eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA) - Work From Anywhere (WFA) atau bekerja dari mana saja menjadi pola kerja baru setelah pandemi mereda. Gagasan WFA ini harus didukung oleh laptop yang mumpuni, yakni menawarkan performa kencang, baterai tahan lama, dan nyaman digunakan. Salah satu laptop yang cocok untuk work form anywhere ini adalah HP EliteBook 845 G9 besutan Hewlett Packard yang ditenagai prosesor AMD Ryzen 6000 Series. Laptop kelas bisnis ini hadir dengan desain minimalis yang elegan dengan balutan casing aluminium berwarna silver yang menawan.

Soal performa, laptop HP EliteBook 845 G9 ini tak perlu diragukan lagi dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS octa-core generasi Rembrandt ditandemkan RAM sebesar 16GB DDR5. Tak heran, laptop ini sanggup menangani beban kerja tinggi dengan konsumsi daya yang efisien. Bagi kalangan pebisnis dan profesional, laptop HP EliteBook 845 G9 ini dibekali dengan fitur keamanan yang terbilang lengkap dengan dukungan fitur HP Wolf Security yang menawarkan perlindungan kelas enterprise untuk mengamankan data dan privasi pengguna, penasaran? Berikut ini review HP EliteBook 845 G9 oleh tim Laptophia!

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)


Paket Penjualan HP EliteBook 845 G9

  • Unit HP EliteBook 845 G9
  • Adaptor charger
  • Kabel power
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain HP EliteBook 845 G9

Desain HP EliteBook 845 G9

Desain HP EliteBook 845 G9

Harus diakui jika desain bukan merupakan sektor yang diunggulkan pada review HP EliteBook 845 G9 kali ini. Sama seperti kebanyakan laptop kelas bisnis lainnya, HP EliteBook 845 G9 andalan Hewlett Packard ini tampil sederhana dengan sudut tegas yang cenderung agak kaku. Sementara pada pinggiran laptop yang cocok untuk WFA ini agak membulat atau rounded. Bodi laptop HP EliteBook 845 G9 ini terbuat dari bahan aluminium dengan balutan warna silver yang elegan.

Pada bagian LID cover laptop HP EliteBook 845 G9 ini terdapat logo HP yang cukup menonjol dengan finishing krom yang menawan dan bagian atasnya terdapat aksen strip horizontal. Sementara interior laptop HP EliteBook 845 G9 ini juga masih menggunakan material aluminium berwarna silver yang senada dengan bagian luarnya. Laptop ini menggunakan model single engsel yang memanjang dan dibekali layar dengan bezel yang tidak terlalu tipis.

Laptop andalan Hewlett Packard ini dibekali dengan keyboard berdesain chiclet lengkap dengan backlight. Ukuran laptop HP EliteBook 845 G9 ini sebenarnya cukup ringkas, tetapi bukan yang paling ringkas di kelasnya. Sedangkan ketebalan laptop ini mencapai 1,92cm dan obotnya 1,4 kilogram. Hal ini membuat laptop HP EliteBook 845 G9 masih cukup nyaman untuk dibawa mobile. Build quality laptop bisnis ini terbilang solid dan kuat.

Baca juga:HP 14s fq0593AU, Laptop Terjangkau dan Kencang untuk Pelajar dan Mahasiswa

HP EliteBook 845 G9

HP EliteBook 845 G9

Pada review HP EliteBook 845 G9 oleh tim Laptophia kali ini, sisi kanan terdapat port audio 3,5mm combo jack, port USB 3.0 Type-A, dan port kenshington lock. Sedangkan pada sisi kiri laptop terdapat port HDMI, port USB Type-A, dua buah port USB4 Type-C (40 Gb/s signaling rate, USB Power Delivery, dan DisplayPort 1.4), dan microhone. Sementara sisi bawahnya terdapat ventilasi untuk membuang panas.

Performa HP EliteBook 845 G9

Performa HP EliteBook 845 G9

Kinerja yang tinggi menjadi salah satu keunggulan pada review HP EliteBook 845 G9 kali ini menurut tim Laptophia dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS generasi Rembrandt H yang mengusung octa-core 16 thread berarsitektur Zen 3+ yang berlari dengan kecepatan 3,3GHz dengan Turbo maksimal 4,9GHz. Laptop ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 16GB DDR5 4800MHz yang dapat di-upgrade sesuai kebutuhan pengguna.

Prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS yang digunakan HP EliteBook 845 G9 memiliki konfigurasi 8 core dan 16 thread dengan arsitektur Zen 3+ dan teknologi 6nm sehingga memiliki efisiensi yang optimal untuk pengalaman bermain game yang maksimal. Dimana menghadirkan performa sekelas desktop namun dengan range TDP yang cukup rendah hanya 35 Watt. Tak hanya itu, prosesor AMD Ryzen 9 PRO series ini dilengkapi dengan fitur keamanan yang lebih lengkap dengan hadirnya fitur AMD PRO Security, AMD Memory Guard, AMD Secure Processor, dan Microsoft Pluton Security.

Laptop yang cocok untuk WFA HP EliteBook 845 G9 ini telah mendukung penggunaan memori DDR5 SO-DIMM yang dapat di-upgrade hingga kapasitas 64GB. Hal tersebut membuat HP EliteBook 845 G9 lebih "future proof" dibandingkan laptop lain yang masih menggunakan DDR4, apalagi Hewlett Packard menyediakan dua slot SODIMM sehingga pengguna EliteBook 845 G9 dapat melakukan upgrade dengan mudah.

Sisi grafis, laptop HP EliteBook 845 G9 ini diperkuat GPU (Graphics Processing Unit) AMD Radeon 680M iGPU terintegrasi tanpa hadirnya GPU diskrit. Grafis terintegrasi AMD Radeon 680M iGPU sudah sangat bertenaga karena mengusung arsitektur RDNA 2 dengan mengusung 768 shader core, 48 TMUs, dan 32 ROPs yang berlari dengan kecepatan 2400MHz dengan antarmuka memori system shared.

Selama kurang lebih seminggu menggunakan laptop bisnis HP EliteBook 845 G9 ini, Laptophia menilai kinerjanya sangat kencang. Penggunaan komputasi sehari-hari seperti browsing, Microsoft Office, online meeting, dan multitasking ringan berjalan dengan sangat gegas. Laptop HP EliteBook 845 G9 ini juga sanggup menangani beban kerja yang lebih berat seperti video editing dan rendering untuk kreasi konten dengan performa yang memuaskan.

Baca juga:Review Anker Soundcore Life Q30, Headphone Wireless ANC dengan Suara Mantap

Bagaimana kinerja grafis laptop HP EliteBook 845 G9 ini? GPU terintegrasi AMD Radeon 680M iGPU sama sekali tak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuannya sanggup menyaingi GPU diskrit kelas entry-level dan bisa digunakan untuk memainkan game seperti GTA V, FarCry, dan sebagainya. Berikut ini hasil benchmark laptop HP EliteBook 845 G9 yang telah tim Laptophia lakukan.

Benchmark HP EliteBook 845 G9

Benchmark HP EliteBook 845 G9
CPU-Z

Benchmark HP EliteBook 845 G9
GPU-Z

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Benchmark CPU-Z

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Cinebench R15

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Cinebench R20

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Cinebench R23

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Geekbench 5 CPU

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Geekbench 5 OpenCL

Benchmark HP EliteBook 845 G9
Geekbench 5 Vulkan

Benchmark HP EliteBook 845 G9
PCMark 10

Benchmark HP EliteBook 845 G9
3DMark Fire Strike

Benchmark HP EliteBook 845 G9
3DMark Night Raid

Benchmark HP EliteBook 845 G9
3DMark Time Spy

Solusi Pendinginan

Berbekal spesifikasi yang terbilang gahar, laptop HP EliteBook 845 G9 ini tidak disebutkan adanya solusi pendinginan khusus. Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, Hewlett Packard membekali laptop kelas bisnis ini dengan sebuah kipas dan dua buah heatpipe untuk menjinakkan panas yang dihasilkan prosesornya yang amat powerful.

Laptophia menjajal laptop HP EliteBook 845 G9 ini untuk menjalankan aplikasi penguji Prime95 untuk mengetahui seberapa panas laptop ini ketika performanya maksimal. Hasilnya? Laptop HP EliteBook 845 G9 ini masih cukup nyaman digunakan dan hanya terasa agak hangat saja pada bagian palm rest. bagian paling panas adalah area di bawah monitor atau di atas keyboard. Saat full load, suara putaran kipas agak nyaring.

Review HP EliteBook 845 G9

Review HP EliteBook 845 G9


Layar

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)


Pada review HP EliteBook 845 G9 kali ini dibekali dengan layar 14 inci dengan resolusi full HD dengan panel IPS BrightView. Kualitas layar laptop bisnis HP EliteBook 845 G9 ini kompeten di kelasnya dengan menghasilkan warna yang dihasilkan cukup memuaskan, tajam, dan kontras yang memadai. Hal ini tak mengherankan karena layarnya mampu menampilkan 100% sRGB color gamut. dan menurut situs resminya, layar laptop ini mampu memberikan kecerahan maksimal 1000 nits.

Tak hanya itu, salah satu kelebihan layar HP EliteBook 845 G9 ini adalah dibekali dengan teknologi panel HP Sure View Reflect yang menbuat isi layar tidak terbaca dari samping, sehingga tidak mudah diintip oleh orang lain. Berdasarkan pengalaman Laptophia, HP Sure View ini dapat bekerja dengan baik ketika menggunakan tingkat kecerahan rendah. Sayangnya, kehadiran HP Sure View ini membuat viewing angle layarnya menjadi sedikit terbatas.

Audio

Pebisnis juga membutuhkan speaker berkualitas untuk hiburan seperti mendengarkan musik atau menikmati konten multimedia dan speaker yang diusung oleh laptop HP EliteBook 845 G9 bisa dikatakan berkualitas di kelasnya menurut tim Laptophia. Laptop bisnis ini dibekali dengan speaker stereo Bang & Olufsen yang mampu menghasilkan suara jernih dan bertenaga. 

Kualitas suara yang dihasilkan speaker laptop HP EliteBook 845 G9 ternyatabisa dikatakan bertenaga dan mampu menghasilkan volume yang cukup nyaring. Tak hanya itu, speakernya juga mampu menghasilkan tingkat detail yang tinggi dan menyajikan suara dari semua frekuensi, mulai dari low, mid, hingga high dengan jernih.

Baca juga:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Keyboard & Touchpad

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Laptop bisnis HP EliteBook 845 G9 ini dibekali dengan keyboard dengan desain chiclet dengan ukuran tuts yang tidak terlalu besar dan sudah dilengkapi dengan backlight, sehingga dapat mengetik di tempat dengan pencahayaan kurang. Laptophia menilai keyboard laptop HP EliteBook 845 G9 salah satu yang paling nyaman di kelasnya dengan keytravel yang pas, feedback yang tegas, dan terasa cukup empuk. 

Sedangkan touchpad di laptop HP EliteBook 845 G9 ini ukurannya cukup luas dan ternyata tak kalah nyaman dengan keyboard-nya. Navigasi dan scrolling menggunakan touchpad ini terasa mantap, tidak licin, dan dan akurasinya bagus. Secara umum, touchpad-nya sangat memadai untuk komputasi sehari-hari. 

Perangkat Lunak

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Salah satu keunggulan laptop bisnis HP EliteBook 845 G9 ini adalah sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 11 Pro asli pre-installed di dalamnya. tentunya sistem operasi Windows 11 Pro menawarkan fitur yang lebih lengkap dari versi Home yang berguna untuk meningkatkan produktivitas pengguna.

Sistem operasi besutan Microsoft ini berjalan lancar di HP EliteBook 845 G9 tanpa kendala. Beberapa aplikasi bawaan yang terinstal di laptop ini adalah aplikasi proprietary dari Hewlett Packard. Sayangnya, laptop HP EliteBook 845 G9 tak dibekali dengan aplikasi Microsoft Office Home & Student 2021 yang biasa disematkan di lini laptop terbaru.

Storage

Review HP EliteBook 845 G9, Laptop Bisnis Powerful untuk Work From Anywhere (WFA)

Laptop bisnis powerful yang cocok untuk WFA HP EliteBook 845 G9 ini dibekali dengan media penyimpanan atau storage SSD PCIe 4.0 x4 NVMe dari Samsung PM9A1 MZVL21T0HCLR-00BH1 berkapasitas 1TB.



Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, SSD Samsung PM9A1 MZVL21T0HCLR yang digunakan oleh laptop ini sudah mendukung standar PCIe 4.0, tak heran transfer rate yang ditawarkan laptop HP EliteBook 845 G9 uni cukup kencang. SSD yang diusung HP EliteBook 845 G9 masih sangat kencang dengan menghasilkan transfer rate 3430,75 MB/s untuk read dan 3505.12 MB/s untuk write.

Konektivitas

Sebagai sebuah laptop kelas bisnis, konektivitas yang disediakan oleh laptop HP EliteBook 845 G9 ini cukup lengkap dengan hadirnya Qualcomm WCN6856 Wi-Fi 6E 802.11a/b/g/n/ac/ax (2x2), Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen2, port USB4 Type-C (40 Gb/s signaling rate, USB Power Delivery, dan DisplayPort 1.4), port HDMI, MicroSD card reader, dan port combo audio.

Hal yang agak disayangkan dari review HP EliteBook 845 G9 kali ini adalah absennya fitur card reader. Sedangkan absennya port Thunderbolt di laptop ini menurut Laptophia tidak masalah karena sudah digantikan kehadiran USB4 yang memiliki kemampuan yang tak jauh berbeda.

Fitur Keamanan


Salah satu kelebihan pada review HP EliteBook 845 G9 kali ini adalah dukungan fitur keamanan yang terbilang lengkap. Fitur yang cukup menarik menurut Laptophia adalah HP Wolf Security yang merupakan solusi keamanan kelas enterprise menyeluruh untuk mengamankan sistem dari serangan malware, ransomware, dan juga melindungi privasi pengguna. 

Juga tersedia fitur keamanan berbasis AI seperti HP Sure Sense. Bagi pengguna yang sering berselancar internet, dapat memanfaatkan HP Sure Click Secure Browser agar dapat berselancar web dengan lebih aman. Hewlett Packard juga membekali laptop bisnis ini dengan privacy shutter pada webcam-nya untuk melindungi privasi pengguna saat tidak digunakan.

Tak hanya itu, laptop bisnis HP EliteBook 845 G9 juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang berlokasi di sisi kanan touchpad yang telah didukung Windows Hello untuk menjaga keamanan data pengguna dan mencegah akses tanpa otoritas. Performa sensor sidik jari laptop bisnis powerful ini cukup sensitif dan responsif dalam mengenali sidik jari.

Baterai

Laptop bisnis HP EliteBook 845 G9 ini dibekali baterai dengan HP Long Life kapasitas 3 cell 51WHr yang diharapkan memiliki daya tahan yang panjang untuk menunjang WFA. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia selama seminggu proses pengujian, laptop andalan Hewlett Packard ini mampu bertahan hingga 7 - 8 jam untuk menangani Office, mengetik, editing foto ringan, multitasking, dan browsing. 

Kesimpulan

Secara umum, HP EliteBook 845 G9 besutan Hewlett Packard ini merupakan sebuah laptop bisnis yang cocok untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dan biasa bekerja di mana saja. Dukungan prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS membuat performa laptop ini sanggup menangani beban kerja kantor yang tinggi dan menunjang produktivitas.

Selain performa, HP EliteBook 845 G9 ini juga menawarkan fitur keamanan yang lengkap seperti fingerprint sensor, HP Sure View panel, HP Wolf Security, dan sebagainya. Keyboard yang diusungnya pun salah satu yang paling nyaman di kelasnya. Namun, ukuran laptop ini memang agak tebal. Meski demikian, HP EliteBook 845 G9 salah satu laptop yang layak dipertimbangkan untuk Work From Anywhere (WFA).

Kelebihan HP EliteBook 845 G9

  • Cocok untuk Work From Anywhere (WFA)
  • Performa sangat powerful dengan AMD Ryzen 9 PRO 6950HS
  • Keyboard sangat nyaman
  • Fitur keamanan lengkap
  • Dilengkapi OS Microsoft Windows 11 Pro asli pre-installed

Kekurangan HP EliteBook 845 G9

  • Tidak dilengkapi microSD card reader

Harga HP EliteBook 845 G9

Harga HP EliteBook 845 G9 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 30.499.000. Berdasarkan hasil review HP EliteBook 845 G9 yang telah tim Laptophia lakukan, laptop ini cocok bagi pebisnis atau pengguna dengan mobilitas tinggi untuk bekerja dari mana saja dengan kinerja tinggi.

Anda dapat cek harga atau promo terbaru HP EliteBook 845 G9 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi HP EliteBook 845 G9

  • Layar micro-edge IPS BrightView LCD dengan LED backlight 14 inci resolusi WUXGA 1920 x 1200 piksel, 1000 nits, 100% sRGB color gamut, anti-glare, HP Sure View Reflect integrated privacy screen
  • Prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS octa-core (16 thread) 3,3GHz TurboBoost hingga 4,9GHz
  • Chipset AMD
  • Grafis AMD Radeon 680M iGPU
  • Memori RAM 16GB DDR5 4800MHz, upgradeable
  • Storage SSD 1TB PCIe NVMe M.2
  • Konektivitas Qualcomm WCN6856 Wi-Fi 6E 802.11a/b/g/n/ac/ax (2x2), Bluetooth 5.2 Combo, Port USB 3.2 Gen2, port USB4 Type-C (40 Gb/s signaling rate, USB Power Delivery, dan DisplayPort 1.4), port HDMI, MicroSD card reader, port combo audio
  • Fitur keamanan fingerprint sensor yang mendukung Windows Hello
  • HP Premium Keyboard with backlight
  • Audio Bang & Olufsen speaker, HP Audio Boost, B&O PLAY, dual array world-facing microphones
  • Kamera webcam 5 MP with privacy camera
  • Baterai HP Long Life 3-cell, 51 Whrs Li-ion, HP Fast Charge, hingga 9 jam
  • Sistem Operasi Windows 11 Pro asli pre-installed
  • Dimensi 31.56 x 22.4 x 1.92 cm berat 1,4 kg
  • Warna Silver
Anda mungkin suka:Harga dan Spesifikasi HP Omen 16 N0045AX Bertenaga Ryzen 7 6800H Rembrandt
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar