eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB

Review Lenovo ThinkPlus K3: Speaker Bluetooth 100 Ribuan yang Jernih

Review Lenovo ThinkPlus K3: Speaker Bluetooth 100 Ribuan yang Jernih - Lenovo ThinkPlus K3 adalah sebuah speaker bluetooth dengan harga terjangkau yang tak bisa dipandang sebelah mata. Lenovo sendiri adalah brand asal Tiongkok yang terkenal dengan jajaran laptop dan PC terkemuka. Tak hanya menghadirkan produk laptop dan PC, Lenovo ternyata jga memiliki lini produk audio seperti speaker Bluetooth. Salah satu speaker Bluetooth andalan Lenovo yang sukses membuat tim Laptophia penasaran adalah Lenovo ThinkPlus K3.

Harga yang ditawarkan oleh speaker portabel Lenovo ThinkPlus K3 ini sangat terjangkau, yakni hanya Rp 100 ribuan. Hal inilah yang menggerakkan tim Laptophia untuk membeli dan mengulasnya secara mendalam. Ukuran speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini terbilang sangat ringkas dan ringan, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tak hanya itu, speaker mungil andalan Lenovo ini juga sudah mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo). Lalu sehebat apa performa speaker bluetooth ini? Simak review Lenovo ThinkPlus K3 oleh tim Laptophia kali ini!

Review Lenovo ThinkPlus K3: Speaker Bluetooth 100 Ribuan yang Jernih


Paket Pembelian Lenovo ThinkPlus K3

Paket Pembelian Lenovo ThinkPlus K3

  • Unit Lenovo ThinkPlus K3
  • Kabel USB
  • Tali gantungan
  • User guide

Desain Lenovo ThinkPlus K3

Desain Lenovo ThinkPlus K3

Desain Lenovo ThinkPlus K3

Sisi desain mungkin menjadi hal yang menarik dari review Lenovo ThinkPlus K3 menurut tim Laptophia. Alih-alih menggunakan gaya outdoor sepertoi para pesaingnya, Lenovo ThinkPlus K3 tampil dengan gaya elegan. Speaker Bluetooth andalan Lenovo ini tampil dengan bentuk bulat engan balutan warba grey dipadukan dengan warna hitam yang elegan. Lenovo memberikan sedikit lekukan pada bagian atasnya agar terlihat lebih menarik.

Bodi speaker wireless Lenovo ThinkPlus K3 ini terbuat dari bahan polikarbonat dengan finishing mirip sandblasting. Sementara bagian bawahnya menggunakan warna hitam. Bagian atas speaker ThinkPlus K3 andalan Lenovo ini terdapat speaker grill berbentuk lingkaran yang terbuat dari bahan metal yang kokoh. 

Sayangnya, speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini tidak memiliki kemampuan tahan air dan debu seperti para pesaing terdekatnya, Eggel Fit 3 misalnya. Meski demikian, build quality speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini terbilang solid dan kuat. Ukurannya yang ringkas membuatnya nyaman digenggam. Selain itu, bobot speaker ini terbilang ringan.

Baca juga:Review Anker Soundcore Icon A3122: Portabel, Tahan Air dan Bass Kuat!

Desain Lenovo ThinkPlus K3

Desain Lenovo ThinkPlus K3

Pada review Lenovo ThinkPlus K3 kali ini, sisi atas speaker terdapat speaker grill yang terbuat dari bahan metal yang bentuknya lingkaran. Sementara pada bagian depan terdapat logo Lenovo yang tercetak vertikal. Sisi belakang, terdapat informasi singkat mengenai speaker ini dan sebuah port microUSB yang tertutup karet untuk charging.

Sementara pada sisi bawah speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini terdapat dudukan dan tombol-tombol seperti Play/Pause, power, next track, previous track, tombol angkat telepon yang terbuat dari bahan karet, serta lubang untuk memasang tali gantungan.

Cara Pairing TWS Lenovo ThinkPlus K3

  • Tekan lama tombol ON pada kedua speaker secara bersamaan
  • Kemudian tekan 2 kali tombol play pada salah satu speaker (untuk memulai pairing)
  • Pada speaker utama LED notif akan berkedip biru. sedangkan pada speaker kedua LED notif akan berwarna biru terus-menerus.
  • Sambungkan speaker dengan mengaktifkan bluetooth pada device yang akan dikoneksikan
*Note: Jika ingin unpairing, tekan 2 kali tombol play pada speaker utama

Review Lenovo ThinkPlus K3

Review Lenovo ThinkPlus K3

Lenovo ThinkPlus K3 adalah sepaker bluetooth elegan yang sangat menarik menurut Laptophia. Tak hanya harganya yang terjangkau, tetapi juga kualitas suaranya yang bisa dikatakan jernih dan nyaring untuk harga Rp 100 ribuan. Speaker ini juga mendukung fitur TWS (True Wireless Stereo) dengan menghubungkan dua unit Lenovo ThinkPlus K3.
Baca juga:Mifa A20 Review: Desain Mewah dengan Kualitas Suara Wah!

Kualitas Suara

Berbekal dengan sebuah driver berteknologi metal composite diapraghm yang powerful dengan daya 5 watt (kemungkinan), speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini mampu menghasilkan suara yang jernih dan nyaring. Saat tim Laptophia memainkan musik dengan volume hampir penuh, suara yang keluar masih cukup baik dan minim distorsi.

