eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite: Tablet 4G LTE Murah, Cocok untuk Anak

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite: Tablet 4G LTE Murah, Cocok untuk Anak - Setelah sebelumnya mengulas smartphone Samsung Galaxy A23 dan Galaxy A13, kini tim Laptophia tergerak untuk mengulas tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite. Tim Laptophia penasaran ingin merasakan menggunakan tablet terjangkau di tahun 2022. Seri Samsung Galaxy Tab A7 Lite sendiri sebenarnya bukanlah tablet keluaran terbaru. Samsung Eelectronics Indonesia telah meperkenalkan tablet murah Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini setahun lalu dan dirancang untuk menunjang belajar daring anak saat pandemi.

Sebagai sebuah tablet terjangkau, Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini cukup kompetitif karena sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Sedangkan untuk performa, tablet andalan Samsung ini terbilang agak ketinggalan karena hanya diperkuat dapur pacu SoC MediaTek Helio P22T octa-core yang ditandemkan dengan RAM 3GB. Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite diperkuat layar sentuh TFT berukuran 8,7 inci dan disokong baterai berkapasitas 5100mAh, penasaran? Simak review Samsung Galaxy Tab A7 Lite oleh tim Laptophia kali ini!

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite: Tablet 4G LTE Murah, Cocok untuk Anak


Paket Pembelian Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Paket Pembelian Samsung Galaxy Tab A7 Lite

  • Unit Samsung Galaxy Tab A7 Lite Gray
  • Kepala charger 7,8W
  • Kabel USB Type-C
  • SIM card ejector
  • User guide
  • Kartu garansi

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Meski membidik segmen entry-level, desain menjadi ]kelebihan tersendiri pada review Samsung Galaxy Tab A7 Lite kali ini menurut Laptophia. Tablet andalan Samsung ini hadir dengan konsep desain yang simpel dengan frame agak flat dipadukan sudut bodi yang rounded. Sementara casing belakangnya tidak banyak ornamen dan menggunakan finishing sandblasting yang terlihat elegan. Unit yang Laptophia review kebetulan adalah varian warna gray.

Salah satu kelebihan dari tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini adalah casing belakangnya menggunakan material metal yang terasa kokoh dan solid. Sementara pada sisi depannya, Laptophia disuguhi layar sentuh berukuran 8,7 inci dengan bezel atas dan bawah yang cukup tebal. Sedangkan bezel kiri dan kanan agak tipis. Sayangnya, layar tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini tidak dibekali oleophobic coating, sehingga mudah kusam dan meninggalkan jejak sidik jari yang mengganggu.

Berdasarkan informasi yang Laptophia himpun, layar tablet murah Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini tidak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya. Impresi saat menggengam tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini terasa mantap dan build quality-nya solid. Ukuran tablet ini cukup ringkas dan tipis, sehingga mudah masuk tas atau sleeve. 

Baca juga:Review Lenovo ThinkPlus K3: Speaker Bluetooth 100 Ribuan yang Jernih

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Desain Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Pada review Samsung Galaxy Tab A7 Lite kali ini sisi depan terdapat lubang kamera depan, ambient light sensor, earpiece, layar TFT WXGA+ berukuran 8,7 inci, tanpa kehadiran tombol kapasitif dibawah layar. Samsung Galaxy Tab A7 Lite besutan pabrikan Korea Selatan ini sudah mengadopsi on-screen button.

Tak disebutkan adanya proteksi antigores seperti Gorilla Glass dan sejenisnya di Samsung Galaxy Tab A7 Lite dan tidak dibekali screenguard dalam paket pembelian. Laptophia merekomendasikan pemasangan tempered glass agar layar tablet tidak mudah tergores atau pecah karena terjatuh.

Tombol power, microphone, dan volume rocker ditempatkan di sisi kanan tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini. Sedangkan sisi kiri terdapat tray slot SIM card dan microSD. Sisi atas tablet murah yang sudah mendukung 4G LTE bertenaga MediaTek Helio P22T Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini terdapat speaker grill.

Sedangkan bagian belakang tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini terdapat kamera dan logo Samsung. Merek asal Korea Selatan yang baru saja meluncurkan Galaxy A23 5G ini menempatkan port audio 3,5mm, port USB Type-C, speaker grill, dan microphone di sisi bawah tablet.

Software Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Software Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite saat pertama kali diluncurkan di Indonesia menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI Core 3.1. Namun unit review yang Laptophia gunakan sudah menggunakan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka One UI Core 4.1. Ini menjadi salah satu kelebihan tersendiri jika dibandingkan pesaingnya. Tak diketahui apakah nantinya tablet ini akan mendapat update ke Android 13 atau tidak.

