eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Monster Airmars XKT10: Suara Bertenaga, Desain Futuristik

Review Monster Airmars XKT10: Suara Bertenaga, Desain Futuristik - Monster Airmars XKT10 adalah salah satu headset TWS (True Wireless Stereo) yang cukup menarik perhatian tim Laptophia. Hal yang menarik dari headset TWS ini adalah desainnya yang sangat futuristik dengan detail tinggi, serta jauh berbeda dengan desain headset TWS konvensional. Monster sendiri cukup terkenal dengan jajaran TWS gaming dengan harga yang terjangkau dan hadir dengan konsep desain yang tergolong unik, serta menarik.

Tak hanya mengandalkan desain yang futuristik, TWS Monster Airmars XKT10 ini menawarkan kualitas suara yang tak kalah dengan pesaingnya. Pabrikan asal Tiongkok ini membekali Monster Airmars XKT10 dengan dukungan driver berukuran besar, yakni 13mm. Tak hanya itu, earbud wireless besuran Monster ini juga tahan cipratan air atau keringat dengan sertifikat IPX4. Penasaran? Simak review Monster Airmars XKT10 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Monster Airmars XKT10: Suara Bertenaga, Desain Futuristik


Paket Pembelian Monster Airmars XKT10

Paket Pembelian Monster Airmars XKT10

  • Unit TWS Monster Airmars XKT10 Green
  • Kabel USB Type-C
  • Manual dan kartu garansi

Desain Monster Airmars XKT10

Desain Monster Airmars XKT10

Desain Monster Airmars XKT10

Desain menjadi keunggulan utama pada review Monster Airmars XKT10 menurut Laptophia kali ini. TWS gaming dengan harga terjangkau ini tampil dengan konsep desain yang sangat futuristik dan jauh berbeda dengan TWS yang beredar di pasaran. Charging case TWS andalan Monster ini hadir dengan bentuk bulat dengan mekanisme putar yang menyerupai giroskop yang unik untuk mengeluarkan atau memasukkan earbud.

Tak hanya bentuknya yang unik, charging case dari TWS Monster Airmars XKT10 ini juga menyematkan detail yang sangat tinggi dengan ornamen yang rumit dan membuatnya cukup menonjol, serta menarik perhatian. Bagian tengahnya charging case TWS ini terdapat dua buah LED strip RGB yang dapat menyala dan memberikan efek breathing light yang menawan.

Konstruksi charging case TWS Monster Airmars XKT10 ini sangat kokoh dan solid karena menggunakan material metal dan dipadukan polikarbonat di beberapa bagian. Jelas, build quality-nya sangat solid dan mantap. Sementara desain earbud Monster Airmars XKT10 ini adalah half in-ear dengan finishing glkossy dan terdapat dua buah nozzle.

Desain Monster Airmars XKT10

Desain Monster Airmars XKT10

Desain Monster Airmars XKT10


Tampilan case Monster Airmars XKT10 ini benar-benar futuristik dengan logo Monster yang tercekat vertikal dan LED RGB yang terlihat dari depan maupun belakang. Sementara pada sisi bawah terdapat ada port USB Type-C untuk mengisi daya.

Video Unboxing Monster Airmars XKT10



Baca juga:Review Baseus Encok WM01, TWS Murah dengan Suara Ngebass!

Kontrol Monster Airmars XKT10

Sama seperti kebanyakan TWS masa kini, pada review Monster Airmars XKT10 ini juga dilengkapi dengan kontrol sentuh pada sisi belakang earbud-nya. Berikut ini adalah daftar kontrol sentuh yang tersedia di TWS Monster Airmars XKT10:

  • Sentuh sekali pada earbud kiri untuk volume minus
  • Sentuh sekali pada earbud kanan untuk volume plus
  • Sentuh tiga kali pada earbud kiri untuk previous track
  • Sentuh tiga kali pada earbud kanan untuk next track
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk play/pause
  • Sentuh dan tahan 2 detik pada earbud kiri untuk aktivasi atau memanggil voice assistant
  • Sentuh dan tahan 2 detik pada earbud kanan untuk aktivasi mode gaming/mode music
  • Sentuh dua kali pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menjawab panggilan masuk
  • Sentuh dan tahan 2 detik pada earbud kanan atau kiri untuk untuk menolak panggilan
Selama hampir dua minggu proses review, performa kontrol sentuh yang dimiliki oleh headset TWS Monster Airmars XKT10 ini agak terlalu sensitif. Meski bidang sentuhnya tidak terlalu luas, Laptophia sering tak sengaja menyentuhnya saat membetulkan posisinya di telinga.