Karakter suara speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini didominasi oleh treble dan mid. Treble atau high yang dihasilkan speaker andalan Lenovo ini terbilang detail, renyah, dan tidak menusuk telinga. Laptophia sangat menikmati petikan gitar akustik saat memainkan lagu Watch Over You milik Alter Bridge di speaker ini.

Selain treble, Lenovo ThinkPlus K3 ini juga menonjolkan sektor mid terutama vokal. Suara vokal pria maupun wanita mampu disajikan dengan baik dan memuaskan oleh speaker ini. Suara vokal wanita saat nada tinggi seperti lagu Solitary Ground milik Epica terdengar cukup melengling dan enjoyable. Sedangkan untuk vokal harsh atau scream, ThinkPlus K3 ini terdengar kurang detail dan bertekstur.

Bass mungkin menjadi salah satu kekurangan pada review Lenovo ThinkPlus K3 menurut tim Laptophia kali ini. Ini bisa dimaklumi mengingat ukuran speaker ini cukup kecil, sehingga kurang memungkinkan untuk suara bass yang 'jedag-jedug'. 

Bass yang dihasilkan terdengar tipis, kurang mendalam, dan kuantitasnya kurang. Hal ini membuat lagu yang memiliki bass dominan seperti EDM atau hiphop terasa kurang bertenaga. Sisi positifnya, respon bass cukup cepat. Saat Laptophia memainkan lagi Nemesis milik Arch Enemy, suara dobel kick drum dapat disajikan dengan baik.

Separasi antar instrumen di speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini memang kurang oke. Hal ini Laptophia rasakan saat memutar lagu The Poet And The Pendulum milik Nightwish yang terasa kurang bisa dinikmati. Soundstage juga terbatas di speaker murah meriah ini. 

Kompatibilitas

Selama menggunakan dan menguji speaker Lenovo ThinkPlus K3 ini, tim Laptophia tidak menemui kendala kompatibilitas. Perangkat yang pernah terhubung dengan speaker besutan merk Tiongkok Lenovo ini seperti Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon, Xiaomi 11T, dan sebuah laptop Asus ExpertBook P2 P245FB dapat bekerja tanpa masalah.
Baca juga:Review Anker Soundcore Motion Plus: Kualitas Suara Terbaik di Kelasnya

Baterai

Pada review Lenovo ThinkPlus K3 oleh tim Laptophia kali ini, speaker ringkas dan elegan ini dibekali baterai berkapasitas 1200mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 6 jam penggunaan. Berdasarkan pengalaman tim Laptophia yang sering menggunakannya dengan volume di atas 60%, baterai hanya tahan 3 – 4 jam saja.

Kesimpulan

Secara umum, speaker bluetooth Lenovo ThinkPlus K3 adalah sebuah pilihan menarik dengan harga 100 ribuan. Suara yang dihasilkan speaker berukuran ringkas andalan Lenovo ini cukup nyaring dan jerih. Jika pembaca bukan penggemar bass dan memikiki budget terbatas, speaker bluetooth Lenovo ThinkPlus K3 layak dipertimbangkan.

Kelebihan Lenovo ThinkPlus K3

  • Kualitas suara jernih dan nyaring
  • Desain elegan
  • Ukuran ringkas
  • Harga terjangkau

Kekurangan Lenovo ThinkPlus K3

  • Bass kurang bertenaga
  • Tidak ada port AUX
  • Tidak ada slot microSD

Harga Lenovo ThinkPlus K3

Lenovo ThinkPlus K3 merupakan salah satu speaker bluetooth portabel dengan harga yang sangat terjangkau yang mampu menghasikan kualitas suara jernih. Harga speaker bluetooth Lenovo ThinkPlus K3 terbaru di Indonesia berdasarkan informasi yang Laptophia himpun adalah Rp 129.000. Berdasarkan hasil review Lenovo ThinkPlus K3 yang telah tim Laptophia lakukan, speaker ini mampu menghasilkan performa dan kualitas suara yang baik di kelasnya sehingga layak dipertimbangkan.

Anda dapat membeli speaker Lenovo ThinkPlus K3 dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Spesifikasi Lenovo ThinkPlus K3

  • Tipe speaker: Portable bluetooth speaker
  • Sistem speaker: mono
  • Passive/Active: Active
  • Mode operasi: Tombol
  • Loudspeaker: 45mm metal composite diapraghm + Passive Bass Radiator
  • RMS: 4Ω 5W
  • Frequency Response: 100Hz - 20KHz
  • Signal to noise ratio 80dB
  • Versi Bluetooth: Bluetooth 5.0 + EDR
  • Jangkauan Bluetooth hingga 10 meter
  • Spesifikasi USB: USB 2.0 kompatibel dengan USB 1.1
  • Mendukung TWS
  • Baterai built-in 3,7V/1200mAh lithium battery, hingga 6 jam penggunaan (bervariasi)
  • Dimensi (W x D x H) 90 x 80 x 63mm
  • Berat - gram
  • Kompatibel dengan tablet PC, smartphone, iPod, iPhone, Laptop
  • Warna Grey
*review ini menggunakan unit yang dibeli sendiri oleh tim Laptophia, bukan sponsor/seeding
Anda mungkin suka:Review Tronsmart Element Splash, Speaker Bluetooth Murah Tahan Air
Related Posts
Laptophia Blog
Suka review laptop dan gadget.

Related Posts

Posting Komentar