipis dan bagian atasnya terdapar punch-hole untuk menempatkan kamera depan.

Harus diakui bahwa Vivo V27 5G mengusung konsep desain yang anti mainstream. Saat banyak smartphone lain yang hadir dengan frame flat, Vivo V27 5G justru hadir dengan konsep dual curved glass yang modern pada bagian depan dan belakangnya. Casing belakangnya terbuat dari bahan Fluorite AG Glass dengan finishing mirip matte yang dipercantik glitter, sehingga bebas bekas sidik jari. Sayangnya, casing belakang smartphone ini terasa agak licin. Unit yang Laptophia ulas adalah waena Flowing Gold.

Sementara housing kamera Vivo V27 5G ukurannya agak besar dengan susunan kamera vertikal yang modern dan dilengkapi LED flash yang berbentuk lingkaran. Meski terbilang tipis dan ringan, ukuran Vivo V27 5G sebenarnya agak lebar dan penjang, sehingga kurang nyaman dioperasikan dengan satu tangan. Build quality smartphone cantik andalan Vivo ini cukup solid dan kuat. Bodi Vivo V27 5G ini cukup tangguh karena memiliki kemampuan tahan percikan air dan debu dengan sertifikasi IP54.

Desain Vivo V27 5G

Desain Vivo V27 5G

Desain Vivo V27 5G

Desain Vivo V27 5G

Pada review Vivo V27 5G kali ini, sisi depan terdapat lubang kamera depan, proximity sensor, ambient light sensor, earpiece, layar 3D curved atau melengkung di kedua sisinya berteknologi Super AMOLED 120Hz full HD+ 2.5D berukuran 6,78 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Ponsel Vivo V27 5G besutan pabrikan Tiongkok ini sudah mengadopsi on-screen button.

Layar smartphone Vivo V27 5G tak disebutkan adanya proteksi antigpres seperti Schott Xensation Up dan sejenisnya. Meski demikian, smartphone ini juga dilengkapi screenguard yang terpasang dari pabrik. Laptophia tetap merekomendasikan pemasangan tempered glass menggantikan screen protector bawaan.

Tombol power dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan ponsel Vivo V27 5G ini. Sedangkan sisi kiri tidak terdapat port atau tombol apapun. Sisi atas ponsel dengan kamera 50MP bertenaga Dimensity 7200 ini terdapat microphone. Vivo membekali V27 5G dengan sensor sidik jari di bawah layar atau under screen fingerprint sensor yang praktis dan futuristik.

Sedangkan bagian belakang ponsel Vivo V27 5G ini terdapat tiga buah kamera yang tersusun dengan dekorasi simpel dan elegan, Aura Light ring LED flash, dan logo Vivo. Merek asal Tiongkok yang baru saja meluncurkan Vivo Y36 5G ini menempatkan port USB Type-C, speaker grill, SIM tray, dan microphone di sisi bawah ponsel.

Software Vivo V27 5G

Software Vivo V27 5G

Smartphone dengan layar curved Vivo V27 5G sudah menggunakan sistem operasi Android 13 terbaru dengan balutan antarmuka FunTouch OS 13 saat pertama kali dirilis. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Vivo V27 5G akan mendapat dukungan upgrade OS selama dua tahun (2x OS update) dan update keamanan hingga tiga tahun. Ini berarti Vivo V27 5G akan mendapat upgrade hingga Android 15. Ini cukup baik untuk sebuah smartphone menengah.

Funtouch OS 13 yang diusung oleh Vivo V27 5G menawarkan tampilan antarmuka yang rapi, menarik, dan dipadukan dengan susunan ikon bergaya rounded yang kian menarik. Selain itu, susunan menunya lebih simpel dan mirip Android stock yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Cara mengakses App drawer pun sama seperti Android stock, yakni swipe up.

Opsi customize tampilan antarmuka di FunTouch OS 13 ini juga terbilang lengkap karena memungkinkan pengguna untuk mengatur widget, wallpaper, theme, fonts, mendukung Global Theme Color, dan efek animasi melalui menu dynamic effect. Vivo V27 5G menyediakan opsi untuk menampilkan Google Discover atau Jovi Home saat swipe layar ke kiri. 