Review Monster Airmars XKT10

Review Monster Airmars XKT10


Kualitas Suara

Desain TWS Monster Airmars XKT10 ini memang menarik, tapi bagaimana dengan kualitas suaranya? Tampaknya kualitas suara headset nirkabel andalan Monster ini tak bisa dipandang sebelah mata. Monster Airmars XKT10 ini dipersenjatai dengan driver dinamis berukuran 13mm dengan all-metal Diapraghm.

TWS Monster Airmars XKT10 ini ternyata mampu menghasilkan suara yang jernih dan bertenaga, serta karakternya v-shape seperti kebanyakan headset dengan harga yang sama. Laptophia hanya butuh volume 40 - 50% saja untuk dapat mendengarkan musik dengan nyaman.

Bass yang dihasilkan Monster Airmars XKT10 ini cukup menyenangkan karena kuat, bulat, dan tidak berlebihan. Kuantitasnya juga melimpah, sehingga ketika mendengarkan musik hiphop yang bass menonjol seperti lagu Dedicated (Demo) milik Linkin Park atau Mocking Bird milik Eminem, dentuman bass menghentak. Selain itu, bass-nya juga tight dan responsif. Saat memainkan lagu metal dengan dobel kick pedal drum ngebut seperti Nemesis milik Arch Enemy, Monster Airmars XKT10 ini masih dapat menyajikannya dengan baik.

Suara vokalnya terdengar cukup menonjol dan berkarakter. Saat memainkan lagu New Divide milik Linkin Park, suara vokal Chester Bennington terasa cukup bertekstur dan garang. Sedangkan untuk vokal wanita, TWS andalan Monster ini juga mampu menyajikan kualitas yang merdu saat memainkan lagu Supremacy yang dinyanyikan oleh Tarja Turunen yang penuh dengan nada tinggi yang melengking.

Sayangnya, treble di TWS Monster Airmars XKT10 terasa kurang menunjukkan taringnya. Sebenarnya tingkat detailnya sudah lumayan, tetapi efek crisp-nya agak kurang. Saat memainkan lagu Are You Gonna Be My Girl milik Jet, suara alat musik perkusi tamborin terasa kurang lepas dan sedikit agak tanggung. Meski demikian, jika dibandigkan dengan Soundcore R50i atau A20i, treble Monster Airmars XKT10 ini masih lebih baik.

Baca juga:Review Vivo TWS Air: Ringan, Fitur Lengkap, dan Kualitas Suara Oke

Menarikya, TWS Monster Airmars XKT10 mampu memberikan separasi instrumen musik yang cukup baik untuk kelas harganya. Tak hanya itu, soundstage juga terdengar lebih lebar. Saat memainkan musik dengan instrumen rumit seperti lagu-lagu symphonic metal dari Nightwish atau Epica masih dapat dinikmati di headset ini.

Kualitas Telepon & Delay

Ketika digunakan untuk berkomunikasi melalui sambungan suara melalui WhatsApp, Monster Airmars XKT10 ternyata mampu menghasilkan suara yang cukup jelas dan baik. Saat Laptophia menjajalnya di outdoor dengan kondisi agak berisik, background noise terdengar oleh lawan bicara tetapi tidak terlalu menggangu. Ini dapat dimaklumi mengingat Monster Airmars XKT10 tidak dilengkapi fitur ANC, ENC atau sejenisnya.

Performa latensi TWS gaming murah andalan Monster ini layak mendapat apresiasi. Saat Laptophia gunakan Monster Airmars XKT10 untuk menonton video secara offline maupun streaming melalui YouTube berjalan lancar tanpa terasa adanya delay. 

Saat bermain game, Laptophia mengaktifkan fitur Gaming Mode yang dimiliki Monster Airmars XKT10 yang diklaim menawarkan latensi hanya 45ms. Saat digunakan untuk streaming video, tidak ada delay yang Laptophia rasakan. Sedangkan untuk bermain game, delay yang dihasilkan tidak sampai mengganggu gameplay. Namun untuk game kompetitif, headset berkabel lebih Laptophia sarankan.

Kenyamanan & Kompatibilitas

Review Monster Airmars XKT10: Suara Bertenaga, Desain Futuristik


Monster Airmars XKT10 ini mengusung desain earbud atau semi in-ear yang bagi beberapa orang lebih nyaman ketimbang in-ear. Selama dua minggu menjajal TWS gaming futuristik ini, Laptophia merasa nyaman untuk pemakaian lebih dari 2 jam. 

