eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1: Laptop Bisnis Mewah dan Powerful Bertenaga Ryzen 7 PRO 6850U

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1: Laptop Bisnis Mewah dan Powerful Bertenaga Ryzen 7 PRO 6850U - Laptop kelas bisnis adalah segmen yang sangat berbeda dengan laptop konsumer. laptop di kelas ini biasaya mengunggulkan keandalan, performa yang kompeten, dan fitur keamanan yang lengkap untuk menunjang pekerjaan pebisnis dan kalangan enterprise. Salah satu laptop kelas bisnis yang cukup menarik adalah Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1. Berbeda dengan kebanyakan laptop bisnis yang cenderung tampil dengan desain  kaku, Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini justru menggebrak dengan desain yang stylish dan mewah.

Kinerja laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 untuk menangani beban kerja kantor modern saat ini tak perlu diragukan lagi dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 7 PRO 6850U octa-core generasi Rembrandt ditandemkan RAM sebesar 16GB LPDDR5. Tak hanya kinerja kencang, pebisnis juga dimanjakan dengan kualitas visual dari layar sentuh berukuran 13,3 inci berteknologi OLED 2.8K yang diusung Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1. Tak lupa, fitur keamanan lengkap dan bodi tangguh berstandar militer juga dibenamkan di laptop ini. Penasaran? Simak review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1: Laptop Bisnis Mewah dan Powerful Bertenaga Ryzen 7 PRO 6850U


Paket Penjualan Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

  • Unit Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
  • Adaptor charger 65W
  • Kabel power
  • Dongle USB-C to HDMI
  • Dongle USB-C to RJ45 (LAN)
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Laptop bisnis biasanya identik dengan desain kaku, sudut yang tajam, dan jauh dari kesan stylish. Akan tetapi, Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 hadir dengan gebrakan desain yang jauh berbeda dari stigma laptop bisnis yang ada saat ini. Laptop bisnis canggih andalan Lenovo ini hadir dengan konsep desain yang mewah dan stylish. Perpaduan LID cover dengan material vegan leather dan frame dengan material bronze daur ulang membuat Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 terlihat begitu mewah dan sangat berbeda jika dibandingkan dengan kebanyakan laptop komersial yang ada saat ini.

Bagian LID cover ini terdapat logo ThinkPad yang mana titik pada huruf i dapat menyala merah sebagai tanda bahwa laptop sedang aktif. Tak hanya itu, bagian atas LID cover juga terdapat 'poni' yang terbuat dari metal bronze untuk menempatkan webcam. Kesan pertama Laptophia saat memegang dan menggunakan laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini terasa begitu premium, solid, dan kuat. Ketika LID cover dibuka, interior laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini cukup elegan dengan keyboard berdesain edge-to-edge dan touchpad berukuran besar.

Salah satu keunggulan dari laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini adalah ukurannya yang cukup ringkas, yakni  294.4 x 199.6 mm dan tebalnya hanya 13,99 mm saja. Pebisnis dengan mobilitas tinggi pun Laptophia rasa tak akan keberatan membawa laptop Thinkpad Z13 Gen 1 ini karena bobotnya cukup ringan, yakni hanya 1,26 kilogram. Build quality laptop ini tak perlu diragukan lagi, sangat solid, mewah, dan terkesan premium.

Baca juga:Review Asus Vivobook Pro 15 OLED M6500, Laptop OLED 120Hz yang Kencang dan Serba Bisa

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Desain Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Ketersediaan port pada review laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini bisa dikatakan terbatas. sisi kiri laptop hanya terdapat satu port USB4 Type-C yang mendukung data transfer, Power Delivery 3.0, dan DisplayPort 1.4a. Sedangkan sisi kanan, terdapat port USB4 Type-C (mendukung data transfer, Power Delivery 3.0, dan DisplayPort 1.4a), tombol power, dan port audio 3,5mm.

Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 merupakan salah satu laptop bisnis paling tangguh dan durabel di kelasnya. Laptop bisnis ini telah mengantongi sertifikasi ketahanan berstandar militer MIL-STD 810H. Sertifikasi ketahanan tersebut membuktikan Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 telah lolos berbagai pengujian ekstrem seperti uji jatuh dan getaran, uji temperatur, uji kelembapan, hingga uji radiasi sinar matahari.

Performa Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Performa Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Performa adalah salah satu daya tarik utama dari review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 kali ini menurut Laptophia. Unit yang Laptophia ulas kali ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 7 PRO 6850U generasi Rembrandt H yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3+ yang berlari dengan kecepatan 2,7GHz dengan Turbo maksimal 4,7GHz. Laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 34ID ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB LPDDR5-6400Mhz dual-channel onboard

Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 6850U yang digunakan laotop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini  memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan arsitektur Zen 3+ dan teknologi 6nm sehingga memiliki efisiensi yang optimal untuk pengalaman bermain bekerja yang maksimal dengan daya tahan baterai awet.  

Tak hanya itu, prosesor AMD Ryzen 7 PRO 6000 series yang digunakan oleh Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 mengusung TDP 15W yang memang dirancang untuk laptop yang tipis dan daya tahan baterai andal. Prosesor ini dirancang khusus untuk bisnis dan enterprise dengan dilengkapi fitur keamanan yang lebih lengkap dengan hadirnya fitur AMD PRO Security, AMD Memory Guard, AMD Secure Processor, dan Microsoft Pluton Security.

Laptophia menjajal laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 untuk bekerja selama hampir seminggu dengan menjalankan browser Chrome dan Microsoft Edge lengkap dengan puluhan tab terbuka, edit dokumen dengan LibreOffice, streaming, online meeting dengan Zoom, dan sebagainya. Performanya untuk bekerja sehari-hari terasa sangat nyaman, gegas, dan bertenaga. Laptophia tidak pernah menglami lag atau hang saat menjalankan banyak aplikasi di laptop kelas bisnis ini.

Sisi grafis, laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini diperkuat GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon 680M iGPU terintegrasi tanpa hadirnya GPU diskrit. Grafis terintegrasi AMD Radeon 680M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2200MHz dengan antarmuka memori system shared.

Baca juga:Review Asus Vivobook 14X M1403QA, Laptop Powerful Bertenaga AMD Ryzen H Series Harga Terjangkau

Meski hanya dibekali dengan GPU terintegrasi, laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini sanggup menghadirkan performa grafis yang mumpuni untuk kebutuhan bekerja sehari-hari. Bahkan, laptop ini masih dapat memainkan beberapa game seperti GTA V, FarCry, Genshin Impact, Street Fighter V, dan sebagainya.

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
CPU-Z

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
GPU-Z

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Benchmark CPU-Z

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Cinebench R15

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Cinebench R20

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Cinebench R23

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Geekbench 5 CPU

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Geekbench 5 OpenCL

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Geekbench 5 Vulkan

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Geekbench 6 CPU

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Geekbench 6 OpenCL

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
Geekbench 6 Vulkan

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
PCMark 10

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
3DMark Fire Strike

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
3DMark Night Raid

Benchmark Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1
3DMark Time Spy

Solusi Pendinginan

Lenovo sejauh ini tidak mengungkapkan seperti apa solusi pendinginan yang dimiliki oleh laptop bisnis Thinkpad Z13 Gen 1 ini. Namun berdasarkan ulasan NotebookCheck, laptop bisnis dengan desain stylish ini dibekali dengan dua buah kipas pendingin berukuran kecil yang dipadukan dengan heatsink untuk melepas panas.

Saat bekerja atau komputasi sehari-hari yang bebannya relatif ringan, bodi laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini tetap dingin dan tidak terdengar suara berisik dari kipas pendingin. Sedankan ketika menjalankan proses benchmark Cinebench R23 yang cukup berat, bodi laptop ini terasa hangat dan bagian paling panas adalah area atas keyboard. Sedangkan kipasnya relatif masih senyap meski laptop sedang full load.

Baca juga:Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1


Layar

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Kualitas layar yang ciamik dan bisa dikatakan di atas rata-rata menjadi salah satu keunggulan pada review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 oleh Laptophia kali ini. Laptop ini dibekali dengan layar sentuh 10-point Multi-touch berukuran 13,3 inci yang menggunakan teknologi OLED (Organic Light Emiting Diode) dengan resolusi 2.8K 2880 x 1800 piksel, brightness 400 nits dengan 100% DCI-P3 color gamut yang didukung Dolby Vision. bezel layarnya pun terbilang tipis.