Antarmuka One UI Core 4.1 yang digunakan tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini pada dasarnya adalah versi ramping dari One UI 4.1 yang tampil desain rapi yang terdiri dari Lockscreen, Homescreen, dan App drawer. Opsi kostumisasi yang disediakan cukup lengkap. Pengguna dapat dengan mudah mengganti wallpaper, theme, widget dan sebagainya. Juga tersedia Galaxy Themes untuk mengunduh theme dan wallpaper dengan menggunakan akun Samsung.

Meski One UI Core 4.1 yang digunakan oleh Galaxy Tab A7 Lite ini bisa dikatakan versi ramping, tetapi fitur di dalamnya masih cukup lengkap. Beberapa fitur unggulannya antara lain Game launcher, Secure Folder, Android Auto, dark mode, SOS Messages, One-handed mode, motion and gestures, Eye Comfort Shiled, dual messenger, Device Care, Edge Panels, Digital Wellbeing, Parental control, Smart pop-up view, Samsung Cloud, Ultra data saving, face recognition, dan banyak lagi. 


Sebagai tablet yang awalnya dirancang untuk menunjang proses belajar anak, Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini juga dibekali dengan fitur ramah anak seperti Kids Mode dan Family Link. Fitur ini tentu menambah kenyamanan dan kemudahan anak untuk menggunakan perangkat tablet, serta memudahkan para orang tua untuk memantau, serta membatasi penggunaannya.

Aplikasi bawaan yang terinstal pada review Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini cukup banyak antara lain adalah Google Apps, Samsung Members, Samsung Gift Indonesia, S Lime, Smart Tutor, Twitter, Spotify, Galaxy Store, Samsung Notes, Netflix, AppStation, Outlook, dan One Drive. Aplikasi ini dapat dihapus jika tidak diperlukan.

Secara umum, One UI Core 4.1 yang digunakan oleh tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini menawarkan pengalaman penggunaan yang nyaman, user friendly, dan fitur yang lengkap. Sayangnya, performa Galaxy Tab A7 Lite ini masih perlu dioptimalkan lagi agar lebih responsif.

Baca juga:Review Anker PowerExpand 7-in-2 Media Hub A8371 untuk Macbook

Performa Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Performa Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Sebagai sebuah tablet dengan harga yang terjangkau, tentunya performa tidak menjadi daya tarik utama dari review Samsung Galaxy Tab A7 Lite kali ini menurut Laptophia. Tablet ini ditenagai oleh SoC MediaTek Helio P22T MT8768T dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang terdiri dari quad-core 2,3GHz dan quad-core 1,8GHz ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 3GB. Sisi grafis, tablet andalan Samsung ini diperkuat dengan grafis dari PowerVR GE8320.

SoC MediaTek Helio P22T ini adalah varian dari Helio P22 yang dioptimalkan untuk perangkat tablet. Meski demikian, chipset ini sudah termasuk cukup tua karena telah diperkenalkan sejak tahun 2018 atau empat tahun yang lalu. Perpaduan SoC Helio P22T dengan RAM yang hanya 3GB di tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite membuat performanya secara teori agak terbatas untuk penggunaan di era 2022 ini.

Setelah seminggu menggunakan tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini, tebakan tim Laptophia benar. Performa tablet murah yang sudah mendukungan 4G LTE andalan Samsung ini memang terasa kurang responsif. Perpindahan antar aplikasi dan buka tutup menu terasa agak lambat, serta sering terasa lag. Ini kurang cocok bagi yang mendambakan performa atau kerja dengan cepat.

Apakah tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini dapat digunakan untuk bermain game? Tentu saja bisa. Namun, Laptophia menyarankan menggunakan tablet ini untuk memainkan game-game kasual saja yang ringan. Ketika dipaksa memainkan game seperti PUBG Mobile menggunakan setting terendah, kadang masih terasa frame drop dan kurang nyaman.

Meski performa Samsung Galaxy Tab A7 Lite terbilang terbatas, tetapi Laptophia menilai tablet ini masuh cukup memadai untuk mendukung belajar anak, mengerjakan tugas, dan menjalankan beban kerja ringan seperti browsing, streaming atau membaca ebook. Berikut ini hasil benchmark tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite oleh tim Laptophia.