Sayangnya, Monster Airmars XKT10 ini kurang cocok untuk diajak berolahraga. Penggunaan material plastik glossy membuatnya licin ketika terkena keringat, sehingga membuat TWS besutan Monster ini mudah jatuh dari telinga saat jogging atau kegiatan olahraga lainya.

Bagaimana dengan kompatibilitas TWS gaming Monster Airmars XKT10 ini? Ternyata cukup baik. Selama pengujian, Laptophia hanya menggunakan dua smartphone saja, yakni Realme 11 dan Xiaomi 12. TWS andalan Monster ini dapat bekerja baik dengan kedua smartphone tersebut. Koneksi melalui Bluetooth 5.2 yang diusungnya juga tergolong stabil dan tidak pernah disconnect.

Baterai

Headset TWS gaming Monster Airmars XKT10 ini dibekali dengan baterai berkapaitas 30mAh untuk setiap earbud. Berdasarkan hasil review Monster Airmars XKT10 yang Laptophia lakukan, headset ini hanya bertahan rata-rata 3 jam lebih sedikit menggunakan codec AAC dengan volume rata-rata 60% - 70%. 

Stamina atau daya tahan baterai TWS Monster Airmars XKT10 ini agak kurang menurut Laptophia. Sedangkan baterai dalam case futuristik TWS besutan Monster ini berkapasitas 300mAh dan diklaim memiliki daya tahan total 24 jam memainkan musik.

Kesimpulan

Secara umum, Monster Airmars XKT10 ini merupakan sebuah TWS yang menawarkan desain yang sangat berbeda dengan kebanyakan TWS yang beredar di pasaran. Desainnta futuristik dengan detail tinggi, kualitas suara mantap dan bertenaga, dan harganya terjangkau. Daya tahan baterai jika bisa lebih panjang akan sempurna. Jelas, Monster Airmars XKT10 adalah salah satu TWS 200 ribuan yang layak dipilih.

Kelebihan Monster Airmars XKT10

  • Desain futuristik
  • Build quality solid dan mantap
  • Kualitas suara baik dan bertenaga
  • Harga bersaing

Kekurangan Monster Airmars XKT10

  • Kurang cocok untuk olahraga/workout (rawan jatuh)
  • Akan lebih baik jika daya tahan baterai lebih panjang
  • Kontrol sentuh terlalu sensitif, sering tak sengaja tersentuh

Harga Monster Airmars XKT10

Harga Monster Airmars XKT10 TWS terbaru berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka saat artikel ini dibuat adalah Rp 249.000. Berdasarkan hasil review Monster Airmars XKT10 oleh tim Laptophia di atas, TWS ini tampil dengan desain yang futuristik dengan build quality sangat solid, serta kualitas suara yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Anda dapat cek harga dan promo terbaru TWS Monster Airmars XKT10 di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Monster Airmars XKT10

  • Merk Monster
  • Model: Monster Airmars XKT10
  • Jenis headset: Earbud atau Semi In-Ear TWS
  • Chipset -
  • Tipe driver 13mm dinamis (all-metal Diapraghm)
  • Speaker Impedansi: 32 Ohm
  • Sensitivitas 108±3dB
  • Rentang frekuensi: 20 Hz – 20 kHz
  • Versi Bluetooth 5.2
  • Bluetooth protocol HFP/HSP/AVRCP/A2DP
  • Dukungan codec SBC dan AAC
  • Sensitivitas microphone -42dB
  • Input maksimal 5V/500mA
  • Waterproofing: IPX54
  • Baterai Earbuds: 30 mAh; Charging case: 300 mAh
  • Berat Earbud: -
  • Dimensi Earbud: -
  • Warna Navy Blue dan Green
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Shure Aonic 215: TWS Mewah dengan Suara Berkualitas
Related Posts
Ditya Pandu
Penikmat teknologi.

Related Posts

6 komentar

  1. Desainnya futuristik gila nih TWS 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak cuma desain doang yang oke, build qualitynya juga mantap ini

      Hapus
  2. cakep banget desainnya 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda dari kebanyakan TWS yang beredar di pasarn yak

      Hapus
  3. Desain keren, suara mantap... Cuma belum ada fitur ANC aja ini TWSnya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya harga segini ada ANC, udah laris manis wkwkwk... Paling nggak 400 ribuan++ baru dapat fitur ANCπŸ€”

      Hapus