Fitur yang dimiliki oleh FunTouch OS 13 pada review Vivo V27 5G ini cukup lengkap. Beberapa fitur unggulannya antara lain Always On Display, Extended RAM (hingga 8GB), iManager, Dark Mode, App Encryption, Payment safe box, Jovi Home, Ultra Game Mode yang dilengkapi eSports Mode, Multi Turbo, Easy Touch, Smart Motion, Smart Split, Face beauty for video call, Parental Control, Face unlock, Eye Protection, One-handed Mode, S-Capture, App Clone, EasyShare, Smart Mirroring, Adaptive brightness, scren capture protection, dan banyak lagi.

Baca juga:Review Xiaomi Redmi Note 12: Layar AMOLED 120Hz Termurah, Baterai Awet

Meski bukan smartphone gaming, mode Ultra Game Mode di Vivo V27 5G ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap seperti eSports mode, autoplay with screen off, 4D Game Vibration, frame-rate priority, dan banyak lagi. 

Software Vivo V27 5G


Fitur keamanan sensor sidik jari di Vivo V27 5G yang terdapat di bawah layar juga menawarkan performa yang reliabel dan bisa diandalkan. App Clone yang dimiliki Vivo V27 5G memungkinkan pengguna menginstal dua aplikasi sosial media yang sama dengan identitas berbeda dalam satu smartphone.

Sedangkan aplikasi bawaan di smartphone dengann kamera mantap Vivo V27 5G cukup banyak, antara lain adalah Google Apps, V-Appstore, Vidio, Truecaller, Helo, Facebook, NovelToon, Netflix, Shopee, Snack Video, Spotify, TikTok, Viu, vivo.com, dan VivoCloud. Sebagian besar aplikasi bawaan di Vivo V27 5G dapat dihapus atau di-uninstall jika tidak diperlukan. 

Apakah FunTouch OS 13 ini menampilkan iklan? Sejauh pengalaman Laptophia, tidak ada iklan yang menonjol atau mengganggu selama proses review Vivo V27 5G. Hanya saja sering muncul notifikasi spam dari aplikasi bawaan. Selain itu kadang ada rekomendasi aplikasi dari V-Appstore yang jika salah klik, dapat menginstal aplikasi yang mungkin tidak dibutuhkan.

Terlepas dari kekurangannya, FunTouch OS 13 pada review Vivo V27 5G menawarkan desain antarmuka yang cukup cantik, rapi, dan menyediakan banyak opsi kostumisasi sehingga tidak mudah bosan. Performanya bisa dikatakan ringan dan responsif, serta dibekali fitur yang cukup lengkap dan berguna. 

Performa Vivo V27 5G

Performa Vivo V27 5G

Bagian yang menarik dari review Vivo V27 5G menurut Laptophia adalah performanya yang terbilang powerful di kelasnya. Smartphone layar lengkung 3D curved ini ditenagai SoC (System on Chip) MediaTek Dimensity 7200 (4nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A715 dengan kecepatan 2,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A510 dengan kecepatan 2GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x + Extended RAM 8GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Mali-G610 MC4.

Dimensity 7200 5G adalah SoC terbaru besutan MediaTek yang dirancang untuk smartphone mid-range premium yang menawarkan fitur lengkap dan daya tahan baterai awet. Dimensity 7200 sudah menggunakan teknologi fabrikasi 4nm dari TSMC, sehingga tetap dingin dan hemat energi.

Lalu sehebat apa performa MediaTek Dimensity 7200 yang digunakan oleh Vivo V27 5G ini? Berdasarkan hasil benchmark-nya, performanya mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan dengan SoC Dimensity 920 atau Dimensity 1080 dengan skor mencapai 630 ribuan di AnTuTu v9. Meski demikian, Dimensity 7200 ini masih setingkat di bawah Snapdragon 865, Snapdragon 870 atau Dimensity 8100 pada Realme GT Neo 3 yang Laptophia ulas lebih dulu.

Penggunaan sehari-hari, performa Vivo V27 5G terasa sangat bertenaga dan responsif. Tim Laptophia menjalankan beberapa aplikasi yang sering digunakan seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, TikTok, CapCut, Twitter, Google Docs, Telegram, streaming YouTube, dan banyak lagi terasa gegas. Multitasking dan perindahan antar aplikasi juga berjalan smooth tanpa lag. Jelas, performa Vivo V27 5G bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas bekerja dan hiburan.

Bagaimana performa gaming Vivo V27 5G? Tampaknya SoC Dimensity 7200 ini cukup powerful dan mampu memainkan aneka game Android terkini tanpa masalah. Game seperti Mobile Legends: Bang Bang atau Pokemon GO dapat dimainkan dengan setting grafis tinggi dengan mulus. Sedangkan game berat seperti Genshin Impact masih dapat dijalankan lancar dengan setting grafis high.