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Benchmark Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Review Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Review Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Sebagai sebuah tablet murah yang cocok untuk anak, Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini dibekali kamera yang spesifikasinya cukup standar. Tablet ini dibekali kamera belakang 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS 1/4 inci yang didukung lensa aperture f/2.2 yang dilengkapi fitur autofokus tanpa kehadiran LED flash. Tablet Galaxy Tab A7 Lite juga dibekali dengan kamera depan 2 megapiksel untuk foto selfie maupun video call. 

Keberadaan kamera di tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite memang terlihat seadanya. Namun, hal ini sebenarnya cukup wajar. Setidaknya, tablet ini masih mampu digunakan untuk mengabadikan momen atau sekadar memotret tugas anak, online meeting, dan sebagainya.

Review Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite menggunakan aplikasi kamera yang mirip dengan smartphone Galaxy series, hanya saja fitur yang diusungnya tidak terlalu lengkap. Laptophia dapat mengakses pengaturan filter, timer, aspek rasio, dan setting lainnya melalui deretan ikon pada sisi kanan. Kamera Galaxy Tab A7 Lite ini dibekali dengan opsi untuk zoom yakni 1x (wide) dan 2x (digital zoom).

Sementara pada bagian bawah terdapat beberapa mode yang dapat dipilih dengan cara swipe ke kanan atau ke kiri. Beberapa mode yang disediakan antara lain Portrait, Photo, Video, Pro, Panorama, Food, dan Hyperlapse. Sayangnya, mode Pro yang disediakan pada review Samsung Galaxy Tab A7 Lite hanya menyediakan opsi yang terbatas seperti ISO, white balance, dan EV saja. 

Baca juga:Review Realme Buds Air 3: Suara Mantap dengan Fitur ANC Andal

Review Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Lalu sehebat apakah performa kamera tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini? Saat kondisi cahaya melimpah seperti saat siang hari, tablet ini mampu me nghasilkan foto dengan kualitas yang lumayan. Detail yang dihasilkan memang di bawah rata-rata, dynamic range yang cukup wide, dan saturasi warna yang cenderung natural.

Kecepatan autofokus kameranya memang agak lambat dan kadang sulit diarahkan fokusnya pada subyek tertentu. Hasil foto macro tablet ini cukup lumayan dengan detail yang memadai, fokus yang akurat, dan noise yang masih terkontrol.

Namun saat kondisi cahaya kurang seperti di dalam ruangan atau menjelang sore hari, foto yang dihasilkan kamera tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite mulai mengalami penurunan kualitas. Tak hanya detailnya yang mengalami penurunan, tetapi saturasi warnanya menjadi agak pucat, dan noise yang mulai bermunculan.

Sedangkan kamera depan tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang berkekuatan 2 megapiksel ini ternyata kualitasnya juga seadanya. Foto selfie dengan kondisi cahaya dalam ruangan saat siang hari saja menghasilkan noise yang sangat mengganggu. 

Sebenarnya kualitas kamera tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite yang bisa dikatakan kurang bagus ini bisa dimaklumi mengingat harganya cukup terjangkau. Setidaknya, keberadaan kamera depan dan belakang dapat membantu mendongkrak produktivitas penggunanya.

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Hasil Foto Kamera Depan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Review Samsung Galaxy Tab A7 Lite


Layar

Salah satu daya tarik dari review Samsung Galaxy Tab A7 Lite menurut Laptophia adalah layarnya. Tabley ini mengusung layar berukuran 8,7 inci dengan resolusio WXGA+ dengan teknologi panel TFT. Ukurannya yang besar membuat tablet ini lebuh memuaskan untuk menikmati konten multimedia, browsing, editing foto/video dan sekadar membaca ebook. Respon touchscreen tidak terlalu gegas, tetapi masih oke.

Sayangnya, kualitas layarnya secara umum terbilang standar. Saturasi warna dan kontras yang dihasilkan terbilang baik, tetapi viewing angle kurang luas. Selain itu, kerapatan piksel yang rendah membuat tampilannya kadang terlihat pixelated atau kurang tajam. Selain itu, performa layar tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite di luar ruangan kurang bisa diandalkan karena brightness yang terbatas.

Audio

Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite dipersenjatai dengan dua buah speaker stereo yang terletak pada ssisi atas dan bawah tablet. Saat mode landscape, kedua speakernya mampu memberikan efek stereo yang cukup imersif. Kualitas suara speaker tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini cukup jernih dengan dominasi mid dan high, serta bass yang kurang terdengar.