Saat Laptophia menjajal Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1, kualitas dan reproduksi warnanya memang sangat menggoda. Laptop ini mampu menghadirkan pengalaman visual yang colorful dan menampilkan warna hitam yang absolut, serta kontras yang tinggi khas panel OLED. Viewing angle luas dan resolusinya yang tinggi membuat tampilannya terlihat sangat tajam dan padat. 

Respon touchsreen layar Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini responsif dan tak terasa ada lag saat Laptophia mencobanya. Tingkat kecerahan layar laptop ini mencapai 400 nits yang membuatnya andal saat digunakan di luar ruangan. Bagi pebisnis yang banyak menghabiskan waktu di depan layar, dapat mengaktifkan fitur EyeSafe untuk mengurangi radiasi sianr biru, sehingga tidak mudah lelah dan lebih aman untuk mata.

Audio

Meski darancang untuk pebisnis dan enterprise, kualitas speaker pada laptop bisnis juga penting untuk menikmati konten multimedia atau video conference. Laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo dengan daya 2 x 2W yang terletak di bagian bawah laptop. Saat Laptophia menjajalnya, volume suaranya cukup nyaring dan tidak pecah atau terdistorsi saat volume hampir penuh. 

Kualitas suara yang dihasilkan oleh kedua speaker Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini ternyata di luar dugaan Laptophia. Meski tak mengisung embel-embel Harman Kardon atau Bang & Olufsen seperti para pesaingnya, speaker laptop bisnis berdesain mewah ini mampu menghasilkan detail yang cukup tinggi, treble yang renyah, dan imaging yang baik. Bass cukup terdengar, tetapi kurang mendalam. Secara umum, kualitas suaranya bertenaga dan layak mendapat acungan jempol.

Keyboard & Touchpad

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Salah satu ciri khas lini laptop ThinkPad adalah keyboard yang sangat nyaman dengan pengalaman mengetik yang mantap. Lalu bagaimana performa keyboard pada review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 kali ini? Laptophia melihat sekilasi desain keyboard-nya tak jauh berbeda dengan lini ThinkPad pada umumnya, tetapi karakternya sedikit berbeda. Keyboard Thinkpad Z13 Gen 1 ini cenderung ringan dengan keytravel yang agak dangkal, serta cukup senyap. Desain keyboard-nya sendiri juga berdesain edge-to-edge tanpa ada space di sisi kanan dan kirinya.

Bagi yang terbiasa menggunakan lini ThinkPad, mungkin keyboard Thinkpad Z13 Gen 1 ini kurang memuaskan karena karakternya berbeda. Namun berdasarkan pengalaman Laptophia, meski karakter keyboard di Thinkpad Z13 Gen 1 ini berbeda dengan lini ThinkPad pada umumnya, masih tetap memberikan pengalaman yang nyaman. Laptophia bahkan mengetik beberapa artikel di Thinkpad Z13 Gen 1 dan tidak terasa lelah atau mudah typo.

Hal yang menarik dari laptop Thinkpad Z13 Gen 1 andalan Lenovo ini adalah touchpad berukuran besar yang diusungnya. Touchpad tersebut mengusung finishing glass yang dilengkapi dengan efek haptic yang cukup menyenangkan saat digunakan. 

Baca juga:Review HP 14s fq1036AU, Performa Kencang untuk Dongkrak Produktivitas

Laptop bisnis Thinkpad Z13 Gen 1 andalan Lenovo ini juga dilengkapi dengan trackpad berwarna merah yang cukup mencolok di tengah-tengah tuts keyboard. Kita dapat menggunakannya untuk navigasi dan shortcut untuk beberapa fungsi. Meski demikian, Laptophia lebih suka menggunakan touchpad atau mouse ketimbang trackpad ini.

Perangkat Lunak

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Salah satu keunggulan laptop bisnis mewah Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 11 Pro asli pre-installed di dalamnya. Tentunya sistem operasi Windows 11 Pro menawarkan fitur yang lebih lengkap dari versi Home yang berguna untuk meningkatkan produktivitas pebisnis, seperti kemampuan virtualisasi yang lebih mumpuni, fitur BitLocker, Windows Information Protection, dan banyak lagi.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah aplikasi proprietary dari Lenovo. Sayangnya, laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 tak dibekali dengan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021 yang biasa disematkan di lini laptop terbaru.

Storage

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Laptop bisnis powerful dengan desain mewah Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini dibekali dengan media penyimpanan atau storage SSD PCIe 4.0 x4 NVMe dari Micron 2450 MTFDKBA512TFK berkapasitas 512GB.

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Secara teori, SSD PCIe 4.0 kelas atas yang mampi menghasilkan transfer rate hingga 7000MB/s. Namun, SSD Micron 2450 yang digunakan oleh laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 hanya menghasilkan transfer rate 3235.88 MB/s untuk write dan 3133.86 MB/s untuk write di CrystalDiskMark.

Meski tidak sekencang SSD PCIe 4.0 kelas atas, performa SSD pada review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 kali ini relatif konsisten dan tetap powerful untuk bekerja sehari-hari. Sayangnya, Laptophia belum mendapat informasi apakah SSD di laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini dapat di-upgrade atau tidak.

Konektivitas

Laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 dibekali dengan konektivitas berupa WiFi 6E Qualcomm NFA725A 802.11ax 2x2, Bluetooth 5.1, Port USB4 Type-C (support data transfer, Power Delivery 3.0, dan DisplayPort 1.4a), dan port audio 3,5mm. Ini tergolong minimalis menurut Laptophia karena hanya memiliki dua buah port USB-C tanpa kehadiran port USB type A atau HDMI.

Sebenarnya jumlah port minimalis seperti yang diusung oleh Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 adalah hal yang umum di laptop kelas premium seperti Macbook Air, Dell XPS 13 atau Zenbook S series. Guna mengatasi keterbatasan port, Lenovo membekali Thinkpad Z13 Gen 1 dengan dua buah dongle untuk port HDMI dan LAN RJ45 dalam paket penjualannya.

Fitur Keamanan

Review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1: Laptop Bisnis Mewah dan Powerful Bertenaga Ryzen 7 PRO 6850U


Salah satu kelebihan pada review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 kali ini adalah dukungan fitur keamanan yang terbilang lengkap. Laptop ini dibekali dengan teknolovgi keamanan canggih yang disebut dengan Microsoft Pluton yang diintegrasikan di dalam prosesor AMD Ryzen 7 PRO 6850U yang menjadi dapur pacu utamanya. 

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Microsoft Pluton ini bertujuan untuk menghilangkan potensi penyadapan atau perusakan fisik karena komunikasi bus antara CPU dan chip Pluton yang ada dengan chip TPM. Hal ini dikarenakan Pluton dibangun langsung ke dalam CPU, sehingga tidak lagi mememerlukan komunikasi bus. Tak hanya itu, laptop Thinkpad Z13 Gen 1 masih dipersenjatai dengan chip TPM 2.0 diskrit di dalamnya.

Tak hanya itu, laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 juga dilengkapi dengan IR camera dengan fitur face recognition dan sensor sidik jari yang berlokasi di sisi kanan touchpad yang telah didukung Windows Hello untuk menjaga keamanan data pengguna dan mencegah akses tanpa otoritas. Performa sensor sidik jari laptop bisnis powerful ini cukup sensitif dan responsif dalam mengenali sidik jari.

Baterai

Laptop bisnis Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini dibekali baterai lithium polymer kapasitas 4 cell 51,5WHr yang diharapkan memiliki daya tahan yang panjang untuk menunjang mobilitas pebisnis. Laptop ini dibekali fitur fast charge  Rapid Charge Express yang mampu mengisi daya 80% dalam 1 jam saja. Butuh waktu hampir satu setengah jam untuk mengisi baterai laptop ini hingga penuh. 

Laptophia menggunakan laptop bisnis Thinkpad Z13 Gen 1 untuk bekerja sehari-hari seperti streaming video, office, browsing dengan puluhan tab, dan editing foto ringan. Baterai Thinkpad Z13 Gen 1 rata-rata mampu bertahan antara 6 - 7 jam untuk pola penggunaan tersebut, tidak istimewa memang. Tampaknya layar sentuh dengan panel OLED 2.8K menguras cukup banyak energi.

Kesimpulan

Secara umum, Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 tampil sebagai sebuah laptop bisnis dengan desain mewah dan stylish dengan material ramah lingkungan yang tak ditemui di laptop bisnis lainnya. Performanya terbilang kencang untuk menangani beban kerja modern saat ini dan didukung fitur keamanan yang lengkap, serta keyboard yang nyaman untuk bekerja.

Sayangnya, Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 datang dengan port terbatas (hanya dua USB-C) dan harga Rp 38 jutaan yang sebenarnya terbilang cukup tinggi menurut Laptophia. Meski demikian, Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 layak dipertimbangkan bagi pebisnis yang ingin tampil beda dan membutuhkan laptop powerful yang tangguh, serta fitur lengkap.

Kelebihan Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

  • Desain mewah dan stylish
  • Build quality premium dengan material ramah lingkungan
  • Performa kencang dengan Ryzen 7 PRO 6850U
  • Layar sentuh OLED 2.8K yang imersif
  • Fitur keamanan lengkap
  • Keyboard nyaman digunakan

Kekurangan Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

  • Port terbatas (hanya dua USB-C)
  • Harga cukup tinggi

Harga Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

Harga Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 38.499.000. Berdasarkan hasil review Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 yang telah tim Laptophia lakukan, laptop ini cocok bagi pebisnis dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan laptop andal, fitur lengkap, powerful, dan dikemas dengan desain yang mewah.

Anda dapat cek harga dan promo laptop Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1

  • Layar sentuh 10-point Multi-touch OLED 13,3 inci resolusi 2.8K 2880 x 1800 piksel, aspek rasio 16:10, Dolby Vision, DisplayHDR True Black 500, 400 nits, 100% DCI-P3 Color Gamut, Anti-reflection / Anti-smudge, OGS
  • Prosesor AMD Ryzen 7 PRO 6850U octa-core (16 thread) 2,7GHz TurboBoost hingga 4,7GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 680M iGPU
  • Memori RAM 16GB LPDDR5-6400MHz dual-channel, onboard
  • Storage SSD 512GB M.2 2242 PCIe 4.0 x4 NVMe Opal 2.0
  • Konektifitas WiFi 6E Qualcomm NFA725A 802.11ax 2x2, Bluetooth 5.1, Port USB4 Type-C (support data transfer, Power Delivery 3.0, dan DisplayPort 1.4a), combo audio jack
  • Fitur keamanan Discrete TPM 2.0, Microsoft Pluton TPM 2.0, fingerprint sensor (touch style), dan IR camera untuk face recognition yang mendukung Windows Hello
  • Audio 2 x 2W stereo speaker dengan Dolby Atmos
  • Kamera HD 1080p webcam + 3D ToF + IR Camera with E-privacy Camera Shutter
  • Baterai 4 cell 51.5 WHr lithium polymer mendukung Rapid Charge Express
  • Sistem Operasi Microsoft Windows 11 Home Original + Microsoft Office Home & Student 2021 asli pre-installed
  • Tangguh dengan standar militer MIL-STD-810H
  • Dimensi 294.4 x 199.6 x 13.99 mm berat 1,26 kilogram
  • Warna Black (Vegan Leather)
Anda mungkin suka:Review Asus ROG Flow X13 GV301RA, Laptop Gaming Hybrid Tipis dan Ringkas
4 komentar

4 komentar

  • Yuwan Agista
    Yuwan Agista
    4 Juli 2023 pukul 21.28
    Emang bedanya apa ya ryzen biasa sama ryzen 7 pro?
    • Yuwan Agista
      Ditya Pandu
      12 Juli 2023 pukul 10.24
      Sebenarnya kalau performa ya sama, beda di fiturnya, Ryzen Pro itu fitur keamanan lebih lengkap dan performa virtualisasinya lebih mantep katanya
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    1 Juli 2023 pukul 09.37
    Keren sih ini laptop. Tapi begitu lihat harganya, langsung menangis dompetku 😭
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      4 Juli 2023 pukul 09.52
      Ya harganya memang lumayan. Pricing produk bisnis kayak Lenovo Thinkpad Z13 Gen 1 ini agak berbeda dengan laptop konsumer ya... Makanya, kelihatan agak mahal 😅
    Reply