Baca juga:Review Itel S23, Rajanya Smartphone Murah Sejutaan?

Saat full load seperti rendering di CapCut atau bermain game, Vivo V27 5G tidak terasa panas yang mengganggu. Hanya saja terasa hangat pada sisi belakang ponsel. Hal ini tak lepas dari dukungan pendingin Ultra Large Vapor Chamber Bionic Cooling System yang digunakan di smartphone stylish ini. Berikut ini hasil benchmark Vivo V27 5G oleh tim Laptophia.

Benchmark Vivo V27 5G

Benchmark Vivo V27 5G
Device Info HW

Benchmark Vivo V27 5G
Geekbench 6

Benchmark Vivo V27 5G
AnTuTu v10

Benchmark Vivo V27 5G
AnTuTu v9

Benchmark Vivo V27 5G
PCMark

Benchmark Vivo V27 5G
3DMark

Benchmark Vivo V27 5G
Basemark OS II

Benchmark Vivo V27 5G
Androbench

Benchmark Vivo V27 5G
Sensorbox for Android & Multitouch Tester

Review Kamera Vivo V27 5G

Review Kamera Vivo V27 5G

Kemampuan fotografi menjadi keunggulan utama pada review Vivo V27 5G menurut tim Laptophia. Smartphone ini dipersenjatai dengan tiga buah kamera belakang atau triple camera. Kamera utama berkekuatan 50 megapiksel dengan lensa 23mm aperture f/1.9 yang menggunakan sensor Sony IMX766V 1/1.56 inci 1um piksel yang diperkuat fitur phase-detection autofokus, OIS (Optical Image Stabilization), AI scene detection, dan Aura Light ring LED flash. Ponsel ini didukung mode Super Night Mode yang mumpuni untuk low-light.

Kamera utama Vivo V27 5G yang berkekuatan 50MP yang kemungkinan menggunakan sensor Sony IMX766V yang merupakan keluarga sensor Sony Exmor RS ini menggunakan teknologi Quad bayer Filter yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, smartphone bergaya balap terjangkau ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 8 megapiksel dengan sensor OmniVision OV8D1 1/4 inci 1.12um piksel didukung lensa ultra-wide 16mm aperture f/2.2 yang mampu menghasilkan foto ultra-wide dengan FoV 119 derajat. Sedangkan kamera ketiga berkekuatan 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 berfungsi sebagai dedicated macro.

Sedangkan kamera depan Vivo V27 5G bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya menurut tim Laptophia. Hal ini tak lepas dari dukungan kamera depan berkekuatan 50MP dengan sensor Samsung ISOCELL S5KJN1 1/2.76 inci 0.64um piksel dengan lensa aperture f/2.5, dan dilengkapi fitur autofokus. Baik kamera belakang maupun kamera depan Vivo V27 5G mampu merekam video dengan resolusi 4K UHD @30fps.

Kamera depan Vivo V27 5G yang berkekuatan 50MP ini menggunakan sensor Samsung ISOCELL JN1 yang biasa digunakan di kamera utama smartphone kelas menengah. Sensor ini menggunakan teknologi Tetrapixel yang menggabungkan empat piksel menjadi sebuah piksel berukuran besar, sehinggga secara default, ponsel ini menghasilkan foto dengan resolusi 12,5MP.

Review Kamera Vivo V27 5G

Smartphone stylish Vivo V27 5G dibekali aplikasi kamera default yang tampil dengan antarmuka yang mudah digunakan menurut Laptophia. Aplikasi kameranya menyediakan beberapa mode dengan menu rolodex. Kamera Vivo V27 5G ini terdapat tombol untuk memilih lensa, yakni 0.6x (ultra wide angle), 1x (wide), dan 2x (digital zoom). Pada bagian atas terdapat tombol untuk mengakses Settings, mode Super Macro, Opsi warna (AI atau Natural color), HDR, dan LED flash.

Mode yang tersedia pada review kamera Vivo V27 5G ini juga cukup lengkap, sebut saja Night, Portrait, Video, Photo, Micro Movie, Time-Lapse, High Resolution, Slo-Mo (720p @240fps atau 1080p @120fps), Document, Live Photo, Pro, Doubke Exposure, Sports, Supermoon, Dual View, dan Pano. 

Pada Mode Pro, Laptophia bisa atur parameter teknis seperti White Balance, EV, ISO (hingga 3200), Shutter Speed (1/12000s hingga 32s), Matering, dan fokus distance. Hebatnya lagi, Vivo V27 5G juga mendukung mode pengambilan gambar RAW.

Review Kamera Vivo V27 5G

Sebagai smartphone yang mengunggulkan kemampuan fotgrafi, sejauh mana kehebatan kamera Vivo V27 5G ini? Saat kondisi siang hari dengan cahaya melimpah, kamera utama Vivo V27 5G mampu menghasilkan foto yang mantap dengan tingkat detail yang tinggi, saturasi warna yang punchy, dan kontras yang tinggi pula. Bagi yang menyukai warna natural, dapat mengaktifkan mode Natural Color dan saturasi warna yang dihasilkan akan lebih mendekati aslinya.

Dynamic range secara default cukup wide dan mampu mengatasi kondisi cahaya menantang atau melawan sumber cahaya dengan baik. Meski dynamic range cukup solid, kadang di beberapa sampel foto menghasilkan bayangan yang lebih gelap dari aslinya. Selain itu, ketika di zoom kadang detail yang dihasilkan Vivo V27 5G sedikit terkesan kurang natural atau overprocessed.

Salah satu kehebatan kamera Vivo V27 5G ini adalah mode portrait-nya yang bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Hasil foto mode portrait Vivo V27 5G ini sangat memuaskan dengan separasi yang rapi, tone warna alami, dan efek bokehnya pun terlihat lebih alami. Secara default, mode ini menggunakan 2x digital-zoom. Namun, kita tetap dapat menggunakan mode portrait tanpa zoom jika menginginkan tingkat detail yang lebih tinggi.

Bagi penggemar foto macro, kamera utama Vivo V27 5G yang berkekuatan 50MP ini menawarkan kecepatan fokus yang cepat dan akurat. Selain itu, hasil foto macro Vivo V27 5G memuaskan dengan detail yang tinggi, warna yang punchy, dynamic range yang luas, dan tentu saja efek bokeh yang artistik. Saat memotret macro dengan 2x zoom, tingkat detailnya masih oke.

Kemampuan kamera Vivo V27 5G saat malam hari sangat bisa diandalkan menurut Laptophia. Smartphone dengan kamera mantap ini mempu menghasilkan foto malam hari yang berkualitas, minim noise, saturasi warna yang tetap punchy, dan dynamic range yang tetap terjaga. Tingkat detail yang dihasilkan masih cukup tinggi dan bisa dikatakan bersaing dengan smartphone kelas flagship.

Mode Night di Vivo V27 5G ini dapat otomatis menyala atau aktif ketika kondisi kurang cahaya. Mode ini mampu menghasilkan foto malam yang leboh solid dengan detail yang meningkat dan kian terang. Namun, kadang mode ini membuat karakteristik foto menjadi kurang natural. Adapun Aura Light LED flash yang berbentuk lingkaran sangat membantu memotret dalam kondisi gelap. 

Baca juga:Review Infinix Note 12 2023, Performa Kencang Bertenaga Helio G99 dengan Fitur Lengkap

Sedangkan untuk kamera ultra-wide angle pada review Vivo V27 5G ini tergolong cukup baik, tetapi tidak istimewa. Saat siang hari, foto yang dihasilkan memiliki karakteristik warna yang mirip dengan kamera utama, tetapi tingkat detailnya lebih rendah. Saat malam hari, penurunan detail semakin terasa dan noise pun kadang muncul, tetapi saturasi warna masih tetap oke.

Sedangkan untuk kamera depan, Vivo V27 5G ini bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik di kelasnya dan memiliki kemampuan autofokus. Foto selfie dengan Vivo V27 5G mampu menghasilkan tingkat detail yang tinggi, skon tone yang memuaskan, dan juga dynamic range yang solid. Saat kondisi melawan sumber cahaya atau malam hari sekalipun, kamera depan Vivo V27 5G masih bisa diandalkan. Mode portrait dengan kamera depan juga mirip dengan kamera belakang dengan separasi yang rapi.

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Foto siang hari

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Foto mode portrait

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Foto macro

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Foto malam hari

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Vivo V27 5G

Foto malam hari dengan LED flash

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Ultra Wide Angle Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Foto selfie

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Hasil Foto Kamera Depan Vivo V27 5G

Foto selfie mode portrait

Review Vivo V27 5G

Review Vivo V27 5G


Layar

Hal yang menarik dari smartphone Vivo V27 5G ini adalah dibekali dengan layar 3D curved atau melengkung di kedua sisinya. Layar melengkung ini memberikan sensasi infinity dan bezeless yang membuanya terkesan premium. Kualitas layar Vivo V27 5G juga bukan kaleng-kaleng dengan ukuran 6,78 inci yang menggunakan panel AMOLED yang menawarkan kedalaman warna hingga 10-bit atau sekitar 10,7 milyar warna.

Tak heran, layar Vivo V27 5G mampu menampilkan warna yang lebih hidup, warna hitam yang pekat, tajam, dan sangat menunjang untuk menikmati konten multimedia karena sudah mendukung HDR 10+. Tak hanya itu, layar Vivo V27 5G dibekali refresh rate 120Hz sehingga scrolling dan gaming terasa lebih smooth. Saat digunakan di bawah terik sinar matahari, layar smartphone ini bisa diandalkan karena mampu menghasilkan kecerahan yang tinggi, yakni lebih dari 1000 nits.

Baca juga:Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Audio

Salah satu kekurangan dari review Vivo V27 5G adalah sektor audio. Saat pesaing terdekatnya seperti Galaxy A54 5G, Oppo Reno 8T 5G, Poco F5, dan juga Xiaomi 12T dibekali speaker stereo, Vivo V27 5G hanya dibekali satu buah speaker alias mono yang terletak di sisi bawah ponsel. Selain itu, Vivo tak membekali smartphone ini dengan port audio 3,5mm.

Speaker mono Vivo V27 5G ini mampu me ghasilkan volume suara yang cukup nyaring, tetapi agak pecah ketika volume dimaksimalkan. Kualitas speaker mono di smartphone layar lengkung ini kurang memuaskan karena terdengar agak cempreng dan kurang bertenaga. Laptophia mencoba menggunakan headset dengan memanfaatkan kabel USB-C to audio 3,5mm dan kualitas suaranya balance, serta masih dapat ditingkatkan dan dikostumisasi melalui fitur Deep Field Audio Effect.

Memori

Smartphone stylish dengan kamera mantap Vivo V27 5G yang Laptophia ulas kali ini dibekali RAM 8GB dan ROM 256GB yang menyisakan memori internal sekitar 220,88GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 3,3GB – 3,5GB. Smartphone bertenaga Dimensity 7200 ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, tetapi tidak dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Daya tahan baterai smartphone Vivo V27 5G ini di luar dugaan tim Laptophia. Meski hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 4600mAh, daya tahannya bisa disandingkan dengan para pesaingnya yang rata-rata mengusung baterai berkapasitas lebih besar. Tak sulit bagi baterai Vivo V27 5G untuk bertahan seharian penuh dengan penggunaan non gaming. Laptophia sendiri mendapatkan angka screen on time rata-rata 5 - 6 jam.

Baterai irit dari Vivo V27 5G tak lepas dari konsumsi daya dapur pacunya, MediaTek Dimensity 7200 yang sudah menggunakan teknologi fabrikasi 4nm yang efisien. Vivo V27 5G dibekali dengan fitur fast charge FlashCharge 66W yang mampu mengisi daya 70% dalam 30 menit. Namun, waktu hampir satu jam untuk mengisi daya baterai dari 5% hingga penuh.

Kesimpulan

Secara umum, Vivo V27 5G adalah sebuah smartphone menengah yang tampil stylish dan fashionable dengan bodi yang tipis, serta ringan. Kemampuan kamera utamanya layak mendapatkan acungan jempol dan kamera depannya salah satu yang terbaik di kelasnya. Performa Vivo V27 5G relatif kencang berkat dukungan SoC Dimensity 7200 dan daya tahan baterainya pun mumpuni.

Sayangnya, Vivo V27 5G hanya dibekali dengan speaker mono yang kualitasnya terbilang kurang oke menurut Laptophia. Terlepas dari kekurangannya, Vivo V27 5G dapat menjadi pilihan bagi pembaca yang membutuhkan smartphone menengah premium dengan kemampuan lengkap dan kamera yang bisa diandalkan.

Kelebihan Vivo V27 5G

  • Kamera depan salah satu yang terbaik di kelasnya
  • Kamera utama mantap dan bisa diandalkan
  • Performa kencang dengan Dimensity 7200
  • Layar lengkung AMOLED 120Hz yang imersif
  • Desain stylish dan tipis

Kekurangan Vivo V27 5G

  • Speaker masih mono dan kualitasnya kurang oke
  • Tidak dilengkapi slot microSD dan port audio 3,5mm

Harga Vivo V27 5G

Harga smartphone Vivo V27 5G terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka adalah Rp 5.999.000. Berdasarkan hasil review Vivo V27 5G yang telah tim Laptophia lakukan, smartphone ini tampil stylish, performa kompeten, dan kemampuan kamera yang mantap.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru smartphone Vivo V27 5G di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Vivo V27 5G

  • Sistem Operasi Android 13 dengan antarmuka FunTouch OS 13
  • Chipset MediaTek Dimensity 7200 (4nm) dengan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A715 2,8GHz dan hexa-core ARM Cortex-A510 2GHz
  • Grafis Mali-G610 MC4
  • Tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 megapiksel dengan sensor Sony IMX766V 1/1.56 inci 1um piksel, enam elemen lensa 23mm aperture f/1.9, phase-detection autofokus, OIS, Aura Light LED flash + 8 megapiksel sensor OmniVision OV8D1 1/4 inci lensa 16mm ultra wide-angle + 2 megapiksel dengan lensa f/2.4 (dedicated macro)
  • Kamera depan depan 50 megapiksel dengan sensor Samsung ISOCELL S5KJN1 1/2.76 inci 0.64um piksel, autofokus, lensa 24mm aperture f/2.5
  • Layar sentuh berukuran 6,78 inci, dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 pixels, kerapatan 388 ppi (pixel per inch), HDR10+, refresh rate 120Hz, 1 milyar warna, panel Super AMOLED
  • Memori RAM 8GB LPDDR4x + extended RAM 8GB, ROM 256GB UFS 3.1, tidak dilengkapi slot microSD
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, USB OTG, GPS, dual SIM, NFC, Under display fingerprint sensor (Screen Touch ID)
  • Dimensi 164.1 x 74.8 x 7.4 mm berat 180 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE / 5G
  • Baterai 4600mAh, non-removable, FlashCharge 66W
  • Warna Flowing Gold dan Noble Black
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1: Laptop Bisnis Mewah dan Powerful Bertenaga Ryzen 7 PRO 6850U
12 komentar

12 komentar

  • Niken
    Niken
    14 Agustus 2023 pukul 19.48
    Wah mahal ya?
    • Niken
      Ditya Pandu
      14 Agustus 2023 pukul 21.00
      Soal harga sebenarnya relatif sih kak. balik lagi ke kebutuhan aja sih sebenernya
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    19 Juli 2023 pukul 17.28
    Kabarnya masih banyak bug ya di Vivo V27 ini 😁
    • Anonim
      Ditya Pandu
      1 Agustus 2023 pukul 13.30
      Hah? Bug? Nggak sih sejauh ini... Aman, nggak ada bug yang mengganggu. kalau pun ada mungkin minor aja
    Reply
  • Kisah Foto
    Kisah Foto
    17 Juli 2023 pukul 13.15
    Wah mantap ini kameranya. Buat bikin reels atau tiktok gitu stabil nggak ya? Apa masih gempa 😂
    • Kisah Foto
      Ditya Pandu
      1 Agustus 2023 pukul 13.30
      Anu... Kadang masih agak gempa kalau pakai resolusi 4K. Kalau full HD sejauh ini stabil banget kok
    Reply
  • Tuxlin
    Tuxlin
    16 Juli 2023 pukul 21.34
    Aku penasaran sama Dimensity 7200 ini, sebenarnya berasa nggak sih bedanya sama Snapdragon 865? Soalnya skor AnTuTunya beda tipis 🤔
    • Tuxlin
      Ditya Pandu
      1 Agustus 2023 pukul 13.29
      ya kalau penggunaan sehari2 nggak berasa bedanya sih, ini responsif banget kok... Cuma untuk gaming dan render video gitu kayaknya lumayan berasa bedanya, kencengan Snapdragon 865. Eh tapi Dimensity 7200 ini juga udah kenceng banget kok... Daripada sebelah yang pakai Exynos wkwkwk
    Reply
  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    16 Juli 2023 pukul 11.02
    Cakep banget kameranya ya, terutama mode portrait. Berasa pakai kamera beneran 😍
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      1 Agustus 2023 pukul 13.28
      Wah udah coba ya? Memang cakep kok kameranya. Bisa diandalkan di segala kondisi cahaya😁
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    15 Juli 2023 pukul 22.25
    Tipis banget yak bodinya? Kamera portraitnya kece... Sayangnya, speaker cuman satu. 🥲
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      1 Agustus 2023 pukul 13.27
      Tipis dan ringan banget emang hape ini. Vivo emang rada pelit kasih speaker stereo wkwkwkw
    Reply