Baca juga:Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Bagi yang merasa kurang puas, dapat menikmati musik di Samsung Galaxy Tab A7 Lite melalui headset karena mampu menghasilkan kualitas suara yang solid. Tak hanya itu, tablet ini dibekali dengan fitur Dolby Atmos untuk kostumisasi dan meningkatkan kualutas suara secara umum.

Memori

Tablet murah yang sudah mendukung 4G LTE Samsung Galaxy Tab A7 Lite varian 3GB/32GB yang Laptophia ulas ini menyisakan memori internal sekitar 19GB saat pertama kali dihidupkan dengan free RAM berkisar 800 - 950MB. Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini telah mendukung fitur USB OTG melalui port USB Type-C yang diusungnya, serta dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal.

Baterai

Salah satu kelebihan pada review Samsung Galaxy Tab A7 Lite kali ini menurut Laptophia adalah staminanya. Tablet ini dibekali dengan baterai berkapasitas 5100mAh dan ini cukup besar. Laptophia menggunakan tablet ini untuk penggunaan ringan seperti browsing, membaca ebook, dan sosial media mampu bertahan hingga hampir 2 hari.

Tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini sebenarnya mendukung fitur fast charge 15W. Sayangnya, charger yang ada dalam paket pembeliannya hanya berdaya 7,8 watt saja. Butuh waktu hampir 4 jam untuk mengisi daya baterai tablet ini dari angka 10% hingga penuh. Ini terbilang sangat lambat dan akan lebih baik jika Samsung menyertakan charger yang sudah mendukung fast charge 15W.

Kesimpulan

Secara umum, tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite ini memang cocok untuk kebutuhan belajar anak dengan fitur-fitur yang lengkap, serta sudah mendukung konektivitas 4G LTE dan daya tahan baterai awet. Performa yang ditawarkan memang kurang responsif, tetapi sudah memadai untuk kebutuhan dasar seperti sosial media, browsing, dan juga membaca ebook.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

  • Mendukung 4G LTE
  • Layar berukuran besar dan nyaman
  • Build quality solid
  • Speaker stereo
  • Harga terjangkau

Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7 Lite

  • Performa kurang responsif
  • Kamera kurang bagus
  • Layar mudah kusam dan kotor
  • Proses charging baterai dengan charger bawaan lama

Harga Samsung Galaxy Tab A7 Lite

Harga tablet Samsung Galaxy Tab A7 Lite terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun dari e-commerce terkemuka tanah air adalah Rp 2.299.000. Berdasarkan hasil review Samsung Galaxy Tab A7 Lite oleh tim Laptophia di atas, tablet ini cocok untuk belajar anak dan juga kebutuhan dasar seperti browsing atau membaca ebook dengan fitur lengkap.

Anda dapat membeli Samsung Galaxy Tab A7 Lite dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 Lite

  • Sistem Operasi Android 12 dengan antarmuka One UI Core 4.1
  • Chipset MediaTek Helio P22T MT8768T dengan prosesor octa-core ARM Cortex-A53 yang terdiri dari quad-core 2,3GHz dan quad-core 1,8GHz
  • Grafis PowerVR GE8320
  • Kamera belakang 8 megapiksel dengan sensor BSI CMOS, lensa aperture f/2.2, autofokus
  • Kamera depan 2 megapiksel aperture f/2.2 fixed focus
  • Layar sentuh 8,7 inci dengan resolusi WXGA+ 1340 x 800 pixels, kerapatan 179 ppi (pixel per inch), 16 juta warna, panel TFT
  • Memori RAM 3GB, ROM 32GB dilengkapi slot microSD untuk ekspansi memori eksternal maksimal 1TB
  • Dual stereo speaker dengan Dolby Atmos
  • WiFi, Bluetooth, port USB Type-C, 3.5mm audio jack, FM Radio, GPS, single nano SIM
  • Dimensi 212.5 x 124.7 x 8 mm berat 371 gram
  • GSM / 3G HSDPA / 4G LTE
  • Baterai 5100mAh lithium polymer, fast charge 15W
  • Warna Gray dan Silver

*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding

Anda mungkin suka:Review Tecno Pova 3: Desain Futuristik dengan Baterai Jumbo
2 komentar

2 komentar

  • Tya Swan
    Tya Swan
    2 Agustus 2023 pukul 15.59
    Fitur lengkap dan harga terjangkau. Sayangnya, agak lemot 🥲
    • Tya Swan
      Ditya Pandu
      14 Agustus 2023 pukul 20.50
      lemotnya memang agak keterlaluan hehehe... Tapi kalau buat anak2 masih oke ini
    